Wednesday, February 8, 2017

Cerita Bahasa Inggris Berbuat Baik dan Arti

Masih dengan cerita bahasa Inggris dan artinya, kali ini kita akan berbicara tentang kebaikan seorang anak perempuan yang meski masih belia sudah bisa berbuat baik. Ya, cerita kali ini memiliki nilai luhur yang bisa dijadikan bahan renungan bagi pembaca semua. Berbuat baik itu tidak mengenal usia, bahkan dari kecil seharusnya sudah dibiasakan untuk menebarkan kebaikan.

Kisah yang disuguhkan dalam cerita bahasa Inggris berikut ini bisa menjadi inspirasi sekaligus contoh baik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, teks cerita tersebut juga bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar dan menambah kosa kata bahasa Inggris. Jadi, membaca kisah tersebut sama saja bermain sambil belajar.

Cerita tentang berbuat baik tersebut berjudul “young merit”. Sudah tahu artinya apa? Ya, kata young artinya muda atau usia muda sedangkan kata merit artinya kebaikan. Jadi secara umum, arti judul tersebut kurang lebih “berbuat baik di masa muda”. Gambarannya seperti apa ya kisah tersebut?

Kalau dari judulnya sih, kisah tersebut akan berkaitan dengan seorang anak yang suka berbuat baik. Tapi apa hebatnya, apa untungnya dan apa unik-nya hal seperti itu coba? Tentu saja, kisah tersebut bisa membuka mata kita semua bahwa kebaikan pasti akan mendapatkan balasan kebaikan.

Jadi tambah penasaran saja, benar tidak? Tapi sabar, sebelum kita sampai pada kisah yang dimaksud ada baiknya kita baca dulu sekilas beberapa kosa kata di bawah ini. Berikut sudah disiapkan daftar kata sulit yang ada dalam teks cerita yang akan kita nikmati. Silahkan dibaca lebih dulu.

At the age of ten = di usia 10 tahun
Staring at = menatap ke arah
Feeble = lemah
Leaning = bersandar
Needed her help = memerlukan bantuannya
Unsure = tak yakin
A place = suatu tempat
Parents = orang tua
Passed away = meninggal
Medical treatment = perawatan medis
Lost = kehilangan
Accident = kecelakaan
Donated = mendonasikan
Received his corneas = menerima kornea matanya
Whispered = berbisik
Respected = menghormati

Belajar bahasa Inggris dengan cerita itu sangat menyenangkan, contohnya disini. Sudah disiapkan ceritanya, diberikan daftar kosa kata sulit dan diterangkan juga mengenai terjemahan dan artinya sekaligus, kurang apa coba? Makanya, tidak usah ada alasan lagi untuk malas. Sekarang kita baca dulu cerita tersebut.

cerpen bahasa inggris dan artinya tentang kebaikan

Sepuluh tahun adalah usia yang masih sangat muda, sangat belia namun tokoh yang diangkat dalam cerita di atas cukup mengagumkan. Bayangkan saja, dengan ikhlas ia membantu orang tua yang sangat membutuhkan.

Diceritakan, seorang anak kecil, perempuan kecil yang masih belia memiliki jiwa yang sangat baik. Suatu hari, ada seorang kakek-kakek yang sudah renta membutuhkan bantuan. Sang kakek tadi terlihat begitu lemah. Ia berdiri dengan mengandalkan tongkat yang menyangga tubuhnya. Saat itu ia sedang mencari sesuatu.

Sang anak tadi melihatnya. Kakek tua tadi sangat memprihatinkan, dan saat itu ia sangat membutuhkan bantuan. Melihat sang kakek, anak kecil itu pun menawarkan diri untuk membantunya, “apakah kakek membutuhkan bantuan?”

Setelah membantu sang kakek duduk di kursi, gadis kecil tadi pun bingung dan tidak tahu apa yang harus ia lakukan. Sang kakek tertunduk, memejamkan mata. Beberapa saat kemudian ia berkata, “apa kamu tahu dimana tempat yang bisa kakek tinggali di kota ini, kakek sakit dan perlu berobat, kakek dari luar kota.”

Dengan sigap sang anak tadi pun menjawab, “di rumah masih ada kamar kosong, orang tuaku pasti mengizinkan kakek tinggal”, jawabnya. Sang kakek tersenyum. Kemudian anak kecil tadi pun mengajak sang kakek pulang dan tinggal di rumahnya.

Waktu berlalu, di tahun yang sama, si anak kecil tadi mengalami kecelakaan mobil. Parahnya, anak kecil tadi kehilangan penglihatannya karena kecelakaan tersebut. Di saat yang bersamaan, sang kakek yang tadinya ia tolong pun meninggal.

Setelah kejadian itu, ia dan orang tuanya pun pindah untuk mendapatkan pengobatan. Pada proses pengobatan, sang gadis tersebut pun menunggu donor untuk pengobatan mata-nya. Kemudian ia mendapat kabar ada seorang kakek tua yang mendonorkan tubuhnya untuk ilmu pengetahuan.

Sang kakek yang dimaksud adalah kakek yang sama dengan kakek yang telah ditolongnya waktu itu. Ia pun akhirnya mendapatkan donor mata dari sang kakek dan akhirnya bisa melihat kembali. Sungguh sebuah hadiah yang sangat berharga untuk gadis yang tulus memberikan pertolongan padanya.

Itulah tadi sebuah contoh cerita bahasa Inggris yang cukup singkat dan menarik. Cerita tersebut bisa dijadikan bahan belajar sekaligus bahan hiburan. Dari teks-nya, cerita di atas bisa digunakan untuk belajar di sekolah. Dari pesan moral yang ada didalamnya, kisahnya bisa diteladani menjadi inspirasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik.