Tuesday, April 4, 2017

Cerita Cerpen Bahasa Inggris Berjudul Ruby Thief

Melengkapi cerita cerpen bahasa Inggris singkat yang sudah ada di situs ini, hari ini kita akan kembali membahas satu cerita unik dan menarik. Cerita berikut ini bisa digunakan untuk bahan bacaan saat santai atau bahkan untuk belajar. Untuk adik-adik pelajar teks ceritanya tidak rumit. Untuk masyarakat umum, kisah ini juga cukup memberi inspirasi.

The Ruby Thief adalah sebuah cerita pendek (cerpen) yang akan mengguggah hati kita tentang apa itu sebuah kejujuran yang sesungguhnya. Kita akan lihat bahwa kejujuran tidak bisa kita lihat dan hanya bisa kita rasakan.

Sebuah kejujuran bisa menyatukan hubungan manusia lebih baik lagi. Dengan kejujuran hubungan sesama manusia itulah menjadi kuat. The Ruby Thief sendiri mempunyai arti dalam bahasa Indonesia yaitu “pencuri ruby”.

Dari judul itu maka kita bisa menebak bahwa kisahnya akan berkaitan dengan kehidupan dalam istana yang pada saat itu sedang gempar-pembarnya melakukan sebuah penyelidikan tentang sebuah pencurian yang terjadi di istana. Menarik bukan, makanya ikut baca ya!

A. Teks Cerita Bahasa Inggris Ruby Thief

Cerita ini akan membukakan hati kita bersama, karena dengan cerita ini kita akan mendapatkan sebuah kata-kata bijak dari pada seorang kurcaci bijak. Yang pada dasarnya itu adalah sebuah ucapan yang mengandung fakta yang terkandung di dalam hati dan diri manusia itu sendiri.

Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai isi ceritanya akan lebih baik jika kita lebih dulu menikmati kisah tersebut. Kita baca saja dulu, baru setelah itu kita bisa banyak berkomentar mengenai isinya, benar tidak? Ya sudah, yuk kita mulai membaca cerita menarik tersebut.

cerpen bahasa inggris tentang mencuri
Cerpen Bahasa Inggris Ruby Thief dan Arti
Dengan menyimak cerita ini anda juga bisa sedikit dan banyak mengetahui kosa kata baru dalam bahasa Inggris, sehingga begitu efektif untuk anda yang sedang melakukan belajar bahasa Inggris.

Cerita berbahasa Inggris ini tentu menjadi sebuah media yang baik untuk menjadi sebuah pembelajaran untuk anda. Sebagai tambahan silahkan pelajari daftar kata sulit atau kata-kata baru di bawah ini.

Thief = pencuri
Known = diketahui
Hide = menyembunyikan
Jewels = permata
Dwarf = kurcaci
Spent = menghabiskan
Inspecting = memeriksa
Stolen = dicuri
Coughing = batuk-batuk
Writhing = kesakitan
Moaning = merintih/mengerang
Poisoned = diracuni
Hidden = menyembunyikan
Pains = rasa sakit
Court = persidangan
Deceive = menerima

Dengan tambahan daftar vocabularies di atas tentu kita akan lebih mudah membaca dan memahami teks cerita tersebut. Dengan demikian kita akan tahu ceritanya seperti apa dan dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari kisah tersebut. Sekarang mari kita lanjutkan ke bagian selanjutnya.

Ingat ya, apapun alasannya, mencuri itu adalah perbuatan setan, perbuatan tidak terpuji yang harus dihindari dengan cara apapun. Mencuri adalah hal yang bukan hanya merugikan orang lain tetapi merugikan diri sendiri. Pertama, mencuri akan membuat kita menjadi lebih buruk, lebih lemah, lebih bodoh, lebih tidak berguna lagi.

Dari pada melakukan hal tidak baik seperti itu, kenapa tidak pasrah dan berserah diri pada Tuhan saja? Bukankah manusia diciptakan oleh Tuhan, kenapa tidak minta tolong jika mengalami kesulitan? Dari pada melakukan pembodohan diri, merugikan diri sendiri dan keturunan lebih baik pasrah kepada yang membuat hidup. 

