Tuesday, March 28, 2017

Cerita tentang Keimanan dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Masih dengan koleksi cerita bahasa Inggris singkat kali ini kita akan menikmati sebuah kisah tentang keyakinan. Keyakinan yang dimaksud disini adalah keyakinan seseorang terhadap sang pencipta. Bisa dikatakan, kisah yang akan kita baca ini kental dengan nuansa religi keagamaan.

Keyakinan atau keimanan seseorang memang bisa diukur dari tingkah laku dan perbuatan yang dilakukan. Jadi, akan cukup mudah untuk mencari tahu apakah seseorang beriman kepada Tuhan atau tidak. Bisa dilihat bagaimana ia menjalani hidup, benar tidak?

Wah, kalau melihat lebih jauh mengenai isi ceritanya, cerita bahasa Inggris kali ini cukup dalam makna-nya. Meski demikian, alur cerita yang sederhana membuat cerita ini juga bisa masuk kategori cerita anak.

Sebuah cerita yang tentunya akan membuat mata hati kita menjadi lebih terbuka untuk mendekatkan diri kita. Terlebih salah satu karakter pada cerita tersebut yang begitu berbicara kenyataan terkait dengan kematian.

Hingga membuat lawan karakter atau karakter yang lainnya sedikit mempunyai rasa takut akan kematian yang bisa datang kapan saja. Penasaran bukan bagaimana kisah selengkapnya?

A. Cerita Keimanan dalam Bahasa Inggris

Cerita dongeng ini sendiri adalah sebuah cerita yang berjudul,”A Boy With Strong Belief”. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, judul tersebut yang kurang lebih mempunyai arti,”Anak laki-laki dengan keyakinan kuat” atau bisa juga anak laki-laki dengan iman yang kuat.

Dari judulnya sudah begitu terlihat tentang hakekah anak laki-laki yang mempunyai kemauan kuat dengan keyakinan yang dipegangnya. Dari pada penasaran lebih baik kita baca saja bagaimana teks cerita tersebut.

A Boy With Strong Belief

Bisa dilihat, mengapa cerita ini begitu menariknya untuk kita simak bersama. Kita tentu tahu bahwa keimanan seorang tentulah ada pasang surutnya. Dengan adanya cerita dan sebuah karakter yang dihadirkan dalam cerita ini mudah-mudahan menjadikan kita semua bersemangat untuk kembali beriman kepadannya.

Yang namanya iman memang bisa membuat hal yang mustahil menjadi nyata. Bahkan meski hal itu tampak sama sekali tidak mungkin. Sebagai contoh dalam cerita di atas. Seorang anak, tanpa bekal yang memadai bisa menyusuri jarak yang begitu jauh untuk menjalankan atau melaksanakan apa yang diyakini.

Itu membuktikan bahwa sepanjang kita percaya akan sesuatu maka sangat mungkin kita bisa mewujudkan hal itu. Sebagai contoh dalam kehidupan sehari-hari yang dihadapi manusia. Ketika seseorang percaya dan yakin bisa menyelesaikan tugas berat maka biasanya tugas tersebut akan selesai dengan baik.

Sebaliknya, rasa takut dan tidak percaya diri akan memberikan pengaruh negatif terhadap diri dan kehidupan seseorang. Jika ingin menjalani hidup yang lebih baik, kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari kisah di atas.

Bukan hanya untuk belajar bahasa Inggris, pesan moral yang terkandung dalam cerita juga bisa untuk mengasah budi pekerti kita. Dengan begitu, ada banyak manfaat yang dapat dipetik hanya dari sebuah cerita sederhana seperti di atas.

Kalau untuk belajar, cerita di atas bisa digunakan untuk bahan belajar menerjemahkan. Bisa juga digunakan untuk menambah kosa kata baru yang belum dipahami. Atau bisa juga digunakan untuk memperdalam kemampuan dalam hal tense atau bentuk-bentuk waktu dalam bahasa Inggris.

Yang paling sederhana, silahkan anda buat daftar kata sulit dari teks di atas. Setelah itu dicari arti katanya masing-masing. Kalau sudah ada artinya semua tinggal dipahami dan dihafal untuk digunakan dalam percakapan sehari-hari.

