Saturday, March 25, 2017

Cerita Dongeng Kelinci dan Kura-Kura dalam Bahasa Inggris

Yang mencari cerita dongeng kelinci dan kura-kura dalam bahasa Inggris bisa baca ini. Hayo siapa yang sedang mencari cerita-cerita menarik yang ditulis dalam bahasa Inggris? Adik-adik pelajar atau juga rekan lain yang ingin lebih pintar seperti orang bule mungkin bisa memanfaatkan cerita-cerita seperti ini untuk sarana belajar. 

Jangan salah, dari teks cerita yang sangat sederhana sekalipun banyak sekali yang bisa kita pelajari. Dari teks cerita, kita dapat belajar vocabularies atau kosa kata bahasa Inggris, belajar menyusun kalimat sederhana, belajar simple past tense, belajar menerjemahkan dan lain sebagainya. 

Media belajar berupa cerita seperti ini memang sering sekali dilupakan banyak orang. Padahal media belajar seperti ini cukup bagus dan efektif untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita, baik secara lisan maupun tulisan. Maka dari itu, kita akan kembali membahas dan membagikan satu buah dongeng lagi untuk hiburan sekaligus untuk belajar.

“Kelinci dan kura-kura” adalah sebuah kisah dongeng yang sudah cukup terkenal. Tapi kali ini kita tidak akan membaca kisah tersebut dalam Bahasa Indonesia melainkan yang berbahasa Inggris. Kelindi dan kura-kura, dalam bahasa Inggris artinya adalah “the hare and the tortoise”, kira-kira seperti apa ceritanya?

A. Dongeng kelinci bahasa Inggris singkat

Perlu ditegaskan lagi, dongeng yang akan kita baca kali ini adalah sebuah dongeng yang ditulis menggunakan bahasa Inggris dan bukan bahasa Indonesia. Jadi, dongeng ini memang sengaja dibahas sebagai salah satu bahan belajar bagi adik-adik maupun pengunjung lain yang sedang belajar berbahasa inggris yang lancar.

Dilihat dari jumlah kata, ceritanya tidak panjang melainkan cukup singkat sekali. Mungkin panjangnya tidak lebih dari 200 kata. Karena teks ceritanya yang singkat maka tidak akan menjadi kendala bagi yang ingin belajar atau menikmati cerita bahasa Inggris.

Bagus kok, seperti dongeng untuk anak, dongeng ini juga cukup mendidik dan menghibur. Di dalamnya ada alur cerita yang bagus sekaligus ada pesan tentang nilai-nilai luhur dalam kehidupan. Jalan ceritanya juga tidak membosankan, apalagi jika dibaca sebagai teman santai di rumah.

dongeng bahasa inggris kelinci dan kura-kura
The Hare And The Tortoise

Singkat bukan, tapi ceritanya lumayan menarik ya? Ya memang, meski kisahnya dibuat begitu sederhana namun ceritanya tetap menarik. Apalagi ceritanya pendek dan tidak akan membuat yang membaca bingung atau pusing karena tidak tahu arti atau terjemahan dari kalimat-kalimat di dalamnya. 

Tapi, ngomong-ngomong, ada yang tahu tidak bagaimana memanfaatkan cerita di atas untuk belajar? Ya, salah satunya adalah untuk sarana belajar dalam menambah kosa kata vocabularies bahasa inggris. Kita bisa mencatat kata sulit, mencari arti dan terjemahannya, memahami maknanya dan menerapkannya dalam percakapan sehari - hari.

Tapi ternyata bukan itu saja. Teks di atas juga bisa kita gunakan sebagai bahan untuk latihan menerjemahkan suatu teks atau artikel bahasa Inggris.Caranya seperti apa, coba perhatina dulu kalimat pertama berikut, "a tortoise one day met a hare who made fun of her".

Belajar menerjemahkan ya. Pertama kita cari dulu arti dari masing-masing kata tersebut. Setelah itu kita artikan juga perbagian kalimat. Tentukan mana subyek, kata kerta, obyek, keterangan dan lain sebagainya, setelah itu kita artikan.

Setelah masing-masing bagian tersebut bisa diterjemahkan dengan baik maka kita tinggal mengatukan arti dan makna dalam satu kalimat. Di kalimat pertama pada cerita di atas bisa didapat penggalam kata sebagai berikut.

