Wednesday, January 4, 2017

Cerita Bahasa Inggris tentang Binatang dan Pesan Moral

Siapa yang sedang mencari cerita bahasa Inggris dan pesan moralnya, hayo siapa coba? Iya, ya, tidak apa-apa, yang terpenting anda sudah ada disini dan akan mendapatkan apa yang dari tadi anda cari yaitu kisah menarik. Bukan hanya kisah menarik tetapi kisah yang dilengkapi dengan penjelasan mengenai nilai-nilai moral yang terkandung di dalam cerita tersebut.

Kisah bahasa Inggris ini adalah kisah yang berjudul Lion, Rats, Snake & Honecomb, yaitu sebuah bahasa yang bisa diartikan ke dalam bahasa Indonesia sebagai singa, tikus, ular dan sarang madu”. Melihat judulnya, sepertinya cerita ini cukup seru juga kan?

Cerita tersebut akan membukakan mata hati kita tentang kehidupan yang bersifat sementara ini. Kisahnya akan mengingatkan tentang kematian yang tidak akan pernah bisa untuk dihindari, cerita ini juga akan mengingatkan kepada kita agar tidak terlalau larut dalam kesenangan dunia yang bersifat sementara ini.

Ada alam yang lebih kekal lagi setelah kita mati dan setelah kita selesai menjalani hidup di dunia. Mudah-mudahan cerita ini bisa menjadi pembelajaran yang berguna untuk kita semua. Dengan pesan moral yang ada di dalam cerita ini bisa membuat keperibadian kita lebih terjaga dengan peruatan-perbuatan yang dibenarkan oleh agama.

Dengan demikian cerita ini mengandung manfaat yang besar bila memang kita resapi secara baik. Sebelum kita baca bagaimana kisah selengkapnya, mari kita amati dulu beberapa kosa kata bahasa Inggris di bawah ini sebagai persiapan.

Dream = mimpi, bermimpi
Lion = singa
Chasing = memburu
Ran = berlari
Tree = pohon
Climbed on = memanjat
Branch= cabang
Waiting for = menunggu
Two rats = dua tikus
Circling around = berputar-putar
Eating = memakan
Black = hitam
White= putih
Fear = takut, rasa takut
A big black snake = ular hitam yang besar
Under him tepat dibawahnya
Drops = tetesan
Taste = merasakan
Another drop = tetes lainnya
Forgot = lupa
Woke up = bangun
Meaning = arti

Sedikit tapi kata-kata bahasa Inggris di atas cukup berarti untuk memahami teks ceritanya. Makanya silahkan dibaca lebih dulu, baru setelah itu anda bisa menikmati kisah menariknya tanpa harus bingung dengan arti atau terjemahannya. Yang sudah siap silahkan ke cerita tersebut di bawah ini.

Cerita Inggris tentang Binatang dan Pesan Moral

Kisah ini adalah kisah tentang mimpi seorang laki-laki yang kala itu sedang tidur. Ia bermimpi dikejar-kejar singa nan ganas. Laki-laki kemudian memanjat pohon dan duduk diantara cabang ranting pohon.

Di atas pohon tersebut, tak lama kemudian ia melihat dua ekor tikus, satu tikus putih dan satu hitam berada di cabang pohon dan kemudian memakan cabang ranting tempat anak laki-laki duduk.

Hal ini tentu membuat laki-laki panik, sementara itu dia melihat ke bawah sudah datang ular yang tepat di bawahnya sedang membuka mulutnya begitu besar. Dan di sebelahnya ada singa yang sedang duduk menunggu jatuhnya laki-laki tersebut. Hingga hal tersebut membuat laki-laki tersebut memutuskan untuk mencari ranting untuknya tetap bertahan di pohon tersebut.

Dia melihat ke atas dan menemukan ranting dia atas kepalanya; ranting lengkap dengan sarang lebah yang madunya menetes sedikit demi sedikit. Dia lantas ingin mencicipi manisnya madu tersebut satu kali saja.

Setelah dicobanya memang benar madu tersebut begitu manis hingga membuatnya ketagihan. Dia lantas menunggu tetesan yang selanjutnya hingga dia sendiri tidak sadar bahwa ranting terus dimakan oleh sang tikus.

Hingga tak lama kemudian anak laki-laki bangun dan kemudian datang kepada orang yang sholeh untuk meminta pertolongan menafsirkan mimpinya. Kata orang soleh atau bijak tersebut singa diibaratkan kematian, tikus hitam putih diibaratkan siang dan malam.

Selain itu, ular yang mulutnya terbuka lebar diibaratkan kuburan, sedangkan sarang madu diibaratkan kehidupan yang mewah yang selalu membuat orang larut dalam kemewahan tersebut.

Dari sini anak laki-laki lantas sadar bahwa hidup ini tidak bisa dilewati dengan hanya larut dalam kemewahan dan sudah seharusnya kita berusaha melakukan kebaikan sebanyak-banyaknya karena kematian bisa datang kapan saja dan dimana saja.

***

Dari cerita ini kita bisa mengambil pesan moral yang ada di dalamnya, yang mana nilai - nilai moral yang terkandung di dalam cerita ini yaitu untuk selalu mengingat kematian. Dengan mengingat kematian maka akan membuat kita bersemangat untuk beribadah dan berlomba-lomba dalam kebaikan.

Cerita ini juga mengajarkan kepada kita agar tidak tergoda dengan kemewahan dunia yang bersifat sementara. Nyatanya memang begitu bukan, semua akan kembali pada sang pencipta, semua tahu itu tetapi kebanyakan mengabaikannya dan larut dalam kesenangan duniawi.