Thursday, February 9, 2017

Cerita Bahasa Inggris tentang Anak yang Tersesat

Sepertinya belum banyak kan cerita bahasa Inggris yang tema anak? Sepertinya belum. Maka dari itu kali ini kita akan membahas satu kisah menarik yang intinya merupakan nasehat untuk anak-anak yang masih kecil. Meski isi ceritanya nasehat untuk anak kecil tapi cerita ini juga bagus untuk bahan bacaan bagi rekan remaja.

Pada kesempatan ini kita akan membahas sebuah kisah tentang seekor binatang yang tersesat. Binatang tersebut adalah seekor kelinci (bunny). Ya, aslinya memang cerita binatang tetapi si bunny tersebut merupakan perumpamaan untuk anak kecil. Penasaran bukan bagaimana cerita menarik tersebut?

Judul ceritanya adalah Sammy the Lost Bunny. Kata “Sammy” adalah nama dari seekor kelinci kecil. Kata lost artinya tersesat atau hilang sedangkan kata bunny artinya kelinci. Jadi, judul cerita tersebut artinya adalah Sammy si Kelinci yang Tersesat. Jelas bukan bagaimana isi cerita tersebut?

Melihat judul di atas maka sepertinya cerita lucu juga ya? Ya, bagaimana tidak, pernah membayangkan bagaimana hewan bisa tersesat dan tidak bisa pulang ke rumahnya? Hewan kan dikenal sangat hafal dengan tempat tinggalnya, instingnya sangat kuat, la kok bisa sampai tersesat.

Dari pada penasaran kita lihat saja dulu bagaimana kejadiannya. Tapi sebelum itu, karena kisah ini menggunakan bahasa Inggris maka ada baiknya juga kita mempelajari beberapa kosa kata yang sudah disiapkan di bawah ini. Berikut daftar vocabulary bahasa inggris dan terjemahannya.

Friendly = bersahabat
Little animal = hewan kecil
Liked = suka, senang
Play = bermain
Special = spesial
Particular = khusus
Was sitting = sedang duduk
Sandbox = bak pasir
Waiting for = menunggu
Sunny = panas
Windy = berangin
Larger = lebih besar
Sort of = semacam
Protector = pelindung
Ventured = pergi
On time = tepat waktu
Hopping = melompat
Trail = jejak
A little scared = sedikit takut, agak
Really = benar-benar
Show you = menunjukkan padamu

Dari daftar kata di atas sudah kebayang apa dan bagaimana  yang terjadi pada sang kelinci mungil tadi. Ya, belum membaca ceritanya saja kita sudah dapat sesuatu ya. Dari kosa kata di atas kita kan bisa menebak sedikit mengenai alur cerita yang akan dibaca. Sekarang mari kita nikmati langsung cerita bahasa inggris tersebut.

cerita binatang dalam bahasa inggris dan terjemahan

Dikisahkan dalam cerita binatang di atas, ada seorang kelinci yang suka bermain. Kelinci tersebut bernama Sammy. Ia memiliki teman yang sangat akrab. Ia selalu bermain dengan Nicholas sahabat karib-nya tersebut.

Suatu sore, Sammy sang kelinci akan bermain seperti biasanya. Ia menunggu sahabatnya dengan santai sambil duduk-duduk di sekitar kolam pasir. Sore itu, ia juga sangat antusias untuk bermain-main. Pasalnya, hari itu suasana begitu cerah, angin sepoi yang semilir, suasana yang sangat ia senangi.

Waktu berjalan cepat, sang sahabat belum juga menampakkan batang hidungnya. Tidak biasanya temannya itu terlambat. Sammy mulai sedikit gelisah karena sudah lumayan lama menunggu. Waktu terus berjalan, ia masih mencoba menunggu tetapi karena biasanya temannya tidak pernah telat maka ia memutuskan untuk pulang.

Hari mulai gelap ketika Sammy memutuskan untuk pulang dan menikmati makan malam. Ia pun bergegas, melompat-lompat menuju rumah. Beberapa saat kemudian, tiba-tiba ia berhenti. Ia nampak bingung dan seperti ketakutan.

Ia mencoba mengamati jalan yang dilaluinya tadi. Jejak kaki di tanah, yang ia lihat, sepertinya lebih besar dari jejak kakinya. Itu berarti ia tadi tidak melewati jalan tersebut, ia pun mulai ketakutan. Ia sadar bahwa itu bukan jalan pulang ke rumah-nya.

Hari semakin gelap, angin berhembus meniup dedaunan dan pohon. Sammy tiba-tiba mendengar suara asing. Ia lalu melompat ke balik pohon besar di dekatnya. Kali ini ia mulai benar-benar ketakutan.

Ia bersembunyi dibalik pohon tersebut. Ia takut dengan apa yang mungkin datang dibalik suara yang ia dengar. “Aku benar-benar sendiri, tersesat di gelap malam”, pikir Sammy dengan tubuh yang mulai gemetar.

Tiba-tiba, ia mendengar suara keriakan. Suara Nicholas tertiup angin memanggil Sammy yang ketakutan. Dengan girang, ia pun langsung menjawab panggilan tersebut. “Disini, aku tersesat dan tidak tahu arah pulang”, ucap Sammy sedikit lega.

Sang sahabat pun kemudian mencari-nya. Ia kemudian bisa pulang ke rumah dan menikmati makan malam bersama sahabatnya itu.

***

Nah, itu tadi gambaran isi cerita dari teks yang sudah anda baca semua. Ingat ya, bisa dikatakan itu bukan terjemahan atau arti dari teks di atas. Kalau anda ingin membaca arti dari cerita berbahasa inggris di atas maka anda bisa langsung mendapatkannya dibawah teks cerita tersebut.

Dengan dijelaskan lebih jauh mengenai alur cerita ini diharapkan semua pembaca bisa dengan mudah memahami inti ceritanya. Dengan begitu anda semua bisa mendalami pesan moral yang ada didalamnya.

Berbicara mengenai pesan moral, satu pesan yang jelas tergambar dalam karya di atas yaitu tentang kehati-hatian. Untuk adik-adik atau rekan remaja yang belum begitu kenal dan akrab dengan suatu daerah sebaiknya jangan pergi sendirian. Karena pergi sendirian tanpa tahu arah bisa menyebabkan tersesat dan bisa berakibat fatal.