Friday, December 30, 2016

Cerita Cerpen Bahasa Inggris Berjudul Ruby Thief

Melengkapi cerita cerpen bahasa Inggris singkat yang sudah ada di situs ini, hari ini kita akan kembali membahas satu cerita unik dan menarik. Cerita berikut ini bisa digunakan untuk bahan bacaan saat santai atau bahkan untuk belajar. Untuk adik-adik pelajar teks ceritanya tidak rumit. Untuk masyarakat umum, kisah ini juga cukup memberi inspirasi.

The Ruby Thief adalah sebuah cerita pendek (cerpen) yang akan mengguggah hati kita tentang apa itu sebuah kejujuran yang sesungguhnya. Kita akan lihat bahwa kejujuran tidak bisa kita lihat dan hanya bisa kita rasakan.

Sebuah kejujuran bisa menyatukan hubungan manusia lebih baik lagi. Dengan kejujuran hubungan sesama manusia itulah menjadi kuat. The Ruby Thief sendiri mempunyai arti dalam bahasa Indonesia yaitu “pencuri ruby”.

Dari judul itu maka kita bisa menebak bahwa kisahnya akan berkaitan dengan kehidupan dalam istana yang pada saat itu sedang gempar-pembarnya melakukan sebuah penyelidikan tentang sebuah pencurian yang terjadi di istana. Menarik bukan, makanya ikut baca ya!

A. Teks Cerita Bahasa Inggris Ruby Thief

Cerita ini akan membukakan hati kita bersama, karena dengan cerita ini kita akan mendapatkan sebuah kata-kata bijak dari pada seorang kurcaci bijak. Yang pada dasarnya itu adalah sebuah ucapan yang mengandung fakta yang terkandung di dalam hati dan diri manusia itu sendiri.

Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai isi ceritanya akan lebih baik jika kita lebih dulu menikmati kisah tersebut. Kita baca saja dulu, baru setelah itu kita bisa banyak berkomentar mengenai isinya, benar tidak? Ya sudah, yuk kita mulai membaca cerita menarik tersebut.

cerpen bahasa inggris tentang mencuri
Cerpen Bahasa Inggris Ruby Thief dan Arti
Dengan menyimak cerita ini anda juga bisa sedikit dan banyak mengetahui kosa kata baru dalam bahasa Inggris, sehingga begitu efektif untuk anda yang sedang melakukan belajar bahasa Inggris.

Cerita berbahasa Inggris ini tentu menjadi sebuah media yang baik untuk menjadi sebuah pembelajaran untuk anda. Sebagai tambahan silahkan pelajari daftar kata sulit atau kata-kata baru di bawah ini.

Thief = pencuri
Known = diketahui
Hide = menyembunyikan
Jewels = permata
Dwarf = kurcaci
Spent = menghabiskan
Inspecting = memeriksa
Stolen = dicuri
Coughing = batuk-batuk
Writhing = kesakitan
Moaning = merintih/mengerang
Poisoned = diracuni
Hidden = menyembunyikan
Pains = rasa sakit
Court = persidangan
Deceive = menerima

Dengan tambahan daftar vocabularies di atas tentu kita akan lebih mudah membaca dan memahami teks cerita tersebut. Dengan demikian kita akan tahu ceritanya seperti apa dan dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari kisah tersebut. Sekarang mari kita lanjutkan ke bagian selanjutnya.

B. Penjelasan Cerita Ruby Thief

The Ruby Thief adalah sebuah cerita yang pada suatu ketika ada sebuah istana yang pada saat itu digemparkan dengan hilangnnya Ruby. Hal tersebut tentulah membuat semua penghuni istana menjadi sedikit lebih panik karena istana yang mereka dimasuki oleh seorang pencuri.

Hingga akhirnya sang Raja memutuskan untuk mengingatkan semua penghuni istana untuk tidak meletakan barang-barang berharga dengan semabarangan, karena dikhawatirkan pencuri akan kembali lagi.

Hingga akhirnya apa yang terjadi di istana tersebut membuat sang raja memutuskan untuk memanggil seorang kurcaci yang bijaksana. Dia dikenal sebagai kurcaci bijaksana karena dia memiliki sebuah kecerdasan yang kadang tidak terpikirkan oleh orang-orang lainnya. 

Itulah yang setidaknya membuat sang raja memutuskan untuk mengundangnya untuk menyelesaikan masalah ini.

Hingga sang kurcaci akhirnya terus mengamati keadaan sekitar istana tersebut, dan berharap ada sebuah pencuri yang dimaksud oleh sang penghuni istana tersebut. Namun nampaknya tidak ada satupun yang mencurigakan melintas di hadapannya.

Hingga suatu ketika sang kurcaci mengumpulkan penghuni istana tersebut di sebuah ruangan yang sama, sang kurcaci menannyakan satu persatu penghuni istana tersebut namun mereka mengaku tidak melihat satupun gerak mencurigakan.

Semua orang berkumpul di sebuah kamar yang sama namun hanya satu orang yang tidak ada di situ yaitu penjaga kebun yang bernama Footman. Hingga pada suatu ketika sebuah batuk yang begitu keras terdengar ke seluruh ruangan di istana yang berasal dari Footman.

Kurcaci menuturkan bahwa dia terkena sebuah racun dari sebuah permata, dia akan mati bila tidak diberi sebuah penawar dari rubik yang telah di curi. Hingga apa yang dikatakan kurcaci membuat kejahatan yang dilakukan oleh Footman diketahui oleh banyak orang karena dia percaya apa yang dikatakan oleh kurcaci.

Padahal asisten dapur mengetahui bahwa racun tersebut hanya akan membuat penderitanya batuk dan sedikit nyilu di badan, dan tidak ada reaksi yang lain lagi. Hingga apa yang diperbuat oleh Fottman ini membuatnya harus dikenakan hukuman dengan melewati sebuah proses pradilan.

Di sisi lain sang raja mengagumi apa yang telah dilakukan oleh sang kurcaci, berkat keberhasilannya dalam menyelesaikan masalah ini. Bahkan sang raja meminta sang kurcaci memberi tahukan kepadannya tentang rahasia keberhasilannya.

Rahasia keberhasilan yang dimaksud adalah dia berusaha menggali sebuah kebenaran dari pada orang, termasuk pencuri itu sendiri. Dia percaya orang bisa berbohong dengan orang lain tetapi orang tidak bisa berbohong dengan dirinya sendiri.

***

Ada yang cukup dalam yang menjadi pesan moral dari cerita di atas. Orang tidak bisa berbohong kepada diri sendiri, inilah yang setidaknya menjadi sebuah moral yang terkandung di dalam cerita ini. Untuk menyelamatkan nyawanya, sang pencuri akhirnya tertangkap.

Cerpen Bahasa Inggris tentang Menolong Orang

Wait For The Brick adalah contoh dari sebuah cerita cerpen bahasa Inggris yang cukup unik dan menarik. Dari kisah ini kita semua akan mendapatkan pembelajaran yang begitu berharga untuk hidup kita. Dengan pelajaran tersebut kita semua bisa menjadi manusia yang bijak dan akan lebih berguna bagi orang-orang di sekitar kita.

