Tuesday, April 4, 2017

Cerita Bahasa Inggris Singkat tentang Teman, Unfriendly River

Kebutuhan akan contoh untuk cerita bahasa Inggris singkat memang cukup banyak. Ada yang sekedar untuk bahan bacaan, ada juga yang diperlukan untuk bahan belajar khususnya yang sedang mempelajari bahasa Inggris. Maka dari itu kita tambah lagi koleksi yang ada.

The Unfiendly River adalah sebuah cerita dongeng tentang hewan, tumbuhan dan sungai. Kata “The Unfriendly River” mempunyai arti dalam bahasa Indonesia yaitu “Sungai yang tidak ramah”. Atau bisa dipahami juga sebagai sebuah sungai yang sombong dan tidak memperdulikan yang lain.

Cerita dalm sebuah dongeng ini sendiri merupakan cerita yang bisa membuat kita semua sadar dan mengerti apa itu hidup. Cerita ini memberikan pesan moral yang tentunya begitu berharga untuk kita simak dan kemudian kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kaitannya kehidupan sehari-hari tentulah kita membutuhkan sebuah pelajaran yang bisa menjadi sebuah pedoman dalam menjalani hidup yang lebih baik. Dengan pedoman tersebutlah kita bisa benar-benar menjadi orang yang baik sehingga dapat mejalani kehidupan dengan baik juga.

A. Cerita bahasa Inggris persahabatan tentang teman

Sebuah cerita yang akan saya paparkan ini bisa menjadi sebuah pelajaran bagi kita semua. Pelajaran tersebut yaitu tentang pentingnya sebuah pembelajaran hidup guna menjalani hidup dengan baik. Nilai moral yang patut diteladani terkandung dalam cerita ini.

Dengan pembelajaran hidup yang terkandung dalam cerita ini mudah-mudahan bisa membukakan mata dan hati kita sehingga ada sebuah keinsafan dalam hati kita. Bagus bukan pesan moralnya, makanya kita baca saja dulu ceritanya di bawah ini.

cerita anak dalam bahasa inggris
Cerita dalam Bahasa Inggris Unfriendly River

Kadang ada banyak hal yang bisa membuat seseorang tidak nyaman dan tidak senang dengan suatu hal yang dilakukan oleh orang lain. Namun begitu bukan berarti hal yang tidak kita senangi tersebut harus dijadikan patokan untuk mengabaikan atau menghindari suatu hal. Sebagai contoh sahabat, sahabat adalah orang yang memberi warna dalam hidup.

Manusia kan memang makhluk sosial. Manusia tidak akan bisa hidup sendiri. Manusia membutuhkan orang lain untuk banyak hal. Coba bayangkan kalau dalam hidup kita hanya ada diri kita sendiri, tidak ada orang lain. Bukankah hal seperti itu akan membuat orang kesepian, merana sedih sendiri?

Seperti dalam cerita di atas, sungai dalam cerita tersebut bisa digambarkan sebagai manusia. Selama waktu yang cukup lama sungai itu hidup sendiri dan merasa kesepian. Itu semua karena sebuah kesalahan yaitu tidak mau menerima sedikitpun sesuatu yang tidak disukai hingga akhirnya memilih sendiri.

Pada kenyataannya, tidak semua hal sesuai keinginan. Ada banyak hal yang tidak sesuai. Tapi semua itu merupakan warna kehidupan. Warna yang akan membuat hidup lebih indah dan bermakna. Adanya teman, adanya persahabatan akan membuat hidup lebih berarti, benar bukan?

Nah, terlepas dari hal itu, teks cerita di atas bisa bermanfaat sebagai sarana pembelajaran bagi yang membutuhkan. Teks seperti itu bisa digunakan untuk belajar bahasa Inggris, bagaimanapun caranya. Karena cerita di atas masuk kategori cerita anak maka yang paling dekat memang memahami pesan moral yang terkandung dalam cerita tersebut.

Lantas, bagaimana bisa memahami pesan moralnya jika artinya saja tidak tahu, benar tidak? Ya, itu adalah kesempatan pertama untuk belajar. Kita bisa menggunakan teks di atas untuk belajar memahami teks bahasa Inggris. 

