Monday, March 27, 2017

Cerita Bahasa Inggris tentang Kasih Sayang Ibu dan Terjemahan

Wah, kalau membaca cerita dalam bahasa inggris yang tentang kasih sayang ibu biasanya pasti suasananya akan mengharukan. Cerita seperti itu biasanya bisa membuat air mata menetes karena terharu, apalagi jika kita bayangkan orang tua kita sendiri. Ini berarti cerita yang akan dibaca tersebut bukan sekedar hiburan, benar kan?

Ya, semua orang mungkin tahu sebesar apa kasih sayang orang tua kepada anaknya, apalagi ibu. Di masyarakat kita sendiri ada pepatah yang berbunyi “kasih ibu sepanjang jalan”, itu saja sudah cukup membuktikan bahwa ibu adalah malaikat bagi anak-anaknya.

Dalam diri orang tua dan seorang ibu tentunya, ada pengorbanan yang begitu besar. Pengorbanan tersebut diberikan demi anak-anaknya, tanpa pamrih tanpa mengharapkan imbalan apapun. Dalam diri beliau juga ada keikhlasan yang berarti anak-anak tidak perlu takut akan ditagih hutang kasih sayang oleh orang tua.

Cerita bahasa Inggris kali ini akan berisi hal seperti itu. Cerita tersebut tidak panjang alias singkat, ditulis dalam bahasa yang sederhana dan kalimat yang mudah dimengerti. Cerita tentang kasih sayang ibu tersebut bisa dijadikan bahan renungan sekaligus bahan belajar bahasa. Ingin tahu seperti apa ceritanya bukan?

A. Cerita kasih sayang ibu dalam bahasa Inggris

Cerita berikut judulnya begitu pendek dan dalam judul tersebut tidak ada kata ibu atau orang tua sekalipun. Judulnya yaitu “paid in full”, tahu artinya apa? Ya, benar. Judul tersebut kalau diartikan kata per kata yaitu kata “paid” berarti dibayar dan kata “full” artinya penuh. Judul tersebut dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih “dibayar lunas”.

Lalu apa yang dibayar lunas? Kalau dikaitkan dengan kasih sayang ibu maka yang dibayar lunas adalah kasih sayang, mungkin. Kalau begitu lalu siapa yang berhutang dalam cerita tersebut, apakah sang ibu atau anaknya ya? Dari pada penasaran, kita baca dulu ceritanya berikut.

cerita tentang kasih sayang ibu
Paid In Full

Unik memang, kalau kita baca teks di atas kita bisa melihat bahwa sebenarnya ceritanya pendek. Tetapi teks ceritanya panjang karena didalamnya diceritakan ada dua tulisan yang dibaca yaitu tulisan dari seorang anak laki-laki dan juga tulisan dari sang ibu, seperti berbalas surat.

Mungkin dari rekan semua sudah paham tentang isi cerita di atas ya? Ya, mudah-mudahan begitu. Kalau sudah paham maka rekan semua bisa lanjut untuk mencari cerita atau kisah lain yang tak kalah menarik dari kisah di atas. Masih banyak kok, silahkan dibaca yang sesuai keinginan.

Ingat, waktu pertama kali membaca kisah ini sampai bisa meneteskan air mata, teringat orang tua di rumah. Apakah anda tidak sayang dengan orang tua anda? Apakah anda tidak sayang dengan ibu anda? Pasti sayang bukan. 

Itulah sebabnya, kisah di atas memberikan peringatan kepada kita tentang besarnya kasih sayang yang dimiliki oleh orang tua kepada anak-anaknya. Orang tua memberikan semuanya dengan ikhlas, meski sering tak terucap. 

Tapi kita sebagai anak sering kali hitung-hitungan dikala hendak membantu orang tua, ketika dimintai tolong sering kali kita mengutamakan diri sendiri. Bisa dibayangkan, tampa orang tua, tanpa ibu maka kita tidak akan bisa menjadi sekarang ini.

Cerita di atas bukan hanya bisa digunakan sebagai sarana belajar bahasa ternyata. Cerita di atas juga bisa memberikan pelajaran tentang norma dan etika dalam hidup. Pribadi dengan akhlak mulia bisa ditempa dengan banyak membaca cerita dengan nilai moral seperti di atas.

