Monday, January 30, 2017

Cerita Singkat Bahasa Inggris tentang Belajar

Kali ini kita akan berbagi cerita bahasa Inggris singkat yang membahas tentang belajar. Ya, bisa dikatakan ceritanya tentang pendidikan dan juga tentang pelajaran atau sekolah atau murid atau pelajari. Ya tapi kisahnya beda loh, sangat menarik dan ada pesan atau nilai moral yang patut direnungkan.

Yang namanya belajar pasti berhubungan dengan ilmu. Kita juga tahu bahwa mencari ilmu sampai dengan liang lahat, tak kenal batasan usia. Nah, hal itu yang mampu mewakili isi dari cerita ini. Cerita ini sendiri adalah cerita yang berjudul ”An Aged Student. Atau judul tersebut dalam bahasa Indonesia bisa diartikan,” Seorang mahasiswa yang sudah umur atau tua”.

Cerita ini menjadi menarik karena memakai karakter orang tua sebagai karakter utama. Dengan cerita ini setidaknya bisa menjadi motivasi bagi kawan-kawan semua untuk lebih giat dalam belajar dan tidak kenal lelah.

Kawan-kawan muda tentu mempunyai kesempatan yang lebih baik dari pada yang tua, tetapi tidak sedikit orang tua yang masih ingin terus mencari ilmu sampai akhir hayatnya. Nilai moral yang ada didalamnya bisa menjadi pegangan kawan-kawan muda sekalian.

Di dalam ceritanya, orang tua saja bersemangat untuk bersekolah dan mencari ilmu, masa kawan-kawan muda tidak lagi semangat. Inilah yang harus direnungkan bersama bila memang kawan-kawan muda memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolah.

Dengan sajian informasi ini, para pembaca juga akan diberikan daftar tentang kosa kata. Kosa kata ini dimaksudkan untuk pembelajaran para pembaca semuanya. Sehingga dapat meningkatkan pembaca sekalian dalam pelajaran bahasa Inggris.

Kosa kata ini diambil dari cerita ini, karena memang cerita ini bentuknya berbahasa Inggris. Daftar kata tersebut sudah dilengkapi dengan arti atau terjemahan sekaligus. Berikut mari kita pelajari terlebih dahulu kosa katanya.

Skilled = berbakat, terampil
Expertise = keahlian
Interest = minat
Inkpot = kotak tinta
Presented = memperkenalkan
Appreciating = menilai, menghargai
Encourage = membesarkan hati, mendorong
Countless = tak terhitung
Hopes = harapan
Desires = keinginan
Very impressed = sangat terkesan
Scholar-literary person = sastrawan, sarjana sastra
Absorbed = asyik, terpikat
Welcoming = menyambut
Adverse = berlawanan, merugikan
Would not receive = tidak akan mendapat
Study = belajar
Preliminary = permulaan
Believes = percaya
The skin of a dog = kulit anjing
Tanning = samak, disamak, menyamak
Audience = hadirin
Laughing = tertawa
Left = meninggalkan
Jungle = hutan
Water = air
Falling = jatuh, menetes
Drop by drop = tetes demi tetes
A hole = lubang
Hard stone = batu yang keras
Never be = tidak akan pernah
Too old = terlalu tua
To learn = untuk belajar
Something new = sesuatu yang baru

Dengan daftar kosa kata di atas maka cerita singkat kali ini tentu bisa dijadikan belajar bahasa Inggris yaitu untuk menambah vocabularies. Kalau sudah membaca kata baru yang sulit di atas sekarang tinggal membaca ceritanya. Nah, berikut teks cerita yang dimaksud.

Cerita Singkat dalam Bahasa Inggris

Cerita ini menceritakan tentang seorang tukang yang sudah tua yang piamai membuat pinkpot. Hingga karya arsiteknya tersebut dilirik oleh sang raja. Dari kepiawaiannya membuat kesenian inilah dia hidup.

Seiring berjalannya waktu dia merasa gelisah tentang hidup yang dijalanninya. Dia pandai membuat kesenian dan dan gaya arsitekturnya juga sudah diakui, ada yang kurang menurutnya.

Dia sudah lama sekali pergi dari dunia ilmu pengetahuan, hingga hal tersebut membuatnya memtuskan untuk berhenti dari dunia arsitektur dan memtuskan untuk menjadi mahasiswa.

Meski usianya tidak muda lagi, tetapi semangatnya begitu menyala-nyala layaknya umurnya masih muda. Memang tidak bisa dipungkiri usia tua sedikit menghambatnya untuk menerima materi yang diberikan di sekolah.

Maka dari itu, ketika ia menuntut ilmu banyak kawan-kawan muda menertawakannya ketika dia sedang belajar dan sangat sulit mengikutinya. Suatu hari ada peristiwa memalukan dimana ia salah dalam menerima penjelasan gurunya. Akhirnya ia pun keluar dan tidak melanjutkan belajarnya.

Dia pergi ke hutan di sana dia duduk di bebatuan dan melihat lubang yang begitu dalam terkena tetesan air. Dari situ dia sadar memang usianya sudah tua dan kerja otaknya lebih lamban ketika menerima materi.

Tetapi hal itu tentu lebih mudah dari pada air yang melubangi batu yang membutuhkan waktu berpuluh-puluh tahu. Dari sini dia terus bersemangat mencari ilmu hingga datang waktu kelulusannya.

Di saat kelulusannya dia dikenal sebagai sarjana yang begitu populer. Dengan bekal semangat dan keuletannya dalam mencari ilmu ia pun tidak menghiraukan usia yang sudah tua dan tidak dijadikan halangan.

***

Pesan moral yang bisa diambil dari cerita berbahasa Inggris di atas yaitu bahwa kita harus terus bersemangat dalam mencari ilmu. Biarlah miskin harta asalkan jangan miskin ilmu. Karena harta tidaklah dibawa mati, tetapi ilmu akan berguna sepanjang masa.

Cerita di atas jelas sekali menggambarkan bahwa ilmu sangatlah penting. Bahkan orang tua yang sudah mau mati saja masih perlu untuk belajar, apalagi yang masih muda. Ilmu akan memberikan jalan terang kepada manusia. Ingat, ibadah kepada Tuhan harus pakai ilmu, begitu juga dengan menjalankan hidup ini.