Thursday, September 21, 2017

Cerita Jerapah dalam Bahasa Inggris

Cerita jerapah dalam bahasa inggris sebenarnya juga sudah diberikan beberapa waktu lalu. Tapi mungkin kalau hanya satu dua saja tentu jauh dari kata cukup ya. Maka dari itu kita kembali menghadirkan satu kisah menarik dengan tema binatang lucu dan menarik tersebut. Pada dasarnya pembahasan kita tidak akan jauh berbeda dengan beberapa yang sudah lebih dulu disajikan. 

Cerita Jerapah dalam Bahasa Inggris

Dalam kisah kali ini, kita juga akan belajar dengan sebuah karya cerita sederhana dengan tema binatang atau hewan. Biasanya memang tema-tema cerita binatang seperti ini khusus untuk anak kecil. Tetapi, untuk kisah berikut ini ceritanya selain bisa untuk adik-adik yang masih kecil juga bisa digunakan oleh adik-adik pelajar yang lebih besar. Sebut saja misalnya bisa dijadikan bahan belajar untuk rekan pelajar smp atau sma.

Siapa saja boleh karena memang kisah ini dibagikan agar dapat dimanfaatkan oleh banyak orang baik itu untuk sekedar hiburan semata maupun untuk menimba ilmu. Seperti jelas ditulis dalam judul, kisah kali ini juga ditulis dalam bahasa asing yaitu bahasa Inggris. Tentu ini bisa untuk bahan pelajaran bahasa Inggris di sekolah. Atau, jika rekan sedang belajar bahasa Inggris juga bisa memanfaatkan cerita sederhana berikut.

Kalau biasanya kita membaca ceritanya lebih dulu baru menambah kosa kata maka sekarang kita balik. Kita akan mempelajari beberapa kosa kata dalam cerita tersebut lebih dulu baru setelah itu membaca ceritanya. Dengan mempelajari kata sulitnya lebih dulu maka nanti kita bisa fokus menikmati cerita yang disajikan. Menarik atau tidak kita akan lebih mudah memahaminya tanpa harus pusing memikirkan kata atau kalimat yang tidak dimengerti. Apa saja kata sulitnya, mari kita pelajari berikut.

Swarm = kawanan
Giraffes = jerapah (jamak)
Happily = dengan bahagia
Small family = keluarga kecil
Consist = terdiri dari
Two adult giraffe= dua jerapah dewasa
Baby giraffe= bayi jerapah
Grassland = padang rumput
Grew = tumbuh
Little brother = adik kecil
Listen = mendengarkan
Carefully = dengan seksama
Few days = beberapa hari
Sister = saudara perempuan
Smile = senyum
Over joy = terlalu senang
Impatiently = dengan tidak sabar
Cloudy = berawan
Afternoon = sore
Run = berlari
As quick as = secepat
Possible = mungkin
Shocked = terkejut
Pale = pucat
Tears = air mata, menangis
Nothing strange = tak ada yang aneh
Abnormality = kelainan
Event = kejadian
Mocked = mengejek
Understand = memahami
Weakness = kelemahan

Kalau tidak salah hitung, kata di atas berjumlah sekitar 31 (tiga puluh satu) kata. Masing-masing dari kata tersebut sudah dilengkapi dengan artinya sekaligus yang sesuai dengan konteks cerita. Tentu tidak semua kata diatas belum dimengerti atau belum pernah dilihat sebelumnya. Mungkin ada satu dua kata yang benar-benar baru dan masih asing. Atau mungkin ada sebagian kecil yang sudah paham. Silahkan dipelajari lebih jauh sambil bersiap-siap membaca kisah yang akan diberikan selanjutnya. 

Kalau sudah selesai dengan daftar kata di atas rekan semua bisa langsung membaca cerita tentang jerapah di bawah ini. Kalau ingin cepat rekan juga bisa langsung membaca ceritanya dan tidak usah mempelajari daftar di atas. Silahkan pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan rekan semua. Yuk, sekarang kita lihat bersama-sama ada apa dengan jerapah si leher panjang tersebut.

A Difference

Long ago, there lived the swarm of giraffes. They lived happily. Among the swarm, there was a small family consist two adult giraffe and one small baby giraffe named Alkhan. On the grassland they lived very happy. 

Time past, the baby giraffe grew bigger and bigger. Now Alkhan became young giraffe and ready to have little brother. 

One day, his Dad and his Mom called him. They asked Alkhan to listen carefully. “My dear Alkhan, in a few days you will have little brother or sister… are you happy?” his mother said to him.

“Yes… yes of course Mom… I love to have little brother or sister.” He replied with smile. His father hugged him and said, “Latter on, you must be good brother…” he said.

Alkhan started to over joy. He told every one about the news. He looked so happy. He waited the time impatiently. 

On the cloudy afternoon, when he played with his friends, some one called him from distance. “Alkhan… Alkhan… you must go home now!”

“What happened?”

“Some says that you have got a little brother”

Alkhan runs as quick as possible. Along the way, he smiled and sang. Few minutes later, he arrived at home. He was shocked seeing his father and mother look so pale. “I am so sory Alkhan…” his father said to him with tears.

“What… what’s happen Dad? What happen with my little brother?”

“Your little brother is alright Alkhan… you need not to worry” said one of them.

