Tuesday, April 4, 2017

Cerpen Bahasa Inggris tentang Menolong Orang

Wait For The Brick adalah contoh dari sebuah cerita cerpen bahasa Inggris yang cukup unik dan menarik. Dari kisah ini kita semua akan mendapatkan pembelajaran yang begitu berharga untuk hidup kita. Dengan pelajaran tersebut kita semua bisa menjadi manusia yang bijak dan akan lebih berguna bagi orang-orang di sekitar kita.

Dari pembelajaran ini juga kita menjadi orang yang setidaknya bisa membuat orang lain senang dengan kita. Dengan sebuah pembelajaran ini pula kita bisa menjadi orang yang bisa dengan mudah memberikan sebuah pertolongan meskipun itu bukan sebuah materi.

Kita tahu bahwa pertolongan tidaklah berbentuk materi semata tetapi dari sebuah perbuatan, benar tidak? Contoh cerpen Wait For The Brick dalam bahasa Indonesia sendiri memppunyai arti ”menunggu batu”. Terdengar asing dan tidak nyambung, tapi akan lebih jelas jika nanti kita sudah memacanya.

Menolong orang lain adalah perbuatan mulia yang pasti akan mendapatkan balasan, benar tidak? Pasti anda juga percaya hal itu bukan? Tapi kadang dalam kehidupan sehari-hari manusia terlalu manja. Manusia lebih banyak mengasihani diri sendiri dari pada mengasihani orang lain.

Kadang, parahnya, kita sebenarnya bisa membantu orang lain tapi kita tidak peduli dan lebih mengabaikan. Dulu mungkin manusia lebih peka, tapi sekarang di zaman modern ini orang lebih banyak bersikap masa bodoh, bukan urusan kita ini. 

A. Cerpen tentang menolong orang dalam bahasa Inggris

Cerita berikut menceritakan arti kehidupan yang begitu jarang kita rasakan karena sebuah kesibukan kita dalam mengejar sebuah ambisi duniawi, sehingga hal yang demikian jarang terpikirkan. Tapi sebelum kita baca, mari kita lihat beberapa kata sulit yang ada di bawah ini.

Young = muda
Successful = sukses
Executive = eksekutif
Traveling = bepergian
Neighborhood = lingkungan
New jaguar = jaguar baru (mobil)
Darting = lari cepat dengan tiba-tiba
Appeared = muncul
A brick = batu, batu bata, batu tembok
Smashed = menabrak, menghantam
Slammed = membanting setir
Brakes = mengerem
Thrown =  dilemparkan
Jumped = melompat
Grabbed = menangkap
Shouting = berteriak
Apologetic = menyatakan penyesalan, menyesal
Pleaded = membela diri
Rolled = terguling
Curb = pinggir jalan
Wheelchair = kursi roda
Sobbing = menangis
Stunned = membingungkan
Swelling = bengkak
Lump = gumpalan
Handicapped = catat
Handkerchief = sapu tangan
Noticeable = nyata, kelihatan jelas
Dented = melekukkan, membenarkan
Dent = penyok, peyot

Beberapa kata dalam daftar di atas adalah vocabularies yang diambil dari teks cerita. Disertai terjemahan agar pembaca semua bisa mempelajarinya sebelum menikmati kisahnya. Dengan begitu akan lebih mudah memahami ceritanya. Lebih jauh, dengan adanya sebuah cerita ini anda juga bisa sedikit dan banyak mengetahui sebuah kosa kata bahasa Inggris.

Dengan begitu, menikmati cerita ini diharapkan bisa membuat anda mahir dalam berbahasa Inggris terlebih bagi anda seorang pemula. Karena akan banyak sekali kosa kata yang mungkin saja belum pernah dengar dan belum pernah anda lihat sebelumnya. Sekarang mari kita nikmati bersama-sama.

Cerpen dalam Bahasa Inggris tentang Menolong Orang
Wait for the Brick: Cerpen Bahasa Inggris tentang Tolong Menolong

Apalagi, tidak membutuhkan waktu lama untuk menghabiskan cerita di atas, membacanya hanya membutuhkan beberapa menit saja. Kenapa tidak, apalagi cerpen tersebut mengandung pesan moral yang cukup baik untuk direnungkan. 

