Saturday, March 25, 2017

Cerita Dongeng Burung Gagak yang Kehausan Bahasa Inggris Indonesia

Akhirnya sampai juga pada cerita dongeng gagak yang kehausan dalam bahasa Inggris. Cerita ini juga sama dengan lainnya yaitu merupakan salah satu contoh dongeng binatang. Singkat, tenang saja, dongeng ini juga bisa selesai dalam sekali baca. Artinya adik-adik tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menikmati cerita menarik ini.

Kisah dalam sebuah dongeng sedikit berbeda dengan kisah dalam cerpen atau karya novel. Kisah dongeng lebih dekat dengan nuansa nasehat dan ceritanya sangat sederhana. Inti yang ada dalam dongeng adalah menyampaikan pesan-pesan moral yang mendidik kepada seluruh pembaca. Maka wajar jika mudah sekali menangkap pesan dalam cerita seperti ini.

Yang akan kita baca kali ini bukan dongeng bahasa Indonesia. Dongeng ini memang sudah cukup dikenal tetapi yang akan dibaca adalah yang dalam versi bahasa Inggris. Maka dari itu jelas sekali bahwa ceritanya bisa menjadi bahan bacaan untuk belajar pelajaran bahasa Inggris. Bisa untuk menambah kosa kata, terjemahan dan sebagainya.

Gagak adalah sebuah gurung yang memiliki aura cukup menakutkan. Burung gagak ini lebih dikenal dekat dengan hal – hal negatif, kalau tidak salah sih. Namun begitu, pada kisah yang akan dibaca ini kita akan mendapatkan seekor burung gagak dengan karakter sifat yang cukup menarik. Penasaran bukan, makanya kita baca saja ceritanya.

A. Cerita Dongeng Gagak The Thirsty Crow

Judulnya sudah tahu bukan? Nah, dari judul tersebut, kata “thirsty” artinya adalah kehausan atau haus sedangkan kata “crow” artinya burung gagak. Jadi, kalau diartikan judulnya adalah burung gagak yang kehausan. Tentu, kalau melihat judulnya tersebut sekarang lebih jelas lagi kira-kira ceritanya seperti apa.

Sekalian untuk tes kemampuan kita, juga untuk mengisi waktu luang. Dari pada main tidak karuan lebih baik kita membaca, ingat kan kalau membaca adalah jendela dunia. Kalau sudah punya kebiasaan membaca maka itu sangat baik bagi proses belajar. Orang sukses itu kebanyakan sudah baca loh, makanya kita latih dari sekarang.

cerita dongeng burung gagak
The Thirsty Crow

Hanya beberapa paragraf singkat, ternyata di baca tidak sampai lima menit. Yang terpenting adalah kita tahu dan paham ceritanya. Nanti kalau sudah paham bagaimana ceritanya maka kita bisa mendapatkan pelajaran dari teks tersebut. Masih ada banyak cerita lainnya kok, tapi kita selesaikan yang ini dulu

Untuk menggunakan teks di atas sebagai bahan belajar maka sudah pasti anda harus membacanya terlebih dahulu. Paling tidak, sekali saja baca dulu bagaimana cerita di atas. Setelah itu anda bisa menentukan bisa belajar dengan cara yang bagaimana.

Misalnya, jika anda mendapati banyak kata sulit yang belum diketahui artinya, anda bisa belajar kosa kata. Caranya adalah dengan mencatat kata sulit yang ditemukan. Setelah itu anda bisa mempelajarinya lebih jauh dengan mencari artinya di kamus.

Menambah kosa kata akan ringan jika dilakukan bertahap sedikit demi sedikit. Makanya, jika anda menemukan terlalu banyak kata sulit sebaiknya dibagi saja kedalam beberapa tahap dalam mempelajarinya. Dengan begitu belajar jadi tidak membosankan dan tidak terasa berat.

Kalau diborong sekaligus biasanya tidak akan berhasil. Bahkan kalau belajarnya borongan biasanya hanya akan menimbulkan trauma dan malas belajar saja. Makanya, kalau mau belajar lebih baik sedikit - sedikit tapi sering dari pada banyak sekaligus.

