Friday, January 6, 2017

Cerita Pendek Inggris dengan Terjemahan Bahasa Indonesia

Sebenarnya sudah ada sekitar 50 judul lebih cerita pendek dalam bahasa inggris dengan bahasa indonesia yang sudah kita bahas. Didalamnya termasuk berbagai jenis, ada dongeng binatang, ada legenda, cerita rakyat, cinta, kehidupan dan lain sebagainya. Semua bahan bacaan tersebut juga dilengkapi dengan penjelasan alur cerita, semacam terjemahan kasar.

Cerita Pendek bahasa Inggris dan terjemahan Indonesia

Meski sudah cukup banyak namun masih ada saja rekan pengunjung yang merasa kesulitan dalam mencari cerita dalam bahasa inggris dan artinya. Itu berarti banyak pengguna belum bisa menemukan situs ini. Untuk itulah sengaja dibahas lagi satu contoh khusus yang berkaitan dengan bahan bacaan yang banyak dibutuhkan tersebut.

Sebelum kita bahas lebih jauh, sebenarnya kita mencari cerita seperti ini untuk apa sih? Ya, jawabannya adalah untuk belajar bahasa Inggris. Tentu saja, cerita bahasa Inggris merupakan salah satu teks bahan bacaan yang sangat berguna untuk media pembelajaran di rumah. dengan teks atau karangan cerita tersebut banyak yang bisa dilakukan.

Dari kisah yang dibaca, kita bisa membiasakan diri dengan berbagai bahan bacaan yang ditulis dalam bahasa asing. Dengan membiasakan diri seperti itu maka kita tidak akan kaget jika harus membaca dan memahami berbagai karangan atau apapun yang ditulis dalam bahasa Inggris. kalau sudah biasa maka tidak akan takut, grogi, atau bahkan malas.

Pembaca juga bisa memanfaatkan teks seperti ini untuk menambah perbendaharaan kata (kosa kata) yang dikuasai. Dalam setiap bahan mungkin saja kita bisa menemukan kata-kata baru yang asing dan sulit, yang belum kita kuasai. Kata-kata tersebut bisa dihafalkan, dimengerti dan digunakan dalam percakapan.

Selain itu, teks berbahasa inggris juga dapat dijadikan bahan latihan yang berkaitan dengan analisa; bisa untuk latihan menterjemahkan, memahami tata bahasa dan seterusnya. Dan selain itu semua, yang tak kalah penting, bahan bacaan tersebut juga bsa digunakan sebagai sarana hiburan.

1) Cerita classic inggris
Ada kata modern, ada juga kata klasik. Dalam cerita yang sudah dan akan kita bahas ada juga salah satu kategori yang cukup menarik yaitu kisah-kisah klasik. Kisah – kisah klasik yang dimaksud adalah cerita yang sudah dikenal sejak lama. 

Didalamnya bisa saja berupa cerita dongeng, cerita legenda, atau bahkan cerpen klasik bahasa Inggris. Biasanya, cerita yang masuk dalam kategori classic ini lebih pendek atau singkat dan sangat kental dengan nilai-nilai moral yang berhubungan dengan kehidupan. 

Meski begitu ada juga yang sedang dan bahkan cukup panjang sampai 3 halaman kertas folio. Tetapi yang terpenting semua itu bisa dijadikan bahan bacaan yang bermanfaat.

Lalu mana yang sudah kita bahas dan bisa digunakan untuk belajar? Banyak, anda mau yang kategori apa, tinggal dipilih saja dari kategori cerita dibagian kanan. 

Sebagai contoh, anda bisa menikmati cerita kancil dan buaya yang dilengkapi dengan pesan moral sekaligus. Atau, anda juga bisa membaca dongeng rubah, angsa, dan banyak lagi lainnya.

2) Cerita rakyat untuk storry telling
Selain kisah-kisah yang sudah saya sebutkan tadi masih ada juga kisah lain, yaitu khusus yang masuk kategori cerita rakyat. Kalau cerita yang satu ini kebanyakan merupakan cerita lokal yang diceritakan kembali menggunakan bahasa asing. 

Sebut saja misalnya ada cerita asal usul danau toba dalam bahasa Inggris. Sama dengan yang lain, kisah-kisah tersebut juga tidak dibagikan sendirian. 

