Tuesday, February 21, 2017

Cerita Narrative Cindelaras Bahasa Inggris dan Terjemahannya

Cindelaras, cerita rakyat yang banyak didengar oleh semua kalangan masyarakat Indonesia. Cerita Cindelaras sangat menarik karena memberikan gambaran tentang kejahatan-kejahatan yang akhirnya terkalahkan oleh kebaikan. Awalnya kejahatan yang menang, tetapi itu tidak lama hingga kebaikan yang menang.

Kisah cerita narrative ini sendiri adalah kisah yang berjudul The Story of Cindelaras from East Java”. Cerita didalamnya mendidik dan ceritanya juga bisa menjadi hiburan yang menarik. Dengan demikian, isi didalamnya mampu dijadikan sebagai teman santai anda ketika anda tidak ada kegiatan atau pekerjaan di kantor anda. Lebih menyenangkan lagi ditemani secangkir kopi dan camilan.

Cerita ini bisa dikatakan mendidik karena mengandung hikmah yang sangat berharga yang bisa diterapkan dalam kehidupan kita. Hikmah inilah yang menjadi lebih menarik karena selain dari pada menghibur bacaan ini juga mempunyai subtansi yang bisa mendidik kita semua sehingga kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Alur cerita ini sendiri menerangkan tentang perpisahan antara raja dan permaisuri serta anaknya yang diakibatkan karena kesalah pahaman yang timbul akibat fitnah. Raja begitu saja bercaya dengan fitnah yang belum jelas kebenarannya tersebut, hingga akhirnya raja menyuruh permaisuri untuk pergi dari istana dan pergi ke hutan.

Setelah untuk waktu yang lama anak dari permaisuri menemui raja untuk bertarung ayam jantan. Pertarungan di lalui dengan sangat menarik dan sangat menegangkan, karena apabila raja menang maka anak permisurilah yang akan dipenggal kepalannya. Namun apabila anak permaisuri menang maka sebagian kerajaan akan diberikan kepada anak permaisuri.

Sabung ayam dimenangkan oleh anak permaisuri, dan kini raja tahu bahwa anak yang menjadi lawan sabung ayamnya adalah anaknya sendiri. Di sinilah akhirnya permaisuri kembali kepada raja di istana, sedangkan selir yang memfitnah permaisuri di hukum atas perbuatan yang telah dia lakukan.

Begitulah kira-kira alur cerita ini, adapun bila anda penasaran dengan keseluruhan isi yang terkandung dalam cerita ini sudah saya sedikan naskah cerita ini dalam bahasa Inggris. Dengan naskah ini keseluruhan cerita dalam cerita ini akan terlihat dari mualai terusirnya permaisuri hingga bertemunya permaisuri dengan raja.

1) Cerita Narrative Cindelaras dalam Bahasa Inggris

Semua cerita akan dikupas dan diterangkan secara mendetail dalam cerita yang dikemas dalam naskah yang bentuk berbahasa inggris. Memang naskah yang disajikan berbentuk bahasa Inggris, untuk itu perlu kemampuan dalam berbahasa Inggris yang baik dan benar agar bisa mengetahui maksud dan kandungan dari cerita ini.

Tetapi anda tidak perlu risau bila memang anda tidak menguasai bahasa Inggris, anda tenang saja dan tidak perlu untuk memaksakan diri untuk belajar berbahasa Inggris hanya ingin menyimak isi dan kandungan cerita ini. Segala hal yang paksakan bukan menjadi baik tetapi malah sebaliknya akan membawa dampak yang buruk bagi anda sendiri. Sebelum lebih jauh mari pelajari daftar kata sulit di bawah ini.

Kingdom = kerajaan
Had = memiliki
Concubine = selir
Jealous = cemburu, iri
Royal healer = tabib istana
Pretended = berpura-pura
Ill = sakit
Angry = marah
True = benar
Denied = menyangkal
Already = sudah
Collect = mengumpulkan
Banned = diusir
Won = menang
Again = lagi
Few minutes = beberapa menit
Rooster = ayam jago
Together = bersama

Yang sudah dikuasai ditinggalkan saja, tetapi kosa kata yang masih baru dan sulit sebaiknya anda pelajari, pahami dan dihafalkan agar bisa menambah vocabulary untuk percakapan bahasa Inggris sehari-hari.

Kalau dari satu cerita dapat tambahan vocab 5 kata, coba bayangkan kalau setiap hari anda membaca dua cerita, dalam sebulan anda sudah mendapatkan banyak kosa kata baru yang siap digunakan untuk berbicara dalam bahasa inggris, benar tidak? Ya sudah, sekarang silahkan baca teksnya berikut.
cerita narrative cindelaras inggris indonesia
Masih dibawah 100 kata jadi masih mungkin untuk dihafalkan. Cerita tersebut kurang lebih hanya 800 kata saja, bagi anda yang membutuhkan teks storytelling tentu bisa mempertimbangkan teks narrative ini juga. Kalau takut kurang paham bisa mempelajari arti atau terjemahannya.

2) Narrative Cindelaras Versi Terjemahan Indonesia

Anda tidak perlu khawatir untuk bisa mengetahui isi dan kandungan cerita yang terdapat dalam cerita ini, karena selain dari pada disajikan dalam bentuk bahasa Inggris, cerita ini juga telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Sehingga anda tidak perlu memaksakan diri untuk membaca naskah cerita berbentuk bahasa inggris di atas. Ini adalah kisah yang mengajarkan kita untuk selalu rukun hidup berdampingan sesama keluarga. Karena keluarga adalah aset yang tidak ternilai harganya.

Sangat disayangkan bila kita mengecewakan keluarga hanya karena jabatan, dan harta, yang sifatnya tidak kekal tersebut. Jabatan dan harta tidak akan di bawa mati, tetapi kebaikan kita kepada saudara-saudar kita akan menolong kita setelah kita mati. Inilah pesan moral yang terkandung dalam cerita ini.
cindelaras bahasa indonesia
Cerita ini mengajarkan kita untuk tetap hidup rukun berdampingan satu sama lain tanpa adanya pertikaian hanya gara-gara masalah yang tidak penting dan masalah yang sepele. Tanamkanlah rasa cinta kita kepada para saudara kita yang sekarang masih hidup, karena saudara kita itulah yang bisa menolong kita kelak.

Menakjubkan cerita yang sudah dihadirkan pada konten kali ini, selain dari pada sangat menghibur, konten yang diberikan saat ini juga memberikan hikmah yang begitu besar untuk bisa kita terapkan dalam kehidupan kita, terutama kehidupan berkeluarga dan bersaudara. Dengan hikmah yang bisa kita ambil dari cerita inikita bisa menjalin hubungan persaudaraan dengan baik.

Masih banyak cerita narrative dan terjemahannya yang menakjubkan lainnya yang terkandung di dalam situs ini, yang juga memberikan pelajaran-pelajaran hikmah yang luar biasa mendidiknya. Para pembaca sekalian bisa membuka satu-persatu dari cerita tersebut untuk menjadi bahan bacaan yang menarik dan juga mendidik.