Ya belajar mengartikan cerita di atas agar bisa mengetahui makna didalamnya. Sederhana kok, siapkan kamus dan mulai membaca. Kalau ada kata yang sulit bisa dicari artinya di kamus kemudian dilanjutkan membaca. 

Kalau ingin lebih banyak belajar, cari dulu kata sulit dalam cerita tersebut. Setelah itu artikan kata sulitnya dengan kamus, baca dan pahami makna didalam masing-masing kata. Setelah itu baca kembali ceritanya dengan sesekali melihat kata sulit dalam daftar yang sudah dibuat. 

Tidak harus seperti itu juga jika anda tidak suka. Anda bisa fokus menjadi pembaca dengan menikmati alur ceritanya saja, kan asyik. Tidak perlu khawatir, bahkan jika anda berniat hanya menikmati ceritanya saja pun anda masih bisa mendapatkan ilmu kok.

B. Penjelasan isi cerita bahasa Inggris dan terjemahan

Unfriendly River ini menceritakan tentang sebuah sungai yang mempunyai air yang mengalir dan jernih. Hingga melihat siapa saja menjadi jatuh cinta akan sungai yang ada di dongeng tersebut. Namun karena keelokan dan kecantikan sungai tersebut membuat sungai tersebut sombong atau tak ramah.

Sungai selalu enggan berbagi air dengan tanaman dan hewan yang ada di dekatnya, hingga semua tanaman dan tumbuhan yang hendak meminta air dari suangai tersebut disuruh pergi. Bagi sang sungai hidup sendiri adalah sebuah kenikmatan dimana tidak ada mahluk lain yang menyertai hidupnya.

Hingga pada suatu ketika ada seorang anak gadis yang kemudian mendatangi suangai tersebut. Anak gadis tersebut membawakan seekor ikan mas yang bernama tua banyol. Anak kecil tersebut hendak melepaskan ikan tersebut ke sungai yang tidak ramah tersebut, karena dia hendak pergi ke luar wilayah.

Hingga pada akhirnya tua banyol benar-benar di lepas oleh sang anak kecil tersebut. Tua banyol begitu menikmati berenang di air pada suangai tersebut. Namun di sisi lain sungai justru menyuruh sang tua banyol tersebut asyik berenang di air sungai tersebut.

Namun nampaknya tua banyol tidak menghidraukan apa yang dikatakan oleh sang sungai dia bahkan terus berenngan dengan asyiknya sambil mengepak-ngepakan ekornya ke tubuh sang sungai.

Hingga malam tiba dan sungai dan ikan mulai terlelap dan mulai melupakan apa yang sudah terjadi serta siap menyambut mimpi. Hingga pagi menjelang tua banyol sudah mengepak-ngepakan ekornya dan membuat sang sungai terbangun dan hingga akhirnya bisa tersenyum dengan tua banyol.

Di sini suangai sudah mulai bisa menerima kehadiran dari tua banyol dan menganggap tua banyol sebagai saudaranya sendiri. Sang suangai juga sudah mulai sadar bahwa hidup dengan binatang lain tentulah sangat indah, dari pada hidup sendiri.       

Hal ini membuat persahabatan mereka begitu erat dan bahkan mereka berdua sudah menganggap satu sama lain sebagai saudara. Karena memang keduanya sudah mempunyai sebuah keakraban diantara satu dengan yang lain.

Dengan demikian hidup sang sungai tidaklah terasa hambar lagi, karena ada sang tua banyol yang menjadi sahabat setianya yang senantiasa membagi canda tawannya.

***

Ada sebuah pesan moral yang terkandung dari kisah yang ada di cerita bahasa Inggris tersebut. Pesan moral yang ada pada cerita tersebut adalah bahwa sungai tentulah tidak akan sanggup dan tidak akan bisa hidup tanpa ada kehadiran mahluk lain, karena tanpa adanya mahluk lain tidak ada sebuah canda tawa dari sungai.

Dalam kaitanya dalam kehidupan sehari-hari khususnya kita sebagai seorang manusia adalah bahwa manusia tidaklah bisa hidup secara sendiri, karena manusia tidak bisa hidup tanpa manusia lain. Karena sejatinya manusia juga diciptakan adalah untuk saling bergotong royong dan bersosial.