Friday, January 20, 2017

2 Contoh Cerita Bahasa Inggris untuk Storytelling

Yang lain sudah kita bahas sebelumnya, kali ini contoh cerita bahasa Inggris untuk storytelling akan kita tambah lagi. Cerita story telling berikut terdiri dari dua judul, keduanya sama-sama menarik dan cukup singkat. Bagi rekan pelajar atau rekan semua yang mencari cerita menarik bisa menggunakan dua cerita tersebut.

Kegiatan storytelling memang merupakan salah satu kegiatan yang cukup menarik untuk belajar bahasa Inggris. Dengan bercerita dalam storytelling seperti ini kita bukan hanya akan menikmati kisah menarik tetapi bisa belajar banyak hal.

Dari teks ceritanya, pembaca dan kita semua bisa belajar kosa kata baru yang belum pernah kita temui sebelumnya. Dari kisahnya kita bisa mendapatkan pesan moral dan nilai-nilai luhur yang patut direnungkan.

Lebih jauh lagi, dari kegiatan story telling itu sendiri kita bisa belajar memperlancar kemampuan kita dalam menggunakan bahasa Inggris. Jadi, manfaatnya bisa beragam dan cukup bagus bagi kita semua. Makanya, kenapa tidak ikutan saja belajar disini dengan berbagai cerita menarik yang ada?

A. Cerita bahasa Inggris Finders Keepers

Kisah atau cerita storytelling yang pertama berjudul Finders Keepers. Kisah ini sangat pendek dan mudah dihafal, tak lebih dari 3 paragraf singkat dengan bahasa yang sederhana. Finders Keepers adalah sebuah kisah teladan yang berkisah tentang seorang wanita bijak dan seorang pelancong.

Kalau untuk dihafal, cerita ini benar-benar cocok karena bahasa yang sederhana dan tidak panjang. Tentu, cerita yang seperti ini memang banyak dicari dan dibutuhkan untuk bahan belajar khususnya pelajaran bahasa Inggris. Seperti apa ceritanya, kita baca langsung di bawah ini.

contoh cerita untuk storytelling
Cerita bahasa inggris

Bagaimana, menarik bukan cerita bahasa Inggris tersebut? Sudah pendek, ceritanya bagus lagi, benar tidak? Sekarang, bagi rekan-rekan yang ingin menggunakan kisah di atas sebagai bahan cerita untuk storytelling bisa mulai mendalami kisahnya. Sebagai bahan referensi tambahan, jangan lupa juga untuk melihat beberapa kosa kata di bawah ini.

Wise = bijak
Mountains = pegunungan
Precious = berharga
Stone = batu
Stream = sungai kecil
traveler = pelancong, pengembara
hungry = lapar
Bag = tas
Share = berbagi
Food = makanan
Hesitation = kebimbangan, bimbang
Rejoicing = gembira, kegirangan
Fortune = nasib baik, untung
Security = keamanan
a lifetime = seumur hidup
return = mengembalikan
hope = berharap
precious = berharga
enabled membuat mampu

Dengan daftar kata dan terjemahannya di atas maka diharapkan rekan semua bisa lebih mudah dalam memahami kisah tersebut. Dengan memahami kisahnya maka rekan semua tentu akan lebih mudah hafal dengan alur atau teks yang akan digunakan dalam bercerita. Sekarang kita kaji lebih jauh jalan cerita di atas.

Diceritakan, pada suatu hari, gadis bijak itu sedang berjalan-jalan di gunung. Saat sedang berjalan tiba-tiba dia menemukan sebuah batu berharga di sungai kecil. Batu itu nampak begitu indah dan mulia. Hanya dengan sekali lihat setiap orang bisa tahu kalau batu itu pasti mahal harganya.

Esok hari-nya, gadis itu bertemu dengan seorang pelancong yang kelaparan. Pelancong itu meminta sesuatu yang bisa di makan pada si gadis. Si gadis pun membuka isi tasnya. Ia memberikan makanan kepada pengembara tersebut.

Saat membuka tas tadi, si pelancong melihat sebongkah batu berharga dalam tas gadis itu. Pelancong itu pun meminta sebongkah batu itu pada si gadis. Gadis bijak akhirnya memberikan batu itu tanpa ragu-ragu.

Setelah itu si pelancong pergi meninggalkan si gadis. Dia merasa sangat beruntung karena dia tau bahwa batu itu bisa memberikannya kehidupan yang layak.

