Tuesday, January 10, 2017

Cerita tentang Mencontek dalam Bahasa Inggris

Bukan mencontek sih tapi mungkin lebih tepatnya meniru karena mencontek biasanya berkaitan dengan pelajaran. Tapi cerita bahasa Inggris ini juga sangat menarik kok, bahkan ceritanya sedikit lucu juga. Yang hobi membaca cerpen juga wajib membaca kisah tersebut, yakin deh.

Memang, mencontek atau meniru merupakan hal yang cenderung bernilai negatif. Biasanya hal seperti itu dilakukan karena si pelaku malas, tidak mau susah atau mungkin kurang mengerti. Meski tidak selamanya dikaitkan dengan hal buruk tapi pada cerita ini digambarkan bagaimana akibat kelakuan seperti itu.

Dilihat dari pembacanya, kisah yang akan kita nikmati ini lebih cocok untuk pemula yang baru belajar bahasa Inggris. Kisah tersebut bagus untuk bahan belajar bagi adik-adik pelajar yang masih sekolah di SMP atau pun SMA sederajat. Bahasanya masih ringan, teks-nya juga pendek.

Membaca kisah-kisah seperti ini bukan hanya membuat kita terhibur. Secara tidak langsung kita juga akan tambah wawasan dari kisah tersebut. Apalagi, membaca adalah jendela dunia, kita bisa dapat banyak hal dari kegiatan tersebut. Kebanyakan orang sukses juga suka membaca kok, benar deh.

Kembali ke topik, yang akan kita baca kali ini adalah kisah menarik dengan judul “Blind Imitation Is Bad”. Kita artikan dulu judulnya ya, blind artinya buta, imitation artinya tiruan dan kata bad artinya buruk atau jelek.

Dilihat kata per kata, judul tersebut artinya “tiruan buta adalah buruk atau jelek”, atau mungkin lebih tepat jika kita artikan asal meniru itu jelek, jika dilihat dari bahasa santai mungkin. Ya kurang lebih begitulah, nanti akan jelas artinya kalau sudah baca. Nah, sekarang sebelum membaca kisah tersebut pelajari dulu beberapa kata di bawah ini.

A saint = orang suci
Disciples =  murid
Mouth = mulut
Pond = kolam
Shore = tepian, pantai
Swallowed = menelan
Vomit = muntahan, memuntahkan
Attempts = usaha
Fools = goblok, tolol
Stomach = perut
Imitate = meniru

Di atas adalah kosa kata baru yang diambil dari teks cerita yang akan kita baca. Kosa kata atau vocabularies di atas bisa membantu kita dalam memahami alur cerita secara keseluruhan. Paling tidak, kita baca dulu kosa kata bahasa Inggris dan artinya di atas baru setelah itu membaca ceritanya agar tidak bingung.

Cerita tentang Mencontek dalam Bahasa Inggris
Cerita Bahasa Inggris tentang Mencontek Blind Imitation is Bad

Meniru adalah kebutaan yang buruk, teks berjudul Blind Imitation Is Bad di atas adalah cerita yang mengisahkan tentang kehidupan seorang Santo (orang suci) bersama murid-muridnya. Pada suatu hari Santo pergi berjalan ke suatu tempat bersama murid-muridnya.

Saat sampai di tengah perjalanan, dia berhenti. Dia menemukan sebuah kolam yang berisi banyak sekali ikan. Dia pun segera memasukan beberapa ekor ikan ke dalam mulut nya.

Para murid pun mengikuti guru mereka. Mereka juga ikut memasukan beberapa ekor ikan ke dalam mulut mereka. Santo pun tidak mengatakan apa pun pada mereka. Lalu dia melanjutkan perjalanannya.

Kemudian mereka sampai di sebuah kolam lagi. Berbeda dengan yang sebelumnya, kolam itu sama sekali tidak berisi ikan. Santo pun berdiri di pinggir kolam lalu mengeluarkan beberapa ekor ikan dari mulutnya.

Ikan yang keluar dari mulut Santo masih segar dan dalam keadaan hidup. Para murid pun takjub melihat guru mereka. Mereka mencoba untuk melakukan hal yang sama. Mereka berusaha untuk mengeluarkan ikan dari mulut mereka seperti apa yang telah di lakukan oleh Santo.

Tapi, yang mereka dapatkan dari mulut mereka hanya lah beberapa ekor ikan yang sudah mati. Santo pun segera berkata “Dasar bodoh. Jika anda tidak tahu bagaimana menjaga agar ikan tetap hidup ketika masuk ke dalam mulut, kenapa anda meniru saya?” Santo juga berkata bahwa dia sama sekali tidak pernah meniru orang lain.

***

Cerita ini memberikan pesan pada kita bahwa meniru orang lain sebelum kita tahu ilmunya adalah hal yang sangat salah. Setidaknya kita perlu memiliki ilmu terlebih dahulu sebelum kita mengikuti orang lain. Karena meniru tanpa ilmu adalah kebutaan yang sesungguhnya.

Ada banyak sekali pelajaran yang sangat berharga yang bisa kita ambil dari kisah ini. Kisah ini telah menunjukan kepada kita semua apa itu arti dari kebutaan. Santo dan murid-muridnya telah mengajarkan pada kita semua agar kita tidak sembarangan meniru dan mengikuti perlakuan orang lain tanpa kita tau apa sebenarnya yang telah di lakukan oleh orang itu.

Dari kisah ini kita bisa tahu bahwa sebenarnya meniru adalah hal yang sangat buruk. Kita sama sekali tidak boleh meniru orang lain apa lagi sebelum kita mengetahui apa yang sebenarnya di lakukan oleh orang itu.

Karena bisa saja yang di lakukan oleh orang itu adalah hal yang sangat buruk. Atau bisa juga yang dilakukan oleh orang itu adalah hal yang benar-benar salah.

Karenanya, dari pada meniru dan melakukan apa yang di lakukan oleh orang lain, alangkah baiknya jika kita menjadi diri sendiri saja. Karena dengan menjadi diri sendiri kita tidak hanya akan menjadi lebih baik, tapi dengan menjadi diri sendiri kita juga bisa jadi jauh lebih keren.

Sejak dulu sampai sekarang meniru memang sama sekali tidak dianjurkan. Terlebih meniru sesuatu tanpa di dasari oleh ilmunya. Dalam kisah ini kita kembali diingatkan agar kita tidak sembarangan meniru orang lain.

Bahkan ketika itu adalah guru kita sendiri. Kita bisa mendapat pelajaran dari kisah ini bahwasannya kita harus tau alasan apa yang membuat guru kita melakukan sesuatu. Dengan begitu, kita tidak akan lagi tersesat dalam kebutaan karena meniru tanpa tau dasarnya.

Semoga setelah membaca kisah ini kita semua bisa menjadi jauh lebih bijak dari sebelumnya. Terutama terhadap hal-hal baru di sekitar kita. Kita harus pandai memilah-milah mana yang baik dan mana yang buruk.

Kita juga harus bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Kita di tuntun untuk bisa lebih kritis terhadap sesuatu dan tidak terbiasa meniru segala sesautu oleh kisah ini. karena dengan berpikir kritis dan tidak sembarangan meniru, sudahlah pasti kita akan bisa menuju ke kehidupan yang lebih baik.