B. Penjelasan isi cerita tentang kasih sayang ibu

Dari sekian banyak pembaca, mungkin masih ada yang mengalami kesulitan dalam memahami teks cerita bahasa Inggris di atas. Jika memang ada, rekan yang kesulitan bisa juga membaca versi terjemahan atau penjelasan dari isi teks yang sudah dibaca di atas.

Berikut sudah disiapkan semacam terjemahan atau tepatnya penjelasan yang sesuai dengan alur cerita pada kisah di atas. Khusus untuk rekan semua yang mencari cerita dalam dua bahasa sekaligus bisa membacanya langsung di bagian berikut yang sudah disiapkan.

Cerita “paid in full” dalam bahasa Inggris menceritakan kisah seorang anak laki-laki yang meminta upah atau bayaran atas pekerjaannya membantu ibunya.

Diceritakan dalam cerita itu, ada seorang anak laki-laki yang akan meminta imbalan karena telah membantu sang ibu.

Seorang anak laki-laki menemui ibunya di dapur pada suatu malam ketika sang ibu sedang menyiapkan makan malam. Ia memberikan selembar kertas yang sudah ia tulis sebelumnya. Setelah sang ibu membersihkan tangannya, ia kemudian membaca kertas tersebut.

Kemudian sang ibu pun membaca tulisan yang ada dalam secarik kertas tersebut. Di kertas itu tertulis: Untuk potong rumput: lima dolar Untuk membersihkan kamarku minggu ini satu dolar Untuk pergi ke warung lima puluh dolar.

Menjaga adik ketika ibu berbelanja: 25 dolar, buang sampah: 1 dolar, dapat nilai rapot bagus 5 dolar, untuk sapu halaman 2 dolar, total pendapatan: 14,75 dolar.

Sang ibu kemudian mengalihkan pandangannya ke anaknya yang masih berdiri disana. Kemudian ia pun mengambil sebuah pena, membalik kertas yang telah dituliskan anaknya tadi dan kemudian ia menulis sesuatu disana.

Yang ditulis sang ibu di kertas tersebut yaitu: untuk selama sembilan bulan aku membawamu di perutku ketika kamu tumbuh: Gratis. Untuk semua malam-malam yang telah aku lalui denganmu, menjagamu dan berdoa untukmu: Gratis. Untuk semua waktu saat kamu belajar dan untuk semua air mata yang telah kau sebabkan sepanjang tahun: Gratis.

Untuk semua malam-malamku yang dipenuhi rasa takut dan khawatir yang akan aku lalui kedepan: Gratis. Untuk mainan, makanan, pakaian, dan bahkan untuk mengelap ingusmu: Gratis. Ketika kamu menambahkannya dengan yang kamu tulis tadi, harga untuk kasih sayangku adalah: Gratis.

Ketika anak laki-laki tersebut selesai membaca apa yang ibunya tulis, ada air mata yang menggantung di pelupuk matanya. Ia kemudian menatap lekat tepat ke ibunya dan berkata, “Bu, Aku tentu sangat menyayangimu.” Kemudian ia mengambil pensil dan dengan tulisan yang besar ia pun menulis: Dibayar Lunas.

***

Apa yang diceritakan dalam teks tersebut benar-benar memiliki pesan yang sangat penting. Dari cerita di atas kita bisa mendapatkan pelajaran yang berharga tentang betapa besarnya kasih sayang seorang ibu kepada anak-anaknya. Jika harus membayar, seorang anak pasti tidak akan mampu membayar dan membalas kasih sayang yang telah diberikan oleh sang ibu.

Pesan yang bisa kita ambil dari kisah di atas adalah bahwa seharusnya sebagai seorang anak hendaknya kita ikhlas jika diminta untuk membantu orang tua. Tidak perlu meminta imbalan, jika orang tua meminta bantuan kepada anak sebenarnya itu pun bukan karena mereka membutuhkan bantuan.

Mereka meminta anaknya membantu hanya untuk memberikan pelajaran dan memberikan pengalaman. Mereka hanya ingin mendidik kita agar bisa dan mampu melakukan banyak hal yang bermanfaat. Ingat, tidak selamanya kita akan hidup dengan orang tua, suatu hari kita harus bisa mencukupi semua kebutuhan kita sendiri, apapun itu.