Friday, March 17, 2017

Cerita Bahasa Inggris tentang Pembohong

Mau baca cerita bahasa Inggris tentang pembohong, ada nih. Masih dengan seri cerita moral kali ini juga masih sedikit berhubungan dengan binatang. Kali ini ceritanya adalah tentang si penggembala domba, berhubungan dengan binatang bukan? Apa dan bagaimana ceritanya nanti kita bahas lebih jauh, yang jelas bagi rekan semua yang sedang mencari cerita-cerita dalam bahasa Inggris bisa membaca kisah yang akan diberikan kali ini.

Kisah yang akan kita baca berikut merupakan jenis cerita rakyat atau lebih tepatnya dongeng bahasa Inggris. Isinya yaitu dongeng tentang binatang yang tentunya singkat, padat, jelas dan ada pesan moralnya sekaligus. Tapi tidak perlu khawatir, selain dongeng disini banyak juga kok cerita lainnya.

Yang suka cerpen bisa cari cerpen di situs ini. Kalau yang butuh naskah drama juga boleh pesan pada admin. Kalau mau yang cerita-cerita pendek dan sederhana untuk contoh tugas mengarang juga bisa cari contohnya di sini. Banyak kok, dijamin tidak menyesal kalau datang ke situs ini.

Cerita yang akan kita baca kali ini berjudul The Boy Who Cried 'Wolf'. Cerita ini disusun dengan bahasa yang sederhana, ringkas dan mudah untuk dimengerti. Maka dari itu cerita ini juga bagus untuk sarana belajar bagi rekan-rekan remaja semua. Dalam cerpen ini nanti juga akan dibagi dalam dua bagian. Pertama kita akan membaca cerita asli yang ditulis dalam bahasa Inggris. 

Setelah membaca cerita yang berbahasa Inggris, dibagian berikutnya juga akan dibahas mengenai terjemahan atau arti cerita tersebut. Tak lupa, setelah pembahasan menyentuh berbagai unsur yang berhubungan dengan alur maka akan dibahas juga mengenai inti cerita dan pesan moral yang ada dalam kisah tersebut.

Kenapa perlu membahas mengenai arti dan terjemahan dari cerita tersebut? Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah untuk membantu kita memahami ceritanya dengan baik. Dengan begitu kita bisa mengambil pesan moral yang ada dalam kisah tersebut. Adanya terjemahan juga dapat digunakan sebagai bahan belajar tambahan bagi yang membutuhkan. Bagaimana ceritanya, kita baca berikut!

A. Kisah anak yang suka berbohong dan jahil

Kisah ini adalah kisah tentang seorang anak laki-laki (the boy), yang memiliki sifat kurang baik. Anak tersebut adalah anak gembala. Ia sering jail dan mengerjai orang lain dengan berteriak seolah - olah ia membutuhkan pertolongan.

Ia sering sekali berteriak "ada serigala" ketika ia sedang menggembalakan ternak domba yang dimiliki. Satu kali, dua kali, tiga kali, orang-orang masih percaya dan selalu tertipu dengan ulah jahil anak tersebut. Pada akhirnya untuk kesekian kalinya orang - orang disana pun menganggap bahwa anak gembala itu tidak dapat dipercaya.

Cerita anak gembala yang usil dan suka berbohong itu dapat dinikmati langsung menggunakan bahasa Inggris. Itu artinya teks cerita ini ditulis dalam bahasa asing dan adik-adik tentu harus tahu bahasa Inggris untuk bisa menikmati kisah tersebut. Seperti apa ceritanya, silahkan dibaca langsung di bawah ini.

dongeng bahasa inggris penggembala yang suka berbohong
The Boy Who Cried 'Wolf'

Lumayan, setidaknya ada empat sampai enam paragraf singkat pada teks di atas. Maka dari itu cukup bagus juga untuk sekalian menambah kosa kata baru. Bagi yang ingin belajar kosa kata, silahkan dicatat dulu kata-kata sulit yang ada dalam teks tersebut. Buatlah daftar kosa kata baru di selembar kerta kosong.

