Tuesday, March 28, 2017

Cerita tentang Kijang dalam Bahasa Inggris dan Terjemahan

Sedang mencari kisah menarik untuk bahan bacaan? Tenang, berikut ada sebuah contoh cerita binatang tentang kijang dalam bahasa inggris. Ceritanya pendek, sederhana dan mudah dimengerti, sangat cocok untuk bahan bacaan bagi adik-adik pelajar. Mau tahu seperti apa ceritanya?

Sebuah cerita tentang sebuah hewan yang akan membuat kita sadar akan kehidupan yang kita jalani saat ini. Karena dari cerita ini tentulah kita akan sadar bahwa semua upaya dan tindakan yang mati-matian kita lakukan untuk melawan takdir maka tentulah tidak mungkin kita berhasil melawannya.

Melawan takdir bisa diartikan sebagai perbuatan melawan Tuhan. Sementara itu kita harus sadar bahwa kita ini siapa. Kita juga harus sadar kita hanya manusia yang lemah yang bisa dengan mudah diombang- ambingkan oleh kuasa Tuhan. Dari cerita inilah mudah-mudahan bisa membuat anda sadar.

Kalau melihat inti ceritanya maka kisah ini memiliki inti pesan moral yang begitu dalam mengenai kehidupan. Tentu, kisah yang diceritakan tersebut bisa menjadi renungan, inspirasi, motivasi sekaligus peringatan bagi umat manusia. Lalu seperti apa ceritanya, simak berikut!

A. Cerita dongeng kijang dalam bahasa Inggris

Seperti jelas ditulis dalam judul, dongeng berikut ini ditulis dalam bahasa Inggris. Jadi, bagi anda yang kebetulan membutuhkan yang berbahasa Indonesia silahkan melihat versi lain dibagian bawah pembahasan ini. Kenapa dalam bahasa Inggris? Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah untuk menambah sarana belajar untuk pembaca semua.

Anda mungkin tahu, sebagian orang menganggap belajar bahasa Inggris itu sulit dan membosankan. Padahal sebenarnya tidak begitu. Dengan belajar menggunakan kisah-kisah menarik seperti ini anda tidak hanya akan belajar bahasa melainkan juga bisa memperhalus budi pekerti dan akhlak dalam menjalankan hidup.

Yang tidak begitu paham bahasa Inggris tidak perlu khawatir. Meski menggunakan bahasa asing namun dongeng ini sangat singkat. Beberapa menit saja pasti sudah selesai membacanya. Kalau tidak percaya bisa langsung dibaca dulu ceritanya di bawah ini.

The One-Eyed Doe

Benar bukan? Kalau bacaan sependek itu saja sudah menyerah pasti tidak akan bisa cepat pandai. Tidak sulit kok, tidak berat juga. Buktinya dalam kurang dari 5 menit pun bisa selesai dibaca. Apalagi cerita didalamnya cukup menarik. Tidak akan menyesal deh, benar tidak?

Sebagai tambahan, mari kita belajar mengartikan cerita di atas dengan cara sederhana berikut. Pertama, mari kita lihat kalimat pertama yang berbunyi "a doe had the misfortune to lose one of her eyes, and could not see any one approaching her on that side". Kalimat tersebut dapat kita bagi menjadi beberapa bagian sebagai berikut.

1) a doe 
2) had 
3) the misfortune to lose one of her eyes
4) and 
5) could not see any one approaching her on that side

Yang panjang dalam kalimat pertama tersebut sebenarnya merupakan keterangan yang membuat kalimatnya lebih jelas. Kita bahas dari nomor 1, "a doe" artinya seekor kijang, sedangkan "had" itu artinya memiliki. Selanjutnya, "the misfortune to lose one of her eyes" artinya kurang lebih "kesialan kehilangan salah satu matanya"

Selanjutnya, bagian tersebut dihubungkan dengan bagian berikutnya dengan kata "and" yang artinya "dan". Setelah itu, "could not see any one approaching her on that side" artinya "tidak dapat melihat siapapun yang mendekatinya dari sisi itu".

Kalau kesulitan dalam menggunakan penggalan kalimat seperti itu maka cara berikutnya untuk lebih mudah mengartikan cerita di atas adalah dengan mencari kata-kata yang sulit dalam sebuah kalimat. Contohnya, untuk kalimat kedua yang berbunyi "so to avoid any danger she always used to feed on a high cliff near the sea, with her sound eye looking towards the land."

