Saturday, January 7, 2017

Cerita Bahasa Inggris tentang Burung Elang

Cerita dalam bahasa Inggris kali ini masih tentang binatang. Bagi anak-anak, dunia binatang adalah dunia yang menyenangkan, meski dalam cerita sekalipun. Walau tidak ada visualisasi namun cerita bisa menggambarkan dengan jenis betapa menariknya binatang.

Eagles In A Storm adalah salah satu cerita bahasa Inggris yang memiliki tema tentang hewan yaitu seekor burung elang. Cerita tentang burung elang ini cukup menarik dan juga ada pesan-pesan atau nilai moral yang bagus. Cerita yang ini juga bisa digunakan untuk tugas sekolah, misalnya untuk story telling.

Karena dalam bahasa Inggris maka bahasanya sedikit sulit untuk dipahami, kecuali oleh yang sudah mahir. Tidak masalah karena kita membaca cerita ini tidak hanya untuk hiburan tetapi untuk belajar sekaligus. Mungkin bisa dikatakan belajar sambil bermain ya?

Nyambi kata orang jawa, makanya bukan hanya sekedar membaca tetapi memahami apa yang dibaca. Nah, agar bisa memahami bahan bacaan maka kita pemanasan lebih dulu dengan mempelajari daftar kosa kata yang ada di bawah ini. Silahkan baca dan pahami arti kata-nya sekaligus.

A storm = badai
Approaching = mendekati
Spot = titik, tempat
Pick = mengambil, membuka
Above = atas
Rages = kemarahan, mengamuk, hebat, tinggi
Soaring = membumbung tinggi
Escape = lepas
Higher = lebih tinggi
Minds = pikiran
Belief = iman, kepercayaan
Overcome = mengatasi, menanggulangi
Enables = memungkinkan, membolehkan
Sickness = penyakit, sakit
Tragedy = tragedi, peristiwa menyedihkan
Failure = kegagalan
Disappointment = kekecewaan

Berbekal dengan kosa kata di atas kita bisa lebih mudah memahami apa yang kita baca. Dengan begitu apa yang kita baca tidak sia-sia. Kosa kata di atas diambil dari cerita yang akan kita baca kok, jadi bukan tidak ada kaitannya. Sekarang kita baca dulu ceritanya.

Cerita dalam Bahasa Inggris Burung Elang
Eagles in a Storm, Contoh Cerita Bahasa Inggris

Tidak panjang bukan? Makanya tidak usah takut dulu, nyatanya cerita bahasa Inggris tersebut memang sederhana dan menarik. Yang terpenting ceritanya mudah dipahami. Kalau sudah dengan kosa kata di atas sekarang kita ke kisah tersebut.

Eagles In A Storm menceritakan betapa hebatnya elang. Elang telah memberikan kita sebuah pelajaran yang begitu berharga. Dari semua hewan yang ada di atas langit, elang adalah salah satu yang terkuat.

Dia tak hanya bisa membuat kita takjub pada kekuatan fisiknya, tapi dia juga bisa membuat kita takjub pada keindahan pikirannya.

Cerita ini berkisah tentang betapa jeniusnya elang saat menghadapi badai. Saat badai hendak datang, Elang selalu tau kapan badai itu mendekat. Begitu badai akan mendekat, dia selalu terbang menuju tempat-tempat yang tinggi.

Dia menunggu angina kencang itu datang. Dan saat angina kencang itu datang, Elang akan terbang ke atas angina kencang itu. Dia memanfaatkan angina kencang itu agar dia bisa terbang lebih tinggi.

Dengan adanya dorongan dari angina yang sangat kencang itu, maka Elang akan dengan sangat mudah mengepakkan sayapnya. Menari diatas langit dan bergoyang diatas pusaran angin.

***

Kisah elang saat badai datang ini telah memberikan kita sebuah inspirasi baru. Tidak semua masalah yang kita hadapi harus kita lawan dengan sekuat tenaga. Kita harus bisa seperti elang ini.

Memanfaatkan sebuah masalah agar bisa terbang jauh lebih tinggi. Kita juga harus bisa seperti elang yang mengepakan sayapnya di atas langit. Menari bagai baleria di atas panggung yang indah.

Kisah ini memberikan pesan moral yang sangat berharga bagi kita semua. Saat badai kehidupan datang menghampiri kita, kita harus bisa menyikapinya dengan bijak. Saat kita meneguhkan pikiran kita dan terus percaya pada Tuhan.

Bukan tidak mungkin kita bisa melewati badai dengan mudah. Bahkan kita akan bisa terbang tinggi karena badai kehidupan itu datang menghampiri kita.

Tuhan memungkinkan kita untuk bisa terbang tinggi di atas badai layaknya Elang. Dengan kuasaNya kita bisa melewati segala macam musibah dan bencana. Karena tanpa ada musibah dan bencana, kita tidak akan pernah tau seberapa besar keimanan kita pada Tuhan.

Apakah kita tetap akan beriman pada Tuhan saat kita terserang penyakit? Apakah kita akan tetap teguh pada pendirian saat kita tertimpa tragedi? Apakah kita bisa terus berjalan saat terkena musibah?

Jika kita bisa melewati itu semua dan tetap bisa meneguhkan keimanan saat tertimpa segala macam musibah, sudah pasti Tuhan akan mengangkat derajat kita lebih tinggi.

Badai dalam kisah cerita bahasa Inggris ini  bisa kita ibaratkan layaknya sebuah kegagalan. Tidak bisa dipungkiri jika kegagalan adalah hal yang harus kita alami jika kita ingin meraih sebuah kesuksesan.

Seperti yang orang-orang katakan, kegagalan adalah sebuah kesuksesan yang tertunda. Itu artinya saat kita bisa menghadapi kegagalan dengan tabah dan tetap istiqomah maka sudahlah pasti kesuksesan siap menanti kita di atas kegagalan.

Kita hanya perlu melewati satu-persatu kegagalan yang menimpa kita sampai kita tiba di sebuah titik yang disebut kesuksesan. Kegagalan hanyalah sebuah anak tangga yang akan terus membawa kita pada sebuah titik yang disebut kesuksesan.

Karenanya, kita tidak boleh menyerah saat tertimpa kegagalan agar kita bisa sampai pada kesuksesan yang kita inginkan. Layaknya elang yang bisa terbang begitu tinggi karena badai, kita juga akan bisa meraih kesuksesan hebat karena sebuah kegagalan.

Sejarah telah membuktikan dan dunia telah menjelaskan. Pelaut ulung tidak lah datanag dari ombak yang tenang. Hampir semua orang yang meraih kesuksesan hebat pasti pernah mengalami kegagalan.

Thomas Alfa Edison harus gagal sebanyak Sembilan ratus Sembilan puluh Sembilan kali sampai akhirnya dia bisa menemukan lampu pijar. Steve Jobs juga harus jatuh berkali-kali sampai akhirnya dia bisa mendirikan perusahaan berlogo apel yang sampai sekarang kejayaannya sama sekali tak bisa di ragukan.

Jadi, masihkan kita harus menyerah saat kita ditimpa kegagalan? Masihkah kita harus berhenti mencoba saat kita ditimpa bencana? Masihkah kita harus mengakhiri usaha kita saat tragedi singgah ke kehidupan kita? Semua jawaban kita lah yang akan menentukan siapa kita sekarang dan siapa kita di masa yang akan datang.