Saturday, February 18, 2017

Cerita Bahasa Inggris tentang Kerbau dan Terjemahannya

Cerita yang berkaitan dengan binatang memang banyak sekali dan bagus-bagus. Salah satunya adalah ceria tentang kerbau dalam bahasa inggris. Cerita ini merupakan salah satu cerita yang banyak digemari dan sangat menghibur. Teks-nya singkat dan mudah dipahami, pesan moralnya pun cukup bagus untuk diteladani.

Lebih jelasnya, kisah yang akan kita baca kali ini adalah tentang kerbau dan kerang. Kerang, tahu kan kerang? Ya, pokoknya bagus deh, ini berkaitan dengan sebuah kejadian yang berakhir teragis antara kedua hewan tersebut. Mau tahu cerita sebenarnya seperti apa, penasaran apa yang sebenarnya terjadi diantara dua hewan tersebut?

Ya, sebelum kita membahas lebih jauh kita akan membahas mengenai teks cerita itu dulu. Teks cerita ini tidak lebih dari 500 kata, sekitar setengah lembar kertas saja. Dengan cerita ini anda semua bisa belajar bahasa Inggris sekaligus menikmati kisah menarik yang sarat akan pesan moral.

Untuk kegiatan belajar, berikut sudah disiapkan daftar kosa kata bahasa Inggris yang bisa dipelajari dari cerita rakyat berikut.  Kosa kata tersebut merupakan daftar kata sulit yang sengaja diseleksi untuk dihafalkan, khususnya bagi yang belum tahu dengan kata baru tersebut. Sebelum anda membaca ceritanya mari kita baca dulu daftar kata di bawah ini.

Very hot day = hari yang sangat panas
Carabao = kerbau
Went into = pergi kedalam
River = sungai
Bathe = mandi
Shell = kerang
Talking = bercakap-cakap
Together = bersama
Very slow = sangat lamban
Beat = memukul, mengalahkan
Race = lomba lari
Try and see = coba dan lihat
Bank = pinggir sungai
Run = lari
Long distance = jarak jauh
Called = memanggil
Another = lainnya, yang lain
The same = yang sama
Again = lagi
Surprised = terkejut
Every time = setiap kali
Answered = menjawab
Determined = memutuskan
Dropped = jatuh
Dead = mati

Nah, setelah melihat daftar kata di atas sekarang kita bahas isi ceritanya sedikit. Kita bahas dari judulnya, The Carabao and the Shell adalah cerita yang sangat menarik. Carabao artinya kerbau, kata and artinya “dan” sedangkan kata “shell” artinya kerang. Jadi cerita ini adalah cerita tentang kerbau dan kerang.

Dari inti cerita, cerita bhs inggris ini mirip dengan cerita kancil dan siput. Ceritanya, dua binatang tersebut juga mengadakan perlombaan dalam rangka menentukan siapa yang lebih cepat dari mereka. Berbeda dengan yang dialami sang kancil, pada cerita ini akhir ceritanya cukup mengerikan.

Di kisahnya, pada suatu hari yang sangat terik, seperti biasa seekor kerbau menuju ke sebuah sungai. Ia pergi ke sungai untuk berendam. Sesampainya di sungai ia langsung menenggelamkan tubuhnya di air sungai yang sejuk. Disana, ketika sang kerbau tadi sedang mandi, ia bertemu dengan kerang.

Seolah seperti manusia, keduanya pun terlibat percakapan yang hangat. Awalnya percakapan berjalan seperti apa adanya, sampai akhirnya sang kerbau berkata yang sedikit menyinggung hati si kerang, “kamu itu sangat lemot kerang”, ucap kerbau.

Dikatakan lambat, sang kerang tadi pun tidak terima. Ia tidak terima bukan karena ia merasa cepat dan gesit tetapi karena sang kerbau mengatakan seperti itu dengan jumawa dan sombong. Ia pun menjawab, “Oh, kata siapa aku lambat, bahkan aku bisa mengalahkan kamu kalau lomba lari”, ucap kerang tadi.

Mendengar jawaban tersebut, sang kerbau yang sombong itu pun merasa tertantang. Ia pun kemudian berkata, “Oh iya, kalau begitu coba kita lihat, mari bertanding!”.

Tak lama mereka pun langsung berlomba. Kerbau berlari mendahului sang kerang. Ia berlari dengan kencang sampai jauh. Setelah merasa berlari begitu jauh, ia pun berhenti dan memanggil kerang untuk memastikan bahwa si kerang tidak dapat menyusulnya.

“Kerang…!”, teriak sang kerbau. “Iya, aku disini…!”, sebuah jawaban begitu mengejutkan sang kerbau. Bagaimana mungkin kerang bisa menyusulku, pikir kerbau heran. Sang kerbau tidak tahu bahwa yang menjawab panggilannya tadi adalah kerang lain dan bukan kerang yang sedang berlomba dengannya.

Ia pun kembali berlari dengan kencang. Ia berlari dan terus berlari di tepian sungai. Setelah jauh ia kembali berhenti dan memanggil kerang lagi. Jawaban yang sama pun ia terima. Saat itu ia pun masih berpikir bahwa kerang yang menjawabnya tadi adalah kerang yang sama dengan yang lomba dengannya.

Begitulah berkali-kali ia berlari dan berhenti serta memanggil kerang dan mendapatkan jawaban yang sama. Tekad-nya pun sudah bulat, ia harus menang dan tidak boleh dikalahkan oleh kerang yang sangat lambat.

Ia pun berlari, berlari dan terus berlari sampai akhirnya ia jatuh tak bernyawa. Tragis, berbekal kesombongan dan menganggap rendah hewan lain, sang kerbau pun meregang nyawa dengan cara yang mengenaskan.

Sungguh kisah yang menarik dan penuh makna bukan? Ya setidaknya ada pelajaran dan hikmah yang bisa dipetik dari kisah tersebut. Ada peringatan yang keras bahwa kita tidak boleh sombong dan menganggap rendah orang lain. Agar lebih jelas silahkan anda baca teks bahasa Inggris cerita tersebut di bawah ini.

Cerita Kerbau dan Terjemahannya
Untuk adik-adik pelajar, cerita binatang dalam bahasa Inggris di atas memang cukup menarik dan bagus untuk dibaca. Apalagi bahasa yang digunakan sederhana dan mudah dipahami. Oh iya, jika masih ada yang ingin membaca kisah lainnya silahkan lihat dibagian bawah. Untuk cerita yang seperti ini sudah ada beberapa judul lain yang disiapkan.

Anda juga bisa mencari cerita lain di situs ceritabahasainggris.com ini. Anda bisa mencari cerpen, drama, fabel, tale dan lain sebagainya. Silahkan gunakan kotak pencarian untuk mendapatkan cerita yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Itu saja kali ini, sampai bertemu pada cerita selanjutnya.