Sunday, April 2, 2017

Contoh Cerpen Bahasa Inggris The White Rose

Jangan bosan ya karena kita akan selalu belajar dan mencari hiburan dengan membaca kisah-kisah menarik khususnya dalam bahasa Inggris. Kali ini, cerita cerpen bahasa Inggris yang akan kita baca berjudul “The White Rose”. Ingin tahu ceritanya seperti apa, segera ikuti selengkapnya berikut.

The White Rose merupakan salah satu contoh cerita pendek pilihan. Di dalamnya ada pesan moral yang cukup menarik untuk diikuti. Cerita cerpen ini adalah sebuah cerita yang juga akan menumbuhkan sebuah pembelajaran tentang diri anda sendiri.

Banyak orang yang kurang percaya diri tentang apa yang dia punya. Hal tersebut dikarenakan dia kurang memahami dirinya sendiri. Padahal banyak orang yang justru iri dengan apa yang dia punya. Bahkan, sering kali orang tidak menghargai apa yang sebenarnya mengagumkan yang ada dalam dirinya.

Untuk itulah sebuah cerita yang cukup singkat ini mudah-mudahan menjadi sebuah cerita yang bisa sedikit menggugah hati kita semua agar kita percaya dengan sebuah kekuatan dan semua yang kita memiliki. Sehingga apa yang kita lakukan tidak membuat kita gelisah, karena kitapun percaya dengan kemampuan kita sendiri.

A. Cerpen white rose bahasa Inggris

The White Rose sendiri bila memang diartikan dalam bahasa Indonesia memiliki sebuah makna ”Mawar Putih”. Yang mana cerita tersebut akan memberikan sebuah pelajaran yang begitu berharga kepada kita.

Selain sebagai pembelajaran terhadap diri pribadi karena mengajarkan tentang kepercayaan diri, cerita ini juga akan mengajarkan anda untuk mengetahui sedikit-sedikit kosa kata bahasa Inggris yang mungkin belum anda ketahui. Sehingga begitu cocok menjadi sebuah media pemebelajaran bagi pemula.

Sebelum sampai pada cerita tersebut ada beberapa kosa kata yang perlu kita baca lebih dulu. Kosa kata ini terdapat dalam teks cerita dan sudah dibuat dalam daftar, lengkap dengan arti. Silahkan dipelajari sebagai pemanasan sebelum masuk ke cerita selengkapnya.

Bushes = semak-semak
Grass = rumput
Weeds = rumput liar
Petals = daun bunga
Velvet = beludru, beledu
Morning dew = embun pagi
Resplendent crystals = kristal yang gemerlapan
Wilting = menjadi layu
Perfection = kesempurnaan
Realise = menyadari
Fascinated = mengagumkan, mempesona, kagum
Enchantment = pesona
Appearance = penampilan
Strolling = jalan-jalan
Forgotten = terlupakan
Fade = memudar
Withered
Present = hadiah
Vase = fas bunga
Reflection = bayangan
Drooping = berjatuhan
Blind = buta
Appreciating = menghargai

Daftar kata di atas bisa menjadi kata – kata baru yang perlu diketahui arti atau terjemahannya. Makanya akan lebih baik jika dibaca dulu meski hanya satu kali. Kalau sudah membaca daftar kosa kata di atas nanti akan lebih mudah mengerti tentang jalan ceritanya. Sekarang kita baca kisah selengkapnya di bawah ini.

Cerpen Bahasa Inggris The White Rose
Contoh Cerita Cerpen Bahasa Inggris The White Rose

Bagaimana, cukup menarik ya? Sudah ada kosa katanya, sudah disediakan langsung teksnya, kurang apa lagi. Sekarang waktunya anda semua untuk mulai mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dari teks tersebut. Untuk belajar, ya tentu saja. Silahkan dimulai dari mempelajari kata-kata baru yang belum pernah ditemui sebelumnya.

Belajar kosa kata itu sangat penting, apalagi dalam bahasa. Karena tanpa kosa kata yang memadai maka akan sangat sulit untuk bisa berkomunikasi dengan lantar. Maka dari itu, mumpung masih banyak waktu, mulai sekarang silahkan menambah kosa kata secara rutin.

Kalau satu hari 3 kata baru maka tiga bulan sudah lumayan, apalagi jika mampu sampai lima kata atau  lebih, dalam sebulan mungkin sudah terasa lebih lancar di speaking. Untuk menghindari kebosanan dalam belajar, silahkan selingi dengan belajar menerjemahkan teks bahasa Inggris. 

