Friday, January 13, 2017

Dongeng Inggris tentang Terima Kasih

Cerita dongeng bahasa Inggris kali ini intinya masih sama dengan salah satu yang sudah kita bahas. Namun begitu ceritanya sedikit berbeda dalam penyusunan dan kalimatnya. Dengan begitu jadi bisa dijadikan tambahan referensi bagi rekan semua yang membutuhkan.

Kalau ada satu cerita yang memiliki dua versi kan bisa dipilih salah satu. Misalnya, kita bisa memilih yang lebih pendek, atau kita bisa memilih mana yang dianggap lebih mudah dipahami. Dengan begitu, kebutuhan kita untuk belajar dengan cerita – cerita seperti ini bisa lebih mudah terpenuhi.

Masuk dalam kategori dongeng dan cerita anak, kisah yang akan kita baca kali ini sangat singkat, hanya beberapa paragraf. Kalau dibaca langsung, lima menit mungkin sudah selesai. Tinggal tahu artinya atau tidak setelah membaca kisah tersebut.

Namanya masih benar, kadang ada saja yang masih belum diketahui, misalnya kata-kata baru dalam teks ceritanya. Tapi tenang, semua sudah disiapkan sedemikian rupa agar pembaca lebih mudah mengambil manfaat dari teks tersebut. Akan disiapkan juga terjemahan, arti, daftar kata sulit dan penjelasan mengenai pesan moral.

Sebelum kita baca mari kita bahas sedikit mengenai judul. Judul cerita yang akan kita baca adalah “never be ungratefull”. Kita bahas satu per satu arti kata tersebut. Pertama kata “never”, kata tersebut artinya adalah tidak pernah sedangkan “be” bisa diartikan menjadi. Kata “ungratefull” artinya adalah tidak berterima kasih.

Kalau diartikan secara keseluruhan maka judul tersebut artinya kurang lebih adalah “jangan menjadi orang yang tidak tahu berterima kasih”. Nah, kalau sudah sampai pada arti atau makna judul tersebut maka sedikit jelas bagaimana gambaran isi cerita yang akan kita baca. Sekarang, dari pada penasaran lebih baik kita nikmati dulu kisah tersebut!

dongeng bahasa inggris tentang terima kasih
Cerita Dongeng Bahasa Inggris tentang Terima Kasih

Kecil… kalau hanya cerita yang sangat pendek seperti di atas sih saya yakin rekan semua tidak akan kesulitan memahaminya, benar tidak? Oh iya, ada tambahannya nih, bagi rekan yang masih belajar bahasa Inggris, di bawah ini ada kosa kata baru yang bisa dipelajari dan dihafal, silahkan dilihat ya.

Summer = musim panas
Extremely = sangat
Dusty = berdebu
Shelter = berlindung, berteduh
Umbrella = payung
Belongings = barang bawaan
Shade = bayangan
Ungrateful = tak tahu berterima kasih
Heat = panas
Immediately = segera

Dengan tambahan vocabulary di atas maka bisa untuk menambah perbendaharaan kata. Jadi, kita bisa menguasai lebih banyak kosa kata baru dan bisa lebih lancar lagi berbahasa Inggris. Terakhir, bagi yang membutuhkan terjemahan atau versi bahasa Indonesia dari teks di atas bisa membacanya di bawah ini.

Never be Ungrateful adalah sebuah cerita yang menceritakan tentang dua orang pelancong dan juga si pohon besar. Pada suatu hari di musim panas yang dahsyat, Dua orang pelancong berjalan di jalanan panjang yang berdebu.

Sepanjang perjalanan, mereka tidak menemukan satu pohon pun di sisi jalan. Mereka berusaha untuk mencari perlindungan dari  teriknya matahari.

Sampai akhirnya mereka melihat sebuah pohon yang berdaun sangat besar. Cabang daun itu tersebar seperti membentuk sebuah payung. Dua pelancong itu pun segera meletakan tas mereka di tanah lalu duduk di bawah naungan hawa dingin pohon besar.

Setelah beristirahat, tiba-tiba salah satu pelancong berbicara pada yang lain. “Betapa tidak bergunanya pohon besar ini! pohon ini sama sekali tidak melahirkan buah sedikit pun.”

Mendengar ucapan si pelancong, pohon ini pun merasa sangat kesal dan muak. “Dasar tidak tahu terimakasih!!! Kalian tidak sadar bahwa sekarang kalian sedang berlindung di bawah saya dari teriknya matahari”, ucap sang pohon.

“Berani-beraninya kalian bilang saya ini tidak berguna. Bangkitlah dan pergi dari sini segera! Kalian pantas mendapat siksaan terik matahari!”, ucapnya lagi si pelancong. Akhirnya si pelancong pun pergi meninggalkan pohon itu.

***

Cerita ini memberi pesan pada kita betapa pentingnya berterima kasih. Dalam kisah ini, si pelancong sama sekali tidak berterima kasih dan justru malah menghina yang menolongnya. Tentu saja ini adalah hal yang tidak baik.

Si pohon pun mengusir si pelancong sampai akhirnya si pelancong kembali merasakan teriknya matahari yang menyengat. Dari pesan moral tersebut maka kita sebagai manusia hendaknya bisa bersyukur dan tahu diri jika mendapatkan kenikmatan atau bantuan.

Sebagai manusia hendaknya kita selalu bisa menghargai apa yang diberikan orang lain kepada kita, meski pemberiannya kecil sekalipun. Jangan pernah lupa berterimakasih pada orang yang sudah menolongmu.