Selain belajar menambah kosa kata agar lancar berbicara inggris, teks di atas juga bisa digunakan untuk belajar reading yaitu belajar membuat terjemahan teks bahasa inggris. Caranya bagaimana, ya dengan menerjemahkan bacaan tersebut sedekat mungkin dengan arti kata dan makna yang ada.

Kalau hanya ingin memahami ceritanya saja, anda bisa berlatih menerjemahkan dengan memilih kata yang paling penting saja, misalnya mengikuti pola kalimat subjek + predikat + objek. Bagian lain seperti keterangan baik itu keterangan waktu, tempat dan lainnya bisa diabaikan untuk sementara waktu.

B. Terjemahan Dongeng Gagak The Thirsty Crow

Tidak tepat sebenarnya kalau dikatakan terjemahan atau arti, tetapi paling tidak dengan penjelasan pada bagian ini yang kurang bisa memahami teks di atas bisa terbantu. Berikut akan kita jelaskan lebih jauh bagaimana alur dari teks dongeng yang sudah ada di atas.

Cerita The Thirsty Crow mengisahkan cerita tentang seekor burung gagak haus yang berusaha mencari air. diceritakan, pada suatu hari yang terik seekor burung gagak terbang berputar-putar mengitasi seluruh lahan. Ia terbang kesana kemari untuk mendapatkan air minum.

Lama ia berkeliling, terbang kesana kemari tetapi tidak mendapatkan apa yang ia cari. Matanya terus mencari di setiap sudut sampai ia benar-benar merasa sangat letih. Kali ini ia masih mencoba berusaha meski sebenarnya ia sudah hampir putus asa.

Dengan gerakan yang lebih lambat ia masih terbang. Tiba-tiba pandangan matanya tertuju pada sebuah botol di bawahnya. Ia pun menukik, terbang ke bawah untuk melihat apakah di dalam botol tersebut ada air atau tidak. Ya, ia bisa melihat sedikit air dalam botol tersebut!

Ia pun langsung mendarat tepat di sampingnya. Tak lagi dapat menahan rasa haus, ia langsung mencoba meminum air yang ada di botol. Ia memasukkan paruhnya, menekan kepalanya agar dapat menyentuh air yang ada didalamnya. Gagal, ia sangat sedih mendapati leher botol tadi lebih kecil dari kepalanya sehingga ia tidak dapat memasukkan kepalanya untuk meminum air tersebut.

Sedih, tapi ia belum menyerah. Haus yang ia rasakan lebih besar dari halangan yang harus ia hadapi. Ia mencoba mengangkat botol tersebut, mendorongnya ke bawah agar air didalamnya bisa keluar. Tapi, botol tersebut terlalu berat untuk seekor burung seperti dia.

Burung gagak kemudian berhenti sejenak, ia berpikir keras untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Matanya melihat ke sekeliling dan dia melihat kerikil-kerikil di sekitarnya. Tiba-tiba saja ia mendapatkan ide.

Tak lama, ia mulai mengambil kerikil dan memasukkannya ke dalam botol. Ia mengambil batu kerikil tersebut satu persatu dan memasukkannya ke botol tersebut. Terus dan terus, semakin banyak kerikil yang masuk ke dalam botol tersebut semakin tinggi permukaan air di dalam botol.

Ia pun terus memasukkan kerikil ke dalam botol tersebut sampai akhirnya air di botol cukup tinggi untuk ia minum. Rencananya berjalan mulus, usahanya berhasil kali ini!

***

Bagus dan sangat menarik ya cerita di atas? Benar-benar sebuah cerita yang cukup memberikan inspirasi dan motivasi. Dari kisah tersebut jelas sekali terlihat bahwa pesan yang ingin disampaikan adalah hendaknya kita terus berusaha keras untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Pada kejadian di atas sang burung tadi terlihat begitu keras dalam berusaha mendapatkan air minum. Halangan dan rintangan yang dihadapi tidak menyurutkan niatnya untuk minum. Maka dari itu ia berusaha keras untuk mengatasi masalahnya. Pada akhirnya ia pun berhasil.


Setiap masalah pasti akan ada penyelesaiannya entah apa dan bagaimanapun itu. Jika kita berusaha cukup keras untuk mengatasinya maka mungkin saja kita akan segera mendapatkan jawaban atas masalah yang sedang dihadapi. Itulah sedikit pesan dari kisah dongeng gagak di atas. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.