Saturday, March 25, 2017

Cerita Dongeng Bahasa Inggris tentang Kehidupan

Lagi cari contoh dongeng bahasa inggris tentang kehidupan, tenang karena disini akan kita bahas. Cerita dongeng adalah cerita yang membahas berbagai macam hal termasuk di dalamnya tentang bagaimana menjalani kehidupan di dunia ini.

Begitu juga dengan dongeng yang akan segera kita baca kali ini. Seperti lainnya, cerita dalam dongeng berikut juga bukan hanya bernuansa hiburan tetapi sarat dengan nilai moral yang bisa direnungkan. 

Tidak heran memang, apa yang ada dalam kisah berikut juga bermuatan positif dalam arti ada nilai-nilai moral yang diberikan kepada pembaca. Sama dengan cerita moral lain, dongeng berbahasa Inggris berikut juga mengandung pesan kehidupan. Bisakah anda menebak bagaimana kisahnya dari judul tersebut?

Kalau dilihat dari judul, kisah berikut jelas memberikan nasehat bahwa kita tidak bisa merubah dunia sesuai keinginan dan kebutuhan kita. Bisa, tapi sangat kecil yang bisa kita lakukan dan sepertinya tidak disarankan, kalau melihat judul tersebut. Ya, artinya saja “jangan ubah dunia”, benar tidak?

A. Dongeng tentang kehidupan dalam bahasa Inggris

Terlepas dari apa yang bisa kita tebak, dongeng tentu merupakan salah satu bacaan yang menghibur dan mendidik. Maka tak salah jika di waktu luang, sesekali kita membaca dongeng dan menyelami lebih jauh arti dan isi cerita yang disampaikan. Dan kali ini dongeng yang akan kita baca tersebut menggunakan bahasa Inggris. Ingin tahu seperti apa, simak berikut.

dongeng bahasa inggris tentang kehidupan
Don't Change The World

Ternyata dongengnya singkat ya, tentu kalau membaca dongeng seperti itu sih tidak akan membuat pusing, meski dalam bahasa Inggris sekalipun, benar tidak? Ya, namun begitu, walaupun singkat tapi ceritanya sarat dengan makna, memiliki nilai moral yang layak untuk direnungkan untuk menjalani hidup di dunia.

Bukan hanya itu, teks cerita tersebut bisa dimanfaatkan juga untuk mengembangkan lebih juah kemampuan anda dalam berbahasa Inggris. Salah satunya yaitu dengan mempelajari kosa kata baru yang belum pernah anda kenal sebelumnya. Dengan begitu semakin hari kosa kata yang anda kuasai akan semakin banyak.

Semakin banyak kosa kata yang dikuasai maka anda akan semakin lancar lagi dalam berbasa inggris, benar bukan? Ya, tapi untuk cerita kali ini tidak disertakan langsung kosa kata yang dibutuhkan. Anda bisa mencari dan membuat daftar kata yang dianggap sulit.

Anda juga bisa menggunakan teks di atas untuk belajar membaca cepat. Caranya dengan mencari tahu inti kata dan menebak sisanya untuk mengetahui arti secara keseluruhan baik dalam satu frasa, klausa, kalimat maupun dalam satu paragraf.

Coba perhatikan kalimat pertama dalam teks di atas yang berbunyi "one upon a time, there was a king who ruled a prosperous country". Paling tidak, jika anda mengetahui empat kata inti dalam kalimat di atas maka sisanya anda bisa menebak arti atau makna kalimatnya secara utuh. Coba perhatikan penggalan kalimat di bawah ini.

1) one upon a time
2) there was
3) a king
4) who ruled a prosperous country"

Pada nomor 1 ada kata "time", jika anda tahu artinya maka bisa menebak sisanya. Pada nomor dua hanya ada dua kata, anda bisa cari tahu kedua artinya. Di nomor 3 ada kata "king". Selanjutnya, nomor 4 dari "who" sampai selesai adalah keterangan yang menjelaskan kata sebelumnya yaitu kata "king".