Setelah selesai mencatat kata-kata yang dianggap sulit silahkan cari artinya dan hafalkan. Jangan dihafal sekaligus, satu hari 3 kata sudah cukup baik. Dengan begitu vocab adik-adik akan semakin banyak dan bisa mendukung percakapan sehari-hari. Lain waktu kita akan lengkapi lagi cerita ini dengan kosa kata yang dibutuhkan.

B. Terjemahan dan penjelasan cerita

Ada yang butuh arti atau terjemahan dari cerita bahasa Inggris di atas, semoga tidak ada ya. Supaya lebih lengkap mari kita bahas sedikit mengenai hal itu. Secara umum, cerita di atas berisi kisah seorang anak penggembala domba yang suka berbohong dan mempermainkan orang. Atau bisa juga dikatakan bahwa anak tersebut merupakan anak yang jahil dan usil dan pada akhirnya mendapatkan karma.

Di ceritanya, ketika menggembalakan domba miliknya ia beberapa kali mengerjai orang-orang. Beberapa kali ia berteriak-teriak seolah hewan yang digembalakan akan diserang oleh srigala. “Srigala…. Srigala….” Kurang lebih begitu yang ia lakukan. Ketika orang mendengar teriakan tersebut tentu saja orang-orang menghampirinya dan ingin membantunya. 

Namun ternyata teriakan itu adalah ulah jahil, iseng yang ia lakukan. Orang atau penduduk pun kesal atas tingkah laku anak tersebut. Pasalnya ia melakukan hal konyol tersebut sampai beberapa kali. Sampai pada suatu hari ia pun mendapatkan karma dan balasan atas perbuatannya.

Pada suatu hari ketika ia sedang asyik menggembalakan dombanya tiba-tiba ia dikejutkan dengan kedatangan serigala. Saat itu ia panik dan takut dan langsung berteriak minta tolong. Kali ini teriakannya juga didengar banyak orang tapi apa yang terjadi selanjutnya? Orang – orang yang mendengar teriakan anak gembala tersebut tidak percaya kalau ada serigala dan membiarkannya begitu saja. 

Anak gembala tersebut pun tidak bisa berbuat apa-apa melihat domba-domba miliknya dimangsa olah serigala tersebut. Jelas sekali bukan apa pesan dan inti dari cerita tersebut? Ya, nasehat yang bisa dipetik adalah hendaknya kita jangan suka berbohong kepada orang lain. Berlakulah jujur, berkata jujur karena itu akan kembali kepada kita sendiri.

***

Ingat ya, di situs ini masih ada banyak lagi kisah-kisah cerita menarik seperti ini yang bisa anda pelajari. Yang utama, di sini anda bisa mencari banyak bahan bacaan yang bukan hanya menghibur tetapi juga untuk sarana pembelajaran. Sebagai contoh, anda bisa belajar percakapan sehari-hari.

Cerita di atas sendiri merupakan salah satu cerita dengan kategori cerita rakyat atau dongeng. Ceritanya termasuk cerita binatang yang mengandung nilai - nilai luhur dalam kehidupan. Jelas, ada pesan moral yang bisa dipelajari dari kisah tersebut.

Selain dongeng dan cerita rakyat, ada lagi cerita lainnya, tentu. Anda yang suka dengan cerita pengalaman juga banyak yang sudah diberikan. Anda yang hobi baca cerpen juga bisa mencari di sini. Cerita curhat tema cinta juga banyak kok.

Bahkan, bagi yang ingin mencari cerita untuk naskah drama bahasa Inggris juga bisa mencarinya di sini. Pokoknya apa saja ada yang dalam bentuk bahasa Inggris tentunya. Jadi, setelah menemukan situs ini pastikan anda mencatat dan menghafal alamat situs cerita bahasa Inggris ini agar lebih mudah.

Kalau sudah dicatat, sewaktu - waktu anda membutuhkan cerita yang berbahasa inggris maka anda tidak bingung lagi mencari ke sana ke mari. Bisa hemat waktu dan memperlancar pekerjaan. Apalagijika anda memang sedang belajar bahasa Inggris. Wajib itu mencatat situs ini untuk tambahan referensi.

Selain itu, supaya rekan lain bisa menikmati cerita ini juga, tak ada salahnya jika anda membagikan cerita ini di media sosial, misalnya di profil facebook, twitter atau bahkan instagram sekalipun. Semakin banyak yang terbantu maka kami akan semakin senang.