He was breaking through the crowd. There was a baby giraffe lying on the ground. It looks like nothing strange about the baby giraffe. Then, his mother held him and said, “poor boy, he got abnormality at his neck. Just look at him”, his mother said.

“I do not care Mom, I will love my little brother!” he said slowly.

Alkhan then steped forward and kissed his brother, “hi little brother, welcome!”

Days passed. After that event, the grassland got new fresh joke every day. Every body in the grassland mocked Alkhan and his brother. On the other hand, Alkhan helped his brother to understand about his body weakness. He told him not to worry about that. He gave support to his brother. Finally Alkhan and his brother live happily.

The End

Sungguh jerapah yang malang ya? Kasihan benar kalau melihat hal itu terjadi di depan mata kita. Tapi tenang, si jerapah tadi memberikan pelajaran yang berharga bagi kita semua bahwa hendaknya kita sebagai ciptaan Tuhan harus selalu menerima dan bersyukur atas karunia yang diberikan oleh Tuhan kepada kita. 

Ada kelebihan di atas kelemahan, tidak ada yang sempurna karena kesempurnaan memang hanya milik sang pencipta. Mudah-mudahan cerpen bahasa inggris jerapah di atas bisa bermanfaat bagi kita semua. Setelah selesai dengan satu kisah di atas silahkan lanjut ke beberapa kisah lain yang ada dibagian bawah. 

Selain jerapah ada banyak hewan lain yang diangkat dalam cerita di situs ini. Bahkan mungkin rekan semua bisa mendapatkan cerita dari binatang unik di seluruh penjuru dunia. Penasaran seperti apa, silahkan pilih saja berdasarkan judul pada daftar.

Cerita Cerpen tentang Hari Valentine Days

Cerita Cerpen tentang Hari Valentine Days - Namaku adalah Bimbim, orang yang sejak dalam kandungan sudah beragama Islam. Dan tumbuh dewasa dengan diiringi pelajaran-pelajaran Islam yang selalu orang tuaku ajarkan kepadaku. Aku makan menggunakan pelajaran Islam.

Cerita Cerpen tentang Hari Valentine Days

Aku minum menggunakan pelajaran Islam, tidur menggunakan pelajaran Islam, bahkan ketika hendak masuk kamar mandi berak, menggunakan pelajaran Islam. Semuanya serba Islam pokoknya.

Itulah mengapa banyak orang yang menilaiku sangat kaku, sok alim, dan tidak terkadang mudah mengkafirkan. 

Yah aku terima saja ucapan dari orang-orang tetapi kemudian aku keluarkan lagi melalui kuping kanan setelah sebelumnya masuk melalui kuping kiri. Bagiku mereka tidak tahu apa-apa tentang Islam, karena mereka tidak dididik Islam sejak kecil.

Pernah pada suatu ketika aku berjalan hendak menuju masjid, di perempatan dekat dengan tukang bakso ada 4 orang laki-laki yang sedang tertawa lepas sambil menghisap rokok yang penuh dengan asap yang merusak udara. 

Dengan sopan aku dekati keempat pemuda tersebut, salah satu pemuda bertato rambutnya panjang dan badannya besar melihatku dengan tatapan liar.

Aku menunduk dan terus berjalan mendekati segerombolan orang tersebut. Maaf mas ini sudah adzan, mari kita ke masjid. 

Tuturku dengan sangat sopan, dan kemudian semua pemuda melihatku. Hahaha, emang elu siapa, ngajakin kite ke masjid, lue malaikat..?, ustad..?, malaikat aja mau gua lawan kalo nyuruh gua solat hahah. 

Jawab salah satu pemuda dengan sombong. Eh pak ustad udah kalo mau ke masjid, ya ke masjid aja kita nitip dah hahah. Ungkap salah satu dari pemuda dengan tertawa.

Braggk. Amarahku memuncak, kaki secara tidak sadar menendang meja yang ada di hadapan si preman. Mas ini tidak tahu sudah ada adzan ya, kalau sudah ada adzan ya ke masjid. 

Bicaraku sangat lantang seperti kerasukan jin singa yang sedang sangat marah. Sang preman tidak gentar mereka menegapkan badannya dan mendekatiku secara bersamaan. 

Terus kalo gue tidak mau ke masjid situ mau apa – sambil mendorong-dorong tubuhku ke belakang – lue berani sama kite, kite yang punya kawasan sini, lue anak kemarin sore aja belagu.

Salah satu preman memegang kerah lenganku dan mempelintirnya hingga kerahku berubah menjadi lusuk. Sementara itu amarahku semakin memuncak. Kakiku secara reflek menendang kemaluan preman yang memelintir kerah bajuku. 

Nampak di sana sang preman tergeletak lemas karena nyilu pada bagian kemaluan. Kurang ajar lue ye. Sang preman lainnya melemparkan pukulannya melalui tangannya yang besar, dan Brakk mengenai samping bawah mataku hingga nampak ada kunang-kunang yang berterbangan. Seketika aku langsung terjatuh ketika menerima pukulan dari sang preman.

Ketiga preman yang tidak terima karena temannya ku tendang langsung menginjak-injak tubuhku yang tergelatak di tanah. Layaknya dendam yang membara membakar hati hingga sang preman tidak punya belas kasihan menedang semua bagian tubuhku hingga keluar darah dari mulutku.

