Friday, March 17, 2017

Cerita Dongeng Inggris Kera dan Lumba-Lumba

Untuk adik-adik, berikut cerita dongeng Inggris kera dan lumba-lumba. Siapa yang tak kenal dengan dua binatang tersebut. Meski terlihat sedikit menakutkan, kera merupakan salah satu binatang yang cukup digemari oleh pecinta binatang. Di sisi lain, lumba-lumba adalah salah satu hewan yang cukup menarik, imut dan menggemaskan. 

Pada kesempatan ini kita akan kembali menikmati sebuah cerita menarik tentang kedua binatang tersebut. Tebak, kira-kira seperti apa ceritanya? Ya, biasanya kalau melihatkan dua karakter tentu yang satu akan berperan sebagai tokoh baik dan yang satunya sebagai tokoh jahat dalam cerita, begitu juga dengan dongeng ini.

Dongeng dalam bahasa Inggris ini akan mengisahkan tentang kera yang tingkah atau prilakunya tidak terpuji. Sebaliknya, dalam cerita ini ikan lumba-lumba menjadi hewan dengan karakter yang baik dan terpuji. Semakin penasaran dengan ceritanya bukan? Makanya jangan sampai lewatkan cerita tersebut.

Cerita dongeng ini bisa dibaca oleh semua kalangan dan sangat bagus untuk adik-adik pelajar atau rekan mahasiswa sekalipun. Selain kisahnya yang menarik, dongeng ini juga sarat dengan pesan moral yang bagus untuk direnungkan. 

A. Dongeng The Monkey And The Dolphin

Dongeng adalah bahan bacaan ringan yang sangat bermanfaat untuk anak-anak. Dari dongeng bisa belajar nilai-nilai luhur dalam kehidupan dan bisa juga belajar bahasa. Kalau dongengnya dalam bahasa Indonesia maka bisa belajar bahasa Indonesia dan kalau dongengnya dalam bahasa Inggris pun demikian. Tidak rugi memanfaatkan waktu luang untuk membaca dongeng.

Kera atau monyet menjadi hewan berikutnya yang akan menjadi tokoh dalam kisah kali ini. Dalam dongeng kali ini akan ada dua hewan yang berperan. Pertama adalah kera dan yang kedua lumba-lumba. Nah, karena judulnya seperti itu maka ada tanda tanya besar, apa yang sebenarnya terjadi diantara kedua hewan tersebut?

Dua hewan itu kan berbeda habitat, yang satu hidup di darat dan yang satu hidup dilaut, jadi kira-kira bagaimana mereka bisa bertemu dan menjadi sebuah kisah seperti ini ya? Pasti banyak deh pertanyaan yang membuat penasaran, apalagi kita belum membaca dongeng tersebut.

Jangan kaget ya, dongeng yang akan kita baca yaitu tentang kera dan ikan lumba-lumba memang berjudul “The Monkey And The Dolphin”. Monkey artinya kera atau monyet sedangkan Dolphin artinya adalah ikan lumba-lumba. Kata “The” dalam judul tersebut merupakan kata tunjuk untuk kedua hewan tersebut.

Lalu bagaimana kisah yang terjadi antara kedua binatang tersebut. Pasti seru kalau kita baca bersama-sama. Benar, sekarang kita akan membaca langsung dongeng tersebut. Tapi ingat, dongeng yang akan kita baca disini adalah yang menggunakan bahasa Inggris. Kalau yang bahasa Indonesia bisa dibaca pada bagian terakhir. 
dongeng bahasa inggris kera dan lumba-lumba
The Monkey And The Dolphin

Pendek sekali, ternyata ada juga ya kisah dongeng yang hanya setengah lembar halaman saja. Selama ini kebanyakan dari kita kalau berbicara mengenai cerita pasti bayangannya sebuah bahan bacaan yang panjang dan membuat pusing, ternyata yang ini beda. Ya sudah, yang penting sudah baca teks di atas sekarang kita lanjut ke bagian berikutnya.

Eh, tapi jangan lupa ya, adik-adik bisa memanfaatkan teks cerita bahasa Inggris di atas untuk mencari kosa kata baru. Kan lumayan, setelah menikmati cerita bagus mendapatkan tambahan kosa kata untuk digunakan dalam percakapan bahasa Inggris.

Sebagai contoh kita pelajari kalimat pertama dalam cerita tersebut. "One day long ago, some sailors set out to sea in their shailing ship". Agar lebih mudah kita bisa penggal kalimat tersebut menjadi beberapa bagian, misalnya one day + long ago + some sailors + set out to sea + in + their + shailing ship.

Kata "one day" artinya suatu hari, "long ago" artinya dulu kala, "some sailors" artinya beberapa pelaut. "Set out to sea" artinya pergi ke laut, "in" artinya di dalam, "their" itu miliknya, "shailing ship" itu kapal layar. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan kata perkata sampai selesai.

