Sunday, April 2, 2017

Cerita Bahasa Inggris tentang Gunung dan Terjemahannya

Kita tambah lagi koleksi cerita yang sudah ada disini. Apa coba, kali ini masih dengan cerita bahasa Inggris yaitu tentang gunung. Cerita ini juga dilengkapi dengan terjemahan atau juga arti atau juga penjelasan tentang alur cerita teks tersebut. Serba guna, bagi yang mencari cerita bisa langsung bergabung.

Meski buka dongeng namun cerita dalam bahasa Inggris yang satu ini juga cukup pendek dan bisa selesai sekali baca. Ini memang sesuai dengan banyaknya kebutuhan rekan semua yang membutuhkan kisah-kisah cerita yang sederhana dan mudah dipahami dan tidak terlalu panjang.

Kalau di kisah dongeng kita akan membaca berbagai hal yang biasanya berhubungan dengan dunia binatang. Kalau disini kita akan membahas yang sedikit berberda. Kali ini akan berhubungan dengan dunia anak-anak, itu berarti ceritanya masuk kategori cerita anak.

Teks cerita yang akan kita baca berikut ini masuk kategori sederhana. Oleh sebab itu cerita ini cukup bagus dan cocok untuk pemula yang sedang belajar bahasa Inggris. Apalagi karena sudah dilengkapi dengan terjemahan, jadi bisa lebih mudah belajarnya, benar bukan?

Dengan teks yang pendek, cerita yang menarik serta bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti maka proses belajar yang dilakukan akan menjadi lebih menyenangkan. Dengan beberapa cerita seperti ini maka koleksi yang ada akan semakin lengkap.

A. Cerita Bahasa Inggris Mountain Story

Sebuah dongeng yang tidak hanya mengajikan sebuah cerita kehidupan dan suasana dalam suasana alam. Cerita dongeng ini akan memberikan sebuah cerita yang juga memberikan sebuah pembelajaran yang berharga yang tentunya bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kita, dan memberikan sebuah manfaat buat orang lain.

Dongeng ini sendiri mempunyai judul, “Mountain Story”, yang bisa kita artikan dalam bahasa Indonesia dengan arti gunung cerita atau cerita pegunungan. Seperti tergambar dalam judul yang sudah dikemukakan di atas, cukup menarik.

Suasana yang dihadirkan tentulah di dekat gunung yang menjulang tinggi yang dihadirkan dengan sepasang anak dan bapak yang sedang bercakap-cakap dengan sebuah suara misterius. Penasaran dengan sebuah isi cerita yang terkandung dalam cerita dongeng tersebut.

Mari langsung saja kita simak sebuah informasi tentang isi cerita yang sudah mudah dipahami oleh kawan-kawan, yang bisa dijadikan sebagai media pembelajaran untuk kawan-kawan semua dalam belajar bahasa Inggris, dan menjadi orang bijak.

Mountain Story

Yang di atas merupakan teks dalam bahasa Inggris. Rekan semua bisa belajar dari teks tersebut. Rekan bisa belajar vocabulary, yaitu memperbanyak kosa kata dengan mencari kata yang sulit dan memahami serta menghafalkannya.

Selain itu bisa juga untuk belajar tata bahasa agar bisa lebih mahir dalam menggunakan bahasa Inggris tertulis. Selain hal-hal tersebut teks di atas juga bisa dimanfaatkan untuk bahan storytelling bagi yang membutuhkan.

B. Terjemahan Cerita Mountain Story

Cerita dalam dongeng ini adalah sebuah cerita tentang seorang anak yang pada suatu ketika terjatuh di sebuah gunung tempatnya berpijak, disaat yang bersamaan dia berteriak sekencang-kencangnya sebagai sebuah reflek atas kejadian yang menimpanya itu yang saat itu terpleset.

Namun setelah anak yang terpleset tersebut selesai berteriak, akhirnya ada sebuah suara yang tidak jelas dari mana suaranya dan mengikuti suara teriakan dari sang anak. Hingga hal ini membuat sang anak menjadi sebegitu penasarannya hingga meladeni sebuah suara yang misterius tersebut.

