Sunday, January 22, 2017

Cerpen dalam Bahasa Inggris tentang Rumah

Lanjut lagi ya, kali ini masih dengan cerita bahasa Inggris yang singkat. Cerita berikut merupakan satu cerita yang mengambil tema pekerjaan atau tentang pekerjaan ataupun rumah. Alur kisah ini cukup sederhana namun menarik. Bahasa yang digunakan juga cukup mudah untuk dimengerti. Teks cerpen ini cocok untuk sarana belajar adik-adik sekolah, mau tahu seperti apa?

Ini adalah sebuah cerita dalam bhs Inggris yang akan mengajarkan kepada kita tentang kebijaksanaan dengan orang lain. Sering kita melakukan pekerjaan atas keinginan orang lain tanpa didasari sebuah perasaan rasa tulus yang begitu dalam. Padahal kita sendiri bisa melakukan sebuah pekerjaan yang sangat bagus untuk diri kita sendiri.

Memang itulah hambatan terbesar yang ada di diri manusia. Manusia memang memiliki hawa nafsu dan akal pikiran yang kadang tak terkendali. Karena itulah manusia seringkali memikirkan hal terbaik untuk dirinya sendiri dan lupa memikirkan hal terbaik untuk orang lain. Padahal melakukan kebaikan untuk diri kita sendiri dan orang lain adalah sama pentingnnya.

Dengan adanya cerita ini mudah-mudahan bisa menjadi sebuah pembelajaran untuk kita semua tentang sebuah kebijaksanaan yang harus ditanamkan dalam diri kita. Hal tersebut dilakukan karena dengan sebuah kebijaksanaan tersebutlah kita menjadi manusia yang mempunyai sebuah derajat mulia.

Cerita ini sendiri adalah sebuah cerita yang berjudul,”Building Your House”, yang artinya,” Membangun rumah Anda”. Adalah sebuah cerita yang akan memberikan sebuah pembelajaran yang berharga untuk kita semua.

Dengan sebuah cerita ini memungkinkan anda untuk belajar banyak kosa kata dari cerita ini. Karena saya sendiri kaan memberikan sebuah daftar kosa kata sekaligus sebuah terjemah ke dalam bahasa Indonesia, sehingga memudahkan anda dalam sebuah proses dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Berikut kosa kata bahasa Inggris yang bisa anda pelajari.

Daftar Kata Sulit
Elderly = tua
Carpenter – tukang kayu
Retire = pensiun
Employer-contractor = atasan pemborong
Plans = rencana
Leisurely = tidak tergesa-gesa
Extended = memperluas, diperluas
Paycheck = gaji, upah
Personal favor = bantuan pribadi, bermurah hati
Resorted = terpaksa
Shoddy = buruk, jelek
Workmanship = kecakapan kerja, pembuatan
Inferior materials = bahan bangunan kualitas rendah
Unfortunate = sayangnya, sialnya, sial
Gift = hadiah
Shocked = terkejut
A shame = malu, memalukan
Built =  membangun
Hammer a nail = memakukan paku, menancapkan paku
Erect = mendirikan, memasang
A do-it-yourself project = proyek yang dikerjakan sendiri
Attitude = sikap, tingkah laku
Choices = pilihan
Therefore = oleh karena itu
Wisely = dengan bijak   

Di atas adalah sebuah daftar tentang kosa kata yang cukup sulit, mungkin bisa menjadi sebuah pembelajaran yang baik untuk kita semua. Selanjutnya saya akan menceritakan sebuah isi yang ada pada cerita ini. 

Cerpen bahasa Inggris tentang rumah dan terjemahan
Cerpen bahasa Inggris dan terjemahan

Cerita ini sendiri adalah sebuah cerita yang menceritakan tentang seorang yang berprofesi sebagai seorang arsitek kayu, atau bisa juga dikatakan tukang kayu. Yang pada suatu ketika dia memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya sebagai tukang kayu. Hal tersebut dia sampaikan kepada kontraktor yang menggunakan jasanya tersebut.

Tukang kayu ingin berhenti karena memang dia ingin menghabiskan hidupnya untuk bersantai bersama dengan anak dan istrinya. Hal tersebutlah yang sudah lama sekali tidak dia rasakan semenjak dia menjalani profesinya sebagai seorang tukang kayu.

Namun nampaknya sang kontraktor sangat menyayangkan bila memang sang tukang kayu tersebut benar-benar berhenti, karena menurutnya dia adalah tukang kayu yang mampu membuat sebuah rumah yang begitu bagus. Kepiawaiannya dalam membuat rumah tidak bisa diragukan lagi.

Hingga saat itu pula sang kontraktor menginginkan tukang kayu tersebut untuk membuat rumah yang terakhir kalinya. Meski berat tukang kayu tersebut akhirnya tetap mengabulkan permintaan dari pada kontraktor tersebut untuk membuat rumah sebelum hingga akhirnya tukang kayu benar-benar pensiun.

Tidak bisa dipungkiri memang membangun rumah tanpa didasari dengan sebuah rasa yang semangat tinggi cukup sulit. Itulah yang dialami oleh tukang kayu tersebut, namun dia tetap konsisten untuk bisa terus mengerjakan pembangunan rumah tersebut hingga akhirnya rumah tersebut benar-benar selesai.

Hingga akhirnya pembangunan rumah yang dikerjakan oleh tukang kayu selesai. Sang pemilik rumah kemudian mendatangi tukang kayu, dan kemudian memberikan kunci rumah tersebut. Sang pemilik rumah sendiri berkata,”Ini rumah anda, hadiah dari saya”. Tukang kayu tidak menyangka bahwa rumah yang dibangunnya diberikan kepadanya.

Pesan moral apa yang bisa ditangkap dari cerita pendek (cerpen) bahasa Inggris tersebut? Ada sebuah pesan moral yang terkandung dalam cerita in. Pesan tersebut menggambarkan kepada kita bahwa terkadang sifat kebijaksanaan kepada orang lain begitu sulit untuk dilakukan.

Untuk itulah mari lakukan kebijaksanaan dengan orang lain. Tentu saja kita akan mendapatkan sebuah timbal balik dari kebijaksanaan yang telah kita lakukan. Kebaikan akan selalu berbuah manis, bahkan meski tak kita sadari.

Seperti pada contoh cerita di atas, tukang kayu melakukan sebuah kebijaksanaan dan hingga akhirnya tukang kayu mendapatkan sebuah timbal balik apa yang telah dia lakukan. Dia mendapatkan rumah yang dibangunnya sendiri yang berasal dari hadiah pemilik rumah atau atasan tempat ia bekerja. (Arif PW)