Gampang, bisa mulai dari bagian terkecil dan termudah. Ambil satu kata, kemudian coba pecah ke dalam beberapa bagian berdasarkan subjek predikat dan objek. Setelah itu coba artikan perbagian. Jangan lupa untuk menyediakan kamus untuk mengetahui kata sulit yang ditemukan. 

Lakukan seperti itu sampai bosan. Setelah itu coba berlatih memahami makna dengan menghubungkan antara kalimat yang satu dengan yang lain. Setelah itu coba dengan antar paragraf. Dengan cara seperti itu maka anda akan terbiasa menangkap dan memahami makna sebuah bacaan secara menyeluruh.

B. Penjelasan isi cerita cerpen

Cerita dongeng ini sendiri menceritakan tentang sebuah bunga mawar putih yang pada saat itu hendak mekar. Perlahan tapi pasti bunga putih nan indah itu akhirnya mekar dikelilingi oleh semak-semak dan gulma. Banyak hewan dan tumbuhan yang lain terpesona dengan keindahan dari bunga yang cantik itu.

Terlebih bila melihat bentuknya yang begitu indah, lembut, dan berwarna putih, membuat siapa saja ingin mempunyai nasib yang sama. Tetapi di sisi lain sang bunga tidak bisa melihat keindahannya sendiri karena keindahan ada di tubuhnya sendiri dan bukan di tubuh orang lain, sehingga dia tidak bisa melihatnya.      

Hingga pada suatu ketika ada anak kecil yang pada saat itu sedang berjalan-jalan di taman. Dia melihat sebuah bunga yang begitu cantik yang baru mekar tersebut. Dia begitu sayang untuk memetiknya karena hal tersebut tentulah akan membuat bunga tersebut mati. Namun bila gadis tersebut tidak mengambilnya dia juga akan layu.

Hingga akhirnya gadis tersebut membawa bunga tersebut di sebuah vas yang ada di rumahnya, agar sang bunga tersebut bisa hidup dengan baik. Namun dalam hati bunga juga mempunyai pernyataan tidak ada kaca untuku melihat kecantikanku sendiri. Namun hingga selang beberapa hari sang bunga terus bertumbuh hingga mengikuti arah matahari.

Pertumbuhan tersebut membuat sang bunga mampu menjangkau sebuah cermin yang memungkinkannya untuk bisa melihat dirinya sendiri. Setelah nampak di cermin kecantikannya kini dia tahu bahwa memang dia benar-benar cantik, dan kecantikannya itu bahkan tidak pernah dia sadari. 

Itulah mengapa ketika banyak tumbuhan dan hewan yang memuji kencatikan sang bunga, bunga justru belum seratus persen percaya bila memang dia cantik. Tetapi kini dia percaya setelah mmenyaksikan sendiri kecantikannya di depan cermin. Kini dia bisa benar-benar percaya bahwa memang dirinya adalah cantik.

***

Disetiap cerita apapun biasanya ada pesan-pesan moral atau nilai-nilai luhur yang coba ingin disampaikan kepada pembaca, demikian juga dengan cerita bahasa Inggris di atas. Dalam kisah tersebut ada sebuah pesan moral yang bisa kita ambil.

Pesan tersebut yaitu tentang menghargai diri sendiri. Terkadang orang lebih tahu tentang kelebihan yang kita miliki yang bahkan kita sendiri tidak yakin bahwa itu adalah sebuah kelebihan. Untuk itulah ada baiknya kita selalu merenung agar kita memang benar-benar mengetahui apa yang ada di dalam diri kita.

Karena mempelajari diri sendiri adalah sebuah hal yang penting dan harus kita tahu. Karena bagaimana bisa kita mempelajari orang lain, kalau mempelajari diri kita sendiri saja kita belum bisa. Dengan mempelajari diri anda sendiri anda akan mengetahui kelebihan dan kekurangan yang anda miliki.

Dengan mengenal lebih jauh mengenai diri kita, baik kelemahan maupun kelebihannya, maka kita akan bisa lebih menghargai apa yang ada dan yang kita miliki. Begitu banyak kebaikan dalam diri kita, begitu banyak yang patut dibanggakan, maka mulailah menghargai diri sendiri.