Sunday, April 2, 2017

Cerita Bahasa Inggris Singkat, Kupu dan Kepompong

Ada lagi cerita bahasa inggris singkat yang bisa kita baca bersama. Cerita tersebut merupakan sebuah cerita tentang kupu – kupu dan kepompong. Cerita ini cukup singkat dan menarik, bahasa yang digunakan pun tidak sulit atau mudah dipahami. Kalau ada rekan yang mencari cerita-cerita seperti ini bisa membacanya langsung di situs ini.

Kalau hanya satu dua memang tidak puas, maka dari itu kita masih memperbanyak kisah-kisah yang berhubungan dengan cerita moral dan cerita anak. Kali ini juga begitu, cerita yang akan kita baca juga berhubungan dengan dua jenis bacaan tersebut. Cocok untuk rekan pelajar tapi juga cukup bagus untuk orang umum yang sedang mulai belajar bahasa Inggris.

Untuk kisah yang sudah kita bahas sebelumnya sudah cukup banyak, namun begitu koleksinya belum lengkap apalagi jika berkaitan dengan tema ceritanya. Yang satu ini juga kental dengan nuansa nasehat, ada renungan yang bisa diambil dari inti kisahnya. Ingin tahu seperti apa menariknya?

Siklus perubahan yang terjadi pada kupu-kupu memang cukup menarik untuk diikuti. Kita bisa lihat sendiri, dari ular yang menggelikan dan menakutkan, kupu-kupu bisa tercipta menjadi hewan yang mempesona dan menakjubkan. Tapi sebelum menjadi hewan cantik tersebut ada proses panjang yang harus dilalui. Berkaitan dengan itulah cerita singkat kali ini.

A. Cerita Bahasa Inggris Singkat Butterfly and Cocoon

Kata “Butterfly” artinya kupu-kupu sedangkan kata “Cocoon” berarti kepompong. Ada kaitannya kedua kata di atas, selain disatukan menjadi sebuah judul cerita, kupu dan kepompong memiliki ikatan dan keterkaitan yang cukup dekat. Masalah itu tidak perlu dijelaskan karena ada ranah ilmu-nya sendiri.

Pada cerita kali ini kita akan menikmati sebuah kisah yang berhubungan dengan perubahan ulat menjadi kupu-kupu atau lebih tepatnya proses kupu-kupu keluar dari kepompong. Ceritanya cukup menarik, ada pendidikannya dan ada nasehatnya. Ingin tahu seperti apa, kita baca saja bersama-sama.

Butterfly And Cocoon

Kepompong dan kupu-kupu sama saja dengan kacang dan kulitnya. Kupu-kupu harus melalui proses menjadi kepompong dulu sebelum ia bisa terbang ke angkasa. Kejadian seperti itu tentu cukup menarik juga untuk diikuti bukan? Apalagi teks ceritanya cukup pendek, meski bahasa Inggris tapi tidak akan terlalu sulit dicerna.

Lepas dari itu, teks di atas mungkin menyisakan tanda tanya bagi beberapa yang baru mulai belajar bahasa Inggris. Oleh karena itu di bagian selanjutnya akan diberikan juga beberapa informasi pendukung untuk memudahkan pembaca memahami kisahnya. Yang pertama yaitu kata-kata sulit dalam cerita di atas, simak daftar kata baru di bawah ini.

Found = menemukan
Struggled = berjuang
Force = memaksa
Hole =  lubang
Scissors = gunting
Snipped off = menggunting
Swollen = bengkak
Shriveled wings = kusut/kisut
Expand = mengembang
Fly = terbang
Kindness = kebaikan
Haste = tergesa-gesa
Restricting = membatasi
Fluid = cairan
Freedom = kebebasan
Obstacles = rintangan

Dengan tambahan daftar kata sulit di atas tentu saja akan lebih mudah lagi dalam memahami bagaimana teks di atas. Sekarang rekan semua bisa mengetahui beberapa kata penting yang ada dalam teks di atas. Bagaimana sekarang, apakah masih ada kesulitan dalam memahami ceritanya? Kalau masih ada, silahkan lanjut ke bagian akhir yaitu terjemahan.

Sebelum lanjut ke bagian selanjutnya, perlu diingatkan bahwa kosa kata dalam daftar bisa digunakan untuk tambahan sarana belajar. Bisa dipahami dan dihafalkan agar anda bisa menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. 

