Tuesday, January 10, 2017

Cerita Bahas Inggris Tema Religi dan Terjemahan

Cerita kalau dibahas dari sisi tema memang sangat beragam, salah satunya tema religi keagamaan. Untuk cerita bahasa Inggris kali ini kita juga akan membahas tentang tema religi yang berkaitan dengan Sang Pencipta yaitu Tuhan. Rekan semua yang mencari kisah menarik bisa ikut gabung bersama disini.

Disebut tema religi karena didalam cerita berikut sangat terasa nuansa religi atau keagamaan yang kuat. Hal ini tentu cukup baik untuk bahan pembelajaran bagi pembaca semua yang sedang mencari hiburan. Bahkan bukan hanya untuk liburan, teks-nya juga bisa dimanfaatkan untuk sarana belajar bahasa Inggris.

Cerita ini sendiri masuk dalam kategori cerita moral atau cerita anak yang susunannya sederhana dan mudah dipahami. Bahasa yang digunakan dalam teks diambil dari bahasa sederhana yang mudah dipahami. Susunan atau alur ceritanya pun tidak rumit sehingga mudah dicerna.

Kisah yang akan kita baca tersebut akan melengkapi berbagai cerita lain yang sudah ditulis dalam bahasa Inggris. Ditambah satu lagi, koleksi kisah-kisah menarik yang ada akan semakin lengkap dan bervariasi. Jadi tak salah jika rekan selalu berkunjung ke situs ini.

Sampai disini kita belum masuk ceritanya, kita bahas sedikit dari judulnya dulu. Cerita yang akan kita baca kali ini berjudul Have Faith In God“. Dalam bahasa Indonesia, have artinya memiliki atau mempunyai. Faith artinya kepercayaan atau bisa juga keimanan sedangkan God artinya Tuhan.

Jadi, cerita kali ini dalam bahasa Indonesia judulnya percaya pada Tuhan atau beriman kepada Tuhan. Apa dan bagaimana kisahnya, kita akan mengetahuinya bersama-sama. Tapi sebelum itu, mari kita pelajari beberapa kata baru yang ada dalam cerita tersebut di bawah ini.

Disciple = murid
A hermitage = pertapaan
Somewhere = di suatu tempat
Raining cats and dogs = hujan deras sekali
Problem = masalah
Faith = keyakinan
Obeyed = menuruti
Reciting = membawakan, menceritakan, menyebut
Hurdles = halangan, rintangan
Route = rute
Drain = mengalirkan, mengeluarkan, saluran
Drowned = menenggelamkan
Doubt = keraguan

Daftar kata bahasa Inggris dan artinya di atas diambil dari teks yang akan kita baca. Dengan mempelajari kosa kata tersebut maka kita bisa lebih leluasa dalam memahami cerita seluruhnya dengan baik. Sekarang, kalau sudah sedikit mengerti berbagai vocabularies baru di atas waktunya kita baca cerita selengkapnya.

Cerita Bahas Inggris Tema Religi dan Terjemahan
Cerita Bahasa Inggris tema Religi Have Faith in god

Have Faith In God merupakan sebuah kisah yang bercerita tentang kisah seorang guru dan muridnya. Guru dan murid tinggal di sebuah desa yang bernama Hermitage. Pada suatu hari, si murid ingin pergi ke suatu tempat.

Sebelum dia berangkat jauh dari desa, tiba-tiba hujan yang sangat deras turun. Ada kilatan halilintar yang dahsyat seperti  memecah langit saat hujan tiba. Karena ragu, akhirnya si murid pun kembali dan bercerita kepada gurunya.

“Wahai guru, bagaimana saya bisa melewati hujan yang sangat deras dan disertai halilintar ini?” tanya si murid pada gurunya.

“Wahai muridku, kau harus memiliki keimanan yang kuat pada Allah. Allah akan membantumu melewati segala rintangan dan masalah.” Jawab si guru. Karena si murid adalah orang yang sangat taat, ia pun segera melanjutkan perjalanannya. Dia menguatkan imannya dan selalu menyebut nama Allah dalam perjalanan. Hingga akhirnya ia pun bisa sampai di tempat tujuannya.

Keesokan harinya, si guru harus melewati rute yang sama dengan yang di lalui oleh si murid. Saat hendak berangkat, tiba-tiba saja hujan turun begitu deras. Kilat menyambar dimana-mana.

Angin yang seperti badai pun turut menghiasi gelapnya langit. Melihat cuaca yang sangat kacau ini, tiba-tiba saja keraguan muncul dalam diri si guru. Dia tidak yakin apakah Allah akan menyelamatkannya atau tidak. Karena dilanda keraguan, akhirnya si guru pun tenggelam di telan badai.

***

Cerita ini telah memberikan kita sebuah pelajaran yang sangat berharga. Sebesar apa pun badai yang kita hadapi selama kita bisa menguatkan iman, maka kita akan selamat.

Sekecil apa pun badai yang kita hadapi, jika kita tidak beriman, maka kita akan tenggelam. Keimanan akan menyelamatkan kita dan keraguan akan menenggelamkan kita.

Kisah ini telah memberikan banyak sekali pelajaran yang sangat berharga pada kita semua. Ada banyak sekali point yang bisa kita ambil dari kisah ini. Mulai dari guru yang mengajarkan keimanan tapi tidak bisa menjalankan untuk dirinya sendiri. Sampai seorang murid yang begitu taat pada gurunya lalu bisa dengan mudah melewati badai hanya dengan sebuah keimanan.

Kisah ini telah mengajarkan pada kita semua betapa ajaibnya kekuatan keimanan itu. Saat kita bisa beriman kepada Allah, sudah lah pasti jalan yang kita lalui akan terasa mudah dan ringan. Sekalipun badai menghalangi jalan kita, selagi kita masih beriman kepada Yang Maha Kuasa, bukan tidak mungkin kita bisa melewati badai. Bahkan kita bisa mengalahkan badai itu sendiri.

Kisah ini juga telah mengajarkan kepada kita semua betapa bahayanya keraguan terhadap hidup kita. Kita sama sekali tidak boleh memelihara keraguan dalam diri kita. Terlebih keraguan kepada Yang Maha Kuasa.

Karena jika kita merasa ragu pada kekuasaanNya, Dia akan marah dan tentu saja akan menghukum kita. Sekecil apa pun keraguan dalam diri kita, selama kita tidak berusaha membunuhnya, maka dia akan jadi bencana pada diri kita sendiri.

Kita tidak akan melewati sebuah masalah yang sangat kecil jika kita sedang dilanda oleh keraguan terhadap kekuasaan Allah. Melewati masalah yang kecil saja tidak bisa bagaimana mau melewati masalah yang besar seperti badai dan semacamnya? Benar bukan?

Si Murid dan si guru dalam kisah ini telah membuktikan dan menunjukan pada kita semua betapa dahsyatnya kekuasaan Allah. Allah tidak akan hanya membantu orang yang beriman kepadaNya, tapi Dia juga akan mengangkat derajat orang yang beriman kepadaNya tinggi-tinggi.

Allah juga tidak akan hanya menghalangi jalan orang yang merasa ragu padaNya, tapi Dia juga akan menghancurkan dan menenggalamkannya jauh ke dalam lubang yang amat menyedihkan.

Jadi, mari kita bersama-sama meningkatkan dan menguatkan keimanan dalam diri kita agar kita senantiasa di beri kemudahan dalam menjalankan segala kehidupan kita.