Woy..! hentikan woy..! Teriak warga yang melihat aku tergeletak dan menerima injakan dari kaki besar sang preman. 

Awas lue ye, urusan kita belum kelar – mengacungkan jarinya kepadaku yang sudah tidak berdaya. Ayo lari – Ungkap sang preman kepada teman-temannya – Sang preman lari, sementara para warga menolongku. Di bawalah tubuh yang tidak berdaya ini yang penuh memar ke rumah pak ustad. 

Tubuhku yang tidak bisa digerakan secara leluasa diangkat oleh enam warga, ada yang memagang kakiku, tubuhku dan kepalaku. 

Wah kok bisa si Irwan lue dikroyok sama preman. Ungkap salah satu warga yang mengankat kakiku. Iya ini ada-ada aja Irwan. Ungkap warga yang mengangkat tubuhku. Sementara itu aku terdiam dan hanya menatap sipit dengan lebam di bawah pinggir mata.

Tubuhku di baringkan di kursi empuk yang mempunyai panjang kira-kira tiga meter. Sementara anak pak ustad berjalan datang membawakan lap dan air hangat untuk mengkomres luka lebamku. Hati begitu bahagia karena sepertinya anak pak ustad yang cantik itu yang akan mengusap luka lebamku.

Sini Siti biar ayah yang mengusap dan mengkompres si Irwan. Ungkap pak Ustad mengambil air hangat yang berada di baskom kecil dan juga lap kering. Hatiku kecewa dan bibirku menjadi manyun.

Lue kok bisa seperti ini si Irwan. Ungkap pak ustad sambil mengelap luka lebamku dengan sedikit menekan. 

Adduh..! – Berontak kesakitan – Pelan-pelan pak ustad. Dan mulaiku ceritakan kejadian awal sampai akhir hingga aku bisa dihajar oleh preman.

Ibadah itu personal Irwan. Ungkap pak ustad sambil terus mengoleskan lapnya di wajahku dengan menekan. 

Jadi bila si preman tidak mau diajak ke masjid ya sudah, intinya kita sudah ngajak. Biarkan Allah yang menghukum, kita sebagai manusia tidak berhak menghukum orang-orang yang enggan sholat.

Apa si pak ustad sama aja, malah nyalahin saya lagi. Ungkap hatiku tanpa terdengar oleh pak ustad. Ini ni kalo ilmu agamanya kurang kuat, lihat orang jihat dan hendak menegakan agama Allah malah diomelin. Masih ngoceh, di dalam hati tanpa pak ustad mendengarkan.

Udah lah..! menepis tangan pak ustad karena telinga sudah sangat lelah mendengarkan ocehan dari pak ustad. Aku sudah sembuh. Beranjak pergi meninggalkan rumah pak ustad tanpa mengucapkan terimakasih.

Astahfirullah. Ucap pak ustad melihat anak yang tidak tahu diri pergi tanpa menucapkan salam dan terimakasih. Pak ustad tidak berkata apa-apa lagi ketika melihatku pergi.

Pagi yang cerah sementara aku membuka facebook, di sana nampak para muda-mudi memasang setatus mengucapkan,"Selamat Hari Valentine". 

Ini tidak bisa dibiarkan, sebagai muslim sejati aku harus memerangi para muda-mudi yang beragama Islam yang merayakan Valentine, karena hal itu hanya merusak agama Islam saja.

Ku mulai tekan tombol komentar dari setatus pemuda yang berisi tentang Valentine. Valentine itu adalah kebudayaan barat, jadi sebagai umat Islam janganlah merayakan hari Valentine. Karena orang yang menyerupai suatu kaum maka dia termasuk kepada kaum itu sendiri. Bertaubatlah..! tulisku di kolom komentar.

Apa si lue gak penting, gak usah urusin hidup gua, mau ngerayain valentine mau enggak bukan urusan lue. Jawab pemuda menanggapi tulisanku lima menit kemudian dari tulisanku terpublikasi.

Mas..!, mas itu bego mas, jangan mau dibohongi sama orang barat mas suruh ngerayain Valentine, karena hari Valentine timbul dari sejarah pastur Valen yang berzinah dengan seorang perempuan, sejak itulah dinamai valentine. Tulisku di kolom komentar dengan hati yang penuh amarah.

Wah lue udah kelewatan lue, udah kita ketemuan aja kita tanding otot, bila lue menang dari gua berantem, gua mau dengerin lue, tapi kalo lue kalah lue jadi anak buah gue seumur hidup lue. Jawab komentarku 10 menit kemudian.

Siapa takut mas, saya tunggu di taman sekarang. Tulisku di kolom komentar yang juga sudah termakan emosi.

Sejam kemudian aku bertemu dengan seorang pemuda yang ku temui di facebook sedang memasang setatus tentang valentine. 

Inilah kesempatanku untuk menghancurkan orang-orang yang sudah diracuni fikiran barat.Oceh hati bertatap muka dengan pemuda yang ku temui di facebook.

Udah gak usah banyak bosa-basi, ayo langsung saja serang gua. Sambil meregangkan otot tangannya yang cukup besar. Ayo maju. Dia menantangku menyuruhku untuk menyerang dengan segenap kekuatanku.

Oke. Mengayunkan tendangan ke arah perut sang pemuda. Tetapi upps, tendanganku tertangkap oleh tangan dengan otot besarnya. 

Di tariklah kakiku ke samping tubuhnya dan kemudian kakinya menendang kakiku yang masih menempel di tanah. 

Terjatuhlah aku dengan sangat kuat mendaratlah punggungku dengan sangat kasar hingga membuat ngap nafasku. Setelah jatuh nampak pemuda menginjak bagian perutku tanpa ampun. 

Sampai mulutku keluar darahpun dia belum memberikan ampun. Tidak ada perlawanan yang berarti yang bisa ku lakukan, karena kedua tanganku dipegang erat oleh satu tangan kananny yang besar.

Sedangkan kedua kakiku dipegang satu tangan kirinya yang juga besar. Sementara itu kakinya yang juga besar terus menginjak-injak perutku hingga mulutku mengeluarkan darah.

Nasib baik ada orang yang juga menolongku, pria betubuh besar dan kekar itu lari. Tubuhku tergeletak tidak berdaya, tapi ini tidak mengentikan langkahku untuk tetap menegakan agama Allah. Aku tetap akan memerangi para kaum kafir dan para orang-orang yang mengamalkan pemikiran kafir. (Arif Purwanto)

Cerita Experience dalam Bahasa Inggris

Cerita experience dalam bahasa inggrisadalah pengalaman. Benar sekali, experience artinya pengalaman jadi kita akan menghadirkan sebuah kejadian yang pernah dialami oleh seseorang. Nah kan, seseorang ini siapa coba? Ah, jangan dibahas masalah itu, yang dibahas itu bagaiana kisahnya bukan orangnya karena kita akan membuat kisah ini sebagai contoh karangan yang menarik.

Cerita Experience dalam Bahasa Inggris

Kisah ini bisa dijadikan bahan untukbelajar mengarang, tentunya yang menggunakan bahasa Inggris. Mungkin rekan pelajar atau adik-adik semua sedang mencari kisah seperti itu bukan? Makanya kita akan menghadirkan kisah yang beda dan belum pernah diberikan sebelumnya. Tapi satu saja ya, agar pembahasannya bisa menyeluruh dan lebih tuntas.

Ya kita akan bersenang-senang dengan apa yang pernah terjadi. Mungkin rekan semua juga pernah mengalami sebuah kejadian atau mungkin beberapa kejadian yang bahkan tidak bisa dilupakan sampai sekarang. Begitu, kehidupan memang penuh warna. 

Banyak kejadian, entah besar atau kecil yang membekas di hati. Ada pengalaman yang unik, ada juga pengalaman yang memalukan. Ada juga pengalaman biasa saja namun memiliki rasa yang luar biasa. Semua tergantung pada rasa, ada story pada setiap kejadian yang membekas di hati. Lalu, seperti apa kisah yang akan kita nikmati?

Kita akan mengangkat kejadian yang dekat dalam kehidupan sehari-hari. Kita akan mencoba menghadirkan kejadian sederhana dengan kemasan yang lebih menghibur dan dapat digunakan sebagai media belajar. Mudah-mudahan rekan semua bisa berkenan dan suka dengan kisah tersebut. Seperti apa, mari kita nikmati langsung kisah tersebut!

Into the Well
Story by Siti

I was in elementary school when I got this experience. I still remember how terrible it was. My beloved rooster got slipped into the well. Of course it was a very bad day for me. The rooster was my favorite, my beloved pet. I had never let him suffer before. 

Few months before, I visited my grandfather. I and my families spent some days there. My grandfather was a farmer. He has many pets. There were cows, goats and chickens. My grandfather loved his pets. He spent much times to take care of them.

When I sould go home, he gave me one of his rooster. He gave me the best rooster that he had. Within a day, I loved the rooster. I gave it foods everyday. It grew fast. Few months later the roster became bigger. 

I gave it foods three times, in the morning, in the day and in the afternoon. I like to have that rooster. One day, my roostes went away from itscage. It escaped and played at backyard. I was afraid. I took some corns and went to find my rooster. 

Unfortunately, in the backyard I found my roosterwas fighting with other rooster. I got surprised. My rooster won in that battle. I became so happy. After the other rooster went away, I picked my rooster and brought it home. The next day I became so proud with my pet. I started to introduce it to my friends. 

On the lovely afternoon I invited my friend to see my rooster. I waited my friend in the frontyard. After my friend arrived, I invited them to see my rooster. Five minters later, I did not find my rooster. I searched everywhere but there was no rooster at all. 

I became worried. Accidentally, I saw the well, “oh God…!” I run to the well and looked into it. There was a black shadow. I assumed it was my rooster. I took the bucket and put in the well. “It was true, my rooster slipped into the well. I tried to take it out. My friend helped me but I was failed. 

I tried another way. I took a small basket and bind it with rope. Once again I tried to take it out. I failed again. Again and again I tried to take the rooster. Once or twice the rooster jumped to the basket but it did not success. Finally, there was no sound at all within the well. My rooster was dead in the well.

