Friday, January 6, 2017

Cerita tentang Harta Karun dalam Bahasa Inggris

Seru nih sepertinya cerita bahasa Inggris kali ini. Kalau mendengar kata harta karun biasanya yang langsung terlintas dalam pikiran adalah bajak laut atau si pemburu harta. Yang dibayangkan biasanya petualangan yang seru dan menegangkan, seperti di dalam film.

Tapi yang ini beda, yang akan kita nikmati ini adalah sebuah cerita bahasa Inggris singkat yang cukup sederhana tetapi memiliki pesan moral yang amat dalam. Ceritanya mengajarkan kita untuk memanfaatkan harta sebagaimana mestinya dan tidak perlu menimbun harta.

Tentu saja, meski kental dengan nasehat dan pesan moral tapi kisah yang ada didalamnya juga tak kalah menarik dan membuat penasaran. Kebetulan juga kemarin ada rekan pelajar yang curhat susah mendapatkan cerita yang diinginkan. Jadi sekalian saja kita bahas disini bersama-sama.

Sebelum kita membaca kisah cerita menarik dalam bahasa Inggris tadi lebih baik kita membaca kosa kata yang ada dalam teks tersebut. Siapa tahu ada yang membutuhkan, berikut sudah disiapkan daftar kata-kata bahasa Inggris dan terjemahannya yang diambil dari teks cerita, silahkan dibaca.

Sold = menjual (bentuk lampau)
Bought = membeli  (bentuk lampau)
Hole = lubang
Wall = dinding
Daily = setiap hari
Observed = mengamati
Frequent visits = kunjungan yang sering (sering datang)
Decided = memutuskan
Movements = gerakan
Discovered = menemukan
Secret = rahasia
Hidden = tersembunyi
Treasure = harta karun
Digging down = menggali
Pray = doa

Tidak semua disana tapi kosa kata diatas dianggap yang masih baru dan masih jarang ditemukan di cerita sebelumnya. Sekarang kita kembali ke cerita harta karun. Bukan harta karun juga sih sebenarnya, ceritanya berjudul “The Miser”. Judul tersebut artinya si kikir atau si pelit.

Berhubungan dengan harta karun memang karena di dalam cerita tersebut sang orang kikir tersebut bukannya menggunakan harta yang dimiliki justru menimbunnya di dalam tanah, kan lucu juga ya.

Cerita Harta Karun Bahasa Inggris
Te Miser: Cerita Bahasa Inggris tentang Harta

Cerita tentang harta karun berjudul The Miser ini adalah sebuah cerita yang berkisah tentang kehidupan si Kikir. Pada suatu hari, si Kikir menjual semua barang yang dia punya lalu dia membeli sebongkah emas yang besar.

Dia memendam bongkahan emas itu ke dalam sebuah lubang dengan dinding tua yang tebal. Setelah itu dia pun segera pergi untuk berjalan-jalan melihat hari. Salah seorang pekerjanya mengamati gerak-geriknya lalu memutuskan untuk melihat apa yang sudah di lakukannya.

Dan akhirnya si pekerja itu pun menemukan sebuah rahasia terpendam. Dia menggali ke bawah untuk mencari tahu misteri rahasia itu. Dia menggali dan terus menggali sampai akhirnya dia menemukan sebuah bongkahan emas. Tanpa ragu, si pekerja pun segera mengambil bongkahan emas tersebut.

Keesokan harinya, si Kikir kembali menuju tempat dia mengubur emasnya. Namun betapa terkejutnya ia karena saat ia sampai di tempat itu, dia hanya menemuka sebuah lubang besar yang sudah tak berisi apa-apa.

Dia pun langsung menjambaki rambutnya sendiri dan berteriak sekeras mungkin. Dia merasa sangat frustasi karena emas itu sangatlah berharga bagi dirinya. Semua harta benda yang ia miliki telah ia jual dan uangnya telah ia gunakan untuk membeli bongkahan emas itu.

Emas itu adalah harta terbesar baginya. Dia berpikir jika dia mengubur emas itu lalu setelah beberapa bulan kemudain dia akan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.

Namun si Kikir telah salah besar. Tidak disangka emas yang begitu berharga baginya kini telah hilang. Dia pun sama sekali tidak tahu siapa yang sudah mencuri emasnya sendiri. Dia merasa sangat frustasi. Di dekat lubang bekas emasnya di pendam, dia terus berteriak histeris sembari terus menjambaki rambutnya sendiri.

Saat dia sedang menjerit histeris, ada seorang tetangga yang melihatnya. Lalu tetangga itu pun berkata “Berdoa tak perlu bersedih begitu. Pergilah dan ambil sebuah  batu yang besar lalu letakkan batu itu disana.

Itu akan cukup untuk menggantikan emasmu yang hilang. Anggap saja batu itu adalah emasmu yang hilang. Karena keduanya sebenarnya sama. Kau sama sekali tak pernah memilikinya, karena bahkan kau tak pernah bisa menggunakannya sedikit pun.”

***

Kisah ini telah memberikan kita semua sebuah pesan yang sangat berharga. Jika kita hanya menyimpan harta kita untuk diri kita sendiri, apa lagi sampai menanamnya ke dalam sebuah lubang, sebenarnya kita sama sekali tidak pernah memiliki harta itu. Karena kita tidak menggunakan harta itu sedikit pun.

Dalam kisah ini si Kikir memiliki seorang karyawan atau pekerja. Dia sama sekali pelit pada karyawannya sendiri. Sampai akhirnya pun si karyawan berani mencuri emas yang dia simpan.

Itu artinya si karyawan telah mencuri seluruh kekayaan yang di miliki oleh si Kikir. Tentu saja ini bisa kita jadikan pelajaran yang berharga. Jika kita memiliki seorang karyawan atau pekerja, sebaiknya kita memberikan dia apa yang seharusnya dia terima. Karena jika tidak memberikannnya, bukan tidak mungkin karyawan itu akan merampas semua yang kita miliki.

Kisah ini juga mengajarkan pada kita semua bahwasannya kita haruslah mau berbagi pada sesama. Karena sebenarnya harta yang kita miliki adalah sebuah titipan dari Yang Maha Kuasa dan pada akhirnya Dia akan kembali mengambil apa yang saat ini Ia titipkan pada kita.

Tuhan pun juga sudah memerintahkan pada kita semua untuk mau berbagi pada sesama. Kita harus mau berkorban untuk sesama agar kita bisa merasa tentram dan bahagia.

Karena jika kita memiliki banyak harta tapi kita tidak bahagia, maka sebenarnya kita sama sekali tidak memiliki apa-apa. Kita adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri-sendiri. Karenanya, mari berbagi dengan sesama agar kita bisa bahagia di dunia dan di akhirat sana.