Friday, January 27, 2017

Cerita Bahasa Inggris yang Pendek tentang Kepuasan

Manusia yang tidak pernah puas, cerita pendek bahasa Inggris berikut ini akan menggambarkan sifat manusia tersebut. Ya jelas, memski tidak semua mengakui tetapi sebenarnya banyak yang sadar bahwa kenyataannya sifat serakah memang sangat dekat dengan manusia. Maka dari itu dari cerita singkat berikut ini anda bisa mengambil hikmah dan pembelajaran.

Kalau untuk anak sekolah SD, kisah berikut bisa dikatakan cukup panjang dan berat, namun untuk pelajar kelas menengah ke atas cerita ini cukup bagus untuk dijadikan tambahan bahan belajar. Tidak panjang, kisah ini kalau ditulis dalam kertas hanya sekitar 1 halaman kertas folio saja, tidak lebih.

Kalau di hitung jumlah katanya, kira-kira kurang lebih seribu kata, bisa dibaca dan langsung selesai. Selain itu, bahasa yang digunakan juga masih tergolong sederhana dan tidak terlalu rumit. Bagi yang membaca perlu diingat bahwa teks ini mengisahkan kejadian yang sudah terjadi.

Untuk kejadian yang telah terjadi di masa lalu maka tenses yang digunakan adalah past tense. Anda bisa sekalian mempelajari masalah bentuk-bentuk waktu tersebut, ada yang dalam bentuk simple past tense, continous dan perfect tense. Ciri utamanya, teks cerita tersebut menggunakan kosa kata bentuk kedua.

Berkaitan dengan kosa kata (vocabularies), untuk anda berikut sudah disiapkan sebuah daftar kata sulit yang diambil dari teks cerita. Silahkan dibaca sekilas atau dipahami lebih dulu berbagai kosa kata tersebut. Setelah itu baru menikmati ceritanya, silahkan!

Lived = hiduplah
Contented = puas, senang
Riches = kekayaan
Luxuries = kemewahan
Never = tidak pernah
Attention = perhatian
dinners and parties = makan malam dan pesta
Lacking = kurang
Couldn’t put his finger on it = tidak tahu apa itu
Woken up = terbangun
Earlier = lebih awal, lebih pagi
Stroll around = berkeliling
Someone = seseorang
happily singing = bernyanyi dengan bahagia
Servants = pelayan
Fascinated = membuat kagum
Summoned = memanggil
So happy = begitu bahagia, sangat bahagia
Enough = cukup
Don’t need = tidak butuh
Too much = terlalu banyak
Inspiration = inspirasi
Whatever little = sekecil apapun
Bring home = bawa pulang, bawa ke rumah
Personal Assistant = asisten pribadi
Anguish = kesedihan yang dalam
Hoping = berharap
Reasoning = alasan
Attentively = dengan penuh perhatian
Part of  = bagian dari
The 99 Club = klub, perkumpulan
Place = letakkan
Gold coins = koin emas
a bag = sebuah tas
Leave = letakkan, tinggalkan
Doorstep = depan pintu, ambang pintu
Understand = paham
Evening = malam
be placed = ditempatkan
Slightly hesitant = sedikit ragu-ragu
Should have = seharusnya
Stepping out = keluar
Wondering = ragu-ragu
Opened the bag = membuka tas itu
Shout of joy = teriakan kegembiraan
Count = menghitung
Conclusion = kesimpulan
Search = mencari
Entire house = seluruh rumah
Exhausted = lelah
Decided = memutuskan
Work harder = kerja lebih keras
Make up for = mendapatkan
Entire collection = seluruh koleksi
Horrible mood = emosi yang buruk
Man’s attitude = prilaku pelayan (laki-laki)
Change = berubah
Joined The 99 Club = menjadi anggota klub 99
Have everything = memiliki semua hal
Never contented = tidak pernah puas
Thankful = disyukuri
Appreciating = menghargai
The little things = hal-hal kecil

Agak banyak ya, tidak apa-apa kan? Lumayan bisa untuk membantu kita memahami arti dari kisah yang akan kita baca. Selain itu, jika menemukan kata sulit dari daftar di atas anda bisa mempelajari, menghafal dan menggunakannya untuk percakapan sehari-hari. Dengan begitu ada manfaatnya untuk belajar bahasa Inggris, benar tidak? Sekarang kita baca ceritanya.

