Sunday, January 22, 2017

Cerita Hewan Angsa dalam Bahasa Inggris

Untuk adik-adik pelajar semua, berikut contoh cerita binatang dalam bahasa Inggris yang cukup bagus untuk dibaca. Cerita tentang binatang yang satu ini mengambil tema tentang burung angsa. Yang bisa kita pelajari yaitu tentang kekompakan dan juga persatuan dengan sesama. Bagus ceritanya, pendek dan mudah dimengerti, dilengkapi dengan penjelasan bahasa Indonesia juga, mau ikutan membaca?

Di bawah ini adalah cerita yang akan memberikan sebuah pelajaran tentang kekompakan. Kekompakan, kebersamaan dan persatuan adalah pembelajaran penting dalam bersosialisasi dengan masyarakat. Bila kita bisa kompak dengan masyarakat, hal tersebut tentulah akan mebuat orang lain yang melihat menaruh simpati pada kekompakan kita.

Cerita yang berjudul ”A Sense of A Goose” bila memang diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah ”Naluri Burung Angsa”. Memang benar adanya cerita ini adalah sebuah pembelajaran yang diambil dari seekor unggas yaitu angsa, banyak yang bisa dipelajari dari hewan unggas ini yang akan saya terangkan.

Dengan adanya sebuah cerita yang dikemas dengan bahasa Inggris ini bisa menjadi sebuah media pembelajaran untuk kita semua. Banyak kosa kata yang bisa didapat dari cerita ini. Berikut daftar kosa kata yang ada pada cerita ini yang dilengkapi dengan sebuah terjemah.

Autumn = musim gugur
Geese = burung angsa (jamak)
Heading = pergi ke
Flying = terbang
Formation = formasi
Consider = berpikir
Why = mengapa
Flaps = mengepakkan
Creates= menciptakan
Uplift = mengangkat
By flying = dengan terbang
Whole flock = kawanan
Adds at least = menambah paling tidak
Greater = lebih luas, lebih besar
Flying range = jarak terbang
quickly and easily = dengan cepat dan mudah
Honk = bunyi
Encourage = menyemangati

Kosa kata di atas adalah kosa kata (vocabularies) yang cukup sulit. Kini anda bisa mempelajarinya hingga akhirnya anda benar-benar menjadi orang yang mahir berbahasa Inggris dengan banyak membaca cerita. Nah, sekarang kita nikmati dulu kisah menarik-nya di bawah ini.

cerita bahasa inggris tentang binatang
Cerita hewan dalam bahasa Inggris

Bisa dilihat, cerita tersebut merupakan cerita yang menceritakan tentang sekelompok angsa dimusim gugur yang terbang dengan membentuk sebuah formasi huruf ”V”. Mereka hendak terbang ke Selatan. Dalam cerita tersebut adalah sebuah keistimewaan yang bisa dilihat oleh banyak orang tentang formasi terbang para angsa tersebut.

Angsa-angsa tersebut begitu kompak mengatur formasinya hingga sampai tujuan. Bahkan bila ada salah satu angsa yang tertinggal dia dengan sekuat tenaga mempertahankan formasi tersebut. Begitu juga dengan kerja sama di dalam formasi tersebut selalu bergantian ada yang menjadi sayap dan ada yang menjadi kepala dan hal tersebut dilakukan dengan bergantian.

Bahkan ketika ada pemburu pun angsa-angsa yang berfungsi sebagai sayap atau berada di paling belakang tidak mau mendahului angsa yang ada di depan yang berfungsi sebagai kepala. Angsa yang di belakang akan terus bersuara hingga membuat angsa yang menjadi kepala terbang lebih cepat. Bila memang angsa yang berada di depan yang berfungsi sebagai kepala sudah lelah maka angsa yang lain menggantikan, yang terpenting masih membentuk formasi,”V”.

Lebih dari itu, jika ada salah satu angsa yang terluka dan akan jatuh, beberapa lainnya akan segera mengiring angsa tersebut. Mereka akan menemani angsa tersebut sampai bisa kembali ke formasi. Jika sang angsa yang terluka akan jatuh maka mereka akan mengikutinya dan  memastikan bahwa angsa tersebut benar-benar telah mati.

Jika hal itu terjadi, angsa lain kemudian akan kembali terbang menyusul formasi tadi. Jika tidak memungkinkan maka mereka akan terus terbang dan mungkin kemudian bergabung dengan kelompok lainnya.

***

Bagaimana dengan nilai moral dari cerita bahasa Inggris di atas? Ada pesan moral yang ada pada cerita ini. Bisa dilihat, kita semua sudah selayaknya meniru kekompakan yang dilakukan oleh sang angsa. Berdiri dalam satu tumpuan dan berjuang bersama dalam susah dan senang, dalam keadaan berbahaya maupun dalam keadaan yang aman. (Arif PW)