1) a tortoise = seekor kura-kura
2) one day = suatu hari
3) met = bertemu
4) a hare = seekor kelinci
5) who made fun of her = yang  bersenang-senang (mengerjai) dengan kura-kura tersebut.

Nomor satu bisa dipecah menjadi dua yaitu "a" yang artinya menunjukkan jumlah satu, tunggal dan kata "tortoise" yang artinya kura-kura. Pada nomor berikutnya pun bisa dibagi lagi untuk mengetahui arti per kata yaitu "one" dan "day".

Begitu seterusnya, kita bisa belajar menerjemahkan teks tersebut. Tidak begitu sulit ya? Yang sulit mungkin ketika hendak menghafal atau memahami makna didalamnya.

B. Penjelasan dan terjemahan cerita

Dalam dongeng tersebut diceritakan hiduplah seekor kelinci yang memiliki sifat buruk. Ia begitu sombong dengan kemampuannya dan suka menganggap rendah binatang lain. Apalagi berkaitan dengan kemampuannya berlari dengan cepat. 

Suatu hari sang kelinci bertemu dengan kura-kura yang berjalan begitu lambat. Ia pun bersenang-senang dengan sang kura-kura tersebut. “Duh kura-kura, jalanmu begitu lambat, sangat lambat sekali, kamu tidak akan pernah bisa pergi jauh”, ucap sang kelinci tadi mengejek.

Mendapatkan perlakuan seperti itu sang kura-kura pun sangat kecewa. Ia merasa sakit hati dengan perlakuan kelinci. “Ayo kita lomba dan lihat siapa yang lebih cepat diantara kita…!”, jawab sang kura-kura.

Mendengar ucapan kura-kura, sang kelinci pun tertawa terbahak-bahak. “Kamu pasti bercanda! Tapi baiklah, mari kita lihat siapa yang lebih dulu sampai di balik bukit tersebut”, ucap kelinci lalu berlari meninggalkan kura-kura.

Setelah beberapa waktu ia berlari, ia pun memutuskan untuk berhenti lebih dulu. Ia kemudian menunggu sang kura-kura melewati dirinya. Ia menunggu lama dan terus menunggu sampai akhirnya ia pun merasa sangat mengantuk. “Aku lebih baik tidur dulu”, pikirnya, “bahkan jika kura-kura bisa menyusul aku pun akan dengan mudah memenangkan pertandingan ini”.

Sang kelinci pun merebahkan tubuhnya di bawah pohon lebat dan tidur. Di sisi lain, kura-kura terus bersemangat menyelesaikan pertandingan tersebut sampai akhirnya ia bisa menyusul kelinci yang sedang tertidur tadi. 

Ketika ia melewati sang kelinci yang sedang tidur, ia terus berjalan dengan lambat sesuai dengan kemampuannya. Meski sangat lambat namun ia terus berjalan tanpa henti. Sampai akhirnya ketika sang kelinci terbangun, ia sudah berada di dekat garis finis. 

Kelinci yang melihat lawannya sudah tepat di depan garis finis pun berlari sekecang-kencangnya. Namun naas, kelinci tak dapat menyusul sang kura-kura, akhirnya ia pun kalah dalam pertandingan lari tersebut.

***

Kita sudah membaca dongeng bahasa Inggris di atas, kita juga sudah membahas mengenai terjemahan atau arti cerita tersebut dalam versi bahasa Indonesia, sekarang kita bahas isi pesan moral dari cerita tersebut. Tentu pesan moral yang ada dalam sebuah cerita bisa digunakan untuk menempa diri dan belajar mengenai kehidupan.

Dari kisah di atas ada beberapa pesan dan pelajaran berharga yang bisa dipetik. Pertama mengenai kesombongan pada diri seseorang. Dari kisah tersebut bisa dilihat bahwa kesombongan hanya akan merugikan diri sendiri. Orang yang sombong hanya akan melahirkan banyak musuh dan orang yang tidak suka. Sombong juga bukan hanya merusak diri sendiri tapi akan melukai orang lain.

Kedua yaitu tentang rasa percaya diri akan kemampuan yang kita miliki. Sebagaimana dalam kisah di atas, kura-kura yang jalannya begitu lambat pun dapat mengalahkan seekor kelinci yang sombong. Dengan keyakinan dan niat baik pada diri kita sesuatu yang baik bisa saja terjadi bahkan untuk sesuatu yang terlihat mustahil sekalipun.