Wednesday, March 22, 2017

Cerita Dongeng Bahasa Inggris tentang Merpati dan Semut

Ini ada cerita dongeng bahasa Inggris tentang merpati dan semut untuk rekan semua. Kisah selanjutnya ini masih berhubungan dengan cerita binatang. Kisah kali ini adalah tentang seekor semut dan juga merpati. Kisah ini memiliki inti cerita yang cukup bagus dan mengajarkan kita untuk menjadi orang yang dapat berlaku baik kepada orang lain.

Kisah cerita berjudul “The Ant And The Dove” ini adalah dongeng ke tujuh yang bisa kita nikmati baik untuk hiburan atau untuk belajar. Sama dengan dongeng – dongeng sebelumnya, cerita bahasa Inggris berikut juga pendek alias singkat dengan bahasa yang sederhana. Teks di tulis cukup sederhana dan mudah dimengerti sehingga cocok untuk bahan bacaan adik-adik pelajar.

Di tengah semakin berkembangkan internet, kebutuhan bahan belajar pun semakin meningkat dan mudah diakses melalui internet. Namun begitu, ada juga kendala-kendala yang harus dihadapi terutama untuk pengguna internet pula, misalnya sulit mendapatkan bahan bacaan yang benar-benar sesuai.

Banyak situs yang menyediakan cerita dongeng tetapi banyak juga hanya sama persis satu sama lain. Bahkan ada juga yang sulit diakses karena terlalu banyak pernak-pernik yang menempel pada situs tersebut. Untuk hal itu maka situs ini konsisten akan memberikan berbagai jenis bahan bacaan bermutu yang mudah diakses seperti cerita bahasa Inggris ini.

A. Cerita Dongeng Inggris The Ant And The Dove

Kali ini, pembahasan dongeng akan dibagi menjadi dua bagian. Pertama yaitu membahas dongeng yang ditulis dalam bahasa Inggris. Kedua akan membahas mengenai arti atau terjemahan dari teks cerita tersebut. Lebih jauh nanti juga akan dibahas pesan-pesan yang terdapat dalam cerita tersebut.

Pembagian tersebut bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam memahami bahan bacaan yang dibagikan. Dengan begitu pembaca bisa benar-benar memahami apa yang dibaca dan dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari cerita tersebut. Nah, untuk yang pertama mari kita baca langsung dongeng tersebut di bawah ini.

The Ant And The Dove

Berbeda dengan cerpen atau short story, dongeng di atas memang sangat singkat. Namun begitu tentu tidak mengurangi unsur manfaat yang bisa diambil dari cerita atau kisah yang ada. Sekarang, bagi yang sudah mengerti dan dapat menikmati kisah di atas tanpa kesulitan bisa segera lanjut ke cerita selanjutnya.

Untuk rekan yang mengalami kesulitan memahami arti dari kisah tersebut bisa menuju ke bagian dua untuk membaca terjamahan dan arti dari teks cerita di atas. Dengan begitu rekan semua bisa menikmati apa yang ada dalam dongeng di atas.

Jika ingin cepat pintar bahasa Inggris, anda juga bisa memanfaatkan teks cerita tersebut sebagai bahan untuk menambah perbendaharaan kata. Caranya gampang, tinggal dicari saja kata yang sulit atau yang belum diketahui artinya. Setelah itu tinggal dicari artinya di kamus, dipahami dan dihafal.

Sebagai contoh, kita kupas kalimat pertama dalam cerita di atas yaitu "One hot day, an ant was searching for some water". Anda bisa langsung mengartikan kata yang sulit atau memenggalnya menjadi beberapa bagian agar lebih mudah memahami artinya. Contoh pemenggalan kalimat yang bisa dilakukan sebagai berikut.

1) One hot day = Suatu hari yang panas
2) An ant = Seekor semut
3) Was searching for = Sedang mencari
4) Some water = air

Kalimat pertama tersebut bisa dipisah menjadi beberapa bagian misalnya dari subjek kalimatnya, predikatnya dan juga obyek kalimatnya. Pada penggalan kalimat nomor 1 terdapat 3 kata yaitu kata "one" yang artinya satu, "hot" artinya panas dan "day" yang artinya hari.