Oh iya, karena ini masuk kategori cerita pendek, jadi bisa juga digunakan sebagai bahan belajar analisis cerpen. Ya terserah, mau digunakan untuk analisis unsur intrinsik cerpen bisa, digunakan untuk analisis unsur ekstrinsik juga bisa. Kalau malas ya tinggal dihafalkan saja kosa kata di atas bagi yang belum paham. Setelah itu gunakan dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari, mudah kan?

B. Penjelasan Cerita Ruby Thief

The Ruby Thief adalah sebuah cerita yang pada suatu ketika ada sebuah istana yang pada saat itu digemparkan dengan hilangnnya Ruby. Hal tersebut tentulah membuat semua penghuni istana menjadi sedikit lebih panik karena istana yang mereka dimasuki oleh seorang pencuri.

Hingga akhirnya sang Raja memutuskan untuk mengingatkan semua penghuni istana untuk tidak meletakan barang-barang berharga dengan semabarangan, karena dikhawatirkan pencuri akan kembali lagi.

Hingga akhirnya apa yang terjadi di istana tersebut membuat sang raja memutuskan untuk memanggil seorang kurcaci yang bijaksana. Dia dikenal sebagai kurcaci bijaksana karena dia memiliki sebuah kecerdasan yang kadang tidak terpikirkan oleh orang-orang lainnya. 

Itulah yang setidaknya membuat sang raja memutuskan untuk mengundangnya untuk menyelesaikan masalah ini.

Hingga sang kurcaci akhirnya terus mengamati keadaan sekitar istana tersebut, dan berharap ada sebuah pencuri yang dimaksud oleh sang penghuni istana tersebut. Namun nampaknya tidak ada satupun yang mencurigakan melintas di hadapannya.

Hingga suatu ketika sang kurcaci mengumpulkan penghuni istana tersebut di sebuah ruangan yang sama, sang kurcaci menannyakan satu persatu penghuni istana tersebut namun mereka mengaku tidak melihat satupun gerak mencurigakan.

Semua orang berkumpul di sebuah kamar yang sama namun hanya satu orang yang tidak ada di situ yaitu penjaga kebun yang bernama Footman. Hingga pada suatu ketika sebuah batuk yang begitu keras terdengar ke seluruh ruangan di istana yang berasal dari Footman.

Kurcaci menuturkan bahwa dia terkena sebuah racun dari sebuah permata, dia akan mati bila tidak diberi sebuah penawar dari rubik yang telah di curi. Hingga apa yang dikatakan kurcaci membuat kejahatan yang dilakukan oleh Footman diketahui oleh banyak orang karena dia percaya apa yang dikatakan oleh kurcaci.

Padahal asisten dapur mengetahui bahwa racun tersebut hanya akan membuat penderitanya batuk dan sedikit nyilu di badan, dan tidak ada reaksi yang lain lagi. Hingga apa yang diperbuat oleh Fottman ini membuatnya harus dikenakan hukuman dengan melewati sebuah proses pradilan.

Di sisi lain sang raja mengagumi apa yang telah dilakukan oleh sang kurcaci, berkat keberhasilannya dalam menyelesaikan masalah ini. Bahkan sang raja meminta sang kurcaci memberi tahukan kepadannya tentang rahasia keberhasilannya.

Rahasia keberhasilan yang dimaksud adalah dia berusaha menggali sebuah kebenaran dari pada orang, termasuk pencuri itu sendiri. Dia percaya orang bisa berbohong dengan orang lain tetapi orang tidak bisa berbohong dengan dirinya sendiri.

***

Ada yang cukup dalam yang menjadi pesan moral dari cerita di atas. Orang tidak bisa berbohong kepada diri sendiri, inilah yang setidaknya menjadi sebuah moral yang terkandung di dalam cerita ini. Untuk menyelamatkan nyawanya, sang pencuri akhirnya tertangkap.

Jadi, contoh cerpen bahasa Inggris di atas bisa digunakan sebagai peringatan dan contoh untuk pembaca semua. Mencuri tidak baik, mencuri merugikan diri sendiri dan harus dihindari. Ingat ya, ada banyak jalan lain yang lebih baik dan barokah dari pada mencuri. Ya sudah, sampai bertemu di cerita selanjutnya.