Tuesday, February 21, 2017

Cerita Bahasa Inggris tentang Membantu Orang

Membaca cerita dalam bahasa inggris yang singkat bisa mendapatkan manfaat baik dari kisahnya maupun dari teks yang dibaca. Kita bisa mempelajari pesan-pesan yang terkandung didalamnya sekaligus mempelajari bahasa yang digunakan. Teks dan penjelasan bahasa Indonesia bisa menjadi kombinasi bagus untuk pembelajaran.

Salah satu cerita yang cukup menarik untuk dipelajari adalah cerita dengan tema membantu orang lain berikut ini. Cerita berikut merupakan cerita binatang yang memiliki pesan moral yang sangat bagus. pesan yang terkandung dalam kisah ini yaitu ajakan dan himbauan serta peringatan agar kita bisa membantu orang lain yang membutuhkan.

Membantu orang lain memang sangat baik dan penting, bukan hanya untuk orang yang dibantu tetapi untuk diri sendiri. Orang yang kesulitan jelas mendapatkan manfaat tetapi orang yang membantu juga mendapatkan buah manis dari kebaikan yang ditanam. Sebaliknya, membiarkan orang lain kesulitan sementara kita bisa membantu justru dapat membuat kita tertimpa hal buruk.

Dalam kisah berikut hal tersebut sangat jelas, bahkan dinyatakan langsung dalam tulisan. Makanya cerita tersebut cukup layak untuk dijadikan bahan bacaan dan hiburan sekaligus bahan belajar bahasa Inggris. Bagi anda yang ingin ikutan, silahkan mulai dengan mempelajari kosa kata di bawah ini!

Donkey = keledai
Horse = kuda
Too heavy = terlalu berat
Suffered = menderita
Pain = sakit, kesakitan
Few = beberapa
Unwell = kurang baik, tidak enak badan
Burden = beban
Heal = sembuh
Complain = mengeluh
Suddenly = tiba-tiba
Falls to the ground = jatuh ke tanah
Back = punggung, belakang
Reward = balasan, imbalan

Dalam cerita ini, dikisahkan ada seorang pria yang biasa menggunakan keledai dan kuda untuk mengangkut berbagai beban. Meski begitu, sang pria sepertinya lebih menyayangi kudanya dari pada keledai miliknya. Karena itu ia selalu memberikan muatan yang lebih banyak pada sang keledai.

Sudah menjadi kebiasaan seperti itu sampai suatu hari sang keledai pun tidak kuat membawa beban yang terlalu banyak. Namun begitu ia tetap membawa beban yang diberikan oleh majikannya. Keinginan bisa saja dipaksa namun kekuatan tubuh tentu tidak bisa melebihi batas.

Sang keledai pun akhirnya jatuh sakit. Dalam keadaan tidak enak badan, suatu hari sang tuan juga memberikan beban yang sama seperti biasanya. Keledai penuh dengan muatan, sementara sang kuda dibiarkan melenggang dengan beban bawaan seadanya.

Ditengah perjalanan sang keledai tadi merasa bahwa ia sudah tidak kuat lagi membawa beban di punggungnya. Ia pun meminta sang kuda untuk membantunya, “hai kuda, maukah engkau membantu membawakan sebagian barang di punggungku. Aku tidak kuat, badanku sedang tidak enak. Sebentar saja, mau tidak?”, ucap keledai.

Dengan angkuh dan sombong, bukannya membantu, sang kuda justru memarahi keledai, “sudah kamu jangan cengeng, bawa saja beban itu, tidak usah banyak mengeluh begitu!”, jawabnya. Sang kuda benar-benar tidak peduli akan kesulitan yang sedang dialami oleh temannya si keledai.

Dengan sangat terpaksa, keledai pun melanjutkan perjalanan dengan susah payah. Sampai akhirnya, beberapa meter kemudian ia pun jatuh tersungkur. Kakinya tak mampu lagi menahan beban tubuh dan barang diatas punggungnya, ia rebah di tanah tak bernyawa.

Sang pemilik pun berlari menghampiri keledai malang tersebut. Ia hanya bisa menyesal mendapati hewan itu sudah tak bernyawa. Akhirnya ia mulai menurunkan barang dari tubuh keledai. Ia pun kemudian memindahkan barang bawaan tersebut ke punggung si kuda. Hanya kuda yang ia miliki sekarang untuk membantunya.

Setelah selesai dengan seluruh barang tersebut, ia pun mengangkat keledai tadi. Ia meletakkan tubuh keledai malang itu di atas punggung sang kuda. Kini, bukan hanya barang bawaan, sang kuda pun mau tidak mau harus memikul beban yang berlipat beratnya, ditambah dengan tubuh temannya yang telah mati tadi. Bagus ya, sekarang silahkan baca kisah selengkapnya.
Cerita tentang Membantu Orang
Coba saja sang kuda dalam cerita di atas mau membantu keledai, ia tentu bisa selamat dari beban yang cukup berat yang akhirnya harus ia bawa. Bukan hanya harus membawa seluruh barang bawaan sang keledai, karena ia tak mau membantu akhirnya ia pun harus membawa tubuh keledai itu di punggunya.

Tentu saja beban sebanyak itu terasa cukup berat baginya karena ia tak biasa membawa beban sebanyak itu. Itulah hal yang bisa kita pelajari dalam kisah cerita singkat dalam bahasa inggris di atas. Mudah-mudahan, setelah ini kita bisa lebih halus dan lebih peka dengan kesulitan orang lain yang seharusnya bisa kita bantu.