Dari pembelajaran ini juga kita menjadi orang yang setidaknya bisa membuat orang lain senang dengan kita. Dengan sebuah pembelajaran ini pula kita bisa menjadi orang yang bisa dengan mudah memberikan sebuah pertolongan meskipun itu bukan sebuah materi.

Kita tahu bahwa pertolongan tidaklah berbentuk materi semata tetapi dari sebuah perbuatan, benar tidak? Contoh erpen Wait For The Brick dalam bahasa Indonesia sendiri memppunyai arti,”menunggu batu”. Terdengar asing dan tidak nyambung, tapi akan lebih jelas jika nanti kita sudah memacanya.

Cerita tersebut menceritakan arti kehidupan yang begitu jarang kita rasakan karena sebuah kesibukan kita dalam mengejar sebuah ambisi duniawi, sehingga hal yang demikian jarang terpikirkan. Tapi sebelum kita baca, mari kita lihat beberapa kata sulit yang ada di bawah ini.

Young = muda
Successful = sukses
Executive = eksekutif
Traveling = bepergian
Neighborhood = lingkungan
New jaguar = jaguar baru (mobil)
Darting = lari cepat dengan tiba-tiba
Appeared = muncul
A brick = batu, batu bata, batu tembok
Smashed = menabrak, menghantam
Slammed = membanting setir
Brakes = mengerem
Thrown =  dilemparkan
Jumped = melompat
Grabbed = menangkap
Shouting = berteriak
Apologetic = menyatakan penyesalan, menyesal
Pleaded = membela diri
Rolled = terguling
Curb = pinggir jalan
Wheelchair = kursi roda
Sobbing = menangis
Stunned = membingungkan
Swelling = bengkak
Lump = gumpalan
Handicapped = catat
Handkerchief = sapu tangan
Noticeable = nyata, kelihatan jelas
Dented = melekukkan, membenarkan
Dent = penyok, peyot

Beberapa kata dalam daftar di atas adalah vocabularies yang diambil dari teks cerita. Disertai terjemahan agar pembaca semua bisa mempelajarinya sebelum menikmati kisahnya. Dengan begitu akan lebih mudah memahami ceritanya. Lebih jauh, dengan adanya sebuah cerita ini anda juga bisa sedikit dan banyak mengetahui sebuah kosa kata bahasa Inggris.

Dengan begitu, menikmati cerita ini diharapkan bisa membuat anda mahir dalam berbahasa Inggris terlebih bagi anda seorang pemula. Karena akan banyak sekali kosa kata yang mungkin saja belum pernah dengar dan belum pernah anda lihat sebelumnya. Sekarang mari kita nikmati bersama-sama.

Cerpen dalam Bahasa Inggris tentang Menolong Orang
Wait for the Brick: Cerpen Bahasa Inggris tentang Tolong Menolong

Cerita ini sendiri adalah sebuah cerita yang menceritakan seorang supir yang membawa mobil jaguarnya. Dengan begitu yakinnya dia terus menginjak rem hingga akhirnnya membuat sang jak melaju dengan begitu cepat. Kejadian tersebut membuat pemandangan  jalan di sekitar berlalu begitu cepat.

Hingga pada suatu di tengah  jalan, dia mendapati seorang pemuda yang melempar body mobil jaguarnya. Lembaran tersebut membuat body dari mobil tersebut menjadi penyok. Sang sopir memperhentikan laju dari pada mobil dan kemudian dia turun dari mobil dan bertanya-tanya tentang apa sebenarnnya yang telah terjadi.

Dengan rasa penasaran dia mendekati pemuda yang duduk di kursi roda tersebut. “Apa yang kau lakukan”, ungkap sang supir masih tidak mengerti dengan apa yang sebenarnnya terjadi.

Sang pemuda dengan muka yang sedikit merasa bersalah meminta maaf, dia melakukan itu karena tidak satupun orang mau berhentik ketika melihat dia di pinggir jalan. Hingga akhirnya sang pemuda melemparkan batu agar mobil tersebut berhenti.

Sang pemuda ingin meminta tolong agar dia mengangkat saudara laki-lakinya dan kursi rodanya ke trotoar. Hingga dengan bantuan sang supir tersebut, sang supir mengangkat kursi saudaranya tersebut. Hingga ahirnya hal ini sedikit membuat sang supir mendapatkan sebuah pelajaran dari kejadian yang dialaminya.

Dia memutuskan untuk masuk ke mobil tersebut setelah menolong anak tersebut. Laki-laki itu kemudian berjalan dengan sedikit santai tanpa memperdulikan bagian mobil yang penyok. Bagian mobil yang penyok sengaja dia biarkan agar dia selalu ingat dengan sebuah tragedi ini dan senang tiasa mengingat kejadian ini.    

***

Ada sebuah pesan moral yang terkandung dari sebuah cerita cerpen dalam bahasa Inggris ini. Pesan tersebut yaitu kita sebagai manusia haruslah peka. Dari kejadian di atas jelas tertulis bahwa anak tersebut tidaklah melempar bagian mobil karena hanya ingin mendapatkan sebuah perhatian dari pada sang supir yang melaju dengan cepat.

Tetapi sang anak membutuhkan bantuan hingga akhirnya dia terpaksa melakukan hal tersebut. Kini ada sebuah pilihan yang bisa kita lakukan dalam kehidupan kita, yang mana mendengarkan sebuah bisikan atau menunggu batu.

Bila memang mendengarkan sebuah bisakan tentulah itu tandanya anda orang yang bijak karena bersedia meluangkan waktu anda untuk orang lain. Lain halnya bila menunggu lemparan batu seperti lelaki tadi, bukan hanya yang melempar yang kadang dibakar amarah, tetapi yang terkena lemparan.

Thursday, December 29, 2016

Contoh Cerpen Bahasa Inggris Singkat Mad Man

Ada banyak sekali rekan pelajar yang membutuhkan cerpen bahasa Inggris singkat untuk bahan belajar. Meski secara keseluruhan situs ini berisi cerita seperti itu namun untuk cerita umum masih sedikit. Untuk itulah kali ini koleksinya akan kita tambah dengan satu contoh lagi.

Kisah yang akan kita baca dan kita gunakan untuk belajar kali ini berjudul A Mad Man In The City. Melihat judulnya, kisah ini merupakan cerita yang akan menggugah kita dengan sebuah senyuman tentang kelucuan ceritayang disajikan.

Cerita ini memang sedikit lucu dan bahkan sangat lucu, tetapi dibalik kelucuannya ada sebuah nilai-nilai yang bisa kita ambil dan bisa kita petik menjadi sebuah pembelajaran hidup.

Judul cerita A Mad Man In The City bila diartikan dalam bahasa Indonesia mempunyai arti,” orang gila di kota”. Dari judul bisa ditebak mungkin cerita tersebut tentang rumah, tanah kelahiran. Tiada tempat yang indah selain dari pada tempat yang menjadi kelahiran kita.

Hal ini akan kita lihat bersama di sebuah cerita ini, yang mana salah satu karakternya yang kemudian merasa asing dan heran ketika hidup di kota. Belum lagi sebuah sambutan yang kurang ramah untuk orang desa yang dimainkan dalam sebuah karakter di dalam sebuah cerita ini.