The End

Ternyata pengalaman sedih ya. Kalau sudah membaca pengalaman di atas pasti ikut prihatin dengan apa yang terjadi. Mungkin rekan pembaca ada yang pernah mengalami kejadian seperti itu, mudah-mudahan tidak. Ya sudah, kita tinggalkan alur kisah di atas. Sekarang waktunya kita meluangkan sedikit waktu untuk menimba ilmu.

Bagaimana caranya? Tidak seperti ketika kita belajar di kelas. Kita akan belajar santai dari teks yang sudah kita baca. Untuk rekan semua yang ingin menambah pengetahuan, berikut ini kita akan menyiapkan beberapa kata yang diambil dari teks di atas.

Kata – kata di bawah ini adalah salah satu media yang bisa digunakan. Silahkan baca dan pelajari. Jika rekan menemukan kata sulit yang belum paham maka silahkan dipahami dan dihafalkan. Kalau sudah dihafalkan rekan semua bisa mulai menggunakan kata tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Berikut selengkapnya.

Elementary school = sekolah dasar
When = ketika
Got = mendapat, mengalami
Still = masih
Remember = ingat
Terrible = mengerikan
Slipped = terpeleset
Into = masuk
The well = sumur
Rooster = ayam jago
Suffer = menderita
Few = beberapa
Pets = binatang peliharaan
Take care = menjaga
Within a day = dalam sehari 
Grew = tumbuh
Fast = cepat
Bigger = lebih besar 
Gave = memberi
Cage = kandang, kurungan
Escaped = lepas
Unfortunately = sayangnya
Fighting = berkelahi, tarung
Battle = pertempuran, pertarungan
Proud = bangga
Introduce = mengenalkan
Searched = mencari
Everywhere = kemana-mana
Worried = khawatir
Accidentally = secara tidak sengaja
Looked into = melihat kedalam
Bucket = ember
Basket = keranjang
Bind = mengikat
Rope = tali
Dead = mati

Daftar kata bahasa inggris tentang binatang peliharaan di atas dipilih yang dianggap cukup sulit dan baru digunakan dalam teks yang ada. Tidak semua kata masuk dalam daftar tersebut. Dengan daftar tadi rekan semua bisa lebih mudah mempelajari teks pengalaman di atas. Tentu saja ini akan menjadi hal yang menyenangkan untuk diikuti, benar tidak?

Sekarang mari kita kupas sedikit tentang ringkasan cerita dari teks di atas. Menurut kalian, teks di atas isinya apa sih? Benar sekali. Teks di atas berisi cerita pengalaman mengangkat ayam jago yang masuk ke sumur. Bagaimana kisah tersebut bisa terjadi, apa yang sebenarnya menyebabkan hal itu terjadi?

Awal kisah, ketika liburn, seorang anak beserta keluarganya berlibur di tempat sang kakek. Ia menghabiskan beberapa hari di rumah kakeknya yang seorang petani. Di sana, sang kakek memiliki banyak binatang peliharaan. Ada kambing, sapi dan juga ayam. Setelah beberapa hari berlibur di sana, mereka pun pulang.

Ketika pulang, sang kakek memberikan seekor ayam jago yang masih agak kecil kepada anak tersebut. Dalam satu hari, sang anak pun suka dengan ayam jago pemberian kakek. Ia kemudian menjaga dan merawat ayam tersebut hingga tumbuh dewasa. 

Waktu berlalu, anak tersebut semakin sayang dengan ayam jago miliknya. Suatu ketika ia mendapati ayamnya tidak ada di kandang. Ia kemudian sibuk mencari ke sana kemari dan tidak menemukan ayam tersebut. Kemudian ia mencari ke halaman belakang dan menemukan ayamnya sedang bertarung dengan ayam lain. Ternyata, ayam jago miliknya menang dan membuat ayam lain kocar-kacir. 

Ia kemudian memegang dan membawa ayamnya pulang. Setelah kejadian itu ia mulai lebih bangga dengan ayam miliknya. Ia mulai sering bercerita ke sana kemari kepada temannya tentang kehebatan ayam tersebut. 

Suatu hari, ia mengundang teman-temannya untuk melihat ayam miliknya. Setelah teman-temannya datang ia pun mengajak temannya menuju kandang. Alangkah terkejutnya ketika tidak ada ayam di kandang tersebut. Ia mulai mencari dan tidak menemukannya.

Tidak sengaja ia melihat sumur. Ia pun berpikir dan bertanya apakah mungkin ayam miliknya masuk sumur? Segera ia pun melihat ke dalam sumur dan nampak bayangan hitam disana. Dengan pikiran yang mulai kacau ia segera meraih ember timba dan memasukkannya kedalam sumur.

Ternyata benar, seekor ayam jago besar berusaha menaiki ember tersebut. Mengetahui hal itu ia pun langsung panik. Dibantu teman-temannya ia segera melakukan penyelamatan. Berkali-kali ia memasukkan ember dan gagal. Ia kemudian mencoba cara lain, menggunakan keranjang kecil dengan tali. 

Berkali-kali dari dalam sumur terdengar suara ayam berusaha menaiki keranjang yang dilihat. Sampai akhirnya, suara di dalam sumur mulai menghilang. Tak ada lagi geliat usaha yang terdengar. Ia pun akhirnya pasrah mendapati ayamnya tak bernyawa di dalam sumur.

