Monday, March 27, 2017

Cerita Bahasa Inggris Singkat Arti Kehidupan dan Terjemahan

Sebenarnya ada banyak sekali cerita-cerita bahasa Inggris singkat yang bisa menjadi bahan bacaan di waktu senggang. Banyak cerita kehidupan yang bisa dijadikan sekedar hiburan atau bahkan untuk belajar sekalipun. Ada cerita binatang, ada cerita cerpen dan ada juga cerita-cerita yang berkaitan dengan nilai moral.

Kisah atau cerita-cerita yang pendek atau singkat memang kebanyakan digunakan untuk sekedar hiburan saja. Apalagi yang gemar membaca, lebih baik menghabiskan waktu di rumah dengan membaca dari pada keluar rumah tapi tidak ada tujuan.

Santai di luar rumah memang menghibur tetapi rentan terpapar pengaruh negatif, jadi kenapa tidak di rumah saja membaca kisah menarik? Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh, bisa belajar bahasa, bisa belajar arti hidup dan bisa mendapatkan hiburan yang menyenangkan dan murah.

Oleh sebab itu, pada kesempatan ini kita akan kembali dengan satu buah cerita yang berkaitan dengan arti hidup. Kisah berikut diharapkan bisa melengkapi koleksi yang sudah ada baik itu dongeng, cerpen maupun cerita lainnya. Mau ikutan, mari kita mulai dengan cerita selengkapnya di bawah ini.

A. Cerita Bahasa Inggris Mentally Retarded

Sebelum kita baca ceritanya, mari kita bahas sedikit judulnya. Dalam bahasa Indonenesia, judul tersebut dapat diartikan menjadi “keterbelakangan mental”. Memang, kalau diartikan perkata maka judulnya akan berbeda tetapi kurang lebih artinya adalah seperti itu. Mungkin dari judul di atas ada yang bisa menebak ceritanya seperti apa.

Berkaitan dengan isi cerita tentu kita tidak bisa bicara apa-apa sebelum membaca sendiri cerita tersebut. Melihat judul kita hanya bisa menerka atau menabak saja tetapi itu pun belum pasti. Maka dari itu lebih baik kita baca dulu bagaimana kisah selengkapnya.

cerita bahasa inggris arti kehidupan
Mentally Retarded

Sedikit berbeda dengan cerita dongeng, cerita di atas bahkan dikatakan lebih sulit dicerna oleh beberapa rekan. Alasannya karena alur ceritanya membahas mengenai kehidupan yang tentu masih menjadi materi yang cukup berat bagi remaja dan anak-anak. Supaya bisa bicara lebih banyak lebih baik kita lanjut ke terjemahan.

Isi dari cerita di atas bisa menjadi sebuah sindiran pedas kepada yang sering mengabaikan atau sering kurang peduli dengan orang lain. Masak kita kalah dengan orang yang kurang waras. Kalau mereka saja bisa memiliki jiwa sosial dan kepedulian yang tinggi, kenapa kita tidak?

Manusia sehat jasmani dan rohani seharusnya juga memiliki kepedulian yang sama seperti mereka yang ada dalam cerita tersebut. Bahkan, seharusnya kita yang lebih mampu bisa berbuat lebih banyak untuk sesama kita yang membutuhkan. 

Tapi, sekarang ini mungkin nilai-nilai kebersamaan, kepedulian dan empati terhadap lingkungan dan orang lain sudah berkurang. Tidak salah jika kita dari kecil belajar menjadi lebih bijaksana, lebih dewasa dan lebih bermoral lagi.

Manusia tidak bisa hidup sendiri. Manusia membutuhkan orang lain. Kaya miskin sama saja, semua tidak bisa berdiri sendiri. Itu harus kita ingat dengan baik agar kita sadar bahwa orang lain juga memerlukan uluran dan kasih sayang dari kita.

Tidak ada gunanya menutup diri. Tidak ada bangga-nya kikir atau pelit. Tidak ada manfaatnya bersembunyi di balik tembok yang tinggi sementara di sisi lain banyak orang lain yang membutuhkan uluran tangan kita. Mari kita jadi manusia yang memiliki rasa kemanusiaan.