Pada kalimat kedua ada beberapa kata kunci atau inti yang harus dipahami artinya yaitu misalnya "avoid", "feed", "eye" dan seterusnya. Tinggal dicari saja arti kata yang sulit dan langsung diterjemahkan sesuai konteks. Bagaimana, mudah bukan belajar dengan cerita dongeng?

Anda bisa menggunakan cara sederhana untuk mencari arti kalimat yang sulit. Atau anda juga bisa membuat daftar kata untuk masing-masing kata baru yang belum pernah dipahami sebelumnya. Dengan begitu, setelah membaca cerita dongeng seperti ini anda akan mendapatkan tambahan vocabularies.

Sekarang, silahkan lanjutkan dengan kalimat berikut. By this means she could see whenever the hunters approached her on land, and often escaped by this means. But the hunters found out that she was blind of one eye, and hiring a boat rowed under the cliff where she used to feed and shot her from the sea. “Ah,” cried she with her dying voice

B. Penjelasan dan isi cerita dongeng kijang

Cerita ini mengambil sebuah karakter seekor kijang. Seperti yang kita tahu kijang adalah hewan yang begitu lincah, dan perlu sebuah tahtik yang begitu baik untuk bisa menangkapnya. Mengingat kijang ini bisa berlari begitu cepat. Dengan cara inilah dia melindungi dirinya dari musuhnya.

Namun secepat apapun dia berlari pastilah bisa tertangkap jua bila memang sudah waktunya. Dia juga bisa menjadi santapan para pemburunya bila memang sang pemburu mengeluarkan sebuah tehnik jitu dalam menangkapnya.

Cerita ini adalah sebuah cerita yang menceritakan tentang seorang kijang yang pada saat itu kehilangan satu mata. Hilangnya mata satu tersebut membuat sang kijang tidak bisa memantau musuh dan tidak bisa mendeteksi keberadaan musuh yang berada di sebelah arah mata yang hilang tersebut.

Namun sang kijang tersebut tidak kehilang akal karena sang kijang mempunyai sebuah solusi untuk masalahnya tersebut. Caranya adalah dengan menaiki sebuah daratan yang lebih tinggi.

Dengan demikian dia bisa mendeteksi keberadaan musuh dari daratan tinggi tersebut. Setelah dirasa tempat aman dia akan bepergian dengan rasa yang nyaman.  Dengan cara ini pula dia bisa dengan mudah melarikan diri.

Mengingat dengan berdiri di atas pemukaan tanah yang lebih tinggi tersebut dia bisa mengetahui setiap musuh yang hendak mencarinya. Sehingga dia selalu punya sebuah kesempatan untuk kabur setiap ada bahaya yang melanda.

Namun sang pemburu mengetahui kelemahan dari pada sang kijang yang buta sebelah. Hingga akhirnya sang pemburu menyewa sebauh kapal dan berlayar melalu lautan.

Sementara itu sang kijang sedang berdiri di atas tebing dan memantau daratan di sekitarnya. Sementara itu pemburu yang berlayar tersebut tidak diketahui oleh sang kijang karena keterbatasan penglihatan tersebut.

Dan hingga akhirnya sang pemburu memanfaatkan kesempatan tersebut dan kemudian menembak sang kijang tersebut dan kemudian sang kijang berteriak degan begitu kerasnya karena merasakan kesakitan akibat sebuah peluru dari sang pemburu. Ia kemudian hanya bisa berteriak ketika meregang nyawa.

***

Terlihat jelas apa yang ada dalam kisah tersebut. Ada pesan moral yang cukup dalam dan bermakna. Pesan moral dari cerita yang terkadung tersebut adalah bahwa namanya sebuah takdir tidak bisa dihindari. Karena melawan takdir sama halnya dengan melawan Tuhan dan itu adalah sebuah tindakan yang konyol yang tidak akan menghasilkan apa-apa. 

Kisah di atas mengingatkan kita bahwa ada hal yang memang diluar batas kemampuan kita. Sebagai contoh urusan kematian. Coba kita lihat di sekeliling kita, semua mahluk mengalami kematian, tua atau pun muda, sehat atau pun sakit, semua tak luput dari kematian.