Tragis ya kalau melihat kisah di atas. Menyedihkan sekali jika kita mengalami kejadian seperti itu. Memiliki hewan peliharaan kesayangan yang akhirnya meninggal karena hal yang mengerikan, pasti sedih. Tapi sudahlah, itu tadi paling tidak bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Mudah-mudahan tidak terjadi pada orang lain.

Bagi rekan yang ingin mencari cerita experience bahasa inggris lainnya bisa melihat di bawah.Sebagai penutup sudah disiapkan juga beberapa pilihan cerita yang bisa rekan baca setelah ini. Masih ada kisah-kisah lain yang menyentuh dan akan menghibur rekan semua. Silahkan dipilih yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga berkenan dan selamat menikmati.

Wednesday, September 20, 2017

Cerita dalam Bahasa Inggris untuk SMP

Cerita dalam bahasa inggris untuk smp sengaja dihadirkan untuk adik-adik pelajar sekolah menengah pertama yang ingin belajar dari kisah menarik. Mumpung masih banyak waktu, sebelum menghadapi semester atau ujian, kita ajak rekan semua untuk lebih giat belajar di rumah dengan berbagai bahan belajar online seperti yang ada di situs ini.

Cerita dalam Bahasa Inggris untuk SMP

Kita akan mengajak rekan semua mengembangkan kemampuan bahasa Inggrisnya dengan belajar membuat karangan sederhana yang pendek dan singkat. Caranya yaitu dengan membaca dan mempelajari berbagai kisah yang nanti akan disiapkan. Asalkan tidak malas, sedikit demi sedikit pasti akan ada perkembangan, bisa jadi lebih pintar dalam pelajaran ini. 

Tidak bisa bahasa Inggris itu memalukan loh, tapi yang lebih memalukan lagi adalah tidak mau belajar. Ingat, dulu pernah ada satu kejadian dimana rekan pontang - panting minta bantuan ke sana ke mari untuk mengerjakan tugas dari guru di sekolah. Sebut saja teman tersebut bernama Paijo.

Suatu ketika Paijo ini pulang dengan muka masam karena mendapatkan tugas mengarang dari gurunya di sekolah. Biasanya tidak begitu, meski ia tak suka bahasa Inggris tapi ia selalu mengerjakan tugas, dibantu oleh kakak-nya. Tapi rupanya sang kakak sedang tidak ada di rumah dan ia tahu benar bahwa ia akan kesulitan mengerjakan tugas tersebut.

Biasalah, sedikit manja jadi tahu-nya beres dibantu sang kakak tetapi kali itu ia harus berjuang sendiri. Ketika sedang berjuang dan kesulitan mengerjakan tugas sang ibu pun memberi nasehat. “Makanya, jangan malas. Semua orang itu awalnya tidak bisa tapi karena mau belajar jadi bisa, bahkan pintar.” Begitulah, kisah tersebut bisa menjadi penyemangat bagi kita untuk giat belajar memanfaatkan waktu semaksimal mungkin. 

Salah satu yang tidak terlalu membebani pikiran adalah dengan belajar melalui cerita, seperti yang akan kita lakukan. Adik-adik pelajar smp bisa membaca cerita yang bagus sekaligus belajar. Nanti teks ceritanya bisa dipelajari, dihafal atau dicari kata sulitnya, atau diterjemahkan, terserah. Mana yang disukai saja, ceritanya bagus kok, silahkan dibaca berikut.

Rain, Thunders and Lights
Story by Siti

Call me Ane. I am the second daughter of the farmer family. I was at second grade of junior high school. I had many friends. One of my friends was Shashi. It was Saturday afternoon, Shashi invited me to her home. 

“Ane, will you come to my home tomorrow?” Shashi said to me. “Yes of course…” I replied. Shashi’s home was not far. The next morning I went to her home. Shashi was at home alone. Her parents went to the city for business. 

At Shashi’s house, we played together. We watched the movie, played baby dolls and others. In the middle of the day Shashi invited me to the kitchen. We made fried rice. It was delicious. After having lunch we went to the frontyard. We played there. 

About an hour later, the sky became so black. The clouds were hanging around in the sky. “It will be rain, let’s go inside”, Shashi said to me.

Right after we enter the house, the rain started. There were thunders and lights. We were afraid. The rain was so heavy and we were alone in that house. The thunders strikes again and again and the sky became darker. We sit in the livingroom, staring each other with fears. 

The End

Bagaimana, cerita di atas pendek bukan, hanya sekitar 200 kata saja, tidak akan sulit untuk dipelajari. Adik-adik sudah membaca cerita di atas, tentang apa coba? Ya, teks tersebut berisi tentang cerita dua orang remaja yang menghabiskan hari libur berdua. 

Ceritanya, ada seorang anak bernama Ane. Ia diminta oleh sahabatnya yang bernama Shashi untuk main ke rumah. Pada hari minggu Ane pun ke rumah sahabatnya itu dan menghabiskan waktu bermain berdua. Kebetulan orang tua Shashi sedang tidak ada di rumah karena pergi keluar kota. Mereka bermain sampai puas, siang harinya Shashi mengajak Ane untuk membuat nasi goreng.