Maksud-nya, cerita tersebut dilengkapi dengan penjelasan yang lebih rinci baik itu mengenai alur cerita, pesan moral maupun kosa kata sulit yang bisa dipelajari lebih lanjut. Dibeberapa contoh juga dijelaskan juga mengenai tata bahasa yang digunakan.

Dari berbagai kisah yang dibagikan, ada sebagian yang dibuat selengkap mungkin untuk tujuan tertentu yaitu sebagai bahan untuk storytelling. Storytelling adalah proses bercerita, oleh karena itu dibutuhkan sebuah cerita yang benar-benar dikuasai. 

Oleh sebab itu diberikan beberapa contoh yang disertai dengan penjelasan yang lebih rinci dan lebih lengkap. Khusus untuk kebutuhan story telling tersebut dijelaskan juga mengenai daftar kata sulit, dijelaskan mengenai alur ceritanya dalam bahasa Indonesia. 

Selain itu dijelaskan juga pesan atau nilai-nilai moral yang terkandung dalam cerita serta beberapa hal lain yang berkaitan. Harapannya siapapun bisa dengan mudah menyiapkan bahan storytelling yang dibutuhkan, asyik bukan?

3) Cerita pendek tentang burung
Berikutnya ini adalah sebuah contoh yang bisa langsung dibaca oleh rekan dan pengunjung semua yang membutuhkan. Contoh di bawah ini merupakan cerita singkat dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Yang dalam bahasa Inggris adalah teks ceritanya sedangkan yang bahasa Indonesia adalah penjelasan arti, terjemahan alur kisahnya.

Cerita singkat berikut ini merupakan kisah tentang seekor burung yang dipelihara oleh seorang majikan yang merupakan saudagar atau pedagang. Ceritanya bagus, singkat, padat dan jelas sehingga cukup mudah dipahami oleh pembaca. Bahasa yang digunakan sederhana, pasti rekan semua paham sendiri.

Judul ceritanya adalah “The Cage Bird's Escape”, tahu tidak artinya? Ya, cage artinya sangkar atau kandang. Bird artinya burung, sedangkan kata escape artinya melarikan diri atau meloloskan diri. Jadi, kurang lebih judul tersebut artinya “meloloskan diri dari sangkar burung”. Ah, sebelum kita bahas ceritanya, kita lihat dulu kosa kata berikut!

A bird in a cage = burung di dalam sangkar
Merchant = saudagar, pedagang
Delight = senang, gembira
Fond of = sangat cinta
Golden dish = piring, wadah
Business trip = perjalanan bisnis
Wish = harapan
Through = melalui
Forest = hutan
Born = dilahirkan
Sorrow = duka cita
Grief = kesedihan
Fly freely = terbang bebas
Message = pesan
Locked = terkunci
In her cage = di sangkarnya
Plight = keadaan buruk, jelek
Shrieked = memekik, menjerit
Fell from = jatuh dari
Dead = mati
What happened = apa yang terjadi
Opened = membuka
The cage door = pintu kandang
Gently and carefully = dengan lembut dan hati-hati
Bury = mengubur
Swooped up = terbang ke atas
Landed = mendarat
Slope = landai
Delivering = menyampaikan
Give up = memberikan, mempertaruhakn
Everything = segalanya

Kayak mau ikut ulangan saja ya, tapi tidak apa-apa kita pelajari vocabularies di atas sebagai persiapan sebelum membaca kisah berikut. Dengan begitu diharapkan kita bisa lebih mudah dalam memahami ceritanya nanti. Sudah siap, kalau sudah siap mari bersama-sama kita baca dan nikmati dulu kisah berikut.


Dari teks di atas memang jelas terlihat bahwa cerita singkat kali ini adalah tentang seekor burung yang berusaha kabur dari sangkar-nya. Ceritanya, tempo dulu ada seekor burung cantik yang dipelihara oleh seorang pedagang yang merupakan saudagar kaya.

Suara burung tersebut cukup merdu, setiap waktu ia bernyanyi dan bernyanyi siang malam untuk sang majikan. Sang pemilik sangat menyayangi burung peliharaannya itu. Bahkan, ia memberikan pakan dan air minum untuk si burung tadi dengan piring emas.

Namanya juga pedagang, jadi sering bepergian jauh. Suatu hari sang pedagang hendak melakukan perjalanan jauh untuk berdagang. Karena sayangnya kepada sang burung, ia pun berpamitan lebih dulu kepada peliharaannya tersebut.