Setelah beberapa hari si pelancong itu kembali menemui si gadis bijak. Tiba-tiba dia mengembalikan batu itu pada si gadis bijak. “Saya telah memikikannya” ucap si pelancong. “Saya tahu betapa berharga-nya batu ini. Tapi saya mengembalikan batu ini pada mu berharap agar kamu bersedia memberi saya sesuatu yang jauh lebih berharga dari batu ini.” Ucap si pelancong lagi.

Si pelancong atau pengembara tadi berharap bahwa wanita tersebut bisa memberikan apa yang wanita itu miliki dalam dirinya sehingga ia rela memberikan batu berharga tersebut kepada dirinya.

***

Cerita di atas memberikan kita semua sebuah pelajaran yang berharga. Ambillah apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan. Kesederhanaan. Itu lah salah satu hal penting yang harus kita ambil dari cerita ini.

Dalam cerita ini kita bisa melihat betapa kesederhanaan bisa membuat seseorang menjadi nyaman dalam hidup. Semakin kita mengumbar nafsu kita, maka semakin kita akan tersiksa.

Nafsu manusia tidak akan pernah berhenti. Sekalipun kita sudah mendapatkan apa yang kita inginkan, kita akan merasa kurang dan kurang. Sehingga kita akan tersiksa dengan nafsu kita sendiri.

B. Cerita Storytelling, Repentance

Repentance adalah sebuah kisah teladan yang sangat menarik untuk kita baca. Kisah ini bercerita tentang seorang muslim yang sangat soleh dan taat pada Allah. Nah, cerita yang kedua ini juga sama menarik dan sama singkat-nya dengan yang pertama. Untuk menentukan mana yang akan dipilih silahkan baca juga kisah berikut. Tapi sebelum itu, pelajari juga vocabularies berikut.

Heard = mendengar
A pious Muslim = seorang muslim yang taat, soleh
Repenting = menyesali, bertobat
A sin = dosa
Regarding = mengenai
Listener = pendengar
Asked = bertanya
Shop = toko, warung
Burning = terbakar
Rushed = buru-buru
Except = kecuali
Razed = runtuh, rata
Immediately = dengan seketika
Realized = menyadari
Mistake = kesalahan
Feel = merasakan
Loss = kehilangan

Ya kalau memang benar-benar ingin menjadikan kisah ini sebagai bahan cerita storytelling maka sudah pasti harus hafal benar ceritanya. Makanya kosa kata di atas juga bisa dijadikan tambahan bahan belajar. Sekarang kita baca cerita selengkapnya dulu, baru setelah itu kita pelajari arti atau terjemahannya.

Cerita untuk storytelling bahasa inggris

Pada suatu hari, ada seseorang yang mendengar si soleh berkata “Selama tiga puluh tahun lebih saya  bertobat pada Allah. Dan saya tidak pernah tahu bagaimana Allah akan mengampuni dosa saya ini.”

Lalu si pendengar bertanya, “Apakah dosa anda?”. Orang soleh itu pun menjawab, “Aku dulu memiliki sebuah toko di pasar. Suatu hari saya mendengar bahwa seluruh Bazaar terbakar sehingga aku bergegas untuk melihat toko saya.” Ucap si Sholeh.

“Ketika saya tiba di sana saya melihat bahwa hanya toko saya yang tidak terbakar. Dan semua toko lain telah hancur dan rata dengan tanah. Saya pun berkata 'alhamdulillah' (semua pujian kepada Allah).

Segera setelah itu saya menyadari kesalahan saya. Bagaimana bisa saya menyebut diri saya ini seorang Muslim ketika saya tidak bisa merasa kehilangan yang dialami oleh tetangga saya? Itulah mengapa saya bertobat selama tiga puluh tahun dalam bagian hidup saya”, ucap si muslim soleh lagi.

***

Kisah ini memberikan kita semua pelajaran yang sangat berharga. Yakni bagaimana kita harus bersikap saat saudara atau tetangga kita terkena musibah. Yah, Islam tidak hanya mengajarkan kita tentang bagaimana hubungan Tuhan dengan manusia. Islam juga mengajarkan bagaimana hubungan tentang manusia dengan sesamanya.

Sesama muslim bersaudara. Islam mengajarkan kepada kita arti sebuah keikhlasan untuk berbagi dengan sesama. Semangat rela berkorban demi sesama. Menghilangkan rasa pamrih dan juga rela membantu sesama. Karena semua harta yang kita miliki hanya akan sia-sia saat kita tidak bisa membagikannya kepada tetanga atau saudara kita.