Cerita Berbahasa Inggris tentang Kepuasan

Cerita berjudul The Club 99 di atas merupakan sebuah kisah yang sangat inspiratif. Kisah ini bercerita tentang kehidupan seorang raja, pelayan dan juga asisten pribadi sang raja. Kisah bermula pada zaman dahulu, hiduplah seorang raja. Sang Raja seharusnya sudah sangat puas dengan hidup yang ia miliki.

Dia memiliki segala kekayaan dan kemewahan. Tapi bagaimanapun, masalahnya bukan ini! Sang raja sama sekali tidak pernah merasa puas dengan hidupnya. Raja bertanya-tanya pada dirinya sendiri kenapa sampai saat ini dia sama sekali tidak pernah puas dengan hidupnya.

Tentu, sang raja sudah memperhatikan semua orang kemanapun dia pergi. Saat dia menghadiri makan malam, pesta, atau pun yang lainnya. Entah bagaimana dia selalu merasa ada sesuatu yang kurang. Tapi, dia sama sekali tidak tau apa itu.

Pada suatu hari, raja bangun lebih awal dari biasanya. Dia memutuskan untuk berjalan-jalan ke sekitar istana. Dia masuk ke ruang tamu yang besar. Ia tiba-tiba berhenti berjalan ketika mendengar seseorang yang sedang bernyanyi.

Sang raja melihat seorang pelayan bernyanyi dengan wajah yang tampak begitu bahagia. Raja terpesona. Lalu ia memanggil si pelayan menuju ruangannya.

“Kenapa kau bisa tampak begitu bahagia hey pelayan?” Tanya sang raja saat pelayan itu sudah berada diruangannya.

“Yang mulia, saya bukanlah siapa-siapa, saya hanya punya keluarga saya. Kami sama sekali tidak perlu banyak harta, hanya atap untuk berteduh dan beberapa makanan hangat yang bisa mengisi perut kami sudah cukup.

Anak dan istri saya adalah inspirasi saya. Mereka selalu puas dengan apa yang saya bawa saat saya pulang, walaupun hanya sedikit. Saya bahagia karena keluarga saya bahagia.” Jawab si pelayan dengan sopan.

Mendengar hal ini sang raja merasa belum cukup puas, dia memerintahkan peyan untuk pergi dan kemudian segera memanggil asistennya. Dia bercerita pada asistennya bahwa ada seorang pelayan yang selalu tampak bahagia.

Asisten pribadi raja mendengarkannya dengan seksama. Lalu dia pun berhasil mendapatkan sebuah kesimpulan.

“Baginda raja, saya yakin pelayan itu belum belum menjadi anggota klub 99” Ucap asisten prbadi sang raja. “Klub 99? Apa maksudmu?” Tanya sang Raja tidak mengerti.

“Baginda, agar bisa tau apa itu Klub 99, silakan masukan 99 koin emas kedalam sebuah karung. Lalu letakan karung itu di depan pintu rumah si pelayan. Anda akan segera tau apa itu klub 99.”

Sang raja pun menuruti perintah asistennya. Awalnya dia ragu untuk menaruh 99 koin emas. Dia ingin menaruh 100 koin emas di dalam karung, tapi asistennya menjaganya. Dia meminta sang raja untuk menaruh 99 koin emas saja. Setelah itu sang raja pun segera meletakkan kantong koin emas itu di depan pintu rumah si pelayan.

Saat malam hari tiba, si pelayan melihat sebuah kantung di depan rumahnya. Dia segera mengambil dan membuka kantung itu. dibawanya masuk kantung itu dan diberitahukannya pada sang istri.

Dia bersorak gembira karena dia menemukan koin emas didalam kantung. Dia menghitung seluruh jumlah koin emas itu. lalu, dia merasa ada sedikit keraguan. Dia merasa sangat aneh karena hanya menemukan 99 koin emas.

Dia menghitngnya lagi dan lagi, tapi sebanyak apapun dia menghitung, jumlah koin itu tetap saja 99. Dia yakin pasti ada seratus koin emas. Dan dia pun berusaha untuk mencarinya. Dia berusaha mencari keseluruh sudut rumah.