Dengan ucapan,” who are you”, atau siapa kamu, sang anak begitu penasaran dengan sebuah suara yang tiba-tiba datang tersebut. Hingga setelah dia berkata,”How are You”, suara misterius tersebut juga mengikuti suara dari pada anak tersebut. Suara misterius tersebut juga berkata,” who are you”.  

Hingga akhirnya karena belum juga mendapatkan sebuah jawaban yang begitu pas dengan apa yang ada dipikirannya, anak tersebut berkata,” I admire you!”, atau bisa diartikan ke dalam bahasa Indonesia dengan ungkapan,”Aku mengagumimu”, teriak sang anak ke arah gunung atau sebuah sumber suara.

Tak lama kemudian, suara itu timbul kembali dan mengikuti ucapan sang anak, suara itu berkata,” I admire you!”. Hal itu pada akhirnya memancing kemarahan sang anak yang tidak mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang dilontarkannya.

Yang dia dapat hanyalah sebuah kalimat yang sama dengan apa yang dilontarkan kepadanya. Kemarahannya itu membuat anak kecil tersebut berkata,” Coward!”. Hingga tak lama kemudian suara tersebut juga datang lagi dan berkata, “Coward!”.

Akhirnya sang anak merasa lelah dan bingung dengan apa yang telah terjadi kepadannya dan menannyakan kepada ayahnya yang juga sedang berdiri di sampingnnya.

Namun nampaknya dengan sebuah senyum yang lebar ayah tersebut justru melihat anaknya begitu refleksif dengan suara tersebut. Hingga akhirnya sang ayah memberikan sebuah pesan kepada anak tersebut terkait dengan hal yang telah dialaminnya.

Sang ayah berkata bahwa itulah kehidupan yang kita jalani ini. Kau akan mendapatkan apa yang engkau katakan, jika kau mengatakan hal-hal jelek maka kau juga akan mendapatkan hal yang jelek pula. Begitu juga sebaliknya, bila berkata baik maka hal baik juga yang akan kau dapatkan.

Ayah dari anak kecil tersebut juga berkata yang bisa ditafsirkan bahwa tidak dengan ucapan saja tetapi juga dengan sebuah tindakan. Tindakan yang baik akan menghasilkan sebuah hal yang baik juga untuk anda.

Begitu juga dengan tindakan jelek yang anda lakukan akan menghasilkan hal jelek pula untuk kehidupan anda di dunia ini. Untuk itu ada baiknya agar hidupmu menjadi lancar, tentram, dan nyaman maka lakukanlah sebuah tindakan baik dengan lingkungan anda.

Dari sebuah tindakan yang didasari dengan sebuah rasa ikhlas tersebut akan membuat anda menjadi orang yang akan mendapatkan hal yang baik dan positive dari apa yang anda lakukan.

Ada sebuah pesan moral yang bisa menjadi pemahaman kita bersama dalam menjalani hidup ini. Kita harus sadar hidup ini adalah sebuah refleksi yang akan terus berkesinambungan sesuai dengan apa yang kita lakukan. Hidup ini bukanlah suatu kebetulan, karena semuanya adalah refleksi dari diri kita sendiri.

***

Itulah sebuah dongeng yang memberikan sebuah pembelajaran yang begitu berharga bagi kita semua, mudah-mudahan menjadi sebuah media yang menarik untuk menjadikan kita semua orang yang lebih baik.

Karena seperti yang sudah tertulis di sebuah dongeng di atas, bahwa hidup ini adalah sebuah refleksi. Serta akan memberikan sesuatu hal yang baik, bila memang kita memulainya dengan sebuah kebaikan, begitu juga sebaliknya akan menghasilkan hal yang jelek bila kita memulainya dengan sebuah kejelekan.

Untuk itu terus menjadi sebuah pribadi yang sesuai dan ingatlah hidup ini ada bukan karena sebuah kebetulan, hidup ini ada karena memang sudah di tentukan. Dan apa yang ada di dalam hidup ini adalah berupa refleksi yang terus kembali dan berbalik kepada manusia itu sendiri. Jadilah mulailah menjadi pribadi yang baik.