A. Cerpen Bahasa Inggris Mad Man In The City

Cerita ini akan membuat anda mendapatkan sebuah pembelajaran yang menarik tentang pentingnya mengingat rumah ketika anda merantau. Karena biar bagaimanapun tempat anda adalah pencetak sejarah dimana anda mulai ada dan dimana hingga akhirnya anda berada di tempat sekarang sedang memikirkan hal tersebut.

Ya, mungkin iya mungkin juga tidak sih, pasalnya kita belum membaca ceritanya sih. Jadi penasaran kan dengan isi cerita tersebut? Tapi sabar, sebelum kita membaca kisah menarik tersebut kita pelajari dulu beberapa kosa kata baru di bawah ini sebagai pemanasan.

Village = desa
Intrigued = intrik, membangkitkan rasa ingin tahu (bentuk lampau)
Decided = memutuskan (bentuk lampau)
Knapsack = ransel
Reaching = sampai, mencapai
Unexpected = tidak diharapkan
Suspicious = curiga, mencurigai
a hurry = tergesa-gesa
Curious =  ingin tahu
Park = taman
Strewn = menaburi, ditaburi
Petals = daun bunga
Warehouses = gudang
Disappointment = kekecewaan
Satisfaction  = kepuasan

Kalau ada kata-kata baru yang terlewatkan bisa ditambahkan sendiri ya. Yang terpenting setidaknya ada sedikit tambahan bahan untuk mempelajari dan memahami cerita yang akan kita baca. Sekarang waktunya kita menikmati kisah menarik yang sudah dinantikan dari tadi, berikut selengkapnya.

cerpen bahasa Inggris dan arti
Cerpen Bahasa Inggris Mad Man in City dan Terjemahan
Sedikit berbeda dari dongeng, lebih panjang sedikit. Namun begitu kisah di atas masih masuk kategori yang sedang, cocok untuk rekan pelajar menengah atau masyarakat umum yang sedang belajar bahasa Inggris. Sekarang, kalau sudah dengan kisah di atas bisa lanjut ke kisah selanjutnya.

B. Penjelasan Cerpen Mad Man in The City

Cerita ini sendiri menceritakan tentang seorang laki-laki yang bernama Julian. Julian adalah pemuda yang hidup sendiri di desa, karena semua orang yang ada di desanya sudah pindah ke kota semuanya. Kini tinggal dia yang hidup di desa tersebut sendirian tanpa sesorang yang menjadi kawan.

Hingga pada suatu ketika Julian memutuskan untuk pergi ke kota seperti apa yang telah semua orang yang di desanya lakukan. Hingga dia memakai baju dan hanya membawa sebuah ransel berjalan menuju kota.

Sesampainya dia di kota ada sebuah polisi yang kemudian mencegatnya, namun karena polisi tersebut mengira Julian tidak membawa banyak harta akhirnya membiarkannya berjalan kembali.

Hingga sesampainya dia di kota dia sempat dikagetkan dengan sebuah fenomena yang tidak pernah dia temui di desa. Dia melihat banyak orang nampak sibuk sekali berjalan seperti akan menyambut sebuah datangnya hari khusus/istimewa. Bahkan semua orang yang ada di kota tersebut berjalan layaknya hendak menyambut sesuatu.

Hingga sampai malampun datan Julian yang kemudian begitu bingung dengan apa yang terjadi di kota tersebut tidur di taman. Di pagi harinya dia melihat banyak sekali sebuah kertas yang berserakan di taman, menurut pandangannya kini tumbuhan di kota banyak yang terbuat dari bahan kertas.

Dan hari mulai menjelas sedikit siang dia mengamati kembali apa yang ada di kota ini dengan mempelajari sebuah gerak-gerik manusia yang ada di kota tersebut. Satu-persatu orang-orang yang ada di kota tersebut dia ikuti untuk mempelajari gerak-geriknya hingga akhirnya dia bisa membuat sebuah kesimpulan bahwa manusia di kota tidak ada yang nampak menunjukan kebahagiaan.

Hingga akhirnya dia menemukan seorang anak-anak yang sedang bermain dan begitu bahagianya saling mengejar satu sama lain. Hingga akhirnya dia juga melihat salah satu anak yang tidak ikut main.

Anak tersebut terlihat kesal, ia memperlihatkan muka yang sedikit marah seolah ingin menghancurkan konsol yang ia pegang. Akhirnya anak kecil yang tidak ikut main tersebut berlalu sambil masih membawa alat yang dipegangnya tadi.

Julian berpikir anak itu ingin menghancurkan barang tersebut dan tidak bisa hingga ia akhirnya kesal. Ia pun mengikuti anak tersebut, dia menghancurkan alat konsol yang dimiliki oleh sang anak.

Tentu saja sang anak tersebut ketakutan, ia pun lari. Anak-anak lain pun ikut berlari. Ternyata, apa yang telah dilakukannya membuat orang disekitarnya marah dan kemudian mengejar-ngejar dia. Dia berlari terus dan memtuskan untuk kembali ke desa-nya.

***

Ada hikmah yang bisa dipetik dari cerita yang dihadirkan tersebut. Dari kisah tersebut kita bisa tahu terkadang dikala kita sedang di wilayah orang kita merasa asing dengan mereka. Namun itu adalah hal yang wajar. Ketika seperti itu lebih baik kita bisa berbaur dan mengenal lebih jauh tentang kebiasaan disana.

Untuk itulah berusahalah untuk bersinerji dengan mereka hingga terjalin sebuah kekeluargaan di wilayah orang lain. Namun bila memang sudah terjadi kedekatakn antara kita dengan wilayah lain, janganlah pernah lupa dengan kampung halaman tempat anda dilahirkan.

Cerpen Bahasa Inggris Singkat tentang Pembunuhan

Sabar, kalau anda mencari cerpen bahasa Inggris anda bisa mendapatkannya disini. Sebagai contoh cerita yang akan segera kita baca berikut. Yang satu ini adalah sebuah cerita singkat tentang pembunuh bayaran. Bukan cerpen sih, tetapi lebih ke cerita moral dalam bahasa Inggris.

Sebenarnya, ada banyak cerpen dalam bahasa Inggris yang bagus, singkat dan sederhana. Cerita-cerita tersebut sebagian sudah kita bahas dan sebagian lagi masih masuk antrian. Bagi rekan pelajar atau kalangan umum yang hendak belajar bahasa Inggris bisa menggunakan cerita tersebut.

Cerita-cerita tersebut ditulis dalam bentuk lampau, artinya menggunakan tenses present tense yang juga perlu kita kuasai. Meski menggunakan bahasa asing namun teks ceritanya cukup mudah dipahami, bahkan untuk pemula sekalipun.

Selain itu, cerita atau kisah yang diangkat juga cukup bagus dan menarik. Makanya kita bisa lebih bersemangat dalam membaca teks singkat tersebut. Kali ini yang akan kita baca mengambil tema kehidupan, yuk kita lihat dulu aga rlebih jelas.

A. Cerita Bahasa Inggris Secret Killer

Ya, judul ceritanya adalah “The Secret Killer”. Cerita tersebut ditulis oleh seorang penulis yang cukup berbakat. Cerita tersebut tidak terlalu panjang bahkan bisa dikatakan sangat singkat. Panjangnya tak lebih dari satu lembar halaman folio jika di ketik.