Siang, setelah makan siang dengan nasi goreng buatan sendiri mereka pun bermain lagi dihalaman depan. Waktu berlalu tiba-tiba cuaca berubah drastis. Langit menjadi gelap, mendung menyelimuti langit dan hujan pun turun dengan lebatnya. 

Ternyata hujan begitu deras, gemuruh guntur dan petir pun membuat mereka ketakutan. Pasalnya mereka hanya berdua di rumah sementara hujannya sangat lebat dan banyak petir. Begitulah kurang lebih ceritanya, bagus tidak? Itu tadi satu cerita, sekarang silahkan adik-adik menikmati cerita kedua di bawah ini.

Saving Money
Story by Siti

Holiday season was over. I would go to school again. “Dad, I need bike…” I said to my father. I asked a bike for school. I had finished my junior hight school. Soon, I would be a student of senior high school. 

The school was more far then my previous school. I lived at village so there was no taxi or public transportation. I need a bike. 

“No… not this time honey. I have not enough money. You should start saving money to buy it…” my father said to me. I replied wisely, “Oke Dad… for my new bike… I will…”First day in senior high school, I went on foot. I went to school with my friends, Andi and Siska.

I was so happy. I got many friends in the class. They were kind. The school finished at day time. We went home faster, “what a hot day…”Andi complained. “Yes… we need bike… I start saving money to but new bike…” I replied.

“My father has enough money but I will save money too… we will buy new bike together, oke?” Siska said. From the first day school I and my friend decided to save money. 

The End

Sudah dibaca belum cerita yang kedua, sudah kan? Iya benar sekali, cerita di atas juga tidak kalah menarik meski hanya singkat dan sederhana. Mungkin adik-adik bisa menceritakan sedikit tentang isi teks tersebut? Tidak ada kesulitan bukan dalam memahami alur dan atau isi ceritanya? Kami harap tidak ya.

Cerita yang kedua tersebut berisi tentang seorang pelajar yang baru masuk sekolah smp. Ceritanya sang anak tersebut baru lulus sekolah dasar dan masuk smp. Sekolah smp-nya lebih jauh dari sekolah SD yang dulu tapi ia harus berjalan kaki. Di tempatnya tidak ada kendaraan umum. 

Ia pun kemudian meminta kepada sang ayah untuk membelikan sepeda baru. Sayangnya sang ayah tidak memiliki cukup uang untuk membeli sepeda baru hingga ia pun diminta untuk mulai menabung untuk membeli sepeda baru. 

Ia bersama tiga temannya akhirnya memutuskan untuk mulai menabung dan akan beli sepeda baru bersama-sama. Bagus juga bukan ceritanya? Ya walau tidak bagus-bagus amat yang penting bisa santai sambil belajar. Kalau sudah, silahkan adik-adik baca juga beberapa cerita lain di bawah ini.

Cerita dalam Bahasa Inggris untuk SD

Cerita dalam bahasa Inggris untuk SDkhusus untuk adik-adik pelajar sekolah dasar yang sedang giat belajar. Adik-adik yang rajin dan ingin lebih pintar memang harus banyak belajar. Mumpung masih kecil, jika kita selalu belajar dan semangat tentu saja nanti kita akan lebih mudah dalam menguasai bahasa yang satu ini.

Cerita dalam Bahasa Inggris untuk SD

Adik-adik tidak perlu khawatir, kisah yang akan kita hadirkan kali ini hanya untuk media belajar dan tidak akan membuat adik-adik pelajar sampai pusing. Nanti akan disediakan kisah yang sederhana, yang singkat tetapi bagus dan menarik untuk dibaca. Adik-adik semua memang sedang mencari kisah menarik bukan?

Hayo, siapa yang sedang mencari cerita untuk belajar mata pelajaran bahasa Inggris? Iya, adik-adik berada di situs yang tepat. Jika adik-adik ingin mendapatkan bahan bacaan untuk santai tetapi ada nilai pendidikannya maka adik-adik semua tidak akan kecewa disini. Disini adik-adik akan mendapatkan banyak referensi, banyak cerita yang bisa dibaca bersama-sama. 

Bukan sembarang cerita, yang dihadirkan disini akan disertai dengan pembahasan. Artinya dalam setiap kisah yang dibaca kebanyakan akan dijelaskan juga mengenai isi atau alur ceritanya. 

Selain itu nanti juga akan dilengkapi dengan kata-kata sulit yang ada terjemahannya. Nanti dibagian akhir sendiri juga akan dijelaskan mengenai pesan moral atau nilai-nilai luhur yang ada dalam kisah tersebut. Meski hanya membaca cerita adik-adik akan mendapatkan banyak pelajaran, benar kok.

Secara khusus kita akan menikmati satu kisah menarik. Kisah tersebut memiliki tema berbeda dari yang biasa. Isinya adalah tentang binatang. Kisah tersebut tidak panjang, hanya sekitar 100 sampai 300 kata saja. Seperti apa kisah tersebut?

Siapa yang suka dengan cerita binatang? Iya, cerita tentang hewan memang bagus untuk dibaca, apalagi untuk adik-adik sekolah dasar (sd), pasti menarik. Tapi yang akan kita nikmati ini bukan yang sudah sering didengar, bukan cerita kancil dan buaya atau cerita kupu-kupu. 

