Sunday, January 15, 2017

Cerita Bahasa Inggris tentang Kecerdasan

Kalau cerita dalam bahasa Inggris kali ini mirip dengan cerita si bijak abu nawas. Tetapi ceritanya disini berbeda namun alur ceritanya mirip. Bagi rekan pengunjung yang mencari kisah-kisah menarik terutama yang berbahasa Inggris bisa menikmati kisah yang satu ini.

Tema yang diangkat yaitu tentang kecerdasan atau kepandaian dan juga kebijaksanaan. Tema tersebut dikemas dalam sebuah kisah sederhana yang bisa membuat kita penasaran. Bahasa yang digunakan juga cukup ringan, cocok untuk bahan belajar bahasa Inggris.

Kita tahu bahwa kepandaian, kebijakan dan kecerdasan adalah hal yang sangat didambakan banyak orang. Kemampuan tersebut diketahui dapat menjadi keajaiban yang membantu manusia dalam menjalani hidup. Namun begitu kadang kita lupa hakekat keajaiban itu sendiri.

Dalam kisah berikut akan ada beberapa pesan yang dapat diambil dari beberapa sudut pandang berbeda. Misalnya, kisah berikut mengingatkan kita untuk tidak berlaku buruk atau kurang terpuji. Ingat, perbuatan buruk dan tercela hanya akan membuat kita celaka.

Cerita tersebut juga mengingatkan kita bahwa manusia hendaknya bersyukur dengan kemampuan yang diberikan dalam pikiran kita. Kemampuan otak manusia untuk berpikir itu sangat mengagumkan, tak ada bandingnya. Penasaran kan, makanya kita baca dulu ceritanya di bawah ini.

A. Cerita Inggris Kecerdasan Birbal The Wise

Judul cerita yang akan kita baca adalah “birbal the wise”, ceritanya sederhana dan mudah dipahami. Birbal adalah nama orang sedangkan kata “the wise” artinya adalah si bijak. Peran tokoh tersebut memang hampir mirip dengan dongeng lain namun begitu sedikit berbeda.

Kalau diketik, cerita di bawah ini sangat pendek, kurang lebih hanya 4 paragraf singkat. Kalau membaca cerita ini tentu tidak akan membuat kita pusing atau jadi hilang minat terhadap ceritanya. Sebelum kita bahas lebih jauh mari kita baca ceritanya dulu.

cerita bahasa inggris tentang pendidikan
Cerita Bahasa Inggris tentang Kepandaian

Mudah bukan bahasanya, memang cerita di atas sangat cocok untuk bahan belajar kita semua, apalagi untuk adik-adik pelajar. Tapi jangan lupa, selain teks cerita di atas masih banyak cerita-cerita lain yang bisa dibaca di situs ini. Anda bisa mencari cerita yang diinginkan di bagian bawah.

B. Terjemahan Cerita Kecerdasan Birbal The Wise

Untuk melengkapi pembahasan kita sudah disiapkan juga sebuah terjemahan sederhana. terjemahan di bawah ini bisa digunakan untuk membantu kita memahami arti yang ada dalam teks tersebut. Siapa tahu ada yang membutuhkan jadi tidak perlu mencari jauh-jauh.

Dengan adanya terjemahan maka kita bisa belajar kosa kata baru. Bisa juga untuk belajar menerjemahkan kalimat bahasa Inggris, pokoknya tinggal sesuai kebutuhan saja. Yang ingin membaca versi bahasa Indonesia tersebut silahkan langsung dibagian bawah ini.

Pada suatu hari ada seorang pedagang yang sangat kaya raya pergi ke rumah Birbal. Dia datang ke rumah Birbal dengan membawa sebuah masalah. Dia berharap dia akan bisa menyelesaikan masalahnya jika dia menceritakan pada Birbal.

Sesampainya ia di rumah Birbal, ia langsung berkata “Hey Birbal, tolong bantu saya. Saya memiliki tujuh orang budak di rumah saya. Salah satu dari mereka telah mencuri tas mutiara saya yang sangat berharga.

Saya meminta tolong agar kau bisa menemukan si pencuri itu.”  “Baiklah, saya akan membantu mu, tapi saya perlu datang ke rumahmu dan bertemu dengan ke tujuh budakmu itu.” Ujar si Birbal pada si pedagang.

Akhirnya mereka berdua pun berangkat menuju rumah si pedagang. Sesampainya di rumah pedagang, si Birbal langsung menyuruhnya untuk segera mengumpulkan ke tujuh budaknya dalam satu ruangan.

Si Birbal langsung memberikan sebuah tongkat pada ke tujuh budak itu. Masing-masing dari mereka mendapat satu tongkat dari si Birbal.

“Ini adalah sebuah tongkat ajaib yang sangat sakti. Saya memberikan tongkat ini pada kalian. Masing-masing dari kalian sudah mendapatkan satu tongkat dari saya. Simpanlah baik-baik tongkat ini di kamar kalian masing-masing.

Saat ini semua tongkat ini memiliki panjang yang sama. Saya akan kembali besok untuk mengecek tongkat ini. Barang siapa yang tongkatnya memanjang satu inci, maka dia lah pencurinya.” Ucap Birbal pada para budak.

Malamnya, si  budak yang mencuri tas mutiara pun kelihatan sangat panic. Ia takut karena sebentar lagi dia akan ketahuan mencuri. Sampai akhirnya dia memiliki sebuah ide.

“Jika sekarang saya memotong satu inci dari tongkat saya, maka besok tongkat saya akan sama panjang dengan tongkat yang lainnya. Dengan begitu, pasti saya tidak akan ketahuan.” Pikir si budak pencuri. Lalu dia pun memotong tongkatnya sendiri satu inci.

Keesesokan harinya, si Barbel kembali datang ke rumah pedagang. Dia kembali meminta agar si pedagang mengumpulkan ke tujuh budaknya ke dalam satu ruangan. Setelah mereka berkumpul, si Barbel pun langsung meminta para budak untuk menunjukan tongkat mereka masing-masing.

“Tunjukanlah tongkat kalian, dan saya akan segera tau siapa pencurinya.” Lalu ke tujuh budak itu pun segera menunjukan tongkat mereka masing-masing.
“Kau adalah pencurinya.” Ucap si Barbel pada budak yang tongkatnya paling pendek.
“Kenapa saya wahai tuan Barbel, bukankah tongkat saya tidak memanjang?” Kilah si budak.

“Tongkatmu memang tidak memanjang, karena sebenarnya tongkat itu memang bukan tongkat ajaib. Tapi kau telah memotong tongkat itu karena kau takut akan ketahuan.” Ucap si Barbel pada budak.

Akhirnya si budak pun mengaku bahwa dia telah mencuri tas mutiara itu. Dia pun segera mengembalikan tas mutiara itu. Lalu dia dikirim ke penjara oleh si pedagang.

***

Ada pesan moral yang jelas terlihat dari cerita di atas, pesan tersebut salah satunya adalah bahwa keajaiban yang sebenarnya adalah kebijakan dan kecerdasan kita sendiri. Mudah-mudahan kita dapat mengambil hikmah dari kisah di atas. Jika masih ingin membaca cerita lainnya silahkan cari cerita bahasa Inggris lain dibagian bawah.

Masih ada banyak koleksi yang bisa dibaca, ada cerpen, dongeng, hikayat dan lain sebagainya. Silahkan dipilih mana yang ingin dibaca. Rekan juga bisa request cerita jika memang cerita yang dicari belum ada dalam pembahasan disini. Itu saja, salam hangat dari kami.