Tuesday, January 31, 2017

Cerita Story Telling Bahasa Inggris tentang Game

Setelah beberapa hari lalu kita bagikan beberapa contoh cerita untuk storytelling, hari ini akan kita tambah lagi cerita bahasa Inggris tersebut. Hampir sama dengan yang terdahulu, cerita kali ini juga cukup singkat, padat dan jelas. Isinya menarik dan mudah dipahami atau dimengerti karena hanya beberapa paragraf saja. Panjangnya tak lebih dari setengah halaman kertas.

Di dalam cerita kali ini anda akan mendapatkan kisah yang menarik untuk disimak dan menarik untuk direnungkan. Dengan cerita ini tentu akan membuka mata dan hati kita untuk selalu tanggap terhadap masalah yang timbul dan membutuhkan campur tangan kita.

Dengan cerita ini pula akan mengajarkan kepada kita untuk tidak terlalu terlena dengan permainan (game) yang menghibur diri di saat-saat yang diperlukan. Karena sudah pasti permainan yang begitu menghibur ini bisa melupakan segala sesuatu.

Bahkan sampai kita sendiri tidak sadar bahwa ada orang yang lebih membutuhkan tenaga dan pikiran kita dibandingkan hanya permainan kartu yang hanya bisa membuat kita bahagia hanya sementara.

Cerita ini adalah cerita yang berjudul ”Ghulamhussein And The Game”. Dalam bahasa Indonesia judul kisah ini berarti ”Ghulamhussein dan permainan”. Cerita ini akan membuka mata kesadaran kita tentang pentingnya kesigapan menghadapi masalah.

Kesigapan tersebut juga menuntut kita untuk terus peduli dengan lingkungan sekitar, jangan sampai kita menyesal setelahnya karena tidak sigap ketika ada celah untuk menyelesaikannya. Tentu saja, hal ini bisa menjadi pembelajaran untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Selain itu, dengan cerita ini anda bisa belajar bahasa Inggris. Sebagai contoh, di dalam teks cerita ada macam-macam kosa kata yang akan menambah kemampuan anda dalam berbahasa Inggris. Jika dipelajari dengan baik maka anda akan menjadi ahli bahasa Inggris. Sebelum ke cerita, mari kita lihat dulu daftar kosa kata bahasa Inggris yang diambil dari teks cerita ini.

Popular = terkenal
Social figure = publik figur
Keen = hebat, tajam keras
Guests = tamu
Distant lands = dataran yang jauh
A beautiful small town = kota kecil yang indah
Generous = murah hati
Hospitable = ramah, senang menjamu
Hobbies = hobi
Play the game of cards = bermain permainan kartu
Aim = tujuan, maksud
Gambling = berjudi
Just for pleasure and pass time = hanya untuk senang-senang dan menghabiskan waktu
Came to inform = datang untuk memberitahu
Seriously ill = sakit yang parah
Immediate = segera
Engrossed = asyik, terpikat
Withdraw = menarik diri
Continued to play = lanjut bermain
Report = melaporkan
Deteriorating = memburuk
Already died = telah meninggal
Convinced = yakin
The evil and harmful effect = efek jahat dan berbahaya
Vowed = berjanji
Indulge = menuruti
Such a game= permainan semacam itu
Intoxicating = memabukkan
Mentally distracting = mengacaukan mental
Philosophy = filosipi

Dengan daftar kosa kata bahasa Inggris dan artinya yang sudah disediakan di atas maka persiapan untuk storytelling tentu akan jauh lebih mudah. Apalagi dengan dukungan cerita yang bagus dan menarik. Maka dari itu, bagi anda yang membutuhkan bahan silahkan coba dengan kisah berikut. Agar lebih jelas, dibaca saja dulu ceritanya ya.

Cerita untuk bahan storytelling bahasa Inggris

Seperti pada teks storytelling di atas, cerita bahasa Inggris ini berisi tentang seorang dokter yang menjadi juru selamat di desanya. Dokter itu bernama Ghulamhussein. Ia adalah orang yang pandai dalam bergaul dan pandai sekali menepatkan kepribadian menurut tempatnya.

Dia mempunyai banyak kawan untuk selalu membuatnya tersenyum. Pada suatu ketika Ghulamhusein sedang bermain kartu di Moshi, tepatnya di kaki gunung Kilimanjaro, Takzmania. Dia bermain kartu dengan banyak teman di kaki gunung Kilimanjaro.

Dia tidak sedang bermain judi tetapi hanya untuk kesenangan semata dan untuk menghibur dirinya sendiri. Ghulamhusein begitu asyik bermain kartu hingga dia tidak menghiraukan suasana di sekelilingnya.

Tak lama kemudian, ada asistennya datang dan memberi tahukan bahwa ada orang sakit dan membutuhkan bantuan Ghulamhusein. Ghulamhusein lantas menyuruh asistennya untuk pergi dan mengurusi orang sakit tersebut. Dia lantas melanjutkan permainan kartunya lagi.

Hingga tak lama kemudian asistennya datang kembali dan mengatakan kepada Ghulamhusein, bahwa tidak ada satupun yang sanggup untuk menolong orang sakit tersebut, kini nasib orang sakit ada di tangan Ghulamhusein.

Nampaknya Ghulamhusein masih begitu asyik dan masih begitu berat untuk meninggalkan permainan kartunya. Ghulamhusein lantas mengusir kembali asistennya dan menyuruh asistennya untuk melakukan yang dia bisa kepada pasien tersebut.

Asisten selanjutnya pergi dan Ghulamhusein kembali melanjutkan permainannya kembali. Tak lama kemudian asistennya kembali dan mengatakan kepada Ghulamhusein bahwa pasiennya sudah meninggal.

Ghulamhusein lantas syok dan tidak bisa berkata-kata. Kini dia sadar apa yang dilakukannya itu salah. Kini dia tidak mau membuat dirinya sendiri terlena dengan kegembiaraan dalam permainan, karena dari situlah dia membuat kesalahan.

***

Sebenarnya, sebuah permainan bisa saja menjadi hal yang positif untuk dilakukan, misalnya untuk melepaskan penat dan membuat santai. Namun begitu, kebanyakan orang yang memainkan sebuah permainan akan ikut terlarut di dalam permainan tersebut.

Lihat di zaman sekarang, bahkan ada yang bisa menghabiskan puluhan jam sehari hanya untuk bermain game atau permainan sejenis itu. Maka dari itu hendaknya manusia bisa lebih bijak dalam menentukan pilihan hiburan apa yang akan dijalankan.

Ada pesan moral yang bisa diambil dari cerita ini, yang mana sebagai manusia sudah seharusnya kita mengenal batasan-batasan tentang hidup yang kita jalani. Boleh kita berbahagia tetapi harus tahu batasan, dan harus sigap disaat-saat waktu yang sudah dibutuhkan.

Karena kebahagiaan dari permainan tidak kekal tetapi kebahagiaan menolong orang lain itulah yang kekal. Tuhan tidak pernah tidur dan akan terus menghitung berapa kejelekan kita dan berapa kebaikan kita. Tuhan akan berlaku adil bila memang kebaikan anda lebih banyak dari pada kejelekan maka tuhan akan menjamin surga kepada anda.   

Melihat nilai moral dalam cerita di atas maka cerita yang satu ini memang cukup bagus untuk dijadikan materi cerita storytelling. Dengan digunakannya cerita ini sebagai bahan story telling maka harapannya pendengar juga akan mendapatkan nilai positif dari pesan yang ada didalamnya.