Tentu saja, dengan teks yang singkat maka tidak akan terlalu membuat pusing. Apalagi bahasa yang digunakan pun tidak terlalu tinggi dan lebih didominasi oleh bahasa-bahasa sehari-hari yang sederhana. Sebelum kita baca lebih jauh mengenai isi ceritanya lebih baik kita nikmati dulu di bawah ini.

cerita singkat bahasa inggris
Cerpen Bahasa Inggris Singkat Pembunuhan
Kalau yang biasa membaca dongeng atau cerita anak mungkin kisah di atas sedikit berbeda. Bahasa dan kalimatnya pun masih sedikit asing. Namun demikian, sebagian besar kata-kata yang digunakan juga sudah umum dan sering kita jumpai. Jadi, mudah-mudahan semua bisa dengan mudah mengikuti ceritanya.

B. Terjemahan Cerita Bahasa Inggris Singkat

Untuk jaga-jaga saja, siapa tahu ada yang membutuhkan maka kita sertakan juga dengan penjelasan terjemahan atau arti dari teks di atas. Mungkin ada rekan pengunjung yang mencari cerita yang lengkap dengan artinya sekaligus, jadi tidak perlu kemana-mana lagi.

Untuk yang membutuhkan, berikut sudah disertakan juga terjemahan atau penjelasan isi dari teks cerita di atas. Mungkin tidak sama persis dengan teks aslinya tetapi semoga bisa dijadikan bahan belajar tambahan. Yuk kita lihat bagaimana ceritanya kalau dalam bahasa Indonesia.

Secret Killer mengisahkan tentang sebuah kejadian yang menakutkan. Di ceritakan ada sebuah kasus pembunuhan yang rumit. Pada suatu waktu terdengar suara tembakan. Jeduaar!!! Sebuah peluru timah panas menghantam telak bagian belakang kepala Jenna Harrison.

Kepalanya terdorong kedepan karena dampak peluru yang mengenai kepalanya. Lalu perampok bersenjata api mendorong tubuhnya ke tanah dengan keras.  Setelah tubuh Jenna berada disampingnya, si pembunuh langsung mengambil sebuah pisau dari saku belakangnya.

Dia menyayat tubuh Jenna dengan ganas. Pisau itu menyayat tubuh Jenna dengan ganas sampai sembilan kali. Pembunuh itu baru berhenti menyayat tubuh Jenna sampai dia benar-benar merasa puas.

Darah yang kental mengalir deras dari bagian belakang tubuh Jenna. Darah mulai berserakan dimana-mana. Begitu juga dipisau si pembunuh. Dengan penuh rasa puas, si pembunuh menyeka darah dipisaunya ke kaus Jenna lalu dia meletakan pisaunya kembali ke tempat semula.

Sebenarnya si pembunuh merasa sedih atas apa yang dia lakukan. Tapi dia benar-benar tidak punya pilihan lain. Karena memang beginilah pekerjaannya.
Pembunuh itu dengan sigap mulai menelusuri area disekitarnya.

Dia berusaha memastikan bahwa tidak ada orang yang datang atau melihat aksinya dari luar jendela. Perlahan ia mulai mengevaluasi tempat kejadian pembunuhan. Memastikan bahwa dia memang tepat sasaran.

Dari seragamnya, nampak jelas bahwa Jenna akan segera pergi bekerja. Rambutnya tampak sangat berantakan sekarang. Bajunya juga tampak seperti buah ceri yang matang-merah karena darah terus mengalir dari punggungnya.

Dan juga, nampak sebuah kunci mobil masih digenggam tangan Jenna. Pembunuh menebak bahwa Jenna akan segera menuju mobil kerennya, Nissan Altima 1996.

Dengan santai pembunuh itu mengambil kunci mobil itu dari tangan Jena. Dia sama sekali tak perlu memindahkan tangan Jenna hanya untuk mendapatkan kunci mobil Jenna.

Setelah mendapatkan kunci mobil Jenna, pembunuh itu segera beregegas meninggalkan mayat Jenna tanpa kegaduhan. Dia berjalan menuju sebuah mobil milik Jenna. Dihidupkannya mobil itu dengan menekan tombol pengapian.

Dengan suara yang terdengar seperti vacum, mobil itu pun mulai berjalan. Pembunh meninggalkan gedung tanpa ada sedikit pun keraguan. Aksinya kali ini benar-benar berjalan lancar. Dan setelah ini, dia siap mendapatkan bayaran dari seseorang.

***

Hiuf…, seperti membaca dua cerita sekaligus ya. Satu versi memang cukup pendek tetapi kalau kita membaca penjelasannya atau artinya sekaligus jadi lebih panjang dan lebih lelah. Tapi semua terbayar dengan kisah yang menarik, benar bukan?

Pembahasan ini mungkin masih jauh dari sempurna, mungkin lain kali perlu dibahas juga unsur-unsur ceritanya lebih dalam. Sebagai contoh perlu dibahas juga mengenai unsur intrinsik atau ekstrinsik dari cerita tersebut. Tapi ya sudahlah, kita belajar dari yang mudah dulu.

Wednesday, December 28, 2016

Cerita Bahasa Inggris Singkat Unfriendly River

Kebutuhan akan contoh untuk cerita bahasa Inggris singkat memang cukup banyak. Ada yang sekedar untuk bahan bacaan, ada juga yang diperlukan untuk bahan belajar khususnya yang sedang mempelajari bahasa Inggris. Maka dari itu kita tambah lagi koleksi yang ada.

The Unfiendly River adalah sebuah cerita dongeng tentang hewan, tumbuhan dan sungai. Kata “The Unfriendly River” mempunyai arti dalam bahasa Indonesia yaitu “Sungai yang tidak ramah”. Atau bisa dipahami juga sebagai sebuah sungai yang sombong dan tidak memperdulikan yang lain.

Cerita dalm sebuah dongeng ini sendiri merupakan cerita yang bisa membuat kita semua sadar dan mengerti apa itu hidup. Cerita ini memberikan pesan moral yang tentunya begitu berharga untuk kita simak dan kemudian kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kaitannya kehidupan sehari-hari tentulah kita membutuhkan sebuah pelajaran yang bisa menjadi sebuah pedoman dalam menjalani hidup yang lebih baik. Dengan pedoman tersebutlah kita bisa benar-benar menjadi orang yang baik sehingga dapat mejalani kehidupan dengan baik juga.

Sebuah cerita yang akan saya paparkan ini bisa menjadi sebuah pelajaran bagi kita semua. Pelajaran tersebut yaitu tentang pentingnya sebuah pembelajran hidup guna menjalani hidup dengan baik.

Dengan pembelajaran hidup yang terkandung dalam cerita ini mudah-mudahan bisa membukakan mata dan hati kita sehingga ada sebuah keinsafan dalam hati kita. Bagus bukan pesan moralnya, makanya kita baca saja dulu ceritanya di bawah ini.

cerita anak dalam bahasa inggris
Cerita dalam Bahasa Inggris Unfriendly River
Cerita Unfriendly River ini menceritakan tentang sebuah sungai yang mempunyai air yang mengalir dan jernih. Hingga melihat siapa saja menjadi jatuh cinta akan sungai yang ada di dongen tersebut. Namun karena keelokan dan kecantikan sungai tersebut membuat sungai tersebut sombong atau tak ramah.

