Monday, January 2, 2017

Contoh Cerpen dalam Bahasa Inggris tentang Mengeluh

Masih dengan kisah-kisah dengan pesan moral mengagumkan, cerpen dalam bahasa Inggris berikut ini adalah cerita tentang mengeluh. Cerita yang diangkat memiliki alur yang sederhana tetapi cukup menarik. Selain itu teksnya pun pendek alias singkat sehingga tidak akan membuat bosan. 

Judul contoh cerpen tersebut “The Incredible Black Rain”, ingin tahu seperti apa ceritanya? Kisah dalam The Incredible Black Rain merupakan cerita pendek (cerpen) yang akan memberikan spirit dalam diri kita untuk menjadi manusia yang pantang patah semangat dan menyerah kepada keadaan.

Memang, banyak orang yang lebih memilih untuk menyerah kepada keadaan dari pada harus merangkak maju menuju tujuan. Padahal hal yang demikian tentulah sebuah hal yang salah. Apakah tujuan bisa dicapai dengan menyerah?

Semua hal yang berharga membutuhkan sebuah tindakan dan pengorbanan yang besar. Bila memang anda sudah menyerah sebelum melakukan sebuah pengorbanan tentulah predikat seorang pemberani dan ulet belum bisa anda miliki.

Selain itu kesuksesan dalam mencapai sebuah tujuan juga tidak akan bisa tercapai bila memang anda enggan untuk melakukan kerja keras dan sedikit pengorbanan. Karena kerja keras dan  sebuah pengorbanan adalah sebuah bumbu penyedap dari pada sebuah proses menuju kesuksesan yang akan anda raih.

A. Cerpen Bahasa Inggris Incredible Black Rain

The Incredible Black Rain sendiri adalah sebuah judul yang memberikan pengertian dalam bahasa Indonesia yaitu, ”hujan hitam luar biasa”. Sebuah cerita yang akan membuat kita sadar tentang arti kehidupan, wajib untuk dibaca.

Kisah yang ada tersebut akan memberikan pembelajaran tentang menyesuaikan diri dengan baik dengan sebuah keterbatasan keadaan. Berangkat dari dalam diri sendiri, mudah-mudahan bisa menjadi renungan bagi kita bersama.

Cerita tersebut ditulis dalam bahasa Inggris. Namun begitu, cerita yang digambarkan memiliki alur yang cukup menarik dan membuat penasaran. Bagi rekan yang sedang mencari cerita-cerita yang singkat bisa langsung menikmati kisah selengkapnya di bawah ini.

Cerita Cerpen Bahasa Inggris tentang Mengeluh dan Terjemahan

Bingung, tenang tidak usah bingung. Kalau ada yang kurang dipahami tinggal buka saja kamus bahasa Inggris-nya. Dengan kamus tadi kita bisa mencari arti kata-kata yang dirasa cukup membingungkan. Atau, sebagai gantinya rekan semua bisa mempelajari daftar kata sulit di bawah ini.

Unhappy = tidak bahagia
Zoo = kebun binatang
Disappointed = kecewa
Feed = memberi makan
Complain = mengeluh, mengadu
Heavy = berat, lebat
Angrier = lebih marah
Generous = baik hati, murah hati
Tether = tidak sabar
Reluctantly = dengan malas
Swimming pool = kolam renang
Cloud = awan
Multicoloured = berwarna-warni
Departure = kepergian

Dengan bantuan kosa kata di atas maka kita bisa lebih mudah memahami arti atau jalan ceritanya. Jika ingin belajar bahasa Inggris lebih jauh, rekan semua bisa menghafalkan kosa kata baru yang belum di pahami. Dengan begitu rekan akan menguasai lebih banyak vocabulary bahasa Inggris.

B. Terjemahan Cerpen Incredible Black Rain

Cerita ini sendiri mempunyai sebuah cerita tentang seorang anak yang bernama Gus. Di dalam cerita ini Gus adalah sebuah karakter yang dikenal sebagai orang yang sulit dipahami oleh orang-orang disekitarnnya. Karena tidak ada satupun hal yang bisa membuat sang anak tersebut bahagia, sekalipun itu orang tuannya sendiri.

Bahkan dalam cerita tersebut diceritakan tentang pribadi Gus yang selalu mengeluh setiap bermain bola dengan temannya. Dia selalu menyayangkan mengapa setiap anak tidak diberikan bola satu-satu, justru malah hanya satu bola yang menjadi mainan anak-anak tersebut.

Hingga pada suatu ketika sang awan hitam mengolok-olok Gus tersebut, dan hal tersebut membuat Gus menjadi anak yang susah bersosialisasi dengan orang lain, karena orang lain dan benda-benda lain tidak cukup bisa membuatnya bahagia.

Dan justru membuatnya bertambah menjadi lebih kurang bersemangat dan marah karena awan selalu mengikutinya. Namun selan berapa waktu setelah awan tidak lagi mengikutinya dia justru malah bertambah marah, dia kini merasa sadar bahwa awan penting baginya.

Hingga pada suatu ketika dia bertemu dengan seorang gadis bernama Gladys, dia adalah seorang gadis yang baik hati, tidak sombong dan gemar menghibur. Hingga akhirnya Gladys mengajaknya ke sebuah tempat dimana banyak orang yang justru berhubungan dengan awan. Hingga akhirnya Gladys mengajaknya ke sebuah kolam yang hitam dimana banyak orang yang bermain-main di sana.

Hingga akhirnya Gus ikut bermain dengan anak-anak tersebut dengan sebegitu bahagiannya. Hingga setelah permainan selesai dia justru bingung tentang apa lagi permainan yang hendak dia mainkan. Kini dia sedikit bisa lebih bahagia dengan sebuah permainan yang dimainkan oleh anak-anak tersebut dengannya.

Hingga kejadian ini membuat Gus tidak lagi membuat sang anak kecil tersebut tidak mengeluh lagi dengan realitas kehidupan yang dialaminya. 

Dari sini dia juga sadar bahwa dia harus menyesuaikan diri dengan apa yang ada dihadapannya bukan malah mengeluh dengan apa yang dihadapannya, karena dengan mengeluh kita tidak akan bisa paham dengan apa yang ada di depan kita, sekitar kita, samping kita.

Tetapi berbeda halnya bila memang kita bisa menyesuaikan diri dengan apa yang ada di smaping kita. Kita bisa hidup menjadi orang yang lebih bisa memahami itu sebagai sebuah kebahagiaan. Untuk itulah pentingnya larangan mengeluh dengan situasi dari pada yang ada di sekitar kita, di depan kita, dan di samping kita.

***

Pesan moral yang bisa kita ambil dari cerita pendek dalam bahasa Inggris di atas adalah tentang mengeluh adalah bentuk sebuah kelemahan. Seberat apapun usaha bila anda jalani tanpa mengeluh pastilah bisa sampai di tujuan yang hendak anda gapai.

Tetapi berbeda halnya bila memang anda banyak mengeluh. Sampai kapanpun anda tidak bisa menggapai tujuan yang telah anda tetapkan. Jadi, tidak ada lagi kata mengeluh di kemudian hari, apalagi jika anda ingin menggapai tujuan, benar tidak?