Friday, February 24, 2017

Cerita Asal Usul Buah Pisang dalam Bahas Inggris dan Terjemahan

Kalau menikmati cerita yang berkaitan dengan asal usul atau asal mula sesuatu biasanya cukup menarik. Ceritanya biasanya bagus-bagus dan sangat menghibur dan yang jelas ceritanya pendek dan singkat. Yang kali ini akan kita baca adalah sebuah kisah tentang buah pisang, tahu pisang bukan? Ya, dari cerita legenda-nya, kira-kira awal adanya buah itu seperti apa ya?

Pasti penasaran, makanya mumpung kita sedang belajar ya sekalian kita gunakan cerita ini sebagai bahan. Bagi yang paham dengan manfaat buah pisang baik itu untuk pria, diet atau kecantikan mungkin pernah bertanya dalam hati kok bisa ada buah yang memiliki kegunaan cukup penting.

Tapi jangan lupa ya, ini adalah sebuah cerita legenda yang tentu saja kebenarannya tidak dapat diuji. Ya, meski banyak yang tahu apa saja manfaat makan pisang tersebut. Ya paling tidak cerita-cerita seperti ini bisa menjadi hiburan kita yang terjebak di rumah dan tidak bisa kemana-mana.

Bagus kok, jangan mengatakan tidak dulu, cerita ini masuk dalam kategori layak untuk dibaca dengan beberapa tujuan tersebut. Nah, yang akan kita nikmati disini adalah sebuah teks cerita legenda dalam bahasa Inggris. Jadi intinya adalah untuk belajar. Yuk, yang mau ikutan kita mulai dari kosa kata ini saja!

Girl = gadis
Tall = tinggi
Black eyes = mata hitam
Long shining hair = rambut panjang yang bersinar
Colour = warna
Skin = kulit
Morning = pagi
Firewood = kayu bakar
Young man = pemuda, pria muda
Hunter = pemburu
Handsome = ganteng
Liked = menyukai
Too = juga
Never = tidak pernah
Asked = meminta
Became = menjadi
Wife = istri
Unhappy = tak bahagia
Together = bersama
Surprised = terkejut
Behind = di belakang
Of course = tentu
Buried = mengubur
Garden = kebun
Strange plant = tanaman aneh
Appeared = muncul
First = pertama
Banana = pisang

Tahu tidak, cerita ini sebenarnya masih berkaitan dengan kisah cinta dua orang yang berasal dari alam yang berbeda. Kalau tidak salah cerita semacam ini juga ada pada cerita The Legend of Alpine Flower. Ya benar, seperti legenda asal mula bunga Alpine. Sudah baca kan, kalau belum silahkan baca Contoh Legenda Bahasa Inggris tentang Bunga.

Sedikit berbeda, pada legenda ini dikisahkan ada seorang gadis cantik yang tinggal sendiri. Gadis tersebut cukup cantik, badannya tinggi, matanya hitam dan rambutnya pun berkilauan. Ceritanya nih ya, suatu hari sang gadis mencari kayu bakar di hutan dekat dengan rumahnya.

Pada saat sedang bekerja mencari kayu tersebut ia bertemu dengan seorang pemuda tampan. Kelihatannya pemuda yang ia temui itu adalah pemburu, badannya tinggi, tampan tetapi sangat rapi.

Di sekitar tempat tinggalnya itu tidak ada yang tahu tentang siapa pemuda tersebut dan dari mana asalnya. Singkat cerita, mereka pun akhirnya kenal dan saling akrab. Layaknya dua remaja, mereka pun akhirnya saling jatuh cinta satu sama lain.

Dalam hati sang gadis tadi, ia sempat berpikir apakah pemuda yang telah menjadi temannya itu adalah roh dari langit. Tetapi ia sama sekali tidak tahu. Hari berganti hari, waktu berlalu mereka pun menjadi semakin dekat.

Semakin lama mereka semakin dekat, namun begitu sang pemuda tadi tidak juga kunjung melamar atau meminta teman wanitanya itu untuk menikah dengannya. Hal itu tentu membuat hati sang gadis sedih dan bertanya-tanya.

Sampai akhirnya sang gadis pun mengatakan bahwa sebenarnya mereka berdua bisa hidup bahagia bersama. Saat itulah, akhirnya sang pemuda membuka jati diri yang sebenarnya. Ia pun kemudian mengatakan bahwa sebenarnya ia berasal dari langit dan tidak mungkin menikah dengan manusia.

Apa yang dikatakannya tentu saja membuat gadis tersebut terkejut dan tidak percaya. Bagaimana mungkin, padahal saat itu sang gadis sudah sangat mencintai pria itu. Pria itu pun mengatakan bahwa ia harus kembali ke langit. Sang gadis pun tak bisa berkata apa-apa, ia hanya mampu menggenggam erat tangan kekasihnya tersebut, erat sangat erat.

Sampai tiba-tiba sebuah cahaya yang menyilaukan merenggut pemuda tadi dari tangan gadis tersebut. Tetapi, karena sang gadis tadi sangat erat menggenggam tangan pemuda tersebut, akhirnya tangan pemuda tersebut pun tertinggal di genggamannya.

Jelas ia pun sangat takut, ia kemudian berlari pulang ke rumah dan menguburkan tangan pemuda itu di kebunnya. Selang beberapa waktu, di tempat ia menguburkan tangan tersebut tumbuhlah sebuah tanaman yang aneh dan asing.

Ia belum pernah melihat tanaman seperti itu sebelumnya. Tanaman itu tumbuh begitu cepat dan akhirnya mengeluarkan buah. Buahnya kuning, berbentuk tangan lengkap dengan jari jemari. Itulah pisang pertama yang ada di bumi.

Ya ada keren-nya, ada lucunya dan ada kisah romantisnya, benar tidak? Ya itu tadi gambaran dari kisah dongeng kali ini. agar lebih jelas mengenai detail alurnya silahkan baca cerita dalam bahasa inggris dan terjemahannya di bawah ini.

Asal Usul Buah Pisang Bahas Inggris dan Terjemahan
Membaca dongeng-dongeng seperti ini memang cukup asyik. Selain bisa mendapatkan cerita menarik kita juga bisa mendapatkan pelajaran dan pesan moral yang tersembunyi dalam kisah tersebut. Dalam cerita ini misalnya, pesan moralnya antara lain tentang kodrat manusia yang sudah disiapkan pasangan dari bangsa manusia sendiri, bukan bangsa lain.

Ini juga mengingatkan kepada kita tentang sesuatu diluar batas kemampuan kita yang memang sudah harus diterima, mau tidak mau atau suka tidak suka. Sebut saja misalnya mengenai jodoh, sudah ada jalannya sendiri, buktinya meski saling cinta manusia juga kadang belum tentu berjodoh, benar tidak?