Thursday, February 16, 2017

Cerita Bahasa Inggris Singkat Persahabatan

Ada yang mencari cerita singkat (pendek) yang ditulis dalam bahasa Inggris? Tenang, kalau anda sedang mencari teks cerita seperti itu disinilah tempatnya. Di situs ceritabahasainggris.com ini kalian akan mendapatkan banyak sekali kisah cerita menarik yang dibahas tuntas. 

Bukan hanya masalah arti dan terjemahan tetapi juga mengenai pesan moral dan nilai-nilai luhur yang bisa dipetik dari cerita tersebut. Kalau cerita yang satu ini adalah sebuah cerita yang memiliki tema tentang persahabatan. 

Ya, cerita tentang dua orang sahabat karib yang tentu saja cukup menarik untuk diikuti. Apalagi ceritanya cukup pendek dan bisa selesai dalam beberapa menit saja kalau dibaca. Kalau ditulis, ceritanya paling-paling tidak lebih dari 1 halaman kertas folio.

Eh, jangan salah loh, teks seperti ini yang bagus dan mudah untuk dipelajari bagi rekan semua yang sedang belajar bahasa Inggris. Karena, cerita ini kurang lebih hanya 300 kata saja, jadi sang mudah untuk digunakan menjadi bahan belajar. Jadi bagi rekan semua tidak perlu pusing mencari ke tempat lain.

Cerita yang akan kita baca kali ini memiliki pesan moral yang cukup baik yaitu tentang sahabat dan persahabatan. Pesan moralnya antara lain hendak-nya kita bisa berhati-hati dengan teman yang bukan teman. Ingat, teman adalah saling berbagi, saling memberi, menolong dan sebagainya, bukan sebaliknya

1) Teks cerita bahasa Inggris friends and bear

Ada dua bagian yang bisa digunakan. Pertama, teks cerita bisa digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Inggris. Dari teks (text) tersebut pembaca bisa belajar tata bahasa grammar, belajar vocabulary, spelling dan lain sebagainya. Apalagi kalau kita kreatif, kita bisa mendapatkan banyak manfaat dengan ceritanya.

Teks yang kita baca pun demikian. Teks ini bisa dimanfaatkan sebagai tambahan referensi dan media pembelajaran. Rekan semua yang sedang belajar tentu sangat disarankan untuk banyak membaca teks-teks yang ditulis dalam bahasa Inggris. Selain untuk membiasakan diri juga untuk menambah unsur kebahasaan.

Sebagai pelengkap untuk teks yang akan dibagikan, berikut juga sudah disiapkan juga beberapa kosa kata sulit yang bisa dipelajari lebih jauh. Daftar kosa kata di bawah ini bisa dimanfaatkan untuk menambah “vocab” yang dikuasai. Bagi yang ingin pintar, silahkan pelajari dulu kosa kata bahasa Inggris di bawah ini.

There were = ada
Fast friends = sahabat karib
Names = nama
Journey = perjalanan
Promised = berjanji
Each other = satu sama lain
Trouble = masalah
Lay = membentang
Through = melalui
Passing through = melalui, melewati
Bear = beruang
Frightened = takut
A deadly sight = pemandangan mematikan
Nearby = dekat
Unaware = tak sadar, tidak menyadari
How to climb up a tree = cara memanjat pohon
Wise and intelligent = bijak dan pandai
Touch = menyentuh, mengganggu
The dead = orang mati
Held his breath = menahan nafas-nya
Sniffed = mengendus, mencium
Went away = pergi
Whispered = dibisikkan
Ear = telinga
Advised = menasehati
Beware = berhati-hati
False = bohong, palsu, tidak benar

Setidaknya ada sekitar 27 kosa kata baru yang bisa dipelajari lebih jauh. Tapi tidak perlu takut karena kosa kata tersebut sudah dilengkapi dengan arti atau terjemahannya sekaligus. Jadi tidak perlu repot dan pusing menebak-nebak apa maksud-nya. Kalau sudah mempelajari vocab tersebut silahkan ke ceritanya langsung di bawah ini.

cerita persahabatan dalam bahasa inggris

Ada yang terkejut? Ya tidak apa-apa, memang kisah cerita ini sangat singkat. Dan lagi, dalam teks di atas sudah dilengkapi juga dengan terjemahannya sekaligus, lumayan menarik bukan? Ya dong, namanya belajar sambil bermain kan memang asyik. Ya sudah, kita lanjut ke penjelasan isi dan nilai moralnya sekaligus.