Eh, sampai lupa. Sembari membaca, jangan lupa untuk mencatat kata sulit yang ada di teks di atas ya. Dibuat daftar saja. Setelah selesai nanti tinggal dicari artinya di kamus. Setelah itu bisa dihafal dan digunakan langsung dalam percakapan sehari-hari. Lumayan kan buat nambah-nambah vocabularies, benar tidak?

B. Terjemahan Cerita Bahasa Inggris Singkat

Teks yang sudah kita baca di atas memang menceritakan tentang sebuah kejadian yang cukup unik dan menarik. Ceritanya berkisah tentang perlombaan olimpiade lari yang diikuti oleh peserta yang kesemuanya memiliki keterbelakangan mental. Seru bukan?

Ya, diceritakan beberapa tahun yang silam, disebuah perlombaan olimpiade khusus, sembilan peserta yang memiliki keterbelakangan mental atau cacat fisik bersiap melaksanakan pertandingan lari.

Di garis start mereka bersiap, ketika aba-aba terdengar mereka pun mulai berlari untuk memenangkan pertandingan. Mereka semua berlari kecuali satu orang anak laki-laki. Ia tersandung dan terjatuh di lintasan. Ia jatuh beberapa kali sampai akhirnya ia pun menangis dengan keras.

Ketika anak itu menangis, delapan peserta lain pun mendengar tangisan anak tersebut. Mereka kemudian memelankan larinya dan menoleh ke belakang. Sesaat setelah itu mereka pun berbalik kembali kepada anak lelaki yang menangis tersebut.

Salah satu gadis dengan penyakit down’s syndrome membungkuk dan menciumnya sambil berkata “ini akan membuatnya lebih baik”. Kemudian, sembilan peserta tersebut bergandengan tangan dan berjalan bersama sampai menuju ke garis finis.

Menyentuh, semua penonton yang ada di stadiun tempat acara tersebut pun berdiri, bersorak sorai beberapa kali. Mereka yang disana menyaksikan kejadian tersebut, sampai saat ini pun masih menceritakan kejadian tersebut.

***

Sebuah cerita yang menyedihkan dan mengharukan. Sebuah cerita yang benar-benar bisa membuat pembaca tersentuh dan bahkan menangis haru. Dari kisah yang terjadi dalam cerita di atas, ada hal penting yang bisa kita pelajari tentang hidup ini.

Jauh dalam lubuk hati kita yang paling dalam kita mungkin tahu bahwa hal penting dalam hidup ini bukan hanya tentang memenangkan kita dalam pertandingan. Apa yang lebih penting dalam hidup ini adalah membantu sesama untuk menang bahkan jika itu berarti memperlambat dan merubah tujuan hidup kita sendiri.

Lebih jauh, hidup ini akan lebih berhasil jika kita bisa berguna bagi orang lain. Tidak akan ada kepuasan meski kita menjadi pemenang, apalagi jika kemenangan kita tersebut berarti penderitaan dan bencana bagi orang lain. Bukankah lebih baik jika kita semua menang dan tidak ada yang kalah?

Bagaimana, tidak sia-sia bukan membaca kisah-kisah menarik di sini? Tenang saja, selain cerita dalam bahasa Inggris yang sudah dibaca di atas masih ada banyak cerita lain yang tak kalah seru untuk anda. Anda bisa mencari cerita pendek, curhat, pengalaman dan lain sebagainya.

Situs ini sengaja hadir untuk anda yang membutuhkan bahan bacaan ringan, segar dan bisa dijadikan media belajar bahasa Inggris mandiri di rumah. Dengan banyak membaca teks bahasa Inggris maka anda bisa lebih lancar lagi dalam berkomunikasi.

Jangan lupa, silahkan cari lagi cerita lainnya. Beberapa sudah disiapkan dibagian bawah tulisan ini. Anda juga bisa mencari yang lain dengan menggunakan bantuan penelusuran situs dibagian atas. Mudah-mudahan apa yang anda butuhkan sudah tersedia.

Kalau tidak ada yang dicari, anda bisa mengubungi admin situs ini untuk request cerita yang dibutuhkan. Mudah-mudahan kami bisa memberikan solusi atas masalah yang ada. Kalau tidak keberatan, silahkan bagikan juga cerita ini ke teman lain di facebook, twitter, instagram dan lain sebagainya. Semoga amal anda mendapatkan balasan dan bermanfaat bagi banyak orang.