Sungai selalu enggan berbagi air dengan tanaman dan hewan yang ada di dekatnya, hingga semua tanaman dan tumbuhan yang hendak meminta air dari suangai tersebut disuruh pergi. Bagi sang sungai hidup sendiri adalah sebuah kenikmatan dimana tidak ada mahluk lain yang menyertai hidupnya.

Hingga pada suatu ketika ada seorang anak gadis yang kemudian mendatangi suangai tersebut. Anak gadis tersebut membawakan seekor ikan mas yang bernama tua banyol. Anak kecil tersebut hendak melepaskan ikan tersebut ke sungai yang tidak ramah tersebut, karena dia hendak pergi ke luar wilayah.

Hingga pada akhirnya tua banyol benar-benar di lepas oleh sang anak kecil tersebut. Tua banyol begitu menikmati berenang di air pada suangai tersebut. Namun di sisi lain sungai justru menyuruh sang tua banyol tersebut asyik berenang di air sungai tersebut.

Namun nampaknya tua banyol tidak menghidraukan apa yang dikatakan oleh sang sungai dia bahkan terus berenngan dengan asyiknya sambil mengepak-ngepakan ekornya ke tubuh sang sungai.

Hingga malam tiba dan sungai dan ikan mulai terlelap dan mulai melupakan apa yang sudah terjadi serta siap menyambut mimpi. Hingga pagi menjelang tua banyol sudah mengepak-ngepakan ekornya dan membuat sang sungai terbangun dan hingga akhirnya bisa tersenyum dengan tua banyol.

Di sini suangai sudah mulai bisa menerima kehadiran dari tua banyol dan menganggap tua banyol sebagai saudaranya sendiri. Sang suangai juga sudah mulai sadar bahwa hidup dengan binatang lain tentulah sangat indah, dari pada hidup sendiri.       

Hal ini membuat persahabatan mereka begitu erat dan bahkan mereka berdua sudah menganggap satu sama lain sebagai saudara. Karena memang keduanya sudah mempunyai sebuah keakraban diantara satu dengan yang lain.

Dengan demikian hidup sang sungai tidaklah terasa hambar lagi, karena ada sang tua banyol yang menjadi sahabat setianya yang senantiasa membagi canda tawannya.

***

Ada sebuah pesan moral yang terkandung dari kisah yang ada di cerita bahasa Inggris tersebut. Pesan moral yang ada pada cerita tersebut adalah bahwa sungai tentulah tidak akan sanggup dan tidak akan bisa hidup tanpa ada kehadiran mahluk lain, karena tanpa adanya mahluk lain tidak ada sebuah canda tawa dari sungai.

Dalam kaitanya dalam kehidupan sehari-hari khususnya kita sebagai seorang manusia adalah bahwa manusia tidaklah bisa hidup secara sendiri, karena manusia tidak bisa hidup tanpa manusia lain. Karena sejatinya manusia juga diciptakan adalah untuk saling bergotong royong dan bersosial.

Cerita Bahasa Inggris dan Artinya, The Tickling Scales

Melengkapi beberapa kisah terdahulu, akan kita tambah lagi satu contoh cerita dalam bahasa Inggris. Kali ini, cerita dalam bahasa Inggris tersebut akan dilengkapi juga dengan terjemahan atau artinya sekaligus. Anda butuh cerita seperti itu, mari kita nikmati bersama-sama satu contoh berikut.

The Tickling Scales, adalah sebuah cerita yang menggambarkan kehidupan di hutan belantara yang diepenuhi dengan penduduk hutan yang mempunyai tingkah cedikit lucu dan konyol karena ulahnya.

Namun sedikit yang perlu kita pahami dari cerita ini bahwa cerita  ini tidak hanya memberikan sebuah cerita dengan sedikit kekonyolan, tetapi di belakang kekonyolan ada sebuah pesan moral yang berhaga untuk kita semua.

Kata, “the tickling scales” sendiri mempunyai sebuah arti dalam bahasa Indonesia yaitu, “timbangan tickling”. Sebuah timbangan yang mempunyai kemampuan untuk membaca sebuah berat badan dari pada penghuni hutan yang ada pada cerita tersebut.

Cerita ini sendiri menjadi sebuah cerita yang bisa menjadikan anda sedikit mengerti akan pembelajaran hidup dan sedikit tentang pembelajaran bahasa Inggris. Karena hanya di situs inilah akan dijelaskan secara lengkap tentang sebuah cerita berikut tentang penjelasan dari cerita tersebut.

Dengan demikian selain dari pada anda terhidup dengan kisah yang dihadirkan dalam cerita tersebut, anda juga bisa menjadi lebih pintar terutama dalam menjalani kehidupa sehari-hari anda.

Di sini anda akan mendapatkan sebuah pembelajaran yang berharga yang bisa anda terapkan di dalam kehidupan anda. Sebelum lebih jauh, mari kita baca lebih dulu kisah selengkapnya bersama-sama.

cerita berbahasa inggris
Cerita Bahasa Inggris Tickling Scales dan Arti
Bisa kita lihat, teks cerita dalam dongeng di atas menceritakan tentang sebuah kehidupan di hutan. Diceritakan, pada saat itu datang satu set kamar yang dilengkapi dengan sebuah alat timbang.

Di sisi lain ada beo yang pada saat itu kabru dari kebun binatang dan pergi ke hutan. Di hutan tersebut dia menjelaskan kepada semua penduduk hutan tentang cara pemakaian timbangan tersebut.

Hingga pada suatu ketika dari berakhirnya waktu terjadinya pengajaran itu selesai, penduduk hutan begitu mencintai alat timbang tersebut. Bahkan rata-rata dari mereka teropsesi untuk secara rutin menggunakan timbangan tersebut. Dan karena terdesak sebuah obsesi yang dalam dan keinginan yang tinggi maka sang penghuni hewan tersebut memakai timbangan tersebut setiap hari.

Tiada aktivitas yang lebih menarik bagi penduduk hutan tersebut selain dari pada menimbang diri dengan timbangan tersebut. Dan setiap hewan selalu menimbang dirinya berharap mendapatkan sebuah berat badan yang proposional. Namun kenyataannya mendapatkan berat badan secara proposional begitu berat.

Hingga akhirnya karena tidak melihat sebuah perubahan yang ada pada tubuh masing-masing penduduk hutan, sang timbangan memutuskan untuk tidak menimbang lagi. Setiap hewan yang menimbang badan di timbangan tersebut akan mendapatkan balasan tendangan dari sang timbangan.

Hingga sebulan berlalu dan hari itu adalah sebuah giliran dari pada sang Zebra yang hendak menimbang diri. Sesampainya di masuk dan mulai mempergunakan timabangan tersebut, timbangan justru memberikan glitikan kepada sang Zebra, yang akhirnya membuat sang Zebra merasa kegelian. Namun hal tersebut justru membuat sang Zebra merasa benar-benar bahagia dengan sang timbangan yang mengglitik.