Namanya juga dongeng, jadi di cerita ini sang burung bisa berbicara. Sang saudagar tadi pun menanyakan kepada burung tadi jika ada sesuatu yang bisa ia lakukan.

“Esok aku akan pergi berdagang, aku akan melalui hutan kelahiranmu dan bertemu dengan burung-burung lain teman lamamu, apa pesan yang ingin kamu sampaikan untuk mereka”, ucap sang pemilik tadi.

Sang burung pun menjawab, “katakan pada mereka, aku duduk sebagai tawanan di kandang, menyanyikan lagu yang penuh dengan kesedihan. Siang dan malam, hatiku ini penuh dengan kesedihan. Aku berharap tidak lama lagi aku bisa melihat teman-temanku yang dulu, terbang bebas di antara pepohonan. Oh iya, aku juga sangat merindukan kekasihku, ingin rasa-nya segera terbang mengepakkan sayapku dengannya. Sampai saat itu, tidak akan ada kebahagiaan yang bisa aku nikmati disini”

Setelah itu, dengan menunggangi keledai, sang pedagang pun berlalu, pergi untuk melakukan pekerjaan dagangnya. Waktu berlalu, ketika pedagang sampai di hutan tempat burung kesayangannya berasal ia pun berhenti sejenak.

Ia pun berkata, “Hai burung… salam untuk kalian semua dari burung cantik yang terkunci di kandangnya. Dia mengirimkan salam hangat penuh cinta untuk kalian semua. Ia meminta jawaban yang bisa menenangkan hatinya.” Pedagang pun menyampaikan pesan dari burung kesayangannya itu.

Selesai ia berkata, tiba-tiba dari atas pohon terdengar suara menjerit terkecik. Tiba-tiba seekor burung jatuh tepat dihadapannya, tak bergerak, mati. Pedagang tersebut pun kaget dan sangat merasa bersalah. Ia berdiri mematung, tanpa tahu apa yang telah ia perbuat hingga burung tersebut mati.

Kejadian itu berlalu, pedagang melanjutkan perjalanannya ke kota. Setelah selesai dengan urusan perdagangan, ia pun segera kembali ke rumah. Sesampainya di rumah, ia tidak tahu apa yang harus ia katakan kepada burung kesayangannya.

Di depan kandang, ia berdiri dan berkata, “tidak ada hal yang bisa aku katakan padamu”, ucapnya. “Tidak, aku ingin tahu apa kata mereka mendengar pesanku”, jawab sang burung. Pedagang pun tertegun, “aku menyampaikan semua pesanmu, tapi tiba-tiba seekor burung menjerit dan jatuh tergeletak dihadapanku, mati.

Sesaat setelah pedagang mengatakan hal itu, burung kesayangannya langsung menjerit, terjatuh ke dasar kandang dan tak bergerak. Pedagang tersebut pun panik, “oh tidak, apa yang telah saya lakukan, apa yang telah saya katakan.”

Pedagang pun sangat sedih, hidupnya sekarang seperti tidak berarti sama sekali, ia benar-benar sendiri, tanpa istri, anak yang telah pergi, dan kini burung kesayangannya pun mati. “Aku akan segera mengeluarkanmu, aku akan menguburkanmu dengan baik”, ucapnya.

Lelaki itu pun membuka kandang, ia mengambil burung tersebut dengan pelan, mengeluarkannya. Tiba-tiba, ketika ia mengangkat burung tersebut keluar kandang, sang burung dengan gesit melompat dan terbang keluar jendela. 

Ia hinggap di pinggir atap dan berkata, “terima kasih tuan, terima kasih karena telah menyampaikan pesanku. Balasan burung yang kau sampaikan itu adalah cara bagaimana aku bisa bebas yaitu dengan memilih mati. Sekarang, saya pergi karena kekasihku telah menungguku disana.”

***

Itulah tadi satu dari sekian banyak cerita pendek bahasa inggris dan bahasa indonesia yang bisa anda baca di situs ini. Sekarang anda bisa merenungkan dan mengambil hikmah dari pesan moral yang ada didalamnya. Anda juga bisa belajar berbagai kosa kata baru yang belum dipahami.


Jangan lupa, selain cerita di atas masih banyak lagi cerita lain yang bisa anda nikmati. Silahkan cari dan pilih salah satu dibagian akhir cerita ini. Anda juga bisa mencari kisah berdasarkan judul yang diinginkan dengan menggunakan penelusuran situs. Itu saja kali ini, semoga bermanfaat dan salam hangat dari kami.