Saturday, January 28, 2017

Contoh Cerita Bahasa Inggris tentang Kehidupan

Dalam kehidupan, menganggap orang lain lebih rendah itu tidak baik dan merugikan, itulah yang digambarkan pada contoh cerpen bahasa Inggris kali ini. Istilah keren-nya rasis, orang yang rasis pasti tidak akan disukai oleh orang lain bukan? Isi nilai-nilai moral dalam cerita ini sangat penting untuk direnungkan.

Wah, kalau melihat teks ceritanya, yang satu ini bisa dikatakan sangat singkat sekali, seperti dongeng. Teks ceritanya hanya terdiri dari beberapa paragraf, sekitar setengah halaman, tidak lebih dari itu. Jadi bisa dikatakan ini cocok untuk siapa saja yang hendak belajar bahasa inggris dengan kisah-kisah menarik.

Judulnya “A White Has No Superiority”. Kalau diartikan satu-satu, kata white artinya putih, kata has no artinya tidak memiliki sedangkan kata superiority makna-nya superioritas atau lebih baik. Kata “putih” dalam judul tersebut bukan hanya berarti warna putih tetapi lebih merujuk kepada golongan yaitu “orang kulit putih”.

A White Has No Superiority merupakan sebuah kisah yang bercerita tentang seorang wanita berkulit putih dan juga laki-laki berkulit hitam. Kisah ini merupakan sebuah kisah yang sangat kaya akan pesan moral.

Setelah membaca kisah ini kita akan bisa tau bahwasannya semua manusia, baik berkulit putih maupun berkulit hitam, memiliki derajat dan hak yang sama di dunia ini. Nah, sebelum sampai pada teks, mari kita pelajari dulu beberapa kosa kata di bawah ini.

Scene = kejadian
Took place = terjadi
A flight = penerbangan
White woman = wanita kulit putih
Black man = lelaki kulit hitam
Disturbed by = terganggu dengan
Air hostess = pramugari
Placed me = menempatkan aku
Next to = disamping
Do not agree = tidak setuju
A repugnant = menjijikkan
Alternative seat = tempat duduk alternatif
Available = tersedia
Circumstances = keadaan
Disgusting = menjijikkan
Shocked = terkejut
Applauded = menyambut dengan tepuk tangan
Racism = rasisme

Cerita bahasa Inggris yang dilengkapi dengan daftar kata sulit, sangat membantu bukan untuk kegiatan belajar. Jadi, tidak perlu terlalu repot membuka kamus atau menerjemahkan sendiri. Sekarang, karena sudah siap dengan english vocabularies maka kita nikmati langsung kisah tersebut.

Cerita tentang Kehidupan dalam Bahasa Inggris

Kisah ini bermula dari sebuah adegan yang terjadi di pesawat dalam sebuah penerbangan. Ceritanya, di dalam pesawat, ada seorang wanita kulit putih. Wanita tersebut berumur sekitar lima puluh tahun. Ia diberi tempat duduk di dekat seorang laki-laki berkulit hitam.

Mendapatkan tempat duduk yang bersebelahan dengan orang kulit hitam, wanita ini merasa terganggu. Dia segera memanggil seorang pramugari untuk melakukan protes tentang tempat duduk yang diberikan.

“Ada apa nyonya? Saya tidak melihat ada masalah disini.” Ucap si pramugari pada wanita tersebut. “Anda menempatkan saya di samping pria berkulit hitam. Saya sama sekali tidak setuju duduk di samping seseorang dari kelompok yang menjijikan. Saya meminta kursi lain.” Protes wanita berkulit putih. 

“Tenanglah nyonya.” Ucap si pramugari. “Hampir semua tempat duduk di penerbangan ini telah terisi. Akan saya lihat apa masih ada tempat kosong yang tersedia untuk anda.” lanjut pramugari lagi. Setelah beberapa menit kemudian, pramugari itu kembali lagi ke hadapan wanita berkulit putih.

“Nyonya, seperti yang sudah saya katakan, tidak ada tempat kosong lagi di kelas ekonomi. Saya sudah membicarakan hal ini pada kapten. Dia bilang di kelas bisnis juga sudah tidak ada lagi tempat yang kosong, semuanya sama. Kami hanya memiliki satu tempat kosong di kelas pertama.” Ucap si pramugari. 

Sebelum wanita berkulit putih memotong ucapan pramugari, si pramugari itu kembali melanjutkan ucapannya. “Perusahaan kami sebenarnya sama sekali tidak mengizinkan penumpang kelas ekonomi untuk pindah duduk di kelas pertama. 

Namun, karena kondisinya seperti ini, kapten bilang akan sangat memalukan jika harus membuat seseorang duduk di samping orang yang menjijikan.” Ucapnya lagi. Lalu dia memalingkan pandangannya ke arah pria berkulit hitam tadi.

“Karena itu, Tuan, silakan ambil dan bawa segera tas anda. Sudah ada tempat duduk kosong di kelas pertama yang menanti anda.” Ucap pramugari sembari tersenyum ramah. Para penumpang yang lain tampak begitu terkejut, lalu mereka bertepuk tangan meriah.

***

Bukankah ini adalah sebua kisah nyata melawan rasisme, yang biasanya di bicarakan? Ya, kisah ini telah memberikan kita sebuah pelajaran yang begitu berharga. Kisah ini mengajarkan pada kita semua bahwasannya rasisme itu memang perlu dilawan.

Kisah ini juga memberikan kita semua pelajaran bahwa manusia berkulit putih derajatnya tidak lah lebih tinggi dari pada manusia berkulit hitam. Kita semua memiliki hak yang sama sebagai manusia. Kita semua wajib dihormati dan juga menghormati.

Kisah ini mengajarkan pada kita semua tentang sebuah kerukunan yang perlu dibentuk dalam sebuah kehidupan. Sebagai mahluk sosial, kita harus bisa saling menghormati. Menjaga dan menjunjung tinggi sebuah keadilan.

Menghilangkan ketimpang dan juga kesenjangan. Lalu kita juga perlu mengindahkan kebersamaan. Karena jika kita bisa bersatu dalam sebuah kerukunan yang indah. Maka kehidupan yang sejahtera dalam sebuah keadilan, bukanlah lagi merupakan isapan jempol belaka.

Semoga setelah membaca kisah ini kita bisa bersikap lebih adil dan bijak. Tidak ada lagi isu rasisme ataupun semacamnya. Kita semua manusia yang memiliki derajat sama. Dan tentunya kita juga perlu saling menghormati antara yang satu dengan yang lainnya. Sebagaimana telah dijelaskan dalam pepatah, Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.