B. Terjemahan Cerita Boy With Strong Belief
Cerita di dalam dongeng ini menceritakan tentang seorang syeh Fath al-Mowsily yang saat itu bertemu dengan sesorang  pmuda yang yang berjalan di hutan. Pemuda yang saat itu sedang berjalan melalui hutan dan sambil melafatkan sebuah kata-kata yang berupa lafast-lafats yang dilihat oleh syeh.

Hingga akhirnya Syeh tersebut mendekati sang pemuda dan mengucapkan sebuah salam kepada pemuda, dan sang pemuda tersebut menjawabnya dengan semestinya. Setelah dari dekat ternyata pemuda tersebut memang masih begitu muda. Sang syeh tersebut bertanya kepada pemuda,”Mau kemana kau”, sang pemuda menjawab,”Ke rumah Allah(Mekah)”.

Hingga syeh tersebut begitu terkejutnya dan berkata,”Kau serius ingin pergi ke rumah Allah, sementara usiamu masih begitu muda, dan pekerjaan ke rumah Allah bukannya hanya dikerjakan oleh orang tua saja yang hendak mati”. Pemuda tersebut menjawab,”Kemarin aku menemui sesorang yang lebih muda dariku meningga dunia”, ungkap sang syeh.

Hingga hal tersebut begitu mengejutkan sang syeh yang bertanya tersebut, dan akhirnya dia berkata,”Tujuan anda begitu jauh, dan hanya ditunjang dengan langkah kecil kedua kaki anda”. Degan santainya sang pemuda tersebut menjawab,”Langkah saya memang jauh, tetapi Allah sudah menjamin saya untuk sampai ke tempat yang saya tuju”.

Dan dari situ sang syeh masih begitu kurang yakin dengan apa yang dilakukan oleh pemuda tersebut. Bahkan dalam hati sang syeh sedikit meremehkan apa yang dilakukan oleh pemuda tersebut, karena menurutnya apa yang dilakukannya itu adalah hal yang sia-sia, dan begitu sulit untuk dilakukan terlebih oleh seorang pemuda seperti dia.

Namun nampaknya sang pemuda tersebut tidak menghiraukan apa yang dikatakan oleh sang syeh, dia tetap dengan keyakinannya menuju rumah Allah(Mekah). Mengingat keyakinannya begitu kuat untuk terus berjalan menuju mekah sampai hingga akhirnya dia benar-benar sampai di tempat yang menjadi tujuannya.

Hingga pada akhirnya sang syeh sampai di mekah, dan dia didatangi oleh seorang pemuda yang ditemuinya yang digadang-gadang hendak ke rumah Allah dengan jalan kaki. Sang Syeh begitu kaget melihat sang pemuda tersebut ada di rumah Allah ini. Hingga akhirnya sang pemuda menghampiri syeh dan berkata,”Oh syeh masihkah anda lemah keyakinan”.

Dari sini tentulah kita bisa mengetahui tentang sebuah pesan moral yang terkandung dalam cerita tersebut. Yang mana keyakinan yang ditunjukan oleh sang syeh memang begitu lemah untuk orang yang beriman. Padahal semuanya tentulah sudah ada yang mengatur jalan kehidupan di dunia in, dan semuanya tidak ada yang tidak mungkin selama Allah berkehendak.

Adapun kita sebagai manusia terlebih bila kita dalam posisi sebagai syeh tersebut ada baiknya mendukung terkait apa yang hendak dilakukan oleh pemuda tersebut. Karena doa orang yang sholeh adalah doa yang begitu mujarab, dan Allah sendiri sangat mencintai hamba-hambanya yang sholeh.

Dan selama Tuhan sudah memberikan sebuah jalan tentang rencana manusi yang hendak di lakukan maka tidak ada yang bisa mencegah, semuanya akan terjadi dan tidak ada yang bisa menghalanginya satupun.

Laksana kereta berjalan di atas rel, dan laksana bujur yang sudah lepas dari panah, tidak bisa dihentikan kecuali ada sebuah benda yang lebih besar di depannya. Dan benda yang lebih besar tersebut kita ibaratkan kekuasaan Tuhan.

***

Demikian sedikit gambaran cerita bahasa Inggris tentang cerita yang terkandung dalam judul,”A Boy With Strong Belief”. Mari bersama-sama untuk menjadi lebih baik lagi dengan menguatkan sebuah keyakinan di dalam hati kita, karena ketahuilah bahwa tidak ada yang tidak mungkin atas kuasa Allah.