Friday, January 13, 2017

Cerita Belalang dan Semut dalam Bahasa Inggris

Siapa yang sedang mencari cerita bahasa Inggris belalang dan semut? Ya, anda berada di situs yang tepat. Disini adalah tempatnya kisah-kisah menarik yang ditulis dalam bahasa Inggris. Kali ini saja kita akan kembali menikmati sebuah kisah menarik tentang semut dan belalang, mau ikutan?

Belalang adalah salah satu binatang yang cukup lucu dan unik sedangkan semut meski kecil juga dikenal cukup ganas. Dua jenis binatang ini sangat akrab dalam kehidupan kita sehari-hari, apalagi yang tinggal di daerah pedesaan. Cerita tentang dua hewan tersebut tentu menarik untuk diikuti.

Cerita binatang yang sangat singkat ini bisa dimanfaatkan oleh adik-adik untuk belajar bahasa Inggris. Dengan cerita tersebut, adik-adik bisa belajar menerjemahkan kata dan kalimat. Adik-adik juga bisa belajar tata bahasa dengan menggunakan teks cerita tersebut.

Selain dari teks, kisah yang ada juga bisa dijadikan bahan untuk materi story telling bahasa Inggris. Jadi, cerita seperti ini memang sangat cocok untuk bahan belajar tambahan khususnya untuk rekan pelajar semua. Bagaimana, tertarik untuk ikutan?

A. Cerita Belalang Semut Work Is Worship

Cerita yang akan kita baca kali ini berjudul Work Is Worship“. Arti kata “work” dalam bahasa Indonesia adalah bekerja sedangkan kata “worship” artinya ibadah. Jadi, judul di atas artinya kurang lebih yaitu “kerja adalah ibadah”. Dari situ maka kita bisa menebak seperti apa kira-kira ceritanya nanti.

Kalau untuk inti ceritanya nanti akan kita temukan sendiri. Kalau teks untuk cerita tersebut yaitu singkat dan sederhana. Cerita tersebut hanya terdiri dari beberapa paragraf singkat yang bisa selesai dibaca tak lebih dari 15 menit. Kalau ditulis mungkin hanya setengah halaman. Tapi, sebelum itu mari kita pelajari dulu kosa kata berikut.

Basking = berjemur
Hungry = lapar
Soothe = mengurangi
Carrying = membawa
Grains = butir padi
Humbly = rendah hati
Spare = membagi
Store up = menyimpan
Season = musim

Daftar kata di atas adalah beberapa kata baru yang terdapat di dalam teks cerita yang akan kita baca. Harapannya dengan membaca juga kosa kata tersebut kita akan lebih mudah memahami ceritanya nanti. Bagi rekan – rekan yang sudah mempelajari kosa kata tersebut silahkan lagsung baca ceritanya.

cerita belalang dan semut dalam bahasa Inggris
Cerita Belalang dan Semut dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Benar, ya memang benar, cerita dalam bahasa inggris yang kita bahas ini memang sangats ingkat. Nyatanya baru sebentar sudah selesai dibaca. Kalau yang sudah selesai bisa mencari cerita lain yang tak kalah menarik dari cerita di atas. Masih banyak kok cerita yang bagus.

Bagi anda yang membutuhkan terjemahan untuk teks di atas bisa langsung mendapatkannya disini. Di bagian kedua, kita juga akan membahas lebih jauh mengenai jalan cerita yang sudah kita nikmati di atas. Dengan terjemahan atau arti cerita yang diberikan maka kita bisa lebih mudah belajar.

B. Terjemahan Cerita Bahasa Inggris Work Is Worship

Ya, cerita berjudul Work Is Worship adalah sebuah kisah yang menceritakan tentang kehidupan Belalang dan Semut. Si Belalang adalah mahluk yang suka meminta-minta dan malas bekerja keras. Sedangkan si Semut adalah mahluk yang selalu bekerja keras.

Pada suatu hari yang cerah di musim dingin, tampak Belalang sedang berjemur di bawah hangatnya sinat mentari. Dia merasa sangat lapar karena semalaman dia tidak makan apa-apa. Jadi dia melihat ke sekitar untuk menemukan sesuatu yang bisa di makan.

Tiba-tiba dia melihat segerombolan semut sedang membawa biji-bijian menuju lubangnya. Dia pun segera menghampiri si semut dan bertanya dengan rendah hati.

“Bisakah kalian membagi beberapa butir biji-bijian itu untuk saya? Saya belum makan sejak kemarin dan saya hampir mati kelaparan.” Tanya si Belalang pada para semut.

“Memang apa saja yang anda lakukan selama musim panas wahai tuan Belalang? Kenapa anda tidak mencari persediaan makanan untuk musim dingin?” Si Semut balik bertanya.

“Saya menghabiskan seluruh musim panas saya untuk menyanyikan sebuah lagu. Ini lah alasannya kenapa saya tidak menyimpan apa pun untuk musim dingin.” Jawab si Belalang.

Si Semut langsung menyunggingkan senyum di bibirnya lalu berkata “Kemudian menarilah sepanjang musim dingin.” Belalang hanya bisa memasang wajah lesuh dan kemudian dia pergi dengan tangan kosong.

***

Jadi kita bisa mengatakan bahwa pekerjaan adalah ibadah yang sesungguhnya. Maka bekerja lah dan jangan suka meminta-minta agar kita bisa mulia di mata Tuhan. Paling tidak itulah inti yang bisa terlihat langsung dalam kisah yang sudah kita baca di atas.

Dari cerita bahasa Inggris singkat tersebut kita juga bisa tahu bahwa manusia memang harus memanfaatkan waktu yang ia miliki dengan sebaik-baiknya. Ingatlah, apa tujuan kita diciptakan di dunia ini? Kita ada di dunia bukan hanya untuk bersenang-senang saja, lebih dari itu.

Ya, pekerjaan adalah ibadah jadi bekerja dengan baik dan tidak malas sudah merupakan hal yang bagus untuk dilakukan. Siapa lagi yang akan mencukupi kebutuhan kita kalau buka kita sendiri, benar tidak, jadi kapan anda mulai kerja?