Saturday, January 28, 2017

Kumpulan Contoh Storytelling Singkat dan Mudah Dihafal

Bicara belajar bahasa Inggris didalamnya juga ada storytelling, sebuah aktivitas yang dapat memacu perkembangan kemampuan berbahasa Inggris. Story telling ini adalah aktivitas yang dapat dilakukan untuk memperlancar kemampuan berbicara di muka umum. Didalamnya banyak elemen yang mempengaruhinya.

storytelling singkat dan mudah dihafal

Kita tidak perlu membahas sampai pada pengertian storytelling adalah apa atau apa tetapi yang sekarang akan dibahas lebih jauh adalah berbagai materi yang dapat digunakan untuk kegiatan belajar tersebut. Berbicara mengenai aktivitas bercerita dalam bahasa inggris, kita tentu akan berbicara mengenai cerita atau kisah tertentu.

Kalau melihat dari definisi, storytelling ini memang sebuah teknik yang digunakan untuk menyampaikan sesuatu kepada orang lain, biasanya peserta didik atau anak-anak. Nah, yang menjadi inti dari kegiatan dalam storytelling adalah penyerapan informasi yang disampaikan.

Bagaimana dengan materi yang akan digunakan? Disebutkan bahwa teknik bercerita ini bertujuan untuk menyampaikan pesan-pesan yang ada dalam cerita, tentunya pesan yang baik. Maka dari itu materinya bisa disesuaikan, atau paling tidak dipilih dengan pertimbangan untuk bahan belajar.

Untuk para pelajar, khususnya yang sedang belajar bahasa Inggris, story telling ini dapat dijadikan ajang untuk berlatih kemampuan serta memperdalam kemampuan bahasa yang dimiliki. Dengan melakukan kegiatan semacam ini maka mau tidak mau kita akan mempelajari sebuah cerita untuk diceritakan dengan baik.

Inti ceritanya perlu dipelajari, demikian juga dengan bahasa yang digunakan. Nah, berkaitan dengan bahasa atau teks yang digunakan tersebutlah kita bisa menambah kemampuan berbahasa inggris. Dengan berlatih storytelling maka kita bisa menambah kosa kata. Selain itu juga dapat berlatih memperlancar pengucapan dan lain sebagainya.

Untuk kegiatan tersebut ada banyak pilihan materi cerita yang bisa digunakan. Di internet misalnya, banyak diberikan contoh-contoh cerita yang dapat digunakan dalam storytelling. Ada yang pendek dan sangat sederhana dan ada juga yang lebih panjang. Ada cerita yang untuk anak-anak dan ada juga yang mengambil tema remaja.

Memang, sebenarnya tidak sulit untuk menyiapkan dan memilih materi. Yang lebih sulit mungkin untuk mempelajari dan bercerita. Nah berikut, untuk yang membutuhkan sudah disiapkan beberapa contoh storytelling singkat yang bisa dipertimbangkan atau dipilih untuk disajikan, silahkan dipelajari.

1) Peter Pan
2) Edelweiss
3) The dog and the cows
4) Deer like to Borrow Flour
5) The blacksmith and his dog
6) The Man with the Coconuts
7) The Boy Who Became a Stone
8) Frozen In the kingdom of Arendelle
9) Naughty Pupils, the Principal and Owner of the Garden

Ya semua terkantung dengan yang akan melakukannya. Anda bisa memilih cerita yang dianggap cukup sederhana, ringan, penuh pesan moral dan dapat dibawakan dengan baik. Di atas ada sembilan judul cerita yang rata-rata cukup singkat untuk diceritakan kembali. Sebagai sarana belajar, beberapa cerita di atas cukup sesuai, apalagi untuk pemula.

Masalah tema atau isi cerita, anda juga dapat memilih yang sesuai dengan pemirsa atau pendengarnya. Bila ingin disajikan untuk adik-adik yang masih kecil, cerita binatang mungkin paling cocok untuk digunakan. Jika akan disampaikan untuk kalangan yang lebih dewasa, misalnya remaja, mungkin cerita rakyat yang berkaitan dengan kehidupan cinta dan asmara akan lebih menarik.

Bagi anda yang membutuhkan, anda bisa memilih dari daftar judul yang sudah ada di atas atau cerita lain yang akan diberikan dibagian bawah. Di bagian bawah juga sudah disiapkan beberapa cerita yang cukup menarik. Ada yang berkaitan dengan asal mula sesuatu, ada yang berkaitan dengan kisah cinta dan sebagainya.