Coba bayangkan deh, di dunia kita sekarang yang orang lebih banyak cuek dan acuh tak acuh dengan orang lain, seharusnya kita sadar dan kembali ke kewajiban manusia saling membantu sesama. Ada kebahagiaan dibali kegiatan menolong orang lain. Dan yang terpenting, akan ada banyak doa dari hal itu.

Coba direnungkan, kalau kita bisa memahami dan merenungkan apa yang ada dalam cerpen di atas kita pasti akan tertegun dan kembali sadar. Banyak sekali orang lain yang masih membutuhkan bantuan kita. Tidak harus besar, tidak harus banyak, sekecil apapun bantuan kita asal ikhlas pasti akan bermanfaat. 

Itu tadi masalah isi cerita, cerpen di atas juga bisa digunakan untuk media belajar. Bisa digunakan untuk membiasakan diri dengan teks bahasa Inggris. Teks tersebut juga bisa digunakan untuk bahan analisa cerpen. Yang jelas, apapun itu, membaca cerita seperti ini bisa mendatangkan banyak manfaat jika kita kreatif.

B. Penjelasan isi cerita pendek menolong orang

Cerita ini sendiri adalah sebuah cerita yang menceritakan seorang supir yang membawa mobil jaguarnya. Dengan begitu yakinnya dia terus menginjak rem hingga akhirnnya membuat sang jak melaju dengan begitu cepat. Kejadian tersebut membuat pemandangan  jalan di sekitar berlalu begitu cepat.

Hingga pada suatu di tengah  jalan, dia mendapati seorang pemuda yang melempar body mobil jaguarnya. Lembaran tersebut membuat body dari mobil tersebut menjadi penyok. Sang sopir memperhentikan laju dari pada mobil dan kemudian dia turun dari mobil dan bertanya-tanya tentang apa sebenarnnya yang telah terjadi.

Dengan rasa penasaran dia mendekati pemuda yang duduk di kursi roda tersebut. “Apa yang kau lakukan”, ungkap sang supir masih tidak mengerti dengan apa yang sebenarnnya terjadi.

Sang pemuda dengan muka yang sedikit merasa bersalah meminta maaf, dia melakukan itu karena tidak satupun orang mau berhentik ketika melihat dia di pinggir jalan. Hingga akhirnya sang pemuda melemparkan batu agar mobil tersebut berhenti.

Sang pemuda ingin meminta tolong agar dia mengangkat saudara laki-lakinya dan kursi rodanya ke trotoar. Hingga dengan bantuan sang supir tersebut, sang supir mengangkat kursi saudaranya tersebut. Hingga ahirnya hal ini sedikit membuat sang supir mendapatkan sebuah pelajaran dari kejadian yang dialaminya.

Dia memutuskan untuk masuk ke mobil tersebut setelah menolong anak tersebut. Laki-laki itu kemudian berjalan dengan sedikit santai tanpa memperdulikan bagian mobil yang penyok. Bagian mobil yang penyok sengaja dia biarkan agar dia selalu ingat dengan sebuah tragedi ini dan senang tiasa mengingat kejadian ini.    

***

Ada sebuah pesan moral yang terkandung dari sebuah cerita cerpen dalam bahasa Inggris ini. Pesan tersebut yaitu kita sebagai manusia haruslah peka. Dari kejadian di atas jelas tertulis bahwa anak tersebut tidaklah melempar bagian mobil karena hanya ingin mendapatkan sebuah perhatian dari pada sang supir yang melaju dengan cepat.

Tetapi sang anak membutuhkan bantuan hingga akhirnya dia terpaksa melakukan hal tersebut. Kini ada sebuah pilihan yang bisa kita lakukan dalam kehidupan kita, yang mana mendengarkan sebuah bisikan atau menunggu batu.

Bila memang mendengarkan sebuah bisakan tentulah itu tandanya anda orang yang bijak karena bersedia meluangkan waktu anda untuk orang lain. Lain halnya bila menunggu lemparan batu seperti lelaki tadi, bukan hanya yang melempar yang kadang dibakar amarah, tetapi yang terkena lemparan.