Anda bisa mempelajari kata perkata sesuai dengan pemenggalan kalimat yang dicontohkan di atas. Dengan begitu anda bisa mempelajari arti dan makna baik itu per kata, frasa maupun dalam satu kalimat secara utuh. Dengan begitu maka membaca dongeng bisa menjadi kegiatan belajar yang serius.

B. Terjemahan Dongeng Merpati dan Semut

Bagi yang mengalami kesulitan memahami teks di atas disarankan untuk mencatat kata-kata yang tidak dimengerti. Setelah itu anda bisa membuka kamus dan mencari arti dari masing-masing kata baru tersebut. Kegiatan seperti ini bisa digunakan untuk mengembangkan kosa kata baru untuk kemampuan bahasa Inggris anda.

Dengan mengetahui arti kata per kata maka akan lebih mudah menerjemahkan arti secara keseluruhan baik itu dalam satu kalimat maupun dalam satu paragraf. Untuk membantu rekan semua mari kita bahas sedikit terjemahannya di bawah ini.

Dongeng di atas menceritakan tentang seekor burung merpati yang memiliki hati yang baik, ya seekor marpati yang baik hati. Karena kebaikannya tersebut ia pun mendapatkan balasan yang setimpal dengan apa yang telah dilakukan. 

Diceritakan, pada suatu hari yang terik ada seekor semut yang sedang mencari air untuk minum. Ia mencari ke berbagai arah, setelah mencari beberapa lama ia pun menemukan sebuah mata air yang jernih. 

Sayangnya mata air yang ia temukan sedikit tersembunyi. Untuk sampai ke mata air tersebut ia pun haris melewati barisan rumput yang cukup tinggi. Ia pun memanjat untuk melewati rerumputan tersebut. Ketika berusaha memanjat ia terpeleset dan jatuh tercebur di mata air tersebut. 

Mata air tersebut cukup dalam baginya, ia pun berusaha mati-matian untuk keluar dari air tersebut. Tapi karena air begitu dalam ia pun tidak bisa keluar dan akan tenggelam. Untung saja, ada seekor merpati yang melihat kejadian tersebut. Merpati yang berada di atas pohon di dekat mata air tersebut pun membantu sang semut.

Melihat sang semut yang dalam kesulitan, sang merpati kemudian mengambil sehelai daun dan menjatuhkannya di air di dekat sang tersebut. Sang semut pun berusaha meraih daun tersebut. Ia berhasil dan kemudian naik di atas daun. Akhirnya, daun itu pun membawa semut itu dengan aman ke daratan.

Pada saat yang sama, ada seorang pemburu yang akan menangkap sang merpati. Pemburu tersebut mengeluarkan jaring dan siap melemparkannya ke arah merpati tersebut. Sang semut melihat pemburu tersebut. 

Menebak apa yang akan dilakukan pemburu, sang semut pun dengan cepat dan buru-buru menggigit tumit pemburu tersebut. Kesakitan dengan gigitan semut tersebut ia pun menjatuhkan jaringnya. Akhirnya, merpati pun terbang menjauh dengan aman. 

***

Dari keseluruhan cerita di atas kita dapat mengambil hikmah dan pelajaran yang berharga. Coba kita lihat apa yang telah dilakukan oleh merpati tadi, ia melakukan kebaikan tanpa melihat bahwa semut adalah hewan kecil yang tidak penting. Ia menolong sesama yang sedang membutuhkan, yang sedang kesusahan.

Atas apa yang ia lakukan, tanpa menunggu lama ternyata ia pun mendapatkan balasan yang setimpal. Dengan bantuan dari sang semut, ia bisa terbebas dari maut. Berkat tindakan semut ia bisa lolos dari jerat sang pemburu.

Yang terjadi pada kedua binatang tersebut memberikan peringatan kepada kita bahwa apa yang kita lakukan akan mendapatkan balasan yang setimpal. Dalam hal ini, merpati melakukan kebaikan dan dibalas dengan kebaikan. 

Besar atau kecil kebaikan yang dilakukan pasti akan mendapatkan balasan, baik itu perbuatan yang baik maupun jahat. Jadi ingat, ibarat pepatah, kita yang menanam maka kita pula yang akan memetik buahnya.