Dia sangat yakin tidak mungkin ada orang yang meninggalkan 99 koin emas di depan rumahnya. Seharusnya jumlahnya ada seratus. Setelah beberapa jam dia mencari, hasilnya tetap saja sama. Dia sama sekali tidak menemukan koin emas itu.

Akhirnya, dia pun memutuskan untuk bekerja lebih keras. Dia akan berusaha menggenapkan koin emas itu menjadi 100 dengan usaha dan juga uangnya sendiri.

Setelah kejadian itu, kehidupannya benar-benar berubah. Dia bekerja setiap hari. Dia juga bekerja dengan sangat keras. Bahkan, kini ia tak pernah lagi bernyanyi seperti sebelumnya. Ia kini jadi sering menggerutu. Dia tak pernah berada dalam performa terbaiknya untuk bekerja.

Pada suatu hari, dia bangun kesiangan. Dia berteriak-teriak pada anak dan istrinya. Dia sama sekali tidak sadar bahwa dia sudah bekerja terlalu keras semalaman. Setelah itu, dia tidak pernah terlihat bahagia lagi seperti sebelumnya. Dia selalu menggerutu dan menggerut.

Melihat perubahan ini, sang raja pun merasa sangat bingung. Dia segera memanggil asisten pribadinya menuju ruangannya.  Sang raja tidak  bisa percaya dengan apa yang dilihatnya. Pelayan yang kemarin selalu tampak bahagia kini tak pernah lagi tampak bahagia lagi.

Seharusnya dia lebih bahagia karena telah menerima koin emas. Asisten pribadinya pun menjawab “Yang mulia, kini pelayan itu telah resmi bergabung dengan Klub 99.” Ucap asisten pribadi menjelaskan pada sang raja.

“Klub 99 adalah sebuah nama yang diberikan pada orang-orang yang punya segalanya, tapi tidak pernah merasa puas. Karena itu mereka selalu bekerja keras dan berjuang untuk bisa mendapatkan sesuatu yang dia inginkan. Agar dia bisa menjadi 100!”

Kita punya banyak hal yang bisa disyukuri. Dan kita juga bisa hidup bahagia walaupun dengan keterbatasan. Tapi, begitu kita diberikan sesuatu yang lebih banyak dan lebih baik, maka kita akan terus menginginkan yang lebih juga.

Kita tidak pernah puas dengan apa yang telah kita peroleh. Kita ingin sesuatu yang lebih dan lebih. Kita tidak pernah menghargai segala sesuatu yang ada disekitar kita.

Kita kehilangan tidur kita, menyakiti orang-orang disekitar kita, bahkan kita merelakan kebahagiaan kita. Hanya untuk mengejar sesuatu yang sangat kita inginkan. Itu lah yang dialami oleh orang-orang yang bergabung kedalam klub 99.

***

Kisah ini telah memberikan kita banyak sekali pelajaran yang sangat berharga. Kisah ini telah menunjukan pada kita semua bahwa hidup bisa sangat bahagia jika didasari oleh rasa syukur dan rasa ikhlas berkorban untuk orang yang kita sayangi.

Tapi, hidup juga bisa sangat sengsara dan menyiksa jika didasari oleh rasa haus akan sesuatu yang sangat kita inginkan.

Dalam kisah ini sang pelayana tampak begit bahagia saat ia bisa bersyukur dengan apa yang ia dapatkan. Ia juga sangat bahagia ketika dia bisa berjuang dan berkorban untuk orang yang kita sayangi.

Dan saat dia hanya memikirkan dirinya sendiri, dia sama sekali tak pernah merasakan bahagia. Dia sangat sengsara dan begitu tersiksa saat dia berusaha mengejar sesuatu yang dia inginkan. Kehilangan waktu untuk tidur, kehilangan kebahagiaan, dan juga kehilangan rasa kasih sayang untuk orang-orang terdekat. 

Mengenaskan. Semoga setelah membaca kisah ini kita semua bisa menjadi lebih bijak. Semoga setelah ini kita bisa tahu dan paham, bagaimana cara menemukan sebuah kebahagiaan dalam segala keterbatasan.