Friday, February 17, 2017

Cerita Bahasa Inggris Kehidupan Sehari-Hari

Banyak kejadian di kehidupan sehari-hari yang unik dan lucu. Nah, cerita bahasa inggris berikut ini adalah sebuah contoh cerita rakyat yang mengangkat satu kejadian yang biasa terjadi dalam kehidupan manusia. Ada lucu-nya, ada seriusnya dan ada juga makna serta pesan moral yang terkandung didalamnya.

Kalau dalam bahasa Indonesia, bisa juga cerita ini kita sebut dengan cerita lucu singkat tetapi ini adalah sebuah kisah turun temurun yang diceritakan dari orang tua ke anak. Kita bahas langsung dari judulnya. Cerita ini berjudul “the man with the coconuts”. Kata man artinya pria atau seorang laki-laki dewasa, kata with artinya dengan, dan kata coconuts artinya buah kelapa.

Kalau diartikan, judul cerita ini dalam bahasa Indonesia yaitu seorang laki-laki dengan buah kelapa. Apa yang terjadi dalam kisah ini ya, apa mungkin tentang pemetik kelapa, atau mungkin petani kelapa? Ya kalau dilihat dari judulnya sih, cerita ini akan berhubungan dengan hal-hal seperti itu.

Sebelum kita ke inti ceritanya, akan kita bahas sedikit mengenai fungsi dan kegunaan atau keuntungan membaca kisah ini. Seperti juga cerita moral lain, cerita berikut ini juga memiliki pesan moral yang sangat baik untuk direnungkan dan diterapkan di kehidupan sehari-hari. Dalam kisah ini ada sebuah nasehat berharga dimana dalam melakukan kegiatan sebaiknya kita pandai dan bersabar.

Ada dua hal yang jelas bisa direnungkan dari kisah yang diangkat. Pertama, dalam bekerja atau melakukan kegiatan sebaiknya kita harus bersabar. Sering kali kita dalam mengerjakan sesuatu ingin cepat selesai dan cepat beres dan karena itulah justru pekerjaan kita menjadi lebih lama dan tidak selesai-selesai.

Dari cerita, bisa dilihat bahwa tergesa-gesa atau buru-buru dalam mengerjakan sesuatu hanya akan berakhir tidak baik dan tidak sesuai dengan harapan. Ingat ya, cepat itu bukan berarti harus terburu-buru, benar tidak? Ya, anda bisa buktikan sendiri bahwa tergesa-gesa tidak akan baik dilakukan oleh siapapun dalam kondisi apapun.

Hal kedua yang bisa direnungkan adalah tentang kepandaian atau keahlian dalam melakukan suatu perbuatan. Dalam mengerjakan sesuatu atau pekerjaan hendaknya kita memang harus ahli atau mengetahui dengan baik apa yang sedang kita kerjakan. Dengan menguasai apa yang sedang dikerjakan maka kita dapat menghindari hal buruk yang bisa terjadi karena kesalahan sendiri.

Dua hal tersebut begitu jelas terlihat dalam cerita bahasa inggris singkat berikut. Tentu saja kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran berharga darinya. Lalu, ceritanya sebenarnya seperti apa sih kok sepertinya menarik benar? Sebelum kita ke ceritanya, kita baca juga beberapa kosa kata yang sudah disiapkan berikut.

One day = suatu hari
Man = laki-laki, pria
Gather = mengumpulkan
Loaded = memuat
Horse = kuda
Heavily = dengan berat, penuh sekali
Fruit = buah
On the way = di perjalanan
Home = rumah
Met = bertemu
Asked = bertanya
How long = seberapa lama
Reach the house = sampai rumah
Slowly = dengan pelan
Soon = segera
Fast = cepat
All day = seharian
Believe = percaya
Strange = aneh
Hurried = mempercepat
Fell off = jatuh
Pick them up = mengambilnya
Again = lagi

Dalam cerita yang sangat singkat ini, dikisahkan ada seorang pria yang baru saja memanen kelapa dari kebun. Ia mengangkut kelapa yang ia panen tersebut dengan bantuan seekor kuda. Ia memenuhi kuda tersebut dengan seluruh buah kelapa yang ada. Sang kuda pun penuh dengan muatan dan tidak dapat berjalan dengan leluasa.

Dalam perjalanan pulang ke rumah, pria tadi bertemu dengan seorang anak laki-laki. Ia pun bertanya kepada anak laki-laki yang ia temui, kapan ia bisa sampai ke rumah. Rupa-rupanya, anak lelaki tersebut cukup pandai dan bijak sana.

Mengetahui sang kuda dengan muatan yang banyak, ia pun menjawab pertanyaan pria tadi dengan bijaksana, “kalau anda jalan pelan-pelan maka anda akan cepat sampai ke rumah, tuan. Tetapi kalau anda jalannya cepat-cepat maka anda justru bisa sampai rumah sampai sore menjelang”.

“Aneh, orang ingin cepat sampai ke rumah justru di suruh jalan pelan-pelan”, pria itu pun tidak percaya dengan apa yang diucapkan anak kecil tadi. Menurutnya apa yang disampaikan anak yang ia temui tadi tidak masuk akal.

Setelah itu, sang lelaki tadi pun mempercepat lanju kuda-nya agar bisa cepat sampai rumah. diluar dugaan, ketika kuda dipacu lebih cepat, kepala yang dibawa di atasnya pun berjatuhan. Dengan tidak sabar, pria itu pun memungut kepala yang jatuh dan meletakkan kembali di atas punggung kuda.

Setelah itu Ia pun semakin mempercepat langkah, memacu kudanya lebih cepat. Hal yang sama pun terjadi berkali-kali, semakin cepat kuda itu berjalan maka semakin banyak kelapa bawaannya jatuh. Berkali-kali hal itu terjadi hingga akhirnya ia pun sampai rumah sudah larut malam.

Bagaimana, bagus bukan ceritanya? Ya, benar bahwa ada hikmah, nasehat dan pelajaran yang dapat dipetik dari kisah tersebut. Karena semua sudah dibahas secara lengkap maka sekarang giliran anda membaca sendiri cerita bhs inggris tersebut, berikut selengkapnya.

Cerita Kehidupan Sehari-Hari

Ternyata eh ternyata, ceritanya sangat pendek, lima menit saja sudah selesai di baca. Tapi yang terpenting inti atau makna-nya bagus, selain itu bisa untuk belajar bahasa inggris juga, jadi tidak rugi. Tapi jangan lupa ya, masih ada banyak kisah menarik lain di situs ceritabahasainggris.com ini, anda bisa membaca yang sesuai keinginan.

Disini secara khusus akan membahas berbagai kisah menarik yang bisa digunakan untuk cepat belajar bahasa Inggris. Ada cerpen, dongeng, hikayat, artikel dan banyak lagi lainnya. Anda bisa mencarinya sesuai kategori, atau bisa menggunakan penelusuran situs. Ya sudah, itu saja ya pembahasan kita kali ini.