Tidak hanya Zebra hewan lain juga memutuskan untuk menimbang dirinya di hari itu juga. Melihat begitu menyenangkan timbangan yang menggrlitik tersebut dan yang membuat bahagia tersebut. Di sisi lain Zebra dan penduduk hutan tidak peduli lagi dengan berat badannya sendiri, bahkan Zebra sendiri memutuskan untuk sarapan pagi, sebuah kegiatan yang tidak pernah dilakukan oleh zebra sebelumnya.

Hingga bertahun-tahun lamanya sang timbangan berhenti membaca berat badan dari pada penduduk hutan. Sang timbangan justru mengalihkan tugasnya sebagai timbangan pembaca humor dari pada penduduk hutan tersebut.

***

Sebuah pesan moral yang tergantung di dalam cerita ini adalah bahwa kita sebagai manusa harus menyukuri apa yang telah diberikan tuhan kepada kita. Baik itu tubuh atau yang lainnya, karena apa yang diberikan tuhan kepada kita adalah sebuah anugrah dari yang maha kuasa.

Cerita dalam dongen ini juga mempunyai kandungan pesan moral bahwa untuk bahagia tidaklah harus mempunyai berat badan yang bagus, proposional, cantik, dan ganteng.

Agar memiliki kehidupan yang bahagia, kita memerlukan orang-orang yang kita cintai dan mencintai kita yang senantiasa memberikan sebuah canda tawa, kasih sayang kepada kita.

Tuesday, December 27, 2016

Cerita Moral dalam Bahasa Inggris tentang Emosi

Kalau ada yang mencari cerita moral dalam bahasa inggris bisa membaca cerita tentang emosi yang akan dibahas di sini. Cerita tersebut masuk dalam kategori cerita anak yang memberikan nasehat cukup baik. Belajar menjadi pribadi yang berkualitas, begitulah inti dari pesan yang ada dalam kisah tersebut.

Cerita moral adalah salah satu jenis cerita yang cukup baik untuk dipelajari. Cerita – cerita seperti ini sangat ringan untuk dijadikan bahan bacaan untuk hiburan. Bahasanya yang sederhana dan teks-nya yang singkat membuat cerita ini tidak akan berat untuk dinikmati. Bahkan untuk adik-adik pelajar sekalipun.

Lalu kenapa cerita berikut disebut atau dijuluki sebagai cerita moral? Tak lain dan tak bukan karena di dalamnya terdapat pesan moral yang menjadi inti atau tujuan adanya cerita tersebut. Sederhananya, dalam kisah tersebut terdapat nilai-nilai moral yang patut diteladani oleh pembaca semua.

Untuk pembaca secara umum, teks yang akan kita baca ini sangat sederhana. Kata, kalimat dan cerita yang disusun cukup mudah untuk dimengerti dan tidak terlalu panjang. Maka dari itu dengan teks berikut pembaca bisa belajar bahasa Inggris sekaligus. Ingin tahu ceritanya seperti apa, simak berikut!

Judul cerita moral berikut ini adalah “A Hole In The Fence”. Inti ceritanya adalah tentang seorang anak laki-laki  yang sedang belajar untuk mengendalikan emosi. Dalam cerita ini anda akan tahu betapa buruknya emosi yang tak terkendali.

Kita artikan dulu bagaimana judulnya. Kata “a hole” kalau dalam bahasa Indonesia artinya sebuah lubang sedangkan “Fence” sendiri berarti tembok pagar. Jadi, kurang lebih arti judul tersebut adalah sebuah lubang di pagar. Supaya lebih jelas bagaimana ceritanya, mari kita baca dulu ceritanya.

 A Hole In The Fence

Sepuluh menit, selesai juga kan membaca satu cerita. Bagaimana menurut anda, cukup menarik juga bukan kisah yang diceritakan? Ya, jika dibanding dengan cerpen maka cerita ini memang sangat sederhana. Alur ceritanya dan tidak rumit, hanya satu kejadian yang digambarkan dengan jelas.

Eits, santai saja, bagi yang kurang suka dengan cerita di atas bisa melihat-lihat cerita lain dibagian bawah atau sisi kanan situs. Selain itu, kalau ada rekan yang membutuhkan terjemahan maka rekan semua bisa lanjut ke penjelasan di bagian bawah. Setelah ini akan dijelaskan juga bagaimana jalan ceritanya, yuk kita simak.

Cerita moral bahasa Inggris berjudul A Hole In The Fence menceritakan bagaimana perjuangan seorang anak pemarah yang berusaha belajar mengendalikan emosinya. Diceritakan, dahulu ada seorang anak laki-laki yang masih kecil yang mudah sekali marah.

Ayahnya kemudian memberikannya sekantung paku. Dia memerintahkan anak tersebut untuk memaku kan satu buah patu di tembok pagar setiap kali ia tidak bisa mengendalikan amarahnya. Anak kecil tersebut pun menuruti perintah sang ayah.

Hari pertama, anak tersebut menancapkan 37 paku di pagar tersebut. Selama beberapa minggu kemudian ketika ia belajar mengendalikan amarahnya, jumlah paku yang ditancapkan di pagar semakin berkurang drastis.

Sampai akhirnya, ia merasakan bahwa ternyata mengendalikan amarah lebih mudah dari pada menancapkan paku di tembok pagar. Akhirnya, hari dimana anak tersebut bisa sepenuhnya mengendalikan amarah pun datang.

Ia pun menceritakan hal itu pada ayahnya. Setelah kejadian itu, sang ayah menyarankan kepada anaknya agar setiap kali ia dapat mengendalikan amarah ia mencabut paku yang sudah menancap di pagar. Waktu berlalu, hari pun berganti dan anak laki-laki itu pun akhirnya bisa mengatakan pada ayahnya bahwa seluruh paku yang ada di pagar telah hilang. Setelah itu, sang ayah memegang tangan anaknya kemudian mengajaknya menuju pagar.

“Kamu telah melakukannya dengan baik anakku, tetapi coba lihat lubang-lubang di pagar tersebut. Pagar itu tidak akan bisa sama seperti semula. Ketika kamu mengucapkan sesuatu dalam keadaan marah, kata-kata yang keluar akan meninggalkan bekas goresan seperti yang ini. kamu tidak bisa menusuk seseorang dengan pisau dan mencabutnya. Tidak penting seberapa banyak kamu mengucapkan permintaan maaf, luka-nya akan tetap ada disana.

***

Cerita dalam bahasa Inggris di atas menggambarkan kepada kita betapa berbahayanya amarah atau emosi. Dalam keadaan marah dan emosi, orang sangat mungkin untuk melukai orang lain dan tidak perduli berapa kali kita meminta maaf luka karena perkataan kita akan tetap ada disana.

Itu berarti juga bahwa hendaknya kita bisa menjaga perkataan kita kepada orang lain. Luka batin karena ucapan sama menyakitkannya dengan luka luar yang ada di tubuh kita. Maka dari itu sudah sepantasnya jika kita mengendalikan emosi dan menjaga perkataan dan ucapan. Semoga cerita di atas bisa bermanfaat bagi kita semua.

