Tuesday, February 21, 2017

Cerita Malin Kundang Bahasa Inggris dan Indonesia

Anak durhaka atau anak yang tidak mau berbakti kepada orang tua dan anak yang selalu menyusahkan orang tua. Tidak hanya itu, sebuatan anak durhaka juga ditunjukan untuk anak yang tidak mau mengakui ibunya sebagai ibunya sendiri hanya karena malu terhadap orang-orang yang membuatnya kaya.

Di dalam cerita ini kita akan belajar lebih dalam lagi tentang apa itu anak durhaka. Cerita anak durhaka ini berjudul ”The Legend of Malin Kundang”. Cerita rakyat malin kundang ini cukup dikenal dikalangan masyarakat luas. Kisahnya sering sekali diceritakan kepada banyak kalangan karena dari kejadian tersebut banyak pesan moral yang bisa dipetik dari cerita tersebut.

Sehingga tidak heran bahwa cerita ini menjadi begitu terkenal, karena sampai sekarangpun cerita ini masih sering sekali diperdengarkan di sekolah, ataupun orang tua yang memperdengarkan cerita ini untuk anaknya ketika di rumah. Sehingga meski sudah begitu lama berlalu, cerita itu tetap abadi terbalut dalam memori.

Ini adalah kisah yang menceritakan tentang seorang anak yang bernama maling kundang. Di dalam ceritanya, Maling Kundang adalah seorang pemuda gagah berani yang hidup susah dengan ibunya. Ia anak baik, tapi keinginan kuat untuk merubah hidup membuatnya gelap mata.

Pada suatu ketika ada pedagang yang menawarinya untuk merantau guna merubah nasib. Tawaran itu datang setelah maling kundang berhasil menyelamatkan seorang pedagang dari kejahatan para bajak laut. Malin kundang menyetujui dan meninggalkan ibunya sendirian di kampung.

Setelah maling merantau untuk waktu yang lama dia kembali tetapi dia tidak mengakui ibunya sendiri karena malu dengan para awak kapal dan istrinya. Hingga ibunya sendiri akhirnya mengutuknya jadi batu.

1) Cerita Malin Kundang dalam Bahasa Inggris

Ketegangan dari kisah cerita rakyat ini bisa anda simak dengan naskah yang berbentuk bahasa Inggris yang sudah kami siapkan. Naskah berbahasa Inggris ini menjelaskan keseluruhan cerita ini secara lengkap dari awal sampai akhir. Sehingga anda bisa menikmati cerita ini dengan lebih leluasa dan menghayati.

Namun untuk bisa menyimak cerita dengan naskah berbahasa Inggris ini tentu anda harus mempunyai kemampuan berbahasa Inggris yang bagus. Dengan demikian anda bisa untuk mengartikan naskah cerita maling kundang ini dengan sempurna, tanpa mengurangi makna yang terkandung dalam cerita ini. Sekarang, kita mulai dulu dengan kosa kata yang sudah disiapkan.

Small = kecil
Near = dekat, di dekat
West sumatra = sumatra barat
And = dan
Single parent = orang tua tunggal
Father = ayah
When = ketika
Had to = harus
Healthy = sehat
Dilligent = pandai
Strong = kuat
Catch = menangkap
Town = kota
One day = suatu hari
Sailing = berlayar
Raided = diserang, dirampok
Pirates = bajak laut, perompak
Defeated = mengalahkan
In return = sebagai balasan, sebagai imbalan
Better = lebih baik
Alone = sendiri
Many = banyak
Huge = besar
Goods = barang-barang
Too = juga
Recognized = mengenali
Here = disini
Hug = memeluk
Unfortunately = sayangnya
Denied = menolak, menyangkal
Yelled = berteriak
Enough = cukup
Never = tidak pernah
Like = seperti
Dirty = kotor
Ugly = jelek
Cursed = mengutuk
Thunderstorm = badai petir
Apologize = meminta maaf
Late = terlambat

Berbekal daftar kata dan artinya di atas maka anda bisa menikmati cerita ini dengan lebih mudah. Anda bisa lebih mudah memahami alur dan bahkan menggali lebih jauh mengenai makna yang ada dalam cerita. Bukan hanya itu, kosa kata tersebut juga bisa digunakan sebagai bahan belajar, untuk menambah perbendaharaan kata yang dikuasai. Sekarang, silahkan baca cerita selengkapnya.

Bagus, menarik ceritanya dan teks ceritanya juga tidak terlalu panjang, benar tidak? Ya, kalau dibawa santai mungkin 15 menit sudah cukup untuk menghabiskan cerita tersebut. Bagi yang ingin belajar maka bisa meluangkan lebih banyak waktu lagi untuk mengkaji atau menganalisis teks bahasa Inggris tersebut. Dengan begitu ada manfaat lain yang bisa diambil selain menjadi hiburan.

2) Cerita Malin Kundang Bahasa Indonesia

Anda tidak perlu khawatir bila memang anda tidak bisa berbahasa inggris dengan baik. Selain naskah berbahasa Inggris konten kami juga menyediakan naskah cerita maling kundang berbahasa indonesia. Dan konten berbahasa Indoneisa ini saya rekomendasikan untuk para pembaca yang kurang menguasai bahasa Inggris.

Tidak berbeda dengan naskah cerita maling kundang yang dikemas dengan bentuk bahasa inggris, naskah cerita maling kundang yang dikemas dengan bahasa Indonesia juga dikemas dengan lengkap sebagaimana sama lengkapnya dengan yang dikemas dalam bahasa inggris di atas.
cerita rakyat malin kundang bahasa inggris indonesia

Janganlah kita durhaka kepada orang tua karena orang tua adalah orang yang melahirkan kita. Tunjukanlah bakti yang setimpal dengan apa yang telah dilakukan oleh ornag tua kita kepada kita, jangan pernah anda membuat orang tua anda sendiri menangis, karena tangisan orang tua anda itulah yang akan membakar anda di neraka. Inilah pesan moral yang berharga dalam cerita ini.

Tunjukanlah bahwa anda adalah seorang anak yang mau berbakti kepada orang tua sekarang. Tunjukan sekarang sebelum waktu anda habis dan tidak ada kesempatan lagi untuk anda membuktikan bahwa anda adalah anak yang berbakti kepada orang tua. Lakukanlah hal yang bisa membuat orang tua anda senang sekarang.

Menjadi anak yang mau berbakti kepada orang tua itulah hikmah yang bisa kita petik dari cerita tersebut. Dengan cerita yang menggambarkan kedurhakaaan dari maling kundang tentu bisa menjadi dorongan untuk kita berbuat baik kepad orang tua kita sebelum waktu memang benar-benar habis.

Masih banyak cerita-cerita yang lain yang juga mengajarkan bentuk-bentuk kebaikan yang ada di situs ini.  Cerita-cerita yang berbentuk kebaikan tersebut bisa anda baca untuk menambah keyakinan bahwa kebaikan itu adalah indah, dan kebaikan itulah yang akan menolong kita di akherat dan di dunia.