Kalau ada banyak kata yang belum paham, jangan diborong. Buat daftarnya dan simpan rapi, setiap hari usahakan menghafalkan 3 sampai 5 kata baru secara rutin. Dengan begitu anda akan mendapatkan tambahan vocabularies untuk percakapan bahasa Inggris.

Kalau kebetulan tidak banyak kata yang sulit maka silahkan belajar untuk menerjemahkan bahasa Inggris. Ambil dari satu kalimat atau bagian lain yang dianggap mudah. Coba terjemahkan langsung, kalau kesulitan silahkan dibantu dengan kamus bahasa Inggris.

Masih ada lagi. Selain untuk dua hal di atas, teks cerita seperti ini juga bisa digunakan untuk belajar grammar atau tata bahasa. Kalau untuk cerita seperti ini tentu menggunakan bentuk lampau (past tense) baik itu simple, contonous maupun perfect tense. 

B. Terjemahan Cerita Butterfly and Cocoon

Meski tidak begitu penting namun kita bahas juga sedikit terjemahan atau arti dari teks di atas. Dengan begitu mudah-mudahan tidak ada satu pun pembaca yang kesulitan dalam memahami kisah menarik dalam bahasa Inggris tersebut. Tidak terlalu cocok dikatakan terjemahan mungkin, tetapi semoga saja bisa jadi tambahan referensi.

Pada teks di atas, diceritakan ada seorang laki-laki yang menemukan sebuah kepompong. Suatu hari ada lubang kecil yang muncul pada kepompong tersebut. Ia kemudian duduk dan mengamati kupu-kupu yang ada didalam kepompong tersebut.

Sang kupu-kupu berjuang keras untuk keluar dari kepompong yang selama ini mengurungnya. Sudah beberapa jam, sang kupu-kupu masih berusaha memaksa mengeluarkan tubuhnya dari lubang kecil tersebut. Selang beberapa saat, seperti tidak ada lagi proses yang terjadi. Terlihat sepertinya sang kupu-kupu sudah berusaha sekuat yang ia mampu dan sepertinya sudah tidak bisa lanjut lagi.

Melihat hal tersebut, laki-laki tersebut akhirnya memutuskan untuk membantu sang kupu-kupu malang tersebut. Ia pun mengambil gunting dan memotong bagian kepompong yang tersisa. Setelah itu sang kupu-kupu pun bisa keluar dari kepompong dengan mudah.

Ternyata, setelah keluar, kupu-kupu tersebut memiliki tubuh yang gemuk dan sayap kecil yang keriput. Lelaki tersebut kembali mengamati kupu-kupu yang baru keluar dari kepompong tersebut dan mengharapkan setelah itu ia bisa melihat sang kupu-kupu terbang.

Diluar dugaan, sayap kupu-kupu tersebut tidak bisa membsar dan mengembang untuk menyangga tubuhnya. Pada akhirnya, sang kupu-kupu tersebut hanya bisa merayap dengan badannya yang besar dan sayap yang keriput.

Pada kejadian itu, yang tidak dipahami oleh lelaki baik yang membantu kupu-kupu terbang tersebut adalah bahwa kepompong yang menghalangi kupu-kupu keluar tersebut adalah proses alami yang sangat penting bagi sang kupu-kupu.

Dengan proses tersebut, cairan dalam tubuh kupu-kupu tadi akan dipaksa mengalir ke sayap-sayapnya agar ia siap terbang ketia ia sukses menembus kepompong tersebut. Kadang-kadang, perjuangan adalah hal yang sebenarnya dibutuhkan dalam hidup.

Jika alam membiarkan kupu-kupu tersebut keluar dari kepompong dengan mudah maka yang akan terjadi adalah seperti sang kupu-kupu malang tadi. Ia tidak akan bisa terbang selamanya. Mengagumkan bukan?

***

Nyatanya, dari kisah di atas memang ada pesan moral yang sangat penting untuk direnungkan oleh pembaca. Dalam proses tersebut ada proses yang memang harus dijalani dan dihadapi oleh mahluk agar bisa menjadi lebih kuat dan lebih baik.

Halangan dan rintangan sesungguhnya diperlukan untuk membuat manusia menjadi pribadi yang lebih tangguh dan kuat. Itulah hakekat lain dari ujian, cobaan, halangan atau pun rintangan yang sering terjadi dalam hidup. Mudah-mudahan, pesan tersebut dapat kita renungkan dan kita terapkan dalam hidup kita.