Kisah ini bukan tentang belalang, semut atau gajah. Kisah yang akan kita baca kali ini adalah kisah yang akan kita buat secara khusus untuk adik-adik yang sering berkunjung ke situs ini. Pokoknya seru deh, adik-adik pasti akan senang.

Kisah berikut ini khusus dibuat atau dikarang sebagai bahan bacaan adik-adik semua. Isinya beda dari kisah yang sudah ada namun tetap bagus. Nanti adik-adik semua juga bisa sekaligus belajar melalui teks tersebut. Bisa menghafalkan kata baru dan juga bisa belajar bercerita. Seperti apa, mari langsung kita nikmati di bawah ini. Tapi sebelum itu mari kita pelajari kosa kata berikut.

Poor = malang
Little = kecil
Dove = merpati
Long time ago = dahulu kala
Two = dua
Very = sangat
Beautiful = cantik
Fur = bulu
Soft = halus
Color = warna
Perfect = sempurna
Proud = bangga
Ugly = jelek
Farm = lading, sawah
Foods = makanan
Hot = panas
Flied = terbang
Tree = pohon
Burned = terbakar
Excessive = berlebihan, lebai
Shouted = berteriak
Hiden = tersembunyi
Catch = menangkap
Otherwise = sebaliknya
Cut = memotong
Net = jarring
Screaming = berteriak, menjerit
Release = melepaskan

Ah, kosa kata di atas sebagai bekal untuk lebih mudah dalam mengikuti cerita yang akan adik-adik baca. Jadi, dengan kosa kata yang sudah ada terjemahannya tersebut mudah-mudahan adik-adik tidak akan mendapatkan kesulitan membaca cerita bahasa Inggris berikut. Sekarang silahkan baca cerita selengkapnya di bawah ini.

Poor little Dove
Story by Siti

Long time ago there were two little dove named Sasia and Meria. Sasia was very beautiful. Her fur was soft. Her color was perfect. She was really proud of her self. Her sister Meria was quite ugly. She was not such pretty as her sister.

One day they went out to the farm. They would find foods. The day was very hot. They flied to the big tree. They took rest. 

“What a hot day… my skin will burned!” Sasia said. “You are so excessive. Our skin is under the fur, you know that” Meria replied. “You fool… my fur is worth more than your skin!” Sasia shouted at her sister.

“Yea... but do not talk so loud, we need to keep hiden…!” Meria reminded her sister. “What do you afrait of, farmer?” Sasia mocked Meria. 

“Yes of course, they will kill us all…!” Meria answered. “You know… I am a beautiful little dove, they will never catch me” Sasia said proudly. 

Her sister replied, “Nonsense, they will catch all dove they see!” “No… eventhough they catch me they will let me go. Otherwise they will kill an ugly dove like you. They will cut your troath” she shouted. 

A moment later, a big net came over them. They both feel to the ground. “No… no… please let me go” Sasia cried. She was screaming and screaming again. She asked the farmer to release her. No one can talk to animal. Then the farmer slaughtered them.

The End

Bagaimana, sudah dibaca cerita di atas, ada yang mengalami kesulitan tidak? Kalau dilihat teks tersebut memang sedikit panjang. Tapi adik-adik bisa membacanya sedikit demi sedikit sambil santai dan mencoba memahami artinya. Apalagi ceritanya kan bagus, jadi sayang kalau sampai dilewatkan begitu saja.

Jadi penasaran ya dengan isinya, ya sudah coba kita bahas bersama. Cerita berjudul “Poor little Dove” di atas adalah tentang binatang atau hewan yang biasa kita lihat yaitu merpati. Kata “dove” artinya merpati jadi ceritanya tentang burung cantik tersebut.

Dikisahkan, dulu sekali ada dua ekor merpati. Mereka berdua bersaudara atau kakak adik. Salah satu merpati tersebut sangat cantik dan yang satu lagi jelek dan tidak begitu cantik. Merpati cantik tersebut bernama Sasia sedangkan adiknya bernama Meria.

Suatu hari mereka pergi ke lading petani untuk mencari makan. Karena cuaca sangat panas maka mereka beristirahat dan berteduh di sebuah pohon besar. Disana mereka berbincang-bincang. Sang kakak yang sombong berbicara dengan suara lantang. 

Adiknya pun mengingatkan agar mereka tidak terlalu berisik karena bisa mengundang petani. Dengan sombongnya sang kakak tidak menghiraukan perkataan adiknya. Bahkan sang kakak mengatakan bahwa ia yang cantik tidak akan ditangkap oleh petani atau pemburu. 

Menurutnya meski ia ditangkap maka ia akan dilepaskan lagi karena ia merupakan merpati yang sangat cantik sedangkan adiknya mungkin akan dipotong oleh pak tani yang menangkapnya. 

Belum selesai mereka berbincang tiba-tiba sebuah jarring besar terbang menjerat mereka berdua. Mereka berdua pun jatuh ke tanah dan akhirnya disembelih oleh petani. 

Begitulah, kesombongan memang akan berakibat buruk dan mendatangkan masalah bagi kita. Maka dri itu adik-adik jangan menjadi anak yang sombong ya. Ya sudah, sampai disini saja cerita kita. Silahkan lanjutkan ke beberapa cerita lain yang sudah disiapkan dibagian bawah.