Friday, February 17, 2017

Cerita Bahasa Inggris Singkat tentang Kejujuran

Bosan kalau kita membaca cerita dalam bahasa Inggris yang itu-itu saja, benar tidak? Apalagi jika tema yang dibahas setiap hari tentang cerita binatang atau dongeng. Sekali-kali kita kan bisa menikmati karya lain yang kisah-nya lebih menarik, iya kan? Ya, kali ini tema kejujuran, tapi kisahnya beda dari yang sudah pernah kita baca.

Kejujuran adalah sebuah hal yang mudah untuk diucapkan tetapi “katanya” cukup sulit untuk diterapkan. Kalau tidak biasa jujur maka bukan hanya sulit tetapi sangat sulit. Lain hal-nya jika orang sudah terbiasa dari kecil melakukan segala sesuatunya dengan jujur, sama sekali tidak sulit.

Pada cerita singkat dalam bahasa Inggris kali ini kita akan melihat sebuah perilaku yang benar-benar tidak terpuji bahkan sangat memalukan. Bisa dibayangkan jika seseorang yang dengan pekerjaan mulia yang dimiliki-nya ternyata memiliki sifat dan sikap culas dan tidak jujur. Sebut saja misalnya dokter atau pilot, profesi yang cukup dipandang namun tetap saja ada oknum yang kurang baik.

Tapi nyatanya, dalam hidup ini siapa saja memang bisa melakukan sifat buruk, bahkan orang berpendidikan yang dianggap lebih bermartabat sekalipun. Dalam cerita berikut akan jelas bahwa sikap seperti itu hanya akan merugikan diri sendiri. Awalnya sifat seperti itu terlihat manis, namun akhirnya pahit.

Kisah ini sendiri berjudul “The Dishonest Doctor”. Kata dishonest itu berasal dari kata honest yang artinya jujur, jadi dishonest artinya tidak jujur. Kata doctor terjemahannya adalah dokter, jadi judul tersebut bisa diartikan ke bahasa Indonesia yaitu “dokter yang tidak jujur’. Seru ya kalau melihat judulnya?

Karena menggunakan bahasa Inggris maka tidak semua pembaca bisa dengan mudah memahami alur ceritanya. Oleh karena itu, khusus untuk yang membutuhkan, sudah disediakan bantuan berupa daftar kosa kata bahasa Inggris yang sudah dilengkapi dengan artinya sekaligus. Sebelum ke cerita, silahkan pelajari beberapa kosa kata di bawah ini.

Old lady = wanita tua
Lost = kehilangan
Eyesight = pandangan
Blind = buta
Doctor = dokter
Pay = membayar
Big amount = jumlah besar
Cured = menyembuhkan
Daily = setiap hari
Treatment = pengobatan
Stealing = mencuri
Furniture = perabotan
Valu­able things = barang berharga
Delayed = menunda
Removed = memindahkan
Demanded = meminta
Fee = ongkos, bayaran
Refused to pay = menolak membayar
Case = kasus
Court = pengadilan
Judge = hakim
Very clever = sangat pandai
Understood = memahami
Punished = menghukum

Kalau daftar kata di atas benar-benar dipelajari dan dipahami maka kita sudah bisa mendapatka gambaran mengenai alur cerita yang akan kita baca. Karena daftar tersebut memang diambil secara urut dari teks yang akan kita baca. Sekarang, menghilangkan rasa penasaran kita, mari kita nikmati kisah menarik tersebut.

cerita bahasa inggris singkat kejujuran

Dari teks di atas bisa kita ketahui bahwa kisah ini menceritakan tentang seorang dokter yang berlaku culas atau tidak jujur kepada pasien-nya. Ya, mengerikan memang, untung saja ia tidak mencurangi pasien mengenai pengobatan yang dilakukan, coba kalau begitu bisa berabe urusannya kan.

Di cerita di atas di kisahkan ada seorang dokter yang sedang menangani seorang pasien mata yang mengalami kebutaan. Di ceritakan, ada seorang perempuan tua yang kehilangan penglihatan. Ia tidak bisa melihat dan menjadi buta.

Wanita tua tersebut kemudian mencari dokter untuk mengobatinya. Ia menelepon seorang dokter spesial untuk menyembuhkan kebutaan yang diderita. Ia menghubungi seorang dokter, ia pun bersedia membayar mahal yang penting mata-nya sembuh seratus persen. Tetapi sebaliknya, sang dokter tidak akan dibayar sepeserpun jika matanya tidak sembuh.

Dokter yang ia hubungi setuju. Setelah setuju dengan perjanjian tersebut sang dokter pun mulai melakukan pengobatan. Ia datang ke rumah perempuan tersebut setiap hari untuk mengobatinya. Tetapi, bukannya melakukan pengobatan dengan baik ia justru mulai mencuri perabotan rumah milik wanita tersebut.

Semua benda berharga, satu persatu perabot rumah ia curi setiap harinya. Ia sengaja menunda pengobatan mata pada pasien-nya agar dapat mengambil benda berharga yang ada di rumah pasien tersebut.

Waktu berjalan, dokter terus menjalankan perbuatan buruk-nya. Sampai akhirnya semua mebel atau perabotan berharga terkuras. Karena isi rumah telah habis, ia kemudian mengobati mata perempuan tersebut. Setelah itu ia pun meminta wanita tersebut membayar biaya pengobatan yang telah ia lakukan.

Melihat perabot rumah-nya hilang, wanita tua itu – yang sebenarnya matanya sudah bisa melihat kembali – tidak mau membayar biaya pengobatan. Ia mengatakan bahwa mata-nya belum sembuh dengan sempurna.

Yakin pasien-nya sudah sembuh dan tidak mau membayar biaya pengobatan maka sang dokter pun tidak terima dengan alasan wanita tadi dan membawa kasus tersebut ke pengadilan. Di pengadilan, sang hakim pun bertanya pada wanita tua itu kenapa ia tidak mau membayar pengobatan yang telah dilakukan.

Ia pun menjawab, “mataku belum sembuh benar, jadi aku tidak mau membayar pengobatan seperti perjanjian kami. Buktinya, aku belum bisa melihat perabot rumah tangga yang ada di rumahku”, ucapnya.

Hakim yang pintar pun mengetahui apa sebenarnya yang disampaikan oleh wanita tua tersebut. Ia kemudian menghukum sang dokter yang tidak jujur dan telah mencuri perabot pasien yang ia tangani-nya tersebut.

***

Kalau dilihat lebih jauh, pesan moral dari cerita bahasa Inggris singkat tersebut yaitu ketidakjujuran tidak pernah menang. Ya, bisa dilihat bahkan seorang dokter yang sebenarnya telah sukses dalam mengobati pasien-nya pun menanggung kekalahan akibat kecurangan yang ia lakukan.

Kalau kejadiannya seperti itu sebenarnya bisa saja sang dokter justru mendapatkan hukuman yang jauh lebih berat atau lebih besar dari nilai barang yang telah ia curi, benar tidak? Ya, maka dari itu mulai detik ini juga berlakulah jujur. Kejujuran memiliki nilai positif yang baik dan akan membuat kita mendapatkan kebaikan.

Ya sudah, itu satu cerita yang telah kita bahas bersama. Setelah ini silahkan lanjut ke cerita-cerita lain yang sudah disiapkan dibagian bawah. Masih ada banyak kisah cerita lain yang menarik untuk dibaca dan untuk bahan belajar. Silahkan dicari mana yang sesuai keinginan, semoga berkenan, salam.