2) Penjelasan cerita friends and the bear

Sudah singkat menarik pula, benar memang. Cerita berjudul “Two Friends and the Bear” di atas memang cukup banyak diminati kalangan pembaca. Sekarang mari kita lihat lebih dekat tentang kisah tersebut mulai dari judul sampai pada nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Dari judul, kata two artinya dua, friends artinya “teman” (jamak atau lebih dari satu), and artinya “dan” sedangkan kata bear artinya “beruang”. Jadi jelas judul tersebut artinya kurang lebih dua orang teman dan beruang.

Dari judul tadi kita bisa dengan mudah menebak bahwa kisahnya seputar kejadian antara orang dan juga beruang, mungkin di hutan. Lalu bagaimana sebenarnya kisah selengkapnya?

Dalam kisah di atas, jelas terlihat bahwa ceritanya tentang kejadian yang kurang enak. Diceritakan, ada dua orang sahabat karib yang cukup dekat. Dua orang sahabat tersebut dalam ceritanya tinggal di sebuah desa. Bisa dikatakan keduanya cukup dekat dan saling bantu satu sama lain.

Suatu hari mereka, dua sahabat tadi, melakukan sebuah perjalanan bersama-sama. Dalam perjalanan tersebut dua orang sahabat tadi melewati sebuah hutan yang sangat lebat. Sesampainya di hutan, sedang berjalan, tiba-tiba mereka melihat seekor beruang yang sangat besar.

Beruang adalah binatang yang cukup mengerikan dengan ukuran tubuhnya yang begitu besar. Mereka berdua pun sangat takut. Melihat dua orang tadi, sang beruang pun mendekati mereka. Bagi mereka, hal itu sangat menakutkan.

Dalam keadaan seperti itu orang bisa saja tidak ingat apa-apa lagi karena merasa terancam. Karena itu, salah satu sahabat yang ketakutan tersebut langsung lari dan memanjat sebuah pohon yang ada didekatnya. Ia tidak memperdulikan teman satunya yang masih berdiri ketakutan.

Sang teman tersebut tidak ingat dan tidak peduli dengan keselamatan sahabatnya. Di sisi lain, sahabat yang lain benar-benar ketakutan. Ia tidak bisa melakukan hal yang sama karena ia tidak bisa memanjat pohon, ia tidak tahu caranya bagaimana.

Namun begitu, sang sahabat yang ditinggal naik pohon tersebut cukup pandai dan cerdik. Ia pun ingat pernah mendengar bahwa beruang tidak akan mengganggu orang yang mati. Ia pun seketika itu langsung berpura-pura mati. Ia menahan nafas sekuat tenaga sampai sang beruang menghampirinya.

Sang hewan buas pun sampai tepat di depannya. Beruang tadi pun mulai mengendus seluruh tubuh sahabat yang pura-pura mati tadi. Selamat, sang beruang mengira ia telah mati dan berlalu begitu saja tanpa mencelakai-nya sedikitpun.

Setelah hewan buas tersebut berlalu, sahabat satunya pun turun dari pohon. Ketika di atas pohon, ia melihat hewan buas tadi mengendus tubuh temannya sampai ke telinga. Ia kemudian bertanya kepada sang teman yang berpura-pura mati tadi. Ia bertanya apa yang dibisikkan beruang tadi ditelinga sahabatnya tersebut.

Dengan tenang, sang teman pun menjawab bahwa sang beruang memberikan sebuah nasehat kepadanya. Ia berkata bahwa sang beruang menyarankan agar ia hati-hati dengan sahabat yang tidak setia kawan seperti dirinya.

***

Jelas sekali bahwa cerita singkat dalam bahasa Inggris di atas memang sangat menghibur dan memberikan pesan-pesan yang baik. Pertama misalnya, dari kisah tersebut kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari adanya teman yang kita miliki. Dalam hidup, bisa saja kita memiliki teman yang tidak setia, maka hendaknya kita bisa berhati-hati terhadapnya.

Selain itu, dari kisah di atas jelas juga digambarkan bahwa dalam keadaan apapun hendaknya kita tidak boleh kehilangan akal. Dalam situasi sulit yang mengancam nyawa, kita bisa mengandalkan akal kita jika memang hal lain tidak bisa dilakukan. Ilmu dan kepandaian bisa menjadi juru selamat dalam hidup.

Selain dua hal tadi, dalam melakukan perjalanan hendaknya kita bisa tetap waspada dan berhati-hati, apalagi jika melintasi daerah yang rawan. Hidup kita pun demikian, hendaknya kita bisa selalu pasang mata dan telinga jika melewati ranah yang bukan daerah kita sendiri.

Itulah sedikit hikmah yang bisa kita petik dari kisah tersebut. Mudah-mudahan ada hal baik yang bisa kita ingat dan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sekarang, bagi yang ingin mencari cerita lainnya silahkan cek beberapa contoh yang sudah disiapkan dibagian bawah. Semoga ada cerita lain yang menarik untuk kita ikuti bersama.