Ada juga yang secara khusus memberikan pesan dan nilai-nilai luhur yang dapat dijadikan pembelajaran bagi generasi muda. Kalau belum mendapatkan cerita yang sesuai, anda bisa memilih dari tiga judul cerita storytelling yang sudah dipilihkan di bawah ini.

1) The Legend of Rawa Pening
Selain judul yang sudah disampaikan di atas, legenda rawa pening juga cukup bagus untuk disajikan sebagai bahan cerita. Dalam legenda ini ada pesan moral dan nilai-nilai luhur yang ingin disampaikan kepada pembaca. Dengan begitu pemirsa bisa mendapatkan inspirasi dan motivasi untuk menjadi orang yang lebih berbudi pekerti luhur.

Cerita rawa pening mengisahkan tentang sebuah asal mula danau. Dalam legenda tersebut disebutkan bahwa rawa pening terjadi karena sebuah bencana yang diakibatkan karena masyarakat yang tidak peduli terhadap sesama.

Ceritanya ada seorang anak yang sangat membutuhkan uluran tangan. Ia meminta bantuan kepada penduduk desa tetapi tidak ada yang sudi untuk membantu. Akhirnya ada seorang perempuan tua yang menolong anak tersebut.

Di desa tersebut, ketika ada anak-anak dan penduduk yang sedang bermain lomba mencabut lidi atau tongkat yang tertancap di tangan tidak ada yang bisa melakukannya. Adalah anak kecil tadi yang ternyata dengan mudah mencabut lidi yang tertancap di tanah.

Ternyata, bekas lubang lidi yang tertancap tersebut menyembur air yang sangat deras dan tidak berhenti hingga akhirnya menenggelamkan desa tersebut dengan seluruh warganya. Pesan dalam cerita ini tentu sangat bagus untuk disampaikan dimana manusia hendaknya saling tolong menolong kepada orang yang membutuhkan.

2) The Owl and the Nightingale
Cerita kedua ini akan mengajarkan kepada kita tentang pentingnya berhati-hati dan mempersiapkan diri dengan baik atas apa yang mungkin bisa terjadi kepada kita. Diceritakan dalam cerita tersebut ada seekor burung yang hanya berceloteh atau bernyanyi di malam hari, padahal sebelumnya hewan tersebut tidak begitu.

Rupanya burung tersebut belajar dari pengalaman bahwa ketika ia ditangkap oleh manusia ia sedang bernyanyi di siang hari. Meski sekarang ia sudah terkurung dalam sangkar tetapi ia berpikir bahwa sebaiknya ia bernyanyi di malam hari saja agar tidak ditangkap orang lagi.

Tentu saja hal yang dilakukan oleh burung tadi adalah hal bodoh dan sia-sia karena kenyataannya ia sudah berada dalam sangkar. Itu mengingatkan kepada kita untuk tetap waspada dan berhati – hati dalam setiap hal di hidup kita.

3) The Legend of Alpine Flower
Alpin flower ini adalah sebuah kisah menarik yang mengambil tema tentang asal mula terjadinya sesuatu. Dalam legenda ini dikisahkan bagaimana asal mula bunga Alpine bisa hidup di bumi. Dikisahkan dalam legenda ini dua mahluk saling mencintai harus berpisah karena kodrat yang berbeda.

Pada cerita legenda ini dikisahkan ada seorang pangeran yang sangat mengagumi rembulan. Ia pun bermimpi dan sangat ingin ke bulan. Impian itu terkabul dan ia mendapati bahwa sinar bulan yang indah tersebut berasal dari putri raja bulan. Pangeran dan putri pun saling jatuh cinta.

Karena dari dunia yang berbeda tentu saja mereka tak bisa bersatu dan akhirnya berpisah. Sebagai tanda cinta maka sang putri tadi memberikan sebuah bunga indah yang ada di bulan untuk dibawa oleh sang pangeran tadi. Begitulah kurang lebih, anda bisa membacanya sendiri cerita tersebut.

Bagaimana, cukup banyak cerita – cerita menarik yang bisa digunakan untuk story telling bukan? Nah, itu tadi hanya beberapa contoh saja, anda bisa mencari banyak lagi cerita storytelling lain yang bagus-bagus dan pendek.

Anda bisa mencarinya langsung dari kategori yang ada atau mencari cerita tertentu yang sesuai. Silahkan cari saja contoh storytelling pendek dan singkat yang kira-kira cukup mudah untuk dihafal dan dipelajari. Dengan begitu anda tidak akan mendapatkan kesulitan dalam belajar bahasa Inggris.