Monday, January 9, 2017

Cerita Orang Pemarah dalam Bahasa Inggris

Cerita dalam bahasa Inggris kali ini berjudul Laughter Is The Best Medicine. Ceritanya singkat dan pendek, menarik dan memiliki nilai moral yang bagus untuk direnungkan. Cerita tersebut bisa digunakan untuk cerita storytelling bahasa Inggris bagi adik-adik pelajar yang membutuhkan.

Apalagi untuk story telling, selain yang akan kita baca berikut banyak juga kisah-kisah lain yang menarik dan cukup singkat. Pokoknya untuk tambahan referensi bahan belajar sudah cukup mendukung, tinggal bagaimana rekan semua menggunakannya.

Sebelum masuk ke dalam cerita, kita akan mempelajari dulu beberapa kosa kata bahasa Inggris yang sudah disiapkan di bawah ini. Kosa kata yang dimaksud adalah kosa kata yang sengaja telah diambil dari teks cerita yang akan dibaca. Tujuannya agar nanti rekan semua lebih mudah memahami alur cerita yang dibaca, berikut vocabularies tersebut.

A grumpy = galak
King = raja
Never = tidak pernah
Allow = mengijinkan
Control = mengendalikan
Scared = takut
Punishment = hukuman
A plan = rencana
Converted = merubah
Palace = istana
Funniest = paling lucu
Laugh = tertawa
Amazed = kagum, takjub
Thereafter = sesudah itu, kemudian

Sekarang kita terjemahkan dulu judul ceritanya. Laughter Is The Best Medicine kalau kita pecah, Laughter artinya tawa (kata benda), Is artinya adalah, The Best artinya yang terbaik sedangkan kata Medicine artinya obat.

Jadi arti judul tersebut adalah “tawa adalah obat yang terbaik” atau bisa juga menjadi “tawa adalah obat yang paling manjur”, kurang lebih seperti itu. Kalau sudah tahu arti judulnya sekarang kita masuk ke dalam cerita.

Cerita Orang Pemarah dalam Bahasa Inggris
Cerita dalam Bahasa Inggris Laughter is the Best Medicine

Laughter Is The Best Medicine bercerita tentang kehidupan seorang raja yang tidak pernah tertawa. Dia adalah seorang raja yang sangat pemarah. Dia sama sekali tidak pernah tertawa, dan dia juga tidak pernah membiarkan satu orang pun di kerajaannya untuk tertawa.

Sampai pada suatu hari, ada seorang anak kecil yang tidak bisa mengendalikan tawanya. Dia pun takut akan sebuah hukuman karena tidak bisa mengendalikan tawanya. Sampai akhirnya dia menyusun sebuah rencana agar dia tidak mendapat hukuman dari sang raja.

Dia menulis sebuah cerita lucu lalu menjadikannya sebuah drama. Selanjutnya dia datang menghadap sang raja untuk menampilkan dramanya.

“Wahai raja, bolehkah saya menampilkan sebuah drama untuk anda?” Pinta si bocah pada sang raja. Sang raja pun mengizinkan si bocah kecil untuk menampilkan dramanya.

Si bocah pun mulai memainkan dramanya. Sampai akhirnya dia sampai pada bagian paling lucu di ceritanya, tiba-tiba sang raja bisa tertawa. Semua orang yang melihat pun merasa takjub pada si bocah.

Akhirnya sang raja membiarkan semua orang untuk tertawa. Semua orang di kerajaan pun bahagia karena bisa tertawa bersama.

Cerita ini memberikan pelajaran pada kita semua bahwasannya tertawa adalah hal yang sangat baik. Tertawa bukan hanya membuat kita menjadi senang dan gembira. Tapi tertawa juga bisa mengatasi rasa amarah kita.

Si bocah dalam kisah ini telah menunjukan betapa dahsyatnya kekuatan tawa. Dia tidak hanya bisa membuat sang raja sembuh dari penyakit suka marahnya, tapi dia juga bisa menaburkan benih-benih kebahagiaan pada seluruh masyarakat dengan tawa.

Tidak ada yang salah dari tertawa. Selama kita masih bisa tertawa dan masih ada yang bisa kita tertawakan, maka tertawalah. Kita tak perlu membuat orang lain menderita agar kita bisa tertawa.

Kita hanya perlu membuat sesuatu menjadi terlihat lebih baik dari sebelumnya dan membuatnya menjadi sedikit lebih lucu agar kita bisa tertawa. Efek yang bisa di timbulkan dari tertawa pun sangatlah luar biasa.

Bukan hal yang mustahil jika kita ingin mengobati penyakit dengan tawa. Karena saat tertawa, hati kita akan menajadi jauh lebih baik dan lebih sehat. Dan saat hati kita dalam kondisi baik dan sehat, maka tubuh kita juga akan merasa lebih baik dan lebih sehat. Penyakit yang ada di tubuh kita pun satu-persatu sirna karena tubuh kita menjadi lebih sehat dengan tawa.

***

Dalam kisah ini sang raja di kisahkan memiliki sebuah penyakit. Panyakitnya ini adalah suka marah-marah dan cenderung suka mengamuk. Hal ini tentu sekarang bisa kita lihat di kehidupan nyata.

Bahkan sosok sang raja dalam kisah ini bisa dengan mudah kita temukan di lingkungan sekitar kita saat ini. Lihat saja sudah berapa rang yang meninggal karena serangan jantung.

Sudah berapa banyak orang yang terkena struk. Dan juga sudah berapa banyak orang yang tidak bisa makan enak karena darah tinggi. Semua itu terjadi karena hanya satu hal yang sama, yaitu suka marah-marah. Kecendrungan seseorang yang suka mengamuk adalah mudahnya tekanan darah mereka naik secara mendadak.

Tekanan darah yang naik akan menyebabkan orang berpotensi terkena penyakit stroke dan juga serangan jantung. Lalu pada akhirnya akan berakhir dengan kematian mendadak.

Kisah ini telah menunjukan pada kita semua bahwa tertawa bisa mengobati tiga hal di atas. Dengan tertawa banyak orang bisa mengatasi tekanan darah yang tinggi. Dengan tertawa seseorang juga akan bisa mencegah terserangnya penyakit struk.

Dengan tertawa kita juga bisa menjaga diri kita dari serangan jantung. Bukanlah hal yang berlebihan jika kita berkata bahwa tertawa adalah obat yang sangat baik bagi tubuh kita. Jadi, tertawa lah agar dunia ini terasa lebih ringan.