Saturday, January 21, 2017

Cerita Storytelling Bahasa Inggris dan Arti, Priceless

Masih bingung mencari bahan cerita storytelling bahasa Inggris, mau cari kisah yang menarik? Tenang, kisah atau cerita berikut ini cukup memenuhi syarat untuk diceritakan kembali. Alasannya, pertama cerita ini cukup pendek atau singkat. Kedua, cerita ini memiliki nilai moral yang bagus untuk direnungkan.

Yang akan kita baca ini adalah sebuah cerita tentang tingginya kedudukan uang bagi kehidupan manusia. Bahkan tidak sedikit manusia yang melupakan Tuhan karena uang, karena terlalu asyik mengejar uang. Karena bagi mereka uanglah yang dapat menolong manusia dari segala masalah. Itu salah satu isinya, tapi intinya bukan itu, lebih dalam lagi.

Cerita ini berjudul ”You Are Priceless To Those Who Love You”, bila diartikan dalam bahasa Indonesia judul tersebut artinya ”Anda tak ternilai harganya bagi mereka yang mengasihi Anda”. Dari judul tersebut sudah nampak terlihat tentang isi yang ada di cerita ini.

Isi dari cerita ini sekilas memang menggambarkan kesemena-menaan orang yang memiliki uang terhadap orang tidak memiliki uang. Tetapi jika mau direnungkan dengan baik maka bisa diketahui bahwa uang dalam cerita ini hanyalah perumpamaan, sebagai substitusi atau pengganti manusia.

Yang jelas, dengan cerita ini, anda akan mendapatkan bahan tambahan untuk story telling dan juga bisa mendapat kosa kata baru dalam bahasa Inggris. Karena di bawah ini saya akan memberikan daftar kosa kata dari ceritanya yang bisa anda pelajari. Berikut daftar kosa kata yang ada pada cerita ini.

Well-known = terkenal
Speaker = pembicara
Started off = memulai
Seminar = seminar
Holding = memegang
Bill = uang kertas
Room = ruang
Asked = bertanya
Like = mau, suka
Going up = ke atas
Proceeded = meneruskan
Crumple = membuat kusut
Still wants = masih ingin
Dropped = menjatuhkan
Grind = menggilas, melindas
Shoe = sepatu
Picked = mengambil
Crumpled and dirty = kusut dan kotor
No matter = tidak peduli
Decrease = mengurangi
Value = nilai

Untuk dapat menceritakan kisah ini dengan baik maka anda harus benar-benar memahami bagaimana ceritanya. Dengan bantuan daftar kata bahasa Inggris dan artinya di atas maka hal itu akan menjadi lebih mudah. Sebagai bukti, mari kita baca dulu kisah selengkapnya di bawah ini.

Storytelling Inggris dan Arti
Storytelling dan artinya 

Isi dari cerita ini adalah cerita yang menceritakan tentang pembicara yang terkenal. Suatu ketika, pembiacara tersebut akan memulai seminar. Ia membuka seminar dengan memberikan tawaran uang sebesar $20.

Dengan lantangnya pembicara tersebut berkata kepada para audiens dan menawarinya siapa yang mau uang $20. Hingga para audiens merespon dengan begitu cepat dengan mengangkat tangannya ke udara.

Selanjutnya pembicara terkenal tersebut menggulung atau meremas-remas uang tersebut di tangannya hingga membuat uang $20 lusuh, kusut. Dia lantas bertanya lagi kepada para audiens siapa yang mau uang $20. Sama dengan yang pertama, para audien pun dengan cepat mengangkat tangan mereka ke atas.

Hingga pembicara terkenal selanjutnya menjatuhkan uang dilantai dan kemudian digiling atau diinjak-nya uang tersebut dengan sepatu. Dengan begitu cukup kuat pembicara terus menginjak-injak uang hingga lusuk dan kemudian mengambilnya kembali.

Kini dia menawarkan uang $20 kepada audiens kembali, dan respon yang baik masih terlihat dari para audiens. Sama dengan saat awal uang tersebut ditawarkan, ketika sudah sangat lusuh pun uang tersebut masih sama nilainya.

Artinya, meski sudah diremas-remas bahkan diinjak dengan sepatu sekalipun nilai uang tersebut sama sekali tidak berkurang, itulah sebabnya orang tetap menginginkannya.

Kini terlihat jelas kedudukan uang jauh lebih bernilai, meski uang tersebut sudah diinjak hingga lusuk nilainya tetap dan tidak berkurang.

***

Namun hanya sebuah nasehat untuk para pembaca agar memanfaatkan dan mencari uang dengan cara bijak dan tetap menanamkan sebuah pondasi dalam diri. Karena meski kedudukan uang bernilai tetapi uang bukanlah segalanya.

Di sisi lain, dalam hidup kita, sering sekali kita mengalami hal-hal yang sama dengan yang dialami oleh uang tersebut. Kita jatuh, kita merangkak bahkan kita juga masuk dalam kubangan lumpur penuh dosa dari tindakan yang kita lakukan.

Bahkan kita sering merasa bahwa kita sama sekali tidak berarti. Padahal, tidak perduli dengan apapun yang terjadi pada diri kita, kita tetap saja berharga dan tidak akan kehilangan nilai yaitu khsususnya untuk orang-orang yang mengasihi dan menyayangi kita.

Seorang anak tidak akan kehilangan nilainya dimata seorang ibu, meski ia berkali-kali jatuh dalam kubangan sekalipun. Begitulah, ingatlah, kita sangat berharga bagi orang-orang yang menyayangi kita. (Arif PW)