Tidak sulit kok menebak artinya, sederhananya kurang lebih artinya "dulu ada raja". Kalau yang lebih panjang, "dulu ada raja yang memerintah sebuah kerajaan". Pada terjemahan kedua sudah ada tambahan yang menerangkan raja yaitu "yang memerintah sebuah kerajaan".

Dari kedua terjemahan kasar dan sederhana itu saja anda tentunya bisa menebak makna dan ide inti yang ada dalam kalimat pembuka tersebut. Begitulah anda bisa mencoba belajar membaca cepat dengan menerpkan teknik seperti itu agar tidak terlalu pusing dengan arti atau terjemahan.

Teknik atau cara di atas juga bisa digunakan untuk belajar terjemahan. Siapa tahu anda mendapat tugas untuk menerjemahkan teks bahan bacaan baik di sekolah maupun di kampus atau lainnya. Tidak sulit kok, kami yakin anda pasti mampu melakukannya dengan baik. 

B. Penjelasan arti dan terjemahan cerita

Mari kita bahas sedikit mengenai isi cerita di atas dalam bahasa Indonesia. Kita buat versi terjemahan atau arti dari dongeng di atas ya, meski sederhana. Dengan begitu kita akan lebih mudah jika ingin menangkap isi pesan moral yang terkandung dalam cerita tersebut. 

Cerita dongeng berjudul “Don't Change The World” adalah dongeng yang berlatar belakang kehidupan kerajaan. Di kisahkan, pada zaman dahulu kala, ada seorang raja yang memerintah sebuah kerajaan yang sangat makmur. Suatu hari sang raja tersebut melakukan perjalanan ke beberapa daerah kerajaan yang cukup jauh.

Perjalanan berjalan dengan lancar, kemudian ketika sang raja kembali dan sampai di istana ia pun mengeluhkan kakinya yang sakit dan pegal-pegal. Hal itu terjadi karena melakukan perjalanan yang cukup jauh dan itu adalah pertama kali ia melakukannya. Lebih dari itu, jalan yang ia lalui juga merupakan jalan yang sangat kasar dan berbatu hingga wajar kaki sang raja sakit.

Mendapati kakinya yang sangat sakit ia pun akhirnya memerintahkan rakyatnya untuk menutup setiap jalan di negeri itu dengan kulit sapi. Bisa dibayangkan, berapa banyak kulit sapi yang dibutuhkan untuk menutup semua jalan yang ada di sebuah wilayah kerajaan, sangat banyak sekali bukan?

Pasti, untuk menutup jalan tersebut tentu saja dibutuhkan ribuan kulit sapi dan tentu akan membutuhkan biaya yang sangat banyak sekali. Lalu apa yang terjadi kemudian? Salah satu pelayannya yang bijaksana kemudian memberanikan diri untuk menyampaikan ide untuk masalah tersebut. Lalu apa yang dikatakan oleh sang pelayan tersebut?

“Kenapa engkau harus menghabiskan banyak uang yang tidak perlu yang mulia? Kenapa yang Mulia tidak mengambil sedikit kulit sapi untuk menutupi kaki anda saja?”, ucap sang pelayan tersebut. Betapa terkejutnya sang raja mendengarkan perkataan dari pelayannya tersebut. 

Tapi, meski dia begitu terkejut akhirnya ia pun menyetujui usulan dari pelayan yang bijaksana tersebut. Akhirnya, sang raja pun membuat sepatu dari kulit sapi. Bagaimana, bagus bukan cerita sebenarnya? Ya, meski singkat tapi cerita bahasa Inggris singkat tersebu ternyata cukup menarik bukan?

Lalu bagaimana dengan pesan moral yang terdapat dalam kisah tersebut? Ada satu pesan yang mudah ditangkap dari kisah tersebut. Pesan tersebut yaitu bahwa untuk menjadikan dunia ini sebagai tempat yang indah dan nyaman untuk ditinggali ternyata kita tidak harus mengubah dunia ini menjadi seperti yang dibutuhkan.

Untuk menjadikannya tempat yang sesuai maka kita lebih baik merubah diri kita sendiri yaitu hati dan pikiran kita dan bukan merubah dunia ini karena itu hal yang sangat berat untuk dilakukan. Itu saja ya, sampai bertemu di cerita dongeng berikutnya yang lebih menarik lagi.