Wednesday, January 11, 2017

Cerita Bahasa Inggris Waktu yang Berharga

Menunda sesuatu atau pekerjaan adalah hal yang tidak baik, itulah yang digambarkan dalam cerita dalam bahasa Inggris berikut ini. Cerita ini sama singkatnya dengan yang kemarin sudah kita baca. Bahasa yang digunakan pun tidak berbeda; sederhana dan mudah dipahami bahkan oleh pemula.

Kenapa harus cerita bahasa Inggris lagi? Ya jangan kaget dan bingung, situs ini memang fokus utamanya adalah membahas mengenai berbagai cerita menarik untuk membantu kita mempelajari bahasa Inggris. Jadi semua kisah yang ada disini ada kaitannya dengan hal tersebut.

Cerita yang kita baca kali ini bisa untuk melengkapi koleksi atau kumpulan cerita yang sudah ada di rumah. Dengan semakin banyak kisah yang kita baca maka kita akan semakin terbiasa dengan berbagai kata dan kalimat yang berbahasa Inggris. Ini sangat bermanfaat dalam proses belajar.

Tema yang akan diangkat dalam kisah kali ini adalah tentang waktu. Tema ini sangat penting untuk dikaji lebih jauh. Tentu kita semua tahu dan paham bahwa waktu tidak bisa diputar mundur. Meski jam tangan bisa dimundurkan, kita tidak akan pernah bisa merubah waktu yang sudah kita lewati.

Sangat dalam dan sangat bermanfaat dalam menjalani hidup. Judul ceritanya sendiri adalah Time Is Valuable. Kata “time” artinya waktu dan kata “valuable” artinya berharga.

Dari judul tersebut saja sudah jelas terlihat bahwa judulnya mengandung kalimat pernyataan yang cukup tegas. Sebelum lebih jauh, mari kita lihat beberapa kosa kata berikut untuk bekal sebelum menikmati kisah selengkapnya yang akan dibaca.

Lazy boy = anak malas
Postpone = menunda
Value = nilai
On time = tepat waktu
Won = menang, memenangkan
Singing competition = lomba nyanyi
Previous = bulan sebelumnya
Collect = mengumpulkan
Care = peduli
Useless = tidak berguna
Circus show = pertunjukan sirkus
Held = dilaksanakan, diselenggarakan
Lesson = pelajaran
Incident = kejadian, peristiwa

Dari kosa kata di atas kita bisa mendapatkan bantuan untuk memahami ceritanya. Lebih jauh, dari situ kita bisa menebak bagaimana inti cerita yang akan disampaikan dalam kisah tersebut. Sekarang, agar lebih efektif dalam internetan lebih baik kita baca dulu bagaimana kisah selengkapnya.

cerita anak dalam bahasa inggris
Cerita Bahasa Inggris Singkat Time is Valuable

Ya, waktu  memang sangat berharga, yang terlewat tidak bisa diputar lagi. Time Is Valuable di atas adalah sebuah cerita yang berkisah tentang kehidupan Antoni dan juga ayahnya. Antoni adalah seorang anak yang sangat pemalas.

Dia selalu menghabiskan waktu nya untuk hal-hal yang tidak berguna. Setiap kali di perintah orang tuanya, dia selalu menunda-nunda. Pada suatu hari, ayahnya memanggilnya untuk membuatnya memahami betapa berharganya nilai waktu.

Ayahnya berkata bahwa dia harus selalu berusaha melakukan sesuatu di setiap waktu, dan berusaha untuk selalu tepat waktu. Antoni pun berjanji pada ayahnya bahwa dia tidak akan lagi membuang-bunag waktu.

Suatu hari, dia datang pada ayahnya dan memberi tahu bahwa dia telah mendapatkan juara pertama lomba menyanyi yang di selenggerakan bulan lalu. Lalu dia diminta untuk mengumpulkan hadiah-hadiah pada hari yang sama.

Tapi ia sama sekali tidak peduli dan tidak mau mendengarkan ayahnya. Dia malah mengumpulkan hadiah-hadiah di hari berikutnya. Tapi sayang, hadiah-hadiah itu tidak berlaku, seperti pertunjukan sirkus di hari sebelumnya. Antoni pun belajar banyak pada kejadian ini.

***

Dari cerita ini kita bisa belajar banyak hal. Diantaranya adalah belajar memanfaatkan waktu kita, karena watu kita sangatlah berharga. Selain itu kita juga bisa belajar untuk tidak membantah perintah orang tua agar tidak menyesal nantinya.

Salah satu yang bisa dilakukan untuk menghargai waktu adalah dengan cara tidak menunda sesuatu. Ingat apa yang didapat oleh anak kecil tersebut karena menunda pekerjaan atau sesuatu.

Harusnya ia bisa menonton sirkus dengan tiket gratis tetapi karena ketika ia diminta mengambil hadiahnya dia tunda maka akhirnya hadiah tersebut pun sia-sia karena pertunjukannya sudah dilakukan sebelumnya.