Cerita Bahasa Inggris Singkat, Kupu dan Kepompong

Ada lagi cerita bahasa inggris singkat yang bisa kita baca bersama. Cerita tersebut merupakan sebuah cerita tentang kupu – kupu dan kepompong. Cerita ini cukup singkat dan menarik, bahasa yang digunakan pun tidak sulit atau mudah dipahami. Kalau ada rekan yang mencari cerita-cerita seperti ini bisa membacanya langsung di situs ini.

Kalau hanya satu dua memang tidak puas, maka dari itu kita masih memperbanyak kisah-kisah yang berhubungan dengan cerita moral dan cerita anak. Kali ini juga begitu, cerita yang akan kita baca juga berhubungan dengan dua jenis bacaan tersebut. Cocok untuk rekan pelajar tapi juga cukup bagus untuk orang umum yang sedang mulai belajar bahasa Inggris.

Untuk kisah yang sudah kita bahas sebelumnya sudah cukup banyak, namun begitu koleksinya belum lengkap apalagi jika berkaitan dengan tema ceritanya. Yang satu ini juga kental dengan nuansa nasehat, ada renungan yang bisa diambil dari inti kisahnya. Ingin tahu seperti apa menariknya?

Siklus perubahan yang terjadi pada kupu-kupu memang cukup menarik untuk diikuti. Kita bisa lihat sendiri, dari ular yang menggelikan dan menakutkan, kupu-kupu bisa tercipta menjadi hewan yang mempesona dan menakjubkan. Tapi sebelum menjadi hewan cantik tersebut ada proses panjang yang harus dilalui. Berkaitan dengan itulah cerita singkat kali ini.

A. Cerita Bahasa Inggris Singkat Butterfly and Cocoon

Kata “Butterfly” artinya kupu-kupu sedangkan kata “Cocoon” berarti kepompong. Ada kaitannya kedua kata di atas, selain disatukan menjadi sebuah judul cerita, kupu dan kepompong memiliki ikatan dan keterkaitan yang cukup dekat. Masalah itu tidak perlu dijelaskan karena ada ranah ilmu-nya sendiri.

Pada cerita kali ini kita akan menikmati sebuah kisah yang berhubungan dengan perubahan ulat menjadi kupu-kupu atau lebih tepatnya proses kupu-kupu keluar dari kepompong. Ceritanya cukup menarik, ada pendidikannya dan ada nasehatnya. Ingin tahu seperti apa, kita baca saja bersama-sama.

Butterfly And Cocoon

Kepompong dan kupu-kupu sama saja dengan kacang dan kulitnya. Kupu-kupu harus melalui proses menjadi kepompong dulu sebelum ia bisa terbang ke angkasa. Kejadian seperti itu tentu cukup menarik juga untuk diikuti bukan? Apalagi teks ceritanya cukup pendek, meski bahasa Inggris tapi tidak akan terlalu sulit dicerna.

Lepas dari itu, teks di atas mungkin menyisakan tanda tanya bagi beberapa yang baru mulai belajar bahasa Inggris. Oleh karena itu di bagian selanjutnya akan diberikan juga beberapa informasi pendukung untuk memudahkan pembaca memahami kisahnya. Yang pertama yaitu kata-kata sulit dalam cerita di atas, simak daftar kata baru di bawah ini.

Found = menemukan
Struggled = berjuang
Force = memaksa
Hole =  lubang
Scissors = gunting
Snipped off = menggunting
Swollen = bengkak
Shriveled wings = kusut/kisut
Expand = mengembang
Fly = terbang
Kindness = kebaikan
Haste = tergesa-gesa
Restricting = membatasi
Fluid = cairan
Freedom = kebebasan
Obstacles = rintangan

Dengan tambahan daftar kata sulit di atas tentu saja akan lebih mudah lagi dalam memahami bagaimana teks di atas. Sekarang rekan semua bisa mengetahui beberapa kata penting yang ada dalam teks di atas. Bagaimana sekarang, apakah masih ada kesulitan dalam memahami ceritanya? Kalau masih ada, silahkan lanjut ke bagian akhir yaitu terjemahan.

B. Terjemahan Cerita Butterfly and Cocoon

Meski tidak begitu penting namun kita bahas juga sedikit terjemahan atau arti dari teks di atas. Dengan begitu mudah-mudahan tidak ada satu pun pembaca yang kesulitan dalam memahami kisah menarik dalam bahasa Inggris tersebut. Tidak terlalu cocok dikatakan terjemahan mungkin, tetapi semoga saja bisa jadi tambahan referensi.

Pada teks di atas, diceritakan ada seorang laki-laki yang menemukan sebuah kepompong. Suatu hari ada lubang kecil yang muncul pada kepompong tersebut. Ia kemudian duduk dan mengamati kupu-kupu yang ada didalam kepompong tersebut.

Sang kupu-kupu berjuang keras untuk keluar dari kepompong yang selama ini mengurungnya. Sudah beberapa jam, sang kupu-kupu masih berusaha memaksa mengeluarkan tubuhnya dari lubang kecil tersebut. Selang beberapa saat, seperti tidak ada lagi proses yang terjadi. Terlihat sepertinya sang kupu-kupu sudah berusaha sekuat yang ia mampu dan sepertinya sudah tidak bisa lanjut lagi.

Melihat hal tersebut, laki-laki tersebut akhirnya memutuskan untuk membantu sang kupu-kupu malang tersebut. Ia pun mengambil gunting dan memotong bagian kepompong yang tersisa. Setelah itu sang kupu-kupu pun bisa keluar dari kepompong dengan mudah.

Ternyata, setelah keluar, kupu-kupu tersebut memiliki tubuh yang gemuk dan sayap kecil yang keriput. Lelaki tersebut kembali mengamati kupu-kupu yang baru keluar dari kepompong tersebut dan mengharapkan setelah itu ia bisa melihat sang kupu-kupu terbang.

Diluar dugaan, sayap kupu-kupu tersebut tidak bisa membsar dan mengembang untuk menyangga tubuhnya. Pada akhirnya, sang kupu-kupu tersebut hanya bisa merayap dengan badannya yang besar dan sayap yang keriput.

Pada kejadian itu, yang tidak dipahami oleh lelaki baik yang membantu kupu-kupu terbang tersebut adalah bahwa kepompong yang menghalangi kupu-kupu keluar tersebut adalah proses alami yang sangat penting bagi sang kupu-kupu.

Dengan proses tersebut, cairan dalam tubuh kupu-kupu tadi akan dipaksa mengalir ke sayap-sayapnya agar ia siap terbang ketia ia sukses menembus kepompong tersebut. Kadang-kadang, perjuangan adalah hal yang sebenarnya dibutuhkan dalam hidup.

Jika alam membiarkan kupu-kupu tersebut keluar dari kepompong dengan mudah maka yang akan terjadi adalah seperti sang kupu-kupu malang tadi. Ia tidak akan bisa terbang selamanya. Mengagumkan bukan?

***

Nyatanya, dari kisah di atas memang ada pesan moral yang sangat penting untuk direnungkan oleh pembaca. Dalam proses tersebut ada proses yang memang harus dijalani dan dihadapi oleh mahluk agar bisa menjadi lebih kuat dan lebih baik.