Kalau dalam satu cerita ada 5 kata baru maka kalau satu bulan membaca 30 cerita maka akan dapat 30 x 5 = 150 kata baru yang didapat. Kalau seperti ini dilakukan terus dengan rutin maka dalam waktu 1 tahun adik-adik akan tambah mahir dalam berbicara bahasa Inggris. Apalagi kalau cita-citanya ingin kerja atau kuliah ke luar negeri, kan penting banget itu.

B. Isi Cerita Dongeng Monkey And Dolphin

Sebenarnya saya berharap tidak ada satu pun dari pembaca yang membutuhkan terjemahan atau arti dari teks di atas. Namun begitu, siapa tahu ada yang membutuhkan maka akan kita bahas sedikit mengenai isi ceritanya dalam bahasa Indonesia. Pembahasan ini mudah-mudahan bisa mewakili dan menggantikan terjemahan yang dibutuhkan.

Dalam dongeng tersebut diceritakan suatu hari di zaman dahulu ada beberapa pelaut yang berlayar ke laut lepas dengan kapal mereka. Salah satu dari pelaut tersebut membawa serta binatang kesayangannya yaitu seekor kera. 

Ketika mereka berada di tengah laut lepas, ada badai hebat yang menghantam kapal yang mereka naiki. Tentu saja, semua orang jatuh ke laut, begitu juga dengan sang kera. Sang kera tadi yakin bahwa ia pun akan tenggelam bersama penumpang lainnya. 

Tiba-tiba muncul seekor ikan lumba-lumba dan mengangkat kera tersebut di punggungnya. Tak lama, sang lumba-lumba pun membawa kera tersebut ke sebuah daratan atau pulau. Sesampainya mereka di pulau tersebut, kera langsung turun dari punggung sang lumba-lumba. 

Beberapa saat kemudian, sang lumba-lumba pun bertanya kepada kera tersebut, “apa kamu kenal tempat ini?”. Dengan sok gagah kera pun menjawab, “Ya, tentu. Nyatanya, raja pulau ini adalah teman dekatku”, jawab kera. “Apa kamu tidak tahu bahwa aku ini sebenarnya adalah pangeran?”, lanjut kera lagi.

Lumba-lumba yang dari tadi mendengarkan sang kera pun kemudian menjawab. Ia yang tahu bahwa sebenarnya di pulau tersebut tidak ada siapapun akhirnya menjawab, “Ya, ya… jadi kamu seorang pangeran! Jadi sekarang kamu bisa menjadi seorang raja!”, ucapnya.

Mendengar perkataan itu tentu saja sang kera bingung. Ia pun kemudian bertanya, “bagaimana aku bisa menjadi raja?”, ucapnya. Sembari berenang menjauh, lumba-lumba pun menjawab “Mudah, karena kamu adalah satu-satunya mahluk di pulau ini, jadi kamu secara otomatis akan menjadi seorang raja, benar bukan!”

***

Kalau kita baca baik-baik, dari cerita di atas tentu saja ada pelajaran dan nasehat yang bisa ditangkap. Dari kisah di atas bisa dilihat bahwa kera memiliki sifat buruk yaitu suka berbohong atau membual. Sifat tersebut pada akhirnya telah membuatnya dalam masalah yaitu terdampar sendirian di sebuah pulau tak berpenghuni.

Kenapa sifat buruk tersebut menjadi sebab ia terdampar? Jelas, seandainya sang kera tidak memiliki sifat seperti itu dan dia jujur mungkin kejadiannya akan berbeda. Bisa saja sang lumba-lumba akan kasihan dan berusaha membawanya ke daratan yang lain, benar bukan? 

Ya, bisa disimpulkan bahwa besar mulut atau suka membual dan omong kosong adalah sifat buruk yang harus dihindari. Kita tidak boleh memiliki sifat seperti itu karena sifat itu akan mendatangkan keburukan pada diri kita sendiri. Lebih baik jujur dari pada berbohong, benar demikian bukan?

Itu tadi hanya satu dongeng tentang kera dan ikan lumba-lumba, adik-adik bisa mencari lebih banyak cerita dongeng di sini. Semua dongeng bhs inggris disini dibahas secara mendetail dengan penjelasan yang lengkap. Dengan begitu adik-adik akan lebih mudah memahami makna cerita di dalamnya.

Bukan hanya tentang kera dan ikan, ada banyak hewan lain yang ceritanya bagus. Sebut saja ada katak, burung merpati, serigala, singa, ular, cacing, kedoa dan masih banyak lagi hewan lain yang dongengnya bagus. Makanya silahkan baca juga yang lain. Kalau tidak sempat sekarang ya dicatat saja alamat situs ini, besok bisa datang lagi ke sini.