Thursday, January 12, 2017

Dongeng tentang Singa dalam Bahasa Inggris

Ada yang sedang mencari dongeng dalam bahasa Inggris? Kalau ada silahkan baca dongeng singkat tentang singa yang akan kita bahas di bawah ini. Dongeng ini merupakan salah satu cerita yang sangat menarik untuk adik-adik semua. Dongeng ini sederhana, pendek dan bagus.

Kita tentu tahu bahwa dongeng adalah kisah yang sebenarnya tidak pernah terjadi. Dongeng ini sifatnya khayalan yang didalamnya mengandung nilai-nilai pendidikan bagi setiap orang yang membacanya. Dongeng memiliki alur yang sederhana sehingga mudah dipahami.

Salah satu dongeng yang cukup dikenal yaitu dongeng tentang binatang. Seperti yang akan kita baca ini, dongeng tersebut menempatkan tokoh binatang sebagai karakter utama. Makanya dalam dongeng binatang, kita bisa mendapatkan cerita para binatang yang memiliki sifat seperti manusia dan bisa berbicara.

Yang akan kita baca pun demikian, dongeng dalam bahasa Inggris ini tokoh utamanya adalah seekor singa. Selain singa, pemain lainnya adalah seekor rubah yang dikenal sebagai binatang yang cukup cerdik dan pandai.

Dongeng berjudul “Keep Your Eyes Open” ini teks-nya sangat singkat. Kalau ditulis teks ceritanya tidak lebih dari tiga paragraf yang tidak terlalu panjang. Bahasa yang digunakan sederhana, kata serta kalimat yang ada cukup umum dan mudah dimengerti.

Teks ceritanya ditulis dalam bahasa Inggris dan mungki saja ada yang akan kesulitan memahaminya. Maka dari itu, untuk persiapan, sebelum membacanya mari kita pelajari beberapa kosa kata di bawah ini.

Old = tua
Unable = tak dapat
Prey = mangsa
Starvation = kelaparan
Idea = ide
Decided = memutuskan
Pretending = berpura-pura
Enquire = bertanya, menyelidiki
Ailing = sakit
Sixth sense = indra ke-enam
Inside = dalam
Foot prints = jejak kaki
Foolish = bodoh
Alert = memperingatkan
But evil is short lived = kejahatan tidak hidup lama

Ya, beberapa kosa kata tersebut dapat dijumpai dalam teks yang akan kita baca bersama-sama. Oleh karena itu kita baca dan pelajari dulu kosa kata di atas agar nanti ketika membaca ceritanya sudah tahu. Dengan bekal beberapa kosa kata baru di atas sekarang kita nikmati langsung cerita tersebut.

dongeng bahasa inggris tentang singa
Dongeng Singa dalam Bahasa Inggris dan Terjemahan

Tetap buka mata anda, judul cerita di atas mungkin lebih tepat kalau kita artikan menjadi “tetaplah waspada”. Ya, buka mata di judul tersebut memang merujuk kepada kewaspadaan yang harus tetap dimiliki oleh siapapun. Kalau istilah lainnya yaitu pasang mata pasang telinga.

Keep Your Eyes Open adalah sebuah cerita yang mengkisahkan tentang kehidupan Singa yang jahat. Pada zaman dahulu kala, hiduplah seekor singa tua. Dia sudah kehilangan banyak kekuatannya sehingga dia sudah sama sekali tidak bisa menangkap mangsa apa pun.

Kemudian dia berkata pada dirinya sendiri. “Jika saya terus-terusan seperti ini, saya tidak akan bisa mengisi perut saya. Dan akhirnya saya akan mati di telan kelaparan.” Si Singa terus berpikir dan terus berpikir. Sampai akhirnya dia mendapatkan sebuah ide agar bisa makan.

Dia memutuskan untuk berbaring di dalam gua dan berpura-pura sakit. Dengan begitu akan ada banyak hewan yang datang untuk menjenguknya. Dan saat hewan-hewan itu masuk ke dalam gua, dia akan bisa makan dan mengisi perutnya sendiri.

Benar saja, rencana si Singa berjalan dengan sangat lancar. Ada banyak sekali hewan yang datang untuk menjenguknya. Hewan-hewan itu masuk ke dalam gua dan tak pernah keluar lagi setelah masuk.

Sampai akhirnya rencana jahat Singa ini pun terbongkar. Suatu hari, Rubah datang untuk menjenguk Singa yang mengaku sedang sakit. Sebagai hewan pintar yang sudah kenyang akan persaingan di hutan, si Rubah cukup pandai untuk tidak masuk ke dalam  gua. Dia hanya berdiri sampai di depan mulut gua saja.

“Bagaimana kabarmu wahai tuan Singa?” Ucap si Rubah dari luar gua pada si Singa.
“Saya sekarang sedang berada dalam keadaan yang tidak baik. Tapi kenapa kau tidak masuk saja kedalam?” Ucap si Singa pada Rubah.

“Aku akan senang untuk bisa masuk ke dalam tuan. Tapi melihat telapak kaki hewan yang masuk dan tidak pernah keluar lagi, aku akan cukup bodoh untuk masuk ke dalam.” Rubah berkata pada Singa. Lalu si Rubah pun pergi meninggalkan gua.

Dia bergegas menghampiri hewan-hewan lainnya untuk memberi tahu kejahatan Singa. Lalu setelah itu tidak ada lagi hewan yang menjenguk Singa lagi. Dan akhirnya si Singa mati kelaparan.

***

Cerita di atas memberi pesan pada kita agar kita selalu membuka mata dan tetap waspada. Dengan selalu membuka mata kita akan bisa melihat kejahatan dari orang-orang sekitar kita. Bukan berpikiran negatif atau berprasangka buruk tetapi kewaspadaan memang diperlukan oleh semua orang.

Bagaimana menurut rekan semua, bagus bukan cerita bahasa Inggris di atas? Ya, itu bukan satu-satunya yang bisa kita baca. Di situs ini masih banyak karya cerita lain yang bagus dan tak kalah menarik. Yang masih ada waktu bisa lanjut ke berbagai cerita lainnya.