Halangan dan rintangan sesungguhnya diperlukan untuk membuat manusia menjadi pribadi yang lebih tangguh dan kuat. Itulah hakekat lain dari ujian, cobaan, halangan atau pun rintangan yang sering terjadi dalam hidup. Mudah-mudahan, pesan tersebut dapat kita renungkan dan kita terapkan dalam hidup kita.

Monday, December 26, 2016

Contoh Cerpen Bahasa Inggris The White Rose

Jangan bosan ya karena kita akan selalu belajar dan mencari hiburan dengan membaca kisah-kisah menarik khususnya dalam bahasa Inggris. Kali ini, cerita cerpen bahasa Inggris yang akan kita baca berjudul “The White Rose”. Ingin tahu ceritanya seperti apa, segera ikuti selengkapnya berikut.

The White Rose merupakan salah satu contoh cerita pendek pilihan. Di dalamnya ada pesan moral yang cukup menarik untuk diikuti. Cerita cerpen ini adalah sebuah cerita yang juga akan menumbuhkan sebuah pembelajaran tentang diri anda sendiri.

Banyak orang yang kurang percaya diri tentang apa yang dia punya. Hal tersebut dikarenakan dia kurang memahami dirinya sendiri. Padahal banyak orang yang justru iri dengan apa yang dia punya. Bahkan, sering kali orang tidak menghargai apa yang sebenarnya mengagumkan yang ada dalam dirinya.

Untuk itulah sebuah cerita yang cukup singkat ini mudah-mudahan menjadi sebuah cerita yang bisa sedikit menggugah hati kita semua agar kita percaya dengan sebuah kekuatan dan semua yang kita memiliki. Sehingga apa yang kita lakukan tidak membuat kita gelisah, karena kitapun percaya dengan kemampuan kita sendiri.

The White Rose sendiri bila memang diartikan dalam bahasa Indonesia memiliki sebuah makna ”Mawar Putih”. Yang mana cerita tersebut akan memberikan sebuah pelajaran yang begitu berharga kepada kita.

Selain sebagai pembelajaran terhadap diri pribadi karena mengajarkan tentang kepercayaan diri, cerita ini juga akan mengajarkan anda untuk mengetahui sedikit-sedikit kosa kata bahasa Inggris yang mungkin belum anda ketahui. Sehingga begitu cocok menjadi sebuah media pemebelajaran bagi pemula.

Sebelum sampai pada cerita tersebut ada beberapa kosa kata yang perlu kita baca lebih dulu. Kosa kata ini terdapat dalam teks cerita dan sudah dibuat dalam daftar, lengkap dengan arti. Silahkan dipelajari sebagai pemanasan sebelum masuk ke cerita selengkapnya.

Bushes = semak-semak
Grass = rumput
Weeds = rumput liar
Petals = daun bunga
Velvet = beludru, beledu
Morning dew = embun pagi
Resplendent crystals = kristal yang gemerlapan
Wilting = menjadi layu
Perfection = kesempurnaan
Realise = menyadari
Fascinated = mengagumkan, mempesona, kagum
Enchantment = pesona
Appearance = penampilan
Strolling = jalan-jalan
Forgotten = terlupakan
Fade = memudar
Withered
Present = hadiah
Vase = fas bunga
Reflection = bayangan
Drooping = berjatuhan
Blind = buta
Appreciating = menghargai

Daftar kata di atas bisa menjadi kata – kata baru yang perlu diketahui arti atau terjemahannya. Makanya akan lebih baik jika dibaca dulu meski hanya satu kali. Kalau sudah membaca daftar kosa kata di atas nanti akan lebih mudah mengerti tentang jalan ceritanya. Sekarang kita baca kisah selengkapnya di bawah ini.

Cerpen Bahasa Inggris The White Rose
Contoh Cerita Cerpen Bahasa Inggris The White Rose

Cerita dongeng ini sendiri menceritakan tentang sebuah bunga mawar putih yang pada saat itu hendak mekar. Perlahan tapi pasti bunga putih nan indah itu akhirnya mekar dikelilingi oleh semak-semak dan gulma. Banyak hewan dan tumbuhan yang lain terpesona dengan keindahan dari bunga yang cantik itu.

Terlebih bila melihat bentuknya yang begitu indah, lembut, dan berwarna putih, membuat siapa saja ingin mempunyai nasib yang sama. Tetapi di sisi lain sang bunga tidak bisa melihat keindahannya sendiri karena keindahan ada di tubuhnya sendiri dan bukan di tubuh orang lain, sehingga dia tidak bisa melihatnya.      

Hingga pada suatu ketika ada anak kecil yang pada saat itu sedang berjalan-jalan di taman. Dia melihat sebuah bunga yang begitu cantik yang baru mekar tersebut. Dia begitu sayang untuk memetiknya karena hal tersebut tentulah akan membuat bunga tersebut mati. Namun bila gadis tersebut tidak mengambilnya dia juga akan layu.

Hingga akhirnya gadis tersebut membawa bunga tersebut di sebuah vas yang ada di rumahnya, agar sang bunga tersebut bisa hidup dengan baik. Namun dalam hati bunga juga mempunyai pernyataan tidak ada kaca untuku melihat kecantikanku sendiri. Namun hingga selang beberapa hari sang bunga terus bertumbuh hingga mengikuti arah matahari.

Pertumbuhan tersebut membuat sang bunga mampu menjangkau sebuah cermin yang memungkinkannya untuk bisa melihat dirinya sendiri. Setelah nampak di cermin kecantikannya kini dia tahu bahwa memang dia benar-benar cantik, dan kecantikannya itu bahkan tidak pernah dia sadari. 

Itulah mengapa ketika banyak tumbuhan dan hewan yang memuji kencatikan sang bunga, bunga justru belum seratus persen percaya bila memang dia cantik. Tetapi kini dia percaya setelah mmenyaksikan sendiri kecantikannya di depan cermin. Kini dia bisa benar-benar percaya bahwa memang dirinya adalah cantik.

***

Disetiap cerita apapun biasanya ada pesan-pesan moral atau nilai-nilai luhur yang coba ingin disampaikan kepada pembaca, demikian juga dengan cerita bahasa Inggris di atas. Dalam kisah tersebut ada sebuah pesan moral yang bisa kita ambil.

Pesan tersebut yaitu tentang menghargai diri sendiri. Terkadang orang lebih tahu tentang kelebihan yang kita miliki yang bahkan kita sendiri tidak yakin bahwa itu adalah sebuah kelebihan. Untuk itulah ada baiknya kita selalu merenung agar kita memang benar-benar mengetahui apa yang ada di dalam diri kita.

Karena mempelajari diri sendiri adalah sebuah hal yang penting dan harus kita tahu. Karena bagaimana bisa kita mempelajari orang lain, kalau mempelajari diri kita sendiri saja kita belum bisa. Dengan mempelajari diri anda sendiri anda akan mengetahui kelebihan dan kekurangan yang anda miliki.

Dengan mengenal lebih jauh mengenai diri kita, baik kelemahan maupun kelebihannya, maka kita akan bisa lebih menghargai apa yang ada dan yang kita miliki. Begitu banyak kebaikan dalam diri kita, begitu banyak yang patut